Browsing by Author "Agus Rahmat"
Now showing 1 - 20 of 97
Results Per Page
Sort Options
Item Aksesibilitas Informasi Pendidikan di Kota Bandung (Studi Kasus di Dinas Pendidikan kota Bandung)(2014-07-14) GILANG PERDANA TRESNA; Agus Rahmat; Nina WinangsihAksesibilitas informasi pada PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di Kota Bandung dapat dibilang sangat terbuka, tetapi pada PPID Dinas Pendidikan Kota Bandung, masih dirasa kurang efektif, terlihat dari banyaknya jumlah permohonan informasi pendidikan. Pemahaman serta sosialisai keberadaan media informasi pendidikan dapat menimbulkan konflik/sengketa informasi pendidikan, terjadi karena kurangnya informasi serta penanganan informasi yang belum bisa dipenuhi serentak. Berdasarkan pernyataan tersebut jelas bahwa dengan adanya proses komunikasi menyebabkan setiap masyarakat membentuk norma-norma dan kebudayaan, sebab informasi merupakan sesuatu yang dapat mengurangi ketidakpastian. Penelitian ini akan menganalisis aksesibilitas informasi pendidikan yang dilakukan personel PPID di Dinas Pendidikan Kota Bandung, berdasarkan teori interaksi simbolik dalam proses komunikasi. Penelitian yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Bandung terkait aksesibilitas informasi pendidikan, peneliti menggunakan metode dengan jenis studi kasus instrumen tunggal. Penelitian studi kasus intrumental (instrumental case study) adalah penelitian studi kasus yang dilakukan dengan meneliti kasus untuk memberikan pemahaman mendalam atau menjelaskan kembali suatu proses secara generalisasi. Teknik penelitian yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Key Informan penelitian ini melibatkan dua orang staff PPID Dinas Pendidikan Kota Bandung dan 12 narasumber dari kalangan masyarakat yang memeiliki kriteria sesuai untuk dapat membantu penelitian tentang aksesibilitas informasi pendidikan di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, masing-masing narasumber memiliki pemahaman yang beragam mengenai PPID, dengan tingkat pengetahuan yang bervariasi, dan tidak tergantung berdasarkan latar belakang pendidikan dan pekerjaannya. Ditemukan bahwa minat masyarakat kota Bandung terhadap informasi pendidikan dilandasi atas motivasi yang berkaitan dengan; pekerjaan, agar memberikan informasi yang tepat, sebagai salah satu materi berita, agar dapat memanfaatkan kebijakan pemerintah, untuk meningkatkan kualitas hidup (sertifikasi, beasiswa), mendapatkan hak sebagai warga Negara, agar tidak tertinggal informasi, ikut lelang/ pengadaan, dan untuk monitoring & cross check. Ketidaktahuan tentang PPID dapat memicu timbulnya sengketa atau konflik. Kendala-kendala yang dirasakan narasumber dalam mengakses informasi adalah informasi terlalu memperhatikan golongan, informasi terbatas dan kadaluarsa, informasi tidak merata, terlambat, waktu penantian yang tidak jelas, birokrasi berbelit-belit, ketinggalan informasi, dan prosedur panjang.Item Aktivitas Humas Pemerintahan Dalam Pelayanan Informasi(2017-01-11) K ANUGRAH ADITYA; Aat Ruchiat Nugraha; Agus RahmatK. Anugrah Aditya, 210110120494, Progam Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Proses Pelayanan Informasi Dalam Humas Pemerintahan”, dengan sub judul: Studi Deskriptif Mengenai Proses Pengelolaan Informasi Kegiatan Kehumasan Dalam Humas Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Dalam Upaya Penyelenggaraan Pemerintahan Good Governance. Fokus kajian dari penelitian ini adalah bagaimana proses pengelolaan informasi yang dilakukan oleh humas pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Agus Rahmat, M.Pd. dan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan informasi yang dilakukan oleh humas pemerintahan Setda Provinsi Jawa Barat serta mengetahui peran humas pemerintahan Setda Provinsi Jawa Barat dan proses pengelolaan informasi dalam humas pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis data kualitatif. Subjek dalam penelitian proses pelayanan informasi ini merupakan individu yang terlibat dalam proses pengelolaan informasi, dari peran humas hingga proses penyampaian informasi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan studi pustaka. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran humas pemerintahan adalah teknis penyelenggaraan pelayanan informasi, humas pemerintah berperan sebagai teknisi komunikasi pemerintah Setda Provinsi Jawa Barat dimana humas tidak memiliki peran yang strategis dalam penyusunan perencanaan dan pengambilan keputusan namun lebih banyak ditugaskan pada implementasi program atau kebijakan yang terkait dengan komunikasi dengan publiknya, Pengumpulan informasi oleh humas pemerintah Setda Jawa Barat dilakukan dengan mengikuti rapat antara gubernur dengan pejabat eselon II, melakukan koordinasi dan observasi langsung bersama OPD yang terkait, melakukan media monitoring sebagai pengumpulan informasi dari media massa dan jurnalis, Pelayanan informasi dilakukan humas dengan menyebarkan informasi yang dimiliki humas kepada media, humas pemerintahan selaku mediator antara masyarkat dan pemerintah Setda Provinsi Jawa Barat dengan menjembatani keluhan dan pengaduan yang ada di masyarakat, bentuk