Sosiologi (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Sosiologi (S1) by Author "Aditya Candra Lesmana"
Now showing 1 - 20 of 36
Results Per Page
Sort Options
Item Coffeegramming sebagai Media Reproduksi Simbol pada Coffee Shop di Maraca Books and Coffee(2020-11-11) HIKMA AMALIA KASAH; Ade Makmur K; Aditya Candra LesmanaTerdapat fenomena dimana masyarakat memiliki kebiasaan untuk memotret sajian kopi lalu mengunggahnya ke media sosial Instagram sebelum dikonsumsi atau yang dikenal dengan istilah coffeegramming. Namun yang menjadi berbeda dengan situasi saat ini ialah budaya minum kopi yang tadinya dilakukan secara sederhana misal di warung kopi, kini dengan menjamurnya coffee shop, masyarakat terutama kaum muda selalu mengikuti trend untuk berkunjung ke coffee shop. Tulisan ini dikaji menggunakan tinjauan Jean Baudrillard, dimana pola konsumsi yang terjadi pada masyarakat konsumer saat ini menjadi hiperrealitas, karena apa yang dikonsumsi bukan lagi didasarkan atas sekadar kebutuhan meminum kopi, akan tetapi lebih jauh lagi atas dasar simbol, karena itu dapat mendatangkan kepuasan tersendiri. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung di Maraca Books and Coffee, wawancara terhadap sejumlah konsumen, kemudian didukung studi literatur dan dokumentasi. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa unggahan foto sebelum meminum kopi di coffee shop yang ada di media sosial Instagram merupakan hiperrealitas karena individu yang mengunggah foto tersebut hanya merepresentasikan nilai tanda yang ingin ditunjukkan dengan gejala timbulnya realitas-realitas buatan dalam foto sajian kopi, sehingga realitas pada kehidupan nyata sudah menjadi sesuatu hal yang melampaui realitas itu sendiri, karena mengonsumsi kopi bukan lagi sebagai kebutuhan biologis melepas dahaga minum kopi saja, namun lebih didasarkan atas pertimbangan mengonsumsi kopi untuk mencerminkan gaya hidupnya.Item Diskursus Cantik Perempuan Sunda pada Penggunaan Produk Kecantikan(2021-12-07) LUSIANA PERES MORELBA; Muhamad Fadhil Nurdin; Aditya Candra LesmanaCantik menjadi pembahasan tak berujung bagi perempuan, sejak zaman dahulu higga saat ini perempuan selalu dikaitkan dengan kecantikan. Perempuan Sunda dikenal sebagai perempuan cantik yang tergambar dalam arsip-arsip seperti naskah Sunda kuno, cerita rakyat, atau mitos seperti Purbasari Ayu Wangi, Dayang Sumbi, dan Dewi Sri Pohaci. Diskursus diartikan sebagai sebuah sistem berpikir, ide-ide, atau pemikiran yang kemudian menggambarkan sebuah budaya yang menjadi ciri khas pembicaraan dalam periode tertentu. Studi ini bertujuan untuk mengetahui diskursus cantik perempuan Sunda Kota Bandung dan kaitannya dengan penggunaan produk kecantikan yang saat ini sangat masif. Penelitian ini dikaji menggunakan teori diskursus Michel Foucault, dengan metode arkeologi pengetahuan untuk menentukan diskontinuitas antara satu pengetahuan dan pengetahuan lainnya. Tekhnik pengumpulan data dengan wawacara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diskurus cantik perempuan Sunda Kota Bandung pada penggunaan produk kecantikan ialah: 1. Cantik tidak hanya dinilai dari penampilan fisik, maka penilaian cantik juga didasarkan pada perilaku dan pemikiran; 2. Perempuan dinilai cantik ketika mereka mensyukuri, percaya diri, menemukan kecantikan khas dalam dirinya, dan mencintai dirinya sendiri; 3. Tidak ada standar fisik yang sama, namun perempuan Sunda Kota Bandung mengharapkan kulit wajah yang sehat dan bersih; 4. Produk kecantikan merupakan hasil dari praktik-praktik pengetahuan cantik dan perempuan Sunda bebas menggunakan produk apapun sesuai cantik yang dicita-citakan tanpa terkotak-kotakan antara yang cantik dan tidak berdasarkan standar cantik.Item DRAMATURGI PENGGUNA AKUN ALTER TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN(2023-03-31) ARIODITO RALDIPUTRANTO KOESTOER; Aditya Candra Lesmana; Wahju GunawanPesatnya perkembangan teknologi internet di Indonesia ini memunculkan banyak jaringan baru dan media baru pada pengaplikasiannya. Media sosial telah membawa pengaruh yang baru terhadap cara berinteraksi dan berkomunikasi yang dilakukan oleh suatu kelompok atau individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan peran front stage dan back stage pada mahasiswa Universitas Padjadjaran dengan pendekatan dramaturgi Erving Goffman dalam media sosial twitter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Padjadjaran memaknai dramaturgi dengan tampilan, interaksi, dan aktivitas dirinya di media sosial sebagai panggung depan yang harus diketahui public. Sedangkan aktivitas