Agroteknopreneur (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Agroteknopreneur (D-IV) by Author "Dini Rochdiani"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Bauran Pemasaran Produk Minuman Kopi (Studi Kasus Di kedai Kopi Mutualan Kota Bandung)(2023-10-11) MUHAMAD JODDY RAMADHAN; Syariful Mubarok; Dini RochdianiTren bisnis dalam beberapa dekade terakhir mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Sektor usaha kuliner dianggap sebagai bisnis yang paling menguntungkan dan menawarkan usaha yang menjanjikan, karena sektor ini berada pada lingkup kebutuhan primer manusia. Salah satu komoditas yang menjadi bahan baku untuk usaha kuliner yaitu kopi. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan bauran pemasaran minuman kopi yang dilakukan di Kedai Kopi Mutualan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pelaksanaan bauran pemasaran 7P ( Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) di Kedai Kopi Mutualan, menunjukan persaingan kedai kopi di kota Bandung dapat ditingkatkan melalui value yang dimilki masing-masing kedai. Konsumen Kedai Kopi Mutualan didominasi oleh konsumen dengan jenis kelamin perempuan, berusia >21 tahun yang termasuk kedalam kalangan anak muda dan rata- rata uang saku per bulan Rp 1.500.001 – 2.000.000 Produk minuman kopinya menggunakan bahan baku kopi asli Indonesia dan menghadirkan produk-produk kopi yang autentik serta terdapat variasi makanan. Harga disesuaikan dengan kualitas produk, lokasi strategis di pusat kota Bandung, pelayanan profesional, desain interior dan fasilitas yang menarik dan nyaman bagi para pengunjung. Kedai Kopi Mutualan telah menggabungkan berbagai aspek dari bauran pemasaran untuk menciptakan pengalaman yang istimewa bagi para pelanggan, serta memperkuat posisinya sebagai destinasi favorit di tengah hiruk-pikuk kota Bandung.Item Business Model Canvas Usaha Produk Minuman Serbuk Kedelai New Mandala 525 (Studi Kasus di CV. Intan Alami, Kabupaten Garut)(2023-07-13) MAURA ZHAFIRA PUTRI; Dini Rochdiani; Eka Purna YudhaKedelai adalah salah satu komoditas pangan sebagai sumber protein nabati yang memiliki kandungan gizi yang baik. Produktivitas kedelai mengalami kenaikan sejak tahun 2019. Dalam menjalankan usahanya CV. Intan Alami membutuhkan suatu strategi usaha yang tepat untuk bisa mengenalkan kembali produk minuman serbuk kedelai New Mandala 525. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keragaan usaha produk minuman dan menyajikan model bisnis produk minuman serbuk kedelai New Mandala 525. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di CV. Intan Alami, Kabupaten Garut. Analisis data yang digunakan yaitu bisnis model kanvas usaha produk minuman serbuk kedelai New Mandala 525. Hasil penelitian menunjukkan keragaan usaha produk minuman serbuk kedelai New Mandala 525 dilihat dari pendekatan yang berkaitan dengan produk, harga, distribusi/tempat/lokasi, promosi, sumberdaya manusia (SDM) dan sumber permodalan usaha, minuman serbuk kedelai New Mandala 525 merupakan produk minuman kedelai bubuk yang terbuat dari 100% biji kedelai, penjualan dilakukan secara langsung dan melalui distributor dengan kegiatan promosi melalui media elektronik. Sumber daya manusia didapat dari hasil rekrutmen dan kerja sama dengan mitra, sumber permodalan usaha menggunakan milik pribadi dan hasil perjanjian kerja sama. Pemetaan sembilan elemen business model canvas menunjukan bahwa produk minuman serbuk kedelai New Mandala 525 merupakan produk unggul yang memiliki proporsi nilai untuk dapat bersaing dipasaran dengan segmentasi pelanggan yang cukup luas. Memiliki mitra kerja sama yang dapat diandalkan menjadi pendukung dalam membangkitkan kembali usaha minuman serbuk kedelai New Mandala 525.