pelayanan informasi yang dilakukan humas pemerintah Setda Jaw Barat dilakukan by request baik dari atasan, OPD, ataupun masyarakat. Kata kunci: humas pemerintah, pengelolaan informasi, pelayanan informasi, informasi.Item Analisis Pemberitaan Surat Kabar Tentang Keputusan Presiden Joko Widodo Terkait Konflik KPK vs Polri Jilid II dalam Pencalonan Komjen Budi Gunawan Sebagai Kapolri(2015-10-08) RADEN MUHAMAD IMAN SAIFUL BASRI; Suwandi Sumartias; Agus RahmatLatar belakang penelitian ini adalah mengenai bagaimana surat kabar nasional Kompas membuat framing dalam meliput berita konflik KPK vs Polri Jilid II dalam pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui HU Kompas dalam mengkonstruksi pemberitaan dan mengkonstruksi publik tentang keputusan Presiden Joko Widodo terkait konflik KPK vs Polri jilid II dalam pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri Penelitian yang bersifat kualitatif dan deskriptif ini menggunakan metode analisis framing dari Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki dan Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Sosial. Hasil penelitian ini menyarankan agar framing HU Kompas yang cenderung meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan golongan menjadi benchmark media massa lainnya yang masih banyak melakukan framing berita demi kepentingan kelompok, golongan atau kepentingan tertentu.Item City Branding Kabupaten Majalengka: Majalengka Exotic Sundaland(2021-09-24) R. MOHAMAD BERYANDHI; Agus Rahmat; Centurion Chandratama PriyatnaR. Mohamad Beryandhi. 210310160029. 2020. Penelitian ini berjudul “City Branding Kabupaten Majalengka: Majalengka Exotic Sundaland”. Penelitian ini berobjek pada pembentukan identitas Malengka Exotic Sundaland, serta perencanaan program komunikasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif yang berfokus untuk mengetahui identitas apa yang dibentuk dan bagaimana tahapan perencanaan program komunikasi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Identitas yang dibentuk oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka dalam “Majalengka Exotic Sundaland”, (2) Target yang hendak dicapai melalui program komunikasi yang akan dijalankan, (3) Tahapan perencanaan komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka, (4) Perencanaan program yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan: (1) Identitas yang dibentuk meliputi: keeksotisan pariwisata alam, budaya, ekonomi kreatif, dan sejarah Majalengka. Identitas tersebut diwujudkan ke dalam logo, jingle, pembangunan Pusat Informasi Turis, dan merevitalisasi wajah kota. Identitas dikomunikasikan melalui media iklan berupa baligo dan media publisitas di sosial media. Majalengka akan memiliki reputasi sebagai daerah dengan keeksotisan alam, budaya, dan ekonomi kreatif yang menghasilkan citra sebagai “kota wisata”. Posisi merek yang dipilih ialah membuat paket wisata lengkap. (2) Hasil yang ingin dicapai antara lain keindahan alam, budaya, dan ekonomi kreatif Majalengka semakin dikenal luas, generasi muda di Majalengka bangga terhadap daerahnya, meningkatkan daya saing produk ekonomi kreatif, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2020 sebanyak 1 juta. Majalengka juga ingin menarik minat dari para calon investor. Cara yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan program antara lain dengan, melihat jumlah angka kunjungan wisata, jumlah sarana dan prasarana pariwisata yang diperbaiki, dan meningkatnya produktivitas disektor ekonomi kreatif. (3) Dalam mengomunikasikan pesan, Disparbud dibantu oleh unsur pentahelix pariwisata. Target audiens yang dipilih adalah khalayak umum, untuk sosial media lebih spesifik ke milenial. Pesan yang disampaikan mengenai keeksotisan alam, budaya, dan ekonomi kreatif. Media komunikasi yang digunakan adalah special event dan sosial media. Efek yang ingin dihasilkan adalah Majalengka semakin dikenal luas, kunjungan wisatawan meningkat, dan meningkatnya perekonomian warga. (4) Analisis situasi dilakukan dengan meninjau program tahun lalu, melibatkan berbagai peran lintas sektor dalam menyusun program kerja. Objektif yang dipilih mengacu kepada dokumen RPJMD dan visi misi Kabupaten Majalengka 2018-2023. Target audiens ditentukan dengan menetapkan konten program dahulu. Strategi, taktik, timeline, dan anggaran beracuan kepada RPJMD. Evaluasi ditinjau dari kesesuaian dengan tujuan besar program dalam RPJMD, benefit yang dihasilkan bagi publik, dan jumlah audiens yang hadir ke suatu acara.Item City Integrated Program sebagai Bentuk Brand Positioning Bank CIMB Niaga(2017-01-09) DITA ANNISA PUTRI; Agus Rahmat; FX Ari Agung PrastowoDita Annisa Putri, 210110120374, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “City Integrated Program sebagai bentuk brand positioning Bank CIMB Niaga” dengan Dr. Agus Rahmat M. Pd sebagai pembimbing utama dan FX Ari Agung Prastowo, S.Sos,. M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang adanya City Integrated Program, pemahaman Tim Marketing, Brand, and Communications terhadap program tersebut, dan bagaimana aktivitas komunikasi Tim Marketing, Brand, and Communications dalam City Integrated