dan interaksi sehari-hari bersama orang sekitar dimaknai sebagai panggung belakang yang tidak boleh semua orang tahu karena informan merasa pembentukan citra diri itu penting. Peneliti berharap masyarakat dapat lebih menampilkan dirinya apa adanya maupun dapat lebih baik dalam melihat potensi penggunaan sosial media kearah positif tidak hanya kepentingan citra diri dalam sosial media.Item Fungsi Institusi Pelayanan Kesehatan Terhadap Perubahan Perilaku Ibu Hamil (Studi Kasus Ibu Hamil Di Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Caringin, Bandung Kulon(2023-03-27) MUHAMMAD ZAIM UKHRAWI; Aditya Candra Lesmana; Wahju GunawanPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menguji bagaimana institusi kesehatan melaksanakan fungsinya seperti menjamin kesehatan ibu hamil hingga bagaimana pelayanan kesehatan tersebut mampu memberikan perubahan pada ibu hamil itu sendiri. Pada penelitian ini akan digunakan teori fungsionalisme struktural dari Robert K. Merton yang dalam teorinya dijelaskan bahwa setiap unsur yang ada di masyarakat, memiliki fungsi dengan perubahan yang direncanakan (manifes) dan tidak direncanakan (laten), tidak berfungsinya unsur tersebut (disfungsi) ataupun tidak memiliki pengaruh (nonfungsi) pada sistem yang ada di masyarakat dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya fungsi dari institusi kesehatan Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) selain menjamin kesehatan ibu hamil juga menjadikan ibu hamil mengalami perubahan dalam perilakunya dalam beberapa aspek seperti pengetahuan, kepercayaan, nilai dan sikap. Perubahan yang terjadi juga bergantung pada faktor pendorong seperti kesamaan latar belakang agama, kemudahan akses dan hubungan harmonis antara masyarakat-member RBC yang menjadikan perubahan sesuai dengan yang direncanakan atau faktor penghambat seperti tingkat pendidikan dan ekonomi yang rendah serta lingkungan tidak kondusif yang ada di masyarakat menjadikan perubahan yang terjadi tidak sesuai dengan yang direncanakan atau tertunda. Kata kunci : Institusi kesehatan, fungsi, perilaku ibu hamil, perubahan perilakuItem FUNGSI LEMBAGA BUDAYA IBU DJATI DALAM PELESTARIAN KEBUDAYAAN SUNDA DI KALANGAN MASYARAKAT JATINANGOR(2023-03-13) AINA MARDLIYYAH; Wahju Gunawan; Aditya Candra LesmanaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberfungsian Lembaga Budaya Ibu Djati dalam pelestarian kebudayaan Sunda di kalangan masyarakat kecamatan Jatinangor dan menganalisis keberfungsian lembaga tersebut dengan menggunakan teori struktural fungsionalis oleh Robert K. Merton. Menurut Merton fungsi adalah akibat yang dapat diamati yang dapat menuju adaptasi atau penyesuaian diri dalam suatu sistem. Selanjutnya, disfungsional merupakan konsekuensi yang berdampak negatif dan non-fungsional sebagai konsekuensi yang tak relevan terhadap sistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan studi pustaka, penelitian ini mengambil informan sebanyak sebelas orang yang merupakan pengurus, pejabat Ibu Djati, pelaku seni, UMKM, masyarakat dan mahasiswa di Jatinangor. Hasil penelitian menunjukan Ibu Djati telah fungsional terhadap sistem yaitu pelestarian kebudayaan Sunda khususnya Jatinangor. Ibu Djati telah melaksanakan upaya berupa kegiatan yang sesuai norma dan nilai yang dimilikinya, hal tersebut dilihat dari visi, misi, tujuan dan nilai yang dipercaya oleh Ibu Djati. Saran dari penelitian ini adalah agar masyarakat dan pemerintah dapat mendukung secara penuh lembaga jalannya upaya lembaga Ibu Djati. Sebab segala ide, dukungan sangat diterima oleh pihak lembaga. Selanjutnya saran untuk lembaga agar dapat melakukan sosialisasi dan branding yang lebih kuat kepada masyarakat sekitar agar dapat memunculkan dan menyebarkan eksistensi Ibu Djati ke khalayak yang lebih luas.Item Fungsi Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Melaksanakan Program Pembinaan Berbasis Budi Pekerti Pada Anak Didik Pemasyarakatan(2021-01-29) AGNES WIDYA PANGESTIKA; Aditya Candra Lesmana; Wahju GunawanLembaga Pembinaan Khusus Anak merupakan lembaga yang melaksanakan pembinaan kepada anak di bawah umur karena kasus tindak pidana. Anak yang menjalani pembinaan di LPKA disebut sebagai anak didik (Andik). LPKA sebagai lembaga memiliki fungsi, terdiri dari fungsi manifes, fungsi laten, dan kemudian disfungsi. Dalam proses pembinaan terjadi interaksi antara struktur dengan anak didik yang memiliki hubungan timbal balik, yang menunjukkan lembaga tersebut fungsional atau non-fungsional. Tujuan dari studi ini untuk menggambarkan fungsi LPKA dan dampak dari pembinaan berbasis budi pekerti kepada anak didik. Analisis studi ini menggunakan teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Robert K. Merton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara kepada informan, terdiri dari pegawai, anak didik, dan pihak mitra yang bekerjasama dengan LPKA Kelas II Bandung. Kemudian, dalam studi ini analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembinaan berbasis budi pekerti memberikan dampak perubahan yang positif, baik secara mental dan sosial anak didik. Perubahan yang terjadi tersebut menunjukkan adanya hubungan yang fungsional. Dalam pelaksanaanya, pembinaan memiliki kendala yang tidak diharapkan atau disfungsional yang disebabkan oleh faktor keterbatasan sumber daya manusia.Item FUNGSI PROGRAM BINAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PADA KAWASAN RAWAN NARKOBA (Studi Pelaksanaan Program Badan Narkotika di Kampung Boncos Jakarta Barat)(2023-01-12) ADAM ADHA; Wahju Gunawan; Aditya Candra LesmanaPenelitian yang berjudul Fungsi Program Binaan Masyarakat Dalam Pengembangan Kewirausahaan Pada Kawasan Rawan Narkoba (Studi Pelaksanaan Program Badan Narkotika Nasional di Kampung Boncos Jakarta Barat) membahas tentang fungsi program binaan oleh BNN dalam masyarakat yang mendapatkan program binaan di Kampung Boncos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk program binaan dan mengetahui bagaimana keberfungsian program binaan BNN di Kampung Boncos Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara kepada anggota BNN dan masyarakat yang menerima program binaan kewirausahaan, observasi non partisipan dan studi dokumentasi serta analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program binaan kewirausahaan mendapatkan respon yang cukup baik oleh masyarakat Kampung Boncos, namun kurangnya sistem pemasaran yang kurang baik dan minimnya kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan fungsi program binaan kewirausahaan dibidang handycraft dan kuliner berfungsi sesuai dengan yang diharapkan atau bersifat fungsional, namun mempunyai kendala dalam segi pemasaran dan permodalan, sedangkan program kewirausahaan dibidang service handphone sudah tidak berfungsi sesuai tujuannya yaitu sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat atau bersifat non fungsional.Item FUNGSI PROGRAM PESANTREN MAHASISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG(2024-01-09) AZIS MU'MIN; Muhamad Fadhil Nurdin; Aditya Candra LesmanaPendidikan karakter religius pada mahasiswa memiliki peran yang krusial dalam membentuk individu yang etis, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif pada masyarakat. Dalam era yang semakin kompleks, karakter religius menjadi landasan moral yang memandu mahasiswa menghadapi tantangan yang akan dihadapi. Salah satu metode pendekatan pendidikan karakter adalah dengan program pesantren mahasiswa. Penelitian ini menganalisis mengenai fungsi program pesantren mahasiswa dalam membentuk karakter religus pada mahasiswa di Kota Bandung. Fokus utama dalam penelitian ini adalah fungsi manifes dan laten serta disfungsi dari program pesantren mahasiswa (PPM) yang dilaksanakan oleh pesantren Daarut Tauhid Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pesantren mahasiswa (PPM) memiliki kontribusi positif dalam pembentkan karakter religius pada mahasiswa, fungsi manifes program ini meliputi pengajaran agama, pelatihan moral, dan praktik ibadah sedangkan fungsi latennya mencakup perubahan pemebentukan solidari sosiak, perubhaan nlai dan norma, dan penguatan identitas keagamaan. Namun meskipun program ini memiliki kontribusi yang positif, terdapat disfungsi dari program ini yang mencakup kelelahan dan adanya konflik yang terjadi pada mahasiswa.Item GERAKAN SOSIAL MEMBANGUN INDONESIA KEMBALI (STUDI PADA KERJA SAMA ANTARA WAKAF SALMAN ITB DAN AKUN INSTAGRAM @UTARA.COLLECTIVE BAGI GENERASI MUDA DI MASA PANDEMI COVID-19)(2022-07-11) SOFIAH SHALLIMAR ISKANDAR; Muhamad Fadhil Nurdin; Aditya Candra LesmanaGerakan Membangun Indonesia Kembali merupakan bentuk gerakan sosial yang hadir dari ide komunitas pemuda Bandung yaitu Utara Collective dengan berkolaborasi bersama Wakaf Salman ITB untuk membantu penanganan serta pemulihan di situasi pandemi COVID-19 melalui program fundraising dengan memanfaatkan media sosial instagram. Komunitas Utara Collective dan Wakaf Salman ITB dipilih sebagai fokus penelitian karena kedua aktor gerakan merupakan representasi dari pergerakan sosial yang menggabungkan dua latar belakang dari komunitas pemuda dan lembaga yang identik di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan empat tahapan gerakan sosial yang dibangun kedua aktor gerakan melalui media sosial instagram serta pola pengorganisasian untuk membangun kepedulian sosial bagi generasi muda dan mengedukasi masyarakat terhadap isu kesehatan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan gerakan sosial serta pola pengorganisasian yang dibangun oleh Gerakan Membangun Indonesia Kembali melalui media sosial instagram dapat menumbuhkan rasa dan sikap peduli bagi generasi muda dalam aksi program fundraising. Kepedulian itu terlihat dari antusias para generasi muda yang tergabung dalam kegiatan serta antusias masyarakat yang berdonasi telah mampu membantu penyebaran bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebesar 46.000 pcs masker kain dan masker medis kepada rumah sakit rujukan dan masyarakat umum di Bandung serta sembako, pakaian, makanan siap konsumsi dan lain sebagainya kepada kelompok dan masyarakat terdampak pandemi.Item HUBUNGAN SOSIAL ANTAR PENGGEMAR COSPLAY DALAM KOMUNITAS COSPLAY DI MASA PANDEMI COVID-19(2023-04-11) MUHAMMAD DIGA PRADANA; Aditya Candra Lesmana; Muhamad Fadhil NurdinPandemi Covid-19 membuat kegiatan masyarakat menjadi terbatas dan dialihkan menjadi daring untuk meminimalisir kontak antar individu demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemic Covid-19 yang ada di masyarakat dan dampak dari pembatasan sosial yang dilakukan di Kota Bandung tahun 2021 khususnya pada Komunitas Cosplay Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjelaskan kondisi hubungan sosial para penggemar cosplay yang tergabung dalam Komunitas Cosplay Bandung di Kota Bandung selama pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan konsep hubungan sosial yaitu asosiatif dan disosiatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial asosiatif Komunitas Cosplay Bandung tetap terjaga selama pandemi Covid-19 walau ada beberapa yang tidak bisa dilakukan secara langsung. Saat pandemi ini, untuk mempertahankan hubungan sosial mereka menyesuaikan dengan kondisi sehingga komunikasi ditopang melalui media sosial.Item Konflik Agraria Antara Masyarakat Desa Pulai Gading dengan PT. Bumi Persada Permai di Kabupaten Musi Banyuasin(2023-04-03) BAGAS KUNTJORO YEKTI; Wahju Gunawan; Aditya Candra LesmanaKonflik Agraria yang terjadi di Desa Pulai Gading merupakan konflik yang didasari adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak. Konflik ini melibatkan berbagai pihak baik dari masyarakat, perusahaan, dan juga pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap aktor-aktor terlibat konflik untuk mendapatkan informasi dari berbagai perspektif. Konflik ini sendiri dimulai saat PT. Bumi Persada Permai memiliki izin mengelola hutan berdasarkan Keputusan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada lahan yang telah dijadikan tempat mencari rezeki oleh masyarakat sebelumnya. Namun, PT. BPP tidak bisa masuk ke dalam wilayah konsensi mereka dikarenakan terdapat penolakan yang massif dan reaktif dari masyarakat. Penelitian ini ingin mencari tahu dan menganalisis dinamika konflik yang terjadi antara pihak masyarakat dan perusahaan. Berbagai macam penyelesaian telah dilakukan oleh perusahaan baik itu formal maupun informal. Pada awalnya masyarakat kekeh untuk menolak masuknya perusahaan. Namun, seiring berjalannya waktu, adanya mediasi dari pihak pemerintah dan adanya program penyelesaian konflik yang ditawarkan oleh perusahaan akhirnya membuat masyarakat mulai mau untuk menerima kehadiran perusahaan.Item KONSTRUKSI SOSIAL UPACARA ADAT NGAROT DI DESA JAMBAK KEC. CIKEDUNG KAB. INDRAMAYU(2021-11-08) REFSI INDAH YULIANI; Wahju Gunawan; Aditya Candra LesmanaMasyarakat Desa Jambak Kabupaten Indramayu, Jawa Barat masih melestarikan tradisi nenek moyang mereka sampai sekarang, Salah satu tradisi yang masih dijalankan setiap tahun adalah upacara adat Ngarot. Ngarot digelar sebagai bentuk pengungkapan rasa syukur atas hasil panen sekaligus meminta kelancaran untuk musim tanam berikutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konstruksi sosial upacara adat Ngarot di Desa Jambak. Studi dilakukan dengan menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Luckman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dan data penelitian didapatkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses konstruksi sosial upacara adat Ngarot terdiri atas: 1. Eksternalisasi meliputi proses adaptasi masyarakat dengan upacara adat Ngarot. 2. Objektivasi meliputi pelaksanaan Ngarot yang menjadi kegiatan rutin bersama sehingga masyarakat turut berpartisipasi dan saling membantu demi keberhasilan penyelenggaraan Ngarot tersebut, penanaman legitimasi dari berbagai pihak, serta institusionalisasi sebagai masyarakat yang masih memiliki tradisi. 3. Internalisasi meliputi hasil pemahaman individu yang telah diterima dari sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Konstruksi sosial yang terus menerus berlangsung membentuk realitas bersama di masyarakat Desa Jambak Kec. Cikedung Kab. Indramayu.Item Konstruksi Kelompok Buruh Migran Indonesia Dikalangan Remaja Di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon(2022-09-29) ADE ISMI FATIMAH; R. Nunung Nurwati; Aditya Candra LesmanaKelompok Buruh Migran Indonesia biasanya lebih dikenal dikalangan Ibu Rumah Tangga, namun kelompok Buruh Migran Indonesia juga pada dasarnya terjadi dikalangan remaja di Kelurahan Kenanga. Penelitian ini dikaji menggunakan teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dengan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. lnforman penelitian dipilih menggunakan Purposive. Data yang didapatkan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi di Kelurahan Kenanga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok Buruh Migran Indonesia yang terjadi dikalangan remaja didorong oleh konstruksi pengetahuan Buruh Migran Indonesia pada usia remaja serta kesuksesan para Buruh Migran Indonesia yang telah kembali ke tanah air, terdiri dari tiga dialektis: 1) Eksternalisasi yang meliputi proses adaptasi dengan lingkungan dan pemberian pengetahuan Buruh Migran Indonesia pada usia remaja, 2) Objektivasi meliputi proses habituasi pengetahuan, tipifikasi produk eksternalisasi dan legitimasi pengetahuan oleh kesuksesan, dan 3) lnternalisasi meliputi pemaknaan pengetahuan yang diterima melalui sosialisasi primer dan sekunder yang pada akhirnya berakhir pada tindakan. Proses konstruksi sosial pengetahuan didorong oleh bekerja sebagai Buruh Migran Indonesia yang sudah terjadi secara turun- temurun di lingkungan keluarga dan juga pada lingkungan pertemanan yang mendukung untuk bekerja sebagai Buruh Migran Indonesia pada usia remaja.Item KONSTRUKSI SOSIAL PENOLAK VAKSIN COVID-19 (STUDI PADA ANGGOTA GRUP FACEBOOK GERAKAN ANTI VAKSIN DAN IMUNISASI (GAVI))(2023-09-29) KEN RATU ANNIDA; Muhammad Fedryansyah; Aditya Candra LesmanaPenolakan terhadap vaksin covid-19 dalam masyarakat terjadi di media sosial, salah satunya grup Facebook Gerakan Anti Vaksin dan Imunisasi (GAVI). Maka, penelitian ini merumuskan masalah yang berdasarkan dari proses tri dialektika konstruksi sosial Peter L. Berger, yaitu bagaimana eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi yang terjadi pada grup GAVI Facebook dalam penolakan vaksin covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode netnografi yang diperdalam dengan wawancara bersama 7 informan dari grup tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi disetiap individu dalam grup GAVI. Pada eksternalisasi, ditemukan pengetahuan para aktor tentang vaksin covid-19, sikap para aktor terhadap vaksin covid-19, bentuk penolakan yang dilakukan aktor terhadap vaksin covid-19, alasan aktor dalam menolak vaksin covid-19, dan aktivitas aktor dalam grup GAVI. Sedangkan dalam objektivasi, yaitu menyangkut aktivitas aktor di media sosial, yaitu pilihan media yang digunakan dalam mencari informasi terkaik vaksin covid-19, kepercayaan terhadap media yang dipilih, sumber informasi yang didaptkan oleh aktor, pengaruh lingkungan terhadap informasi yang diserap, dan pengaruh grup GAVI terhadap informasi yang diserap oleh aktor. Terakhir, pada internalisasi ditemukan peran keluarga dan teman dalam memberikan informasi terkait vaksin covid-19, pengalaman keluarga dalam menerima program vaksin covid-19, dan pengaruh lingkungan dalam membentuk konstruksi terhadap vaksin covid-19.Item Kontrsuksi Sosial Konsumen Dalam Memaknai Barista Penyandang Disabilitas(2021-01-20) LIA WIDANINGRUM; Ade Makmur K; Aditya Candra LesmanaDi Jakarta Selatan tepatnya di daerah duren tiga terdapat kedai kopi atau yang dikenal dengan KOPTUL. Keunikan dalam Kedai Kopi Tuli ini ialah barista yang dipekerjakan ialah seorang penyandang disabilitas tunarungu. Pada umumnya pendanyandang disabilitas sering dilihat sebagai kaum minoritas ataupun dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat pada umumnya. Tujuan studi ini menjelaskan mengenai konstruksi sosial konsumen dalam memaknai barista penyandang disabilitas di Kedai Kopi Tuli. Analisis penelitian menggunakan Teori Konstruksi Sosial oleh Thomas Luckmann dan Berger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ialah konstruksi sosial yang terjadi dikarenakan munculnya pemahaman yang sama antara konsumen teman dengar dengan konsumen teman tuli. Tahapan eksternalisasi yang dilakukan oleh konsumen yaitu pada proses penyampaian pesan yang dilakukan, konsumen melakukan penyesuaian diri dengan mengecilkan suara atau melambatkan suara. Tahap Objektivasi muncul melalui pengalaman yang dimiliki oleh konsumen, adanya pengalaman ini dapat menumbuhkan rasa empati bagi konsumen yang datang sehingga konsumen tersebut datang secara terus menerus ke Kedai Kopi Tuli. dan Tahap internalisasi yaitu munculnya makna dari konsumen terhadap penyandang disabilitas didasarkan atas pemahaman yang sama oleh konsumen dan barista dengan menggunakan BASINDO. Kata kunci: Konstruksi Sosial, Penyandang Disabilitas, Kedai Kopi Tuli.Item MOBILISASI SUMBER DAYA GERAKAN SOSIAL KHIDMAT JAM IYAH PESANTREN PERSATUAN ISLAM 67 BENDA(2023-10-10) RAFA SARINURUL FAUZIYAH; Aditya Candra Lesmana; Muhamad Fadhil NurdinGerakan sosial Khidmat Jamiyyah merupakan Gerakan sosial yang dilakukan oleh santri persis khususnya Santri mu’allimien di Pesantren Persatuan Islam 67 Benda. Didalam Gerakan tersebut terdapat mobilisasi Sumber daya yang menjadi pondasi berjalanya Gerakan ini. Pesantren Persatuan Islam 67 Benda menjadi focus penelitian karena pesantren ini telah melakukan Gerakan ini selama puluhan tahun. Dalam penelitian ini menggambarkan mengenai bagaimana mobilisasi sumbedaya yang dilakukan Pesantren Persis 67 Benda dalam melakukan Gerakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, fengan Teknik pegumpulan data berupa observasi partisipan dan wawancara. Sumber data yang diperoleh berasal dari wawancara bersama beberapa informan yang bersangkut paut dengan gerakan ini. Informan yang diwawancarai pada penelitian ini adalah asatidz atau guru dan pengurus dari gerakan ini, para santri sebagai eksekutor, dan masyarakat setempat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa gerakan sosial yang ada dalam Gerakan ini dijelaskan dengan 3 karakteristik yaitu pengorganisasian, daya tahan, dan perencanaan, dan untuk mobilisasi Sumber dayajuga dijelaskan dengan bagaimana faktor faktor determinan dari mobilisasi Sumber daya Gerakan sosial khidmat jamiyyah yaitu adanya peraan pesantren yang menjadi organisasi dari gerakan ini, terdapat pemimpin dan kepemipinan yang di jelaskan dalam strutur yang dibuat dalam gerakan tersebut, lalu ada Sumber daya dan mobilisasi Sumber daya yang mendukung bertahanya gerakan ini, jaringan dan partisipasi masyarakat dan para santri. Dan peluang dan kapasitas masmasyarakat dalam gerakan ini pun terlihat ketika pelaksanaan gerakan.Item Modal Sosial dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Program Pemberdayaan Hidroponik dan Akuaponik di Kosong Sembilan Farm, Kota Bekasi)(2021-12-21) LAILA MAULIDA SANTIKA; Aditya Candra Lesmana; Wahju GunawanPenelitian ini bertujuan menganalisis modal sosial yang di miliki pemberdayaan masyarakat hidroponik dan akuaponik yang dilakukan Kosong Sembilan Farm, menjelaskan dan menggambarkan terkait modal sosial menurut kajian Robert D. Putnam, bagi Putnam terdapat tiga aspek modal sosial, yaitu jaringan, kepercayaan, dan norma. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan kajian Woolcock terkait bentuk dasar dari jaringan modal sosial, yaitu Bonding, Bridging, dan Linking. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data penelitian di peroleh dengan teknik pengumpulan data secara purposive, melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta memiliki enam informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat modal sosial yang di miliki pemberdayaan hidroponik dan akuaponik yang menjadikan masyarakat berdaya. Jaringan modal sosial yang di miliki pemberdayaan hidroponik dan akuaponik mengacu pada aspek bonding, bridging, linking mulai dari pembentukkan sampai pemasaran hasil panen pemberdayaan hidroponik dan akuaponik. Jaringan hubungan kerjasama memunculkan adanya kepercayaan dalam pemberdayaan hidroponik dan akuaponik dengan anggota dan pihak luar yang memiliki pengharapan satu sama lain. Terdapat norma dalam modal sosial sebagai aturan yang di taati dan di sepakati bersama oleh pemberdayaan hidroponik dan akuaponik dan pihak luar yang memiliki hubungan kerjasama, yaitu saling gotong royong dan tidak membeda-bedakan status.Item Motif Bekerja pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi pada Pekerja Perusahaan Pengelolaan Limbah di Kabupaten Tangerang)(2021-05-19) ALLENDOA PANGESTU RAMLAN FERRARI; Wahju Gunawan; Aditya Candra LesmanaPenelitian ini bertujuan menemukan motif dari tindakan bekerja pekerja Perusahaan X pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan kajian Alfred Schutz mengenai motif, bagi Schutz terdapat dua macam motif yang mendasari sebuah tindakan, yaitu in-order-to motive dan because motive. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 orang pekerja perusahaan X. Hasil penelitian menunjukkan in-order-to motive tindakan bekerja pekerja Perusahaan X pada masa pandemi Covid-19 adalah: (1) untuk menafkahi keluarga; (2) ingin membangun rumah; (3) untuk memenuhi keperluan dan keinginan pribadi. Sedangkan because motive-nya adalah: (1) tidak memiliki pilihan bekerja di tempat lain; (2) nyaman dengan pekerjaan saat ini; (3) tidak khawatir dengan Covid-19; (4) merasa aman di lingkungan kerja; (5) etos kerja. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat dua macam motif yang mendasari tindakan bekerja pekerja perusahaan X pada masa pandemi Covid-19, yaitu In-order-to motive dan because motive. In-order-to motive tindakan bekerja subjek pada masa pandemi Covid-19 merupakan bagian dari potongan rencana jangka panjang hidup subjek, yang ditujukan untuk memenuhi tindakan subjek yang lainnya. Because motive subjek dibangun atas dasar pengetahuan yang terakumulasi ke dalam diri subjek, pengetahuan tersebut menjadi sistem relevansi yang membimbing tindakan subjek.Item MULTI-PERAN KARYAWAN PEREMPUAN DALAM GAYA KERJA WORK FROM HOME DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Karyawan Di PT. Estetika Surya Pesona, DKI Jakarta)(2022-10-13) ADAM TIANS SAPUTRA; Bintarsih Sekarningrum; Aditya Candra LesmanaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Multi-peran karyawan perempuan di PT. Estetika Surya Pesona (Ceritera) dalam gaya kerja work from home di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yang merupakan karyawan perempuan di Ceritera. Instrumen pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara berdasarkan aspek dari teori peran yang meliputi peran orang tua (parental role), peran pekerjaan (occupational role), peran perkawinan (conjugal role), peran individu (individual role) dan aspek dari teori peran perilaku yang meliputi aktivitas, alokasi penggunaan sumber daya: waktu, pengambilan keputusan serta aspek dari teori ekspektasi peran yaitu rekomendasi dan dimensi kerja. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa karyawan perempuan di PT. Estetika Surya Pesona mengalami Multi-peran selama melakukan gaya kerja work from home di masa pandemi Covid-19, namun tetap mampu melaksanakan peran dengan baik karena mendapat dukungan dari keluarga, manajemen perusahaan, dan rekan kerja. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa gaya kerja work from home mampu menjadi solusi untuk karyawan perempuan yang memiliki Multi-peran. Karyawan perempuan yang melakukan work from home mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai karyawan dan ibu rumah tangga dengan baik.Item Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pemajuan Budaya Lokal Di Kota Cimahi (Berbasis Teknologi Aplikasi Sadayupadu)(2023-10-13) ERWINITA BRYLIANITAMI; Aditya Candra Lesmana; Hery WibowoABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil riset penulis mengenai “Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pemajuan Budaya Lokal Di Kota Cimahi (Berbasis Teknologi Aplikasi Sadayupadu)”. Keberagaman budaya di Indonesia pada dasarnya menjadi salah ciri khas bangsa Indonesia sebagai salah satu bangsa multikultur terbesar di dunia. Hal ini terlihat, baik dari kondisi sosiokultural maupun geografis Indonesia yang begitu kompleks, beragam, dan luas. Selain menjadi kekayaan bangsa, kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar dalam sendi kehidupan masyarakat. Hal inilah yang kemudian menjadikan kebudayaan Indonesia harus terus terjaga dan dilestarikan sebagaimana termaktub dalam Pasal 32 ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan, “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”. Konsekuensi logis dalam amanat ini ialah upaya pelestarian kebudayaan nasional merupakan tanggung jawab bersama antara negara dan masyarakat secara berkesinambungan. Kebudayaan nasional dalam hal ini dapat dikatakan mengacu pada nilai-nilai unggulan dari budaya-budaya lokal yang selanjutnya menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana Peran dan Fungsi Pemerintah Daerah khususnya Disbudparpora Kota Cimahi, Partisipasi Masyarakat Kota Cimahi sebagai Pelaku Seni, dan menemukan Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat dalam Upaya Pemajuan Budaya Lokal di Kota Cimahi Berbasis Teknologi Aplikasi Sadayupadu (Sistem Aplikasi Data Kebudayaan Terpadu). Kota Cimahi adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak Situs Sejarah dan Warisan Kebudayaan Lokal yang cukup untuk dapat menunjang pengembangan pada sektor pariwisata dan kebudayaannya. Sebagai kota dengan julukan “Kota Tentara”, tentu banyak situs dan warisan kebudayaan yang bercorak militer, karena sejarah Kota Cimahi yang memang dari awal direncanakan adalah sebagai daerah basis pendidikan militer yang ada di Indonesia karena kondisi lingkungan alamnya yang dinilai kondusif. Ini dibuktikan dengan 80% dari luas wilayahnya adalah milik Instansi Militer yakni Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD). Aplikasi Sadayupadu (Sistem Aplikasi Data Kebudayaan Terpadu) adalah upaya nyata Pemerintah Daerah Kota Cimahi khususnya Disbudparpora Kota Cimahi dalam upaya pemajuan budaya lokal yang ada di kawasan regional Kota Cimahi. Bersama dengan Kominfo, Disbudparpora berharap Aplikasi Sadayupadu dapat menjadi wadah yang baik dan dapat menarik minat serta partisipasi masyarakat khususnya para pelaku seni Kota Cimahi agar dapat mempromosikan karya seni dan kebudayaan sebagai salah satu tujuan pengembangan dan pemajuan budaya lokal serta dapat mensejahterakan para pelaku seni dan budaya lokal khususnya Kota Cimahi. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Budaya Lokal, Upaya Pemajuan Budaya Lokal, Aplikasi Sadayupadu ABSTRACT This research is the result of the author`s research regarding "Community Participation in Efforts to Advance Local Culture in Cimahi City (Based on Sadayupadu Application Technology)". Cultural diversity in Indonesia is basically one of the characteristics of the Indonesian nation as one of the largest multicultural nations in the world. This can be seen, both from the sociocultural and geographical conditions of Indonesia, which are so complex, diverse and vast. Apart from being the wealth of the nation, culture has a central and fundamental role and function as the main foundation in the order of national and state life because a nation will be great if cultural values are rooted in the very fabric of social life. This is what then means that Indonesian culture must continue to be maintained and preserved as stated in Article 32 paragraph 1 of the 1945 Constitution which states, "The State advances Indonesian national culture amidst world civilization by guaranteeing the people`s freedom to maintain and develop their cultural values". The logical consequence of this mandate is that efforts to preserve national culture are a joint responsibility between the state and society on an ongoing basis. National culture in this case can be said to refer to the superior values of local cultures which then become the cultural heritage of the Indonesian nation. This research is aimed at finding out and explaining the role and function of the Regional Government, especially the Cimahi City Disbudparpora, Cimahi City Community Participation as Performers of the Arts, and finding Encouraging and Inhibiting Factors in Efforts to Advance Local Culture in Cimahi City Based on Sadayupadu Application Technology (Data Application System Integrated Culture). Cimahi City is one of the cities in West Java which has many historical sites and local cultural heritage which are sufficient to support development in the tourism and cultural sectors. As a city with the nickname "Army City", of course there are many sites and cultural heritage that have a military style, because of the history of Cimahi City, which was planned from the start as a military education base area in Indonesia because its natural environmental conditions were considered conducive. This is proven by the fact that 80% of its territory belongs to the Military Agency, namely the Indonesian National Army (TNI-AD). The Sadayupadu application (Integrated Cultural Data Application System) is a real effort by the Cimahi City Regional Government, especially the Cimahi City Disbudparpora, in an effort to promote local culture in the Cimahi City regional area. Together with Kominfo, Disbudparpora hopes that the Sadayupadu Application can become a good forum and can attract the interest and participation of the community, especially arts practitioners in Cimahi City, so that they can promote works of art and culture as one of the goals of developing and advancing local culture and can improve the welfare of arts and culture practitioners. local, especially Cimahi City. Keywords: Community Participation, Local Culture, Efforts to Promote Local Culture, Sadayupadu Application