Program sebagai bentuk brand positioning Bank CIMB Niaga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program ini merupakan upaya CIMB Niaga memenangkan kepercayaan masyarakat untuk mendiferensiasikan mereknya dari para pesaingnya sehingga tercipta persepsi positif dan unik sebagai merek perbankan yang inovatif dengan pelayanan terbaik. Program ini dipahami sebagai gabungan aktivitas marketing dan public relations sebagai alat positioning CIMB Niaga, upaya CIMB Niaga menjalin hubungan baik dengan stakeholders serta agar mampu bersaing dengan kompetitor perbankan lainnya untuk merebut perhatian dan minat masyarakat. Pada pelaksanaannya, program ini membentuk sebuah makna yang ditanamkan kepada masyarakat. Aktivitas pembentukan makna yang terjadi pada program ini adalah dengan adanya pengenalan produk sebagai ikon inovasi. Simpulan dari penelitian ini adalah brand positioning merupakan hal penting yang dilakukan perusahaan untuk memperkuat posisi sebuah merek. City Integrated Program merupakan aktivitas marketing public relations yang dapat dijadikan sebagai implementasi dari brand positioning statement CIMB Niaga meskipun pada pelaksanaannya masih belum maksimal karena masih terfokus pada kepentingan bisnis. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pelaksanaan program ini akan lebih maksimal dengan mengadakan program lanjutan di tahun selanjutnya yang membidik target sasaran kota tidak hanya didasarkan pada kebutuhan peluang bisnis saja namun lebih fokus kepada kota-kota yang memang perlu ditingkatkan dari sisi brand.Item COFFEE MORNING SEBAGAI BENTUK KEGIATAN EMPLOYEE RELATIONS DI PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT(2017-07-17) IIS NURHAYATI; Agus Rahmat; Tidak ada Data DosenIis Nurhayati, 210103140103, 2017. Coffee Morning Sebagai Bentuk Kegiatan Employee Relations di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Dr. Agus Rahmat, M. Pd. Selaku dosen pembimbing. Program Studi D III Sub Program Studi Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tugas akhir ini untuk mengetahui tujuan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Coffee Morning di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Laporan ini menggunakan metode deskriptif, data dihimpun melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil pengamatan menjelaskan bahwa kegiatan Coffee Morning merupakan kegiatan internal perusahaan yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan sesama karyawan maupun dengan atasan melalui program kerja employee relations. Penulis menyimpulkan bahwa keberadaan karyawan dalam suatu perusahaan mempunyai peranan penting dalam hal memajukan perusahaan. Kegiatan Coffee Morning telah berhasil menciptakan hubungan komunikasi yang baik antara sesama karyawan maupun karyawan dengan atasannya. Saran yang diberikan penulis adalah agar seluruh karyawan dapat mengikuti kegiatan Coffee Morning serta mengoptimalkan kegiatan ini agar proses komunikasi yang terjalin antara pihak manajemen dengan karyawan dapat lebih efektif.Item Hubungan Antara Iklim Komunikasi Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia(2017-10-10) GARNICE RACHMITHA SARI; Yanti Setianti; Agus RahmatPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan terhadap komunikasi kebawah, mendengarkan dalam komunikasi keatas, dan perhatian terhadap tujuan-tujuan berkinerja tinggi dengan kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional dengan skala pengukuran ordinal melalui uji hipotesis Rank Spearman. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain penyebaran angket wawancara, dan studi kepustakaan. Metode sampling menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 145 responden. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara kepercayaan dengan kepuasan kerja, terdapat hubungan yang cukup berarti antara pembuatan keputusan bersama dengan kepuasan kerja, terdapat hubungan yang cukup berarti antara kejujuran dengan kepuasan kerja, terdapat hubungan yang cukup berarti antara keterbukaan terhadap komunikasi kebawah dengan kepuasan kerja, terdapat hubungan yang cukup berarti antara mendengarkan terhadap komunikasi keatas dengan kepuasan kerja, dan terdapat hubungan yang cukup berarti antara perhatian terhadap tujuan berkinerja tinggi dengan kepuasan kerja karyawan PT GMF AeroAsia. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan kepuasan kerja karyawan PT GMF AeroAsia. Berdasarkan hasil analisis, nilai korelasi yang didapatkan bernilai 0.76 dan dikategorikan ke dalam hubungan yang tinggi. Saran penelitian yaitu dalam proses pembuatan keputusan bersama sebaiknya ditingkatkan dengan adanya kesempatan memberikan saran/gagasan pada briefing atau rapat untuk meberi kesempatan kepada karyawan dalam keterlibatannya dalam setiap pembuatan keputusan. Transparansi atau kejujuran antara hubungan atasan dengan bawahan atau sesama rekan kerja juga perlu ditingkatkan agar tidak terjadi kesalahpahaman, dengan diadakannya gathering atau acara informal lainnya dapat menciptakan kedekatan sehingga menumbuhkan rasa saling jujur antara atasan dan karyawan. Sistem upah dan kebijakan promosi juga perlu diperhatikan sesuai dengan kualitas pekerjaan yang dilakukan, pengalaman kerja atau lamanya mereka bekerja di perusahaan.Item Hubungan antara informasi alur pelayanan ksehatan pada program sharing kesehatan BPJS dengan sikap peserta terhadap alur pelayanan ksehatan(2016-08-01) HADI KUSUMA WIJAYA; Agus Rahmat; Heru Ryanto BudianaABSTRAK Agung Saputra Sanjaya, 210110110047. Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Penggunaan Akun Twitter @my_supersoccer Dengan Kepuasan Informasi Follower Terhadap Berita Sepakbola Pada Anggota Komunitas MCSCI Bandung” dengan Dr. Yanti Setianti, M.Si, sebagai pembimbing utama dan Centurion C Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara penggunaan akun twitter @my_supersoccer yaitu intensitas mengakses, isi pesan yang dikonsumsi, dan hubungan individu dengan media, dengan kepuasan informasi follower yaitu pemenuhan kebutuhan informasi dan pengetahuan follower terhadap berita sepakbola pada komunitas MCSCI Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, melalui uji hipotesis Rank Spearman (rs) dengan teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Jumlah responden dalam penelitian yaitu 81 orang yang merupakan follower akun twitter @my_supersoccer dan tergabung dalam komunitas MCSCI Bandung yang terpilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications dari Katz, Blumler, Gurevitch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara intensitas mengakses akun twitter @my_supersoccer dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower. Selain itu hubungan yang cukup berarti terdapat pada, hubungan antara individu dengan isi media dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower, Sementara itu hubungan yang rendah tapi pasti antara isi pesan (tweet) yang dikonsumsi pada akun twitter @my_supersoccer dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara penggunaan akun twitter @my_supersoccer dengan kepuasan informasi follower terhadap berita sepakbola pada komunitas MCSCI Bandung. Peneliti memberikan saran untuk meningkatkan lagi kandungan informasi yang terdapat dalam berita sepakbola pada akun twitter @my_supersoccer serta perlu ditingkatkan lagi sajian berita yang menarik dari dunia sepakbola agar dapat meningkatkan pengetahuan follower. Kata kunci : Penggunaan Media, Teori Uses and Gratifications, Kepuasan Informasi. ABSTRACT Agung Saputra Sanjaya, 210110110047. Student of Public Relations Departement,, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University. This thesis was titled ” The Link Between The Used Of @my_ supersoccer Twitter Account With Follower’s Information Satisfaction About Football News For The Members Of The Community Of MCSCI Bandung”. Counselors of this thesis were Dr. Yanti Setianti, M.Si, and Centurion C Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D. This study aims to know whether there is a link between the use of @my_ supersoccer twitter account the intensity access, message content was consump, and the relationships of individual to the media, with follower’s information satisfaction that was meeting the needs of information and knowledge follower about football news for the members of The Community Of MCSCI Bandung. This study adopted a correlational method using Spearman’s rank hypothesis test analyzed using descriptive and inferential data analysis technique. The total number of participants was 81 people who were the follower Of @my_ supersoccer twitter account and they were a members of The Community Of MCSCI Bandung chosen via simple random sampling technique. The data were collected using questionnaires,interviews observations, and literature reviews. The theory used from Katz, Blumler, Gurevitch that was a Uses and Gratifications theory. The result showed that there was a medium-intensity link between the intensity accessed @my _ supersoccer twitter account with the fulfillment of information follower needs. In addition the link that significant enough indicated also between ,meanwhile the link that low but surely between the contents of a message (the tweets) @my_supersoccer twitter account with the fulfillment of a need information follower. This study concluded that there was a that there was a medium-intensity link between the used of @my_ supersoccer twitter account with follower’s information satisfaction about football news for the members of The Community Of MCSCI Bandung. Researchers advise that to further increase the information content in the football news on his twitter account @my_supersoccer and need to be improved grain interested news from the world of football in order to improve knowledge follower. Keywords : Media Used , Uses And Gratifications Theory , Information SatisfactionItem HUBUNGAN ANTARA INFORMASI TAYANGAN VIDEO PROFILE DALAM ACARA ANUGERAH PEDULI PENDIDIKAN (APP) DAN SIKAP ANGGOTA KOMUNITAS JENDELA JAKARTA TERHADAP PENTINGNYA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN(2015-07-10) CUT THAHARA HERMAWAN; Agus Rahmat; Evie Ariadne Shinta DewiCut Thahara Hermawan. 210110110200. Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian ini adalah “Hubungan Antara Informasi Tayangan Video Profile dalam Acara Anugerah Peduli Pendidikan (APP) dan Sikap Anggota Komunitas Jendela Jakarta terhadap Pentingnya Pembangunan Pendidikan”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Drs. Agus Rahmat M.Pd.. sebagai pembimbing utama dan Dr. Evie Ariadne Shita Dewi M.Pd. sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan valensi dan bobot informasi dalam acara Anugerah Peduli Pendidikan (APP) dengan sikap Anggota Komunitas Jendela Jakarta (aspek kognisi, afeksi, dan konasi) terhadap pentingnya pembangunan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional dengan uji hipotesis Rank Spearman (rs). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 135 orang yang diambil dengan menggunakan rumus Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori Integrasi Informasi dari Martin Fishbein Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara informasi dalam video profile dengan sikap anggota Komunitas Jendela Jakarta terhadap Pentingnya Pembangunan Pendidikan. Hubungan yang cukup berarti antara valensi informasi (khususnya pada daya tarik pesan) dengan sikap anggota Komunitas Jendela Jakarta terhadap Pentingnya Pembangunan Pendidikan. Hubungan yang cukup berarti antara bobot informasi (khususnya pada keakuratan informasi) dengan sikap anggota Komunitas Jendela Jakarta terhadap Pentingnya Pembangunan Pendidikan. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti informasi dengan sikap anggota Komunitas Jendela Jakarta terhadap Pentingnya Pembangunan Pendidikan. Saran yang dapat diberikan adalah Gaya pesan dalam video profile dalam acara Anugerah Peduli Pendidikan harus diperbaiki, hal ini akan berpengaruh kepada pengertian penerima pesan. Sebaliknya, daya tarik pesan dalam video profile dalam acara Anugerah Peduli Pendidikan harus dipertahankan. Waktu yang digunakan dalam acara Anugerah Peduli Pendidikan harus lebih tepat waktu. Misalkan saat Hari Pendidikan Nasional agar seluruh pemangku kepentingan pendidikan lebih sadar akan pentingnya pembangunan pendidikan. Sebaliknya, keakuratan informasi dalam video profile dalam acara Anugerah Peduli Pendidikan harus dipertahankan.Item Hubungan Antara Kegiatan Internal Town Hall Meeting PT Asuransi Cigna dengan Sikap Karyawan Terhadap Komitmen Bisnis Perusahaan(2016-02-17) NIA GARNETA; Agus Rahmat; FX Ari Agung PrastowoNia Garneta, 210110110489, 2015, Hubungan Antara Kegiatan Internal Town Hall Meeting PT Asuransi Cigna dengan Sikap Karyawan Terhadap Komitmen Bisnis Perusahaan. Pembimbing utama Dr. Agus Rahmat, M.Pd dan Pembimbing Pendamping FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos,. M.I.Kom. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor sumber dan faktor pesan pada kegiatan internal Town Hall Meeting dengan sikap karyawan terhadap komitmen bisnis perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi yaitu Instrumental Theory of Persuasion yang dikemukakan oleh Hovland, Janis, dan Kelly. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Asuransi Cigna yang menghadiri kegiatan internal Town Hall Meeting pada tanggal 13 Mei 2015. Teknik penarikan sampel yang diterapkan di dalam penelitian ini yaitu teknik sampling berstrata dengan jumlah sampel 56 orang. Uji validitas menggunakan rumus Rank Spearman dan Uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data deskriptif dan statistik inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman Order Correlations. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan internal Town Hall Meeting dengan sikap karyawan terhadap komitmen bisnis perusahaan. Kekuatan hubungan berada pada kategori cukup berarti antara kedua variabel tersebut, artinya kegiatan internal Town Hall Meeting dapat merubah opini, persepsi, afeksi, dan tindakan karyawan terhadap komitmen bisnis perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang cukup berarti antara faktor sumber dengan sikap karyawan terhadap komitmen bisnis perusahaan. Dan hubungan yang rendah tetapi pasti antara faktor pesan dengan sikap karyawan terhadap komitmen bisnis perusahaan.Item Hubungan antara Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan Sikap Jurnalis terhadap Teknologi Vaksin(2016-03-22) SINTYA JAYANTI; Agus Rahmat; Susie PerbawasariABSTRAK Sintya Jayanti 210110110084, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang, 2014. Melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan Sikap Jurnalis terhadap Teknologi Vaksin”. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Agus Rahmat, M.Pd., sebagai Pembimbing Utama, dan Dr. Susie Perbawasari, M.Si., Sebagai Pembimbing Pendamping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Faktor Sumber dan Faktor Pesan Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan sikap jurnalis terhadap teknologi vaksin. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Instrumental of Persuasion Theory (Hovland, Janis, dan Kelly dalam Tan, 1981). Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan teknik pengumpulan data : angket, wawancara, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 yang merupakan jurnalis. Untuk pengambilan sample menggunakan teknik sampling acak sederhana. Hasil perhitungan dari teknik sampling acak sederhana menghasilkan sample sejumlah 50 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Rank Spearman dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan sikap jurnalis terhadap teknologi vaksin. Adanya hubungan yang cukup kuat antara faktor sumber dan faktor pesan dengan aspek opini, persepsi, afektif, dan perilaku jurnalis terhadap teknologi vaksin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara faktor sumber Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan aspek opini, persepsi, afektif, dan perilaku peserta terhadap gaya hidup hemat energi, kemudian terdapat hubungan antara faktor pesan Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 dengan aspek opini, persepsi, afektif, dan perilaku peserta terhadap gaya hidup hemat energi. Penelitian ini mempunyai arah nilai yang positif, dimana apabila faktor sumber dan pesan Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2 ditingkatkan, maka akan meningkat pula sikap jurnalis terhadap gaya hidup hemat energi. Adapun saran dari penelitian ini adalah sebaiknya mebuat kegiatan lebih menarik dengan adanya factory visit di dalam Kegiatan School of Vaccine for Journalist Batch- 2, supaya lebih efektif, dan berdampak kepada sikap jurnalis terhadap vaksin.Item Hubungan antara Komunikasi Persuasif oleh Staf Bumi Panda dengan Sikap Suporter terhadap Yayasan(2017-02-16) REVVA AVINNA TAQWA; Agus Rahmat; Kokom KomariahRevva Avinna Taqwa, 210110120105, Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Komunikasi Persuasif oleh Staf Bumi Panda dengan Sikap Supporter terhadap Yayasan”. Studi korelasional mengenai komunikasi persuasif yang dilakukan oleh staf Bumi Panda dengan sikap supporter terhadap yayasan WWF-Indonesia di Kota Bandung. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Agus Rahmat,M.Pd sebagai dosen pembimbing utama dan Dra. Hj. Kokom Komariah, M.Si sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan pada komunikasi persuasif oleh Bumi Panda dengan sikap suporter terhadap yayasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumental Theory of Persuasion dari Hovland, Janis dan Kelly. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, teknik pengambilan data dengan cara kuisioner, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Respoden penelitian ini sebanyak 155 orang, yang terpilih secara teknik sampling acak sederhana. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Uji validitas menggunakan Rank Spearman dan uji realibilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hubungan yang cukup berarti antara komunikasi persuasif oleh staf Bumi Panda yang terdiri dari faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan dengan sikap supporter terhadap yayasan yang mana terdiri dari perubahan pendapat, perubahan persepsi, perubahan afeksi dan perubahan tindakan. Hubungan cukup berarti mempunyai makna faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan telah bisa membentuk sikap suporter tetapi belum sepenuhnya. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara variabel komunikasi persuasif oleh staf Bumi Panda dengan sikap supporter terhadap yayasan. Serta terdapat hubungan yang cukup berarti antara dua variabel, yaitu faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan dengan sikap suporter terhadap yayasan. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya frekuensi pemberian komunikasi ditingkatkan, staf pada Bumi Panda sebaiknya merupakan orang yang telah dikenal suporter, dan sebaiknya pada awal pembicaraan disampaikan prolog berupa gambaran apa yang akan dibicarakan kepada suporter.Item HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PRAMUNIAGA TOKO BUKU DENGAN SIKAP MEMBER TERHADAP BANDUNG BOOK CENTER(2015-10-06) MUHAMMAD RIZKI IQBAL; Agus Rahmat; Rosnandar RomliM Rizki Iqbal, 210110110224, Jurusan Hubungan Masyarakat. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Hubungan antara Kredibilitas Pramuniaga Toko Buku dengan Sikap Member terhadap Bandung Book Center”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Agus Rahmat, M.PD sebagai pembimbing utama dan sebagai pembimbing pendamping Drs. Rosnandar Romli, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keeratan hubungan antara Kredibilitas Pramuniaga Toko Buku dengan Sikap Member terhadap Bandung Book Center. Penelitian ini berpijak pada Teori Kredibilitas Sumber (Source Credibility Theory). Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan analisis korelasional yaitu metode yang meneliti hubungan antara variabel-variabel, metode korelasional bertujuan untuk mengetahui sejauh mana variasi suatu faktor berkaitan dengan faktor lain. Populasi penelitian ini adalah seluruh member Bandung Book Center dengan ukuran sampel 71 orang yang terpilih secara sampling acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua member Bandung Book Center yang terdaftar pada wilayah Bandung. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara menganalisis data berupa keusioner dan analisis inferensial yang menyajikan jawaban responden dengan menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kredibilitas Pramuniaga Toko Buku memiliki hubungan dengan Sikap Member terhadap Bandung Book Center. Adapun simpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara keahlian, ketepercayaan, dan daya tarik Pramuniaga Toko Buku dengan aspek kognisi, afeksi, dan konasi Sikap Member terhadap Bandung Book Center. Saran dikemukakan adalah CV Bandung Book Center sebagai objek penelitian di wilayah Bandung, sebaiknya lebih selektif dalam merekrut pramuniaga baru dengan memperhatikan pengalaman kerja yang dimiliki pelamar dan pramuniaga Bandung Book Center harus lebih memperhatikan dan mencontoh pramuniaga yang senior dalam melayani member.Item HUBUNGAN ANTARA PEMBERITAAN BATIK DENGAN SIKAP KOMUNITAS BATIK TERHADAP PERUSAHAAN(2015-09-11) INTAN CHAIRUNNISHA; Agus Rahmat; Feliza ZubairIntan Chairunnisha. 210110110231. 2015. Prodi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Dengan penelitian yang berjudul “Hubungan Antara Pemberitaan Batik Dengan Sikap Komunitas Batik Terhadap Perusahaan”. Dosen Pembimbing Utama Dr. Feliza Zubair, M.Si., dan Dr. Agus Rahmat, M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pemberitaan batik dengan sikap komunitas batik terhadap perusahaan dilihat dari valensi dan bobot informasinya dengan sikap peserta dilihat dari komponen kognisi, afeksi, dan konasinya terhadap perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Integrasi Informasi (Information Integration Theory). Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan analisis data deskriptif dan inferensial. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua atau wali dari peserta Komunitas Batik Pakidulan yang terdapat di dalam pemberitaan mengenai kegiatan CSR PT Bio Farma yang berjumlah 170 orang. Teknik Sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 62 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan kegiatan corporate social responsibility mitra binaan PT Bio Farma dilihat dari valensi dan bobot informasi memiliki hubungan yang sangat kuat dengan sikap komunitas batik pakidulan Sukabumi terhadap perusahaan yang dilihat dari komponen kognisi, afeksi, dan konasi. Saran yang diberikan penulis yaitu penulis menyarankan adanya pemberitahuan yang lebih aktif jika batik pakidulan diliput oleh media massa kepada komunitas batik pakidulan, hal tersebut membuat komunitas sendiri lebih memahami tujuan, alasan serta perkembangan hubungan kemitraan antara PT Bio Farma dan komunitas batik pakidulan. Informasi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan pembaca, pemilihan kata lebih diperhatikan akan lebih baik menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia yang lebih mudah dimengerti. Menginformasikan lebih jauh kepada anggota komunitas batik pakidulan mengenai teknologi nano dan green process serta pelaksanaan kegiatan lebih disesuaikan dengan waktu para anggota komunitas batik pakidulan.Item Hubungan Antara Pencarian Informasi Melalui(2016-07-19) ARINI ASTI NURRAHMAN; Rosnandar Romli; Agus RahmatABSTRAK Arini Asti Nurrahman, 210110120014. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Pencarian Informasi Melalui “POSTV” dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero)”. Di bawah pembimbing utama Dr. Agus Rahmat, M.Pd., dan pembimbing pendamping Drs. Rosnandar Romli, M.Si. Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pencarian informasi melalui “POSTV” dengan pemenuhan kebutuhan informasi karyawan di PT. Pos Indonesia (Persero) Regional V Bandung. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan penelitian dilakukan pada 114 yang menjadi responden. Responden diambil dari setiap divisi berdasarkan sampling strata proposional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka sebagai referensi penulis dalam membuat penelitian ini. Analisis data penelitian ini menggunakan koefisien korelasi diantara variabel berdasarkan perhitungan statistik menggunakan SPSS versi 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah tapi pasti antara pencarian informasi melalui “POSTV” dengan pemenuhan kebutuhan informasi karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Regional V Bandung. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu sebaiknya PT. Pos Indonesia (Persero) divisi media komunikasi dapat mengoptimalkan fungsi media internal “POSTV”. Hal ini bisa dilakukan dengan diadakan pelatihan bagi para pengurus media internal sehingga bisa lebih mengetahui bagaimana cara memproses informasi dan mengetahui bentuk penyajian media yang lebih baik agar tercapai hubungan yang baik antar hubungan karyawan dan perusahaan. ABSTRACK Arini Asti Nurrahman, 210110120014. This tittle of this research is correlations of seeking information through ”POSTV” with fulfillment employees information needs PT. Pos Indonesia (Persero). This research under guidence of Agus Rahmat, Dr., M.Pd as the first mentor of Rosnandar Romli, Drs., M.Si., as the second menthor. Departement of Public Relations, Faculty of Communication Science, Padjadjaran University. The purpose of this research is to find correlations of seeking information through “POSTV” Media Internal with filling information needs the employee in PT. Pos Indonesia (Persero) Regional Division Bandung V. This research is using correlational method, and the research is done to 114 employes as the respondents. That are candidates from each division, taken based an proportional stratified sampling. Data collection technique is done by spreading questioner, observation, interview, and evaluated book as reference for this research. The data analysis is using coefficient correlation test Rank Spearman (Rs) to find the correlation between variables based on the statistic calculation use SPSS 2.0. Based result that be found the correlations slightly influences of seeking information “POSTV” with fulfillment employees information needs PT. Pos Indonesia (Persero) Regional V Bandung. Advice can be given researchers is better for PT . Pos Indonesia ( Persero ) communication media division can optimize the function of the internal media " POSTV " . This can be done by organized training for the managers of the internal media so they can better know how to process the information and find a way of presenting a better media in order to achieve a good relationship between the employees and the company`s relationshipItem Hubungan Antara Penggunaan Media Instagram PT. Telekomunikasi Selular Dengan Kepuasan Pelanggan Terhadap Informasi Seputar PT. Telekomunikasi Selular(2015-11-28) ALITHA PRIMAISWARI P; Agus Rahmat; Iriana BaktiAlitha Primaiswari Pratiwi, 210110110493, 2015, Hubungan Antara Penggunaan Media Instagram PT. Telekomunikasi Selular dengan Kepuasan Pelanggan Terhadap Informasi Seputar PT. Telekomunikasi Selular. Pembimbing utama Dr. Agus Rahmat, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Dr. H. Iriana Bakti, M.Si., Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media instagram PT. Telekomunikasi Selular dengan kepuasan pelanggan terhadap informasi seputar PT. Telekomunikasi Selular. Penelitian ini menggunakan Teori Expectancy-Value yang dikemukakan oleh Philip Palmgreen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah followers instagram PT. Telekomunikasi Selular yang merupakan hashtagger #jumatceria0115. Teknik Sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 70 orang. Uji validitas menggunakan rumus Rank Spearman dan Uji Reliabiltias menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data melalui angket, studi kepustakaan, wawancara, dan observasi. Teknik Analisis Data deskriptif dan statistic inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman Order Correlations. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang kuat di antara penggunaan media Instagram PT. Telekomunikasi Selular dengan Kepuasan Pelanggan Terhadap Informasi Seputar PT. Telekomunikasi Selular. Hal ini menunjukan bahwa perilaku intensi dan terpaan; norma subjektif; juga fitur yang dirasakan dan pencarian kepuasan memiliki hubungan dengan penilaian informasi, penilaian hiburan, dan penilaian interaksi parasosial. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat hubungan yang kuat di antara penggunaan media Instagram PT. Telekomunikasi Selular dengan Kepuasan Pelanggan Terhadap Informasi Seputar PT. Telekomunikasi Selular. Saran yang peneliti berikan yaitu sebaiknya informasi dapat diunggah ulang dan masing-masing tema dapat dibuat imbang porsinya.Item Hubungan antara penyuluhan gerakan nusantara dengan aspek kognisi orang tua murid sdn 11 kebayoran terhadap pembentukan generasi muda(2017-01-30) KARINA APRILIANA; Heru Ryanto Budiana; Agus RahmatABSTRAK Karina Apriliana, 210 110 120 161, mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Penyuluhan Gerakan Nusantara dengan Aspek Kognisi Orang Tua Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Kebayoran Terhadap Pembentukan Generasi Muda” Dr. Agus Rahmat, M.Pd sebagai pembimbing utama dan Heru Ryanto Budiana, S.Ag,. M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara penyuluhan gerakan nusantara dengan aspek kognisi orang tua murid SDN 11 Kebayoran. Teori yang digunakan adalah Teori Elaboration Likelihood (Elaboration Likelihood Theory) yang dikemukakan oleh Richard Petty dan John Cacioppo. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah peserta yang mengikuti Penyuluhan Gerakan Nusantara yang dilaksanakan oleh PT. Frisian Flag Indonesia Agustus 2015. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data deskriptif dan statistic inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara Penyuluhan Gerakan Nusantara dengan Aspek Kognisi Orang Tua Murid SDN 11 Kebayoran. Hasil tersebut menunjukkan bahwa materi, metode dan alat serta kredibilitas komunikator mempengaruhi kognisi peserta. Peneliti menyarankan agar sebaiknya materi dalam penyuluhan yang diadakan PT. Frisian Flag Indonesia ini disampaikan dengan argument yang kuat. Selain itu, sebaiknya metode dan alat harus lebih variatif. Yang terakhir, sebaiknya dalam penyuluhan ini juga penyuluh dalam menyampaikan materi harus lebih rinci dan jelas. ABSTRACT Karina Apriliana, 210110120161, student of Public Relations, Faculty of Communications Science, Padjajaran University. The tittle of the study ” The Correlations Between Gerakan Nusantara Counseling with Elementary School Parents 11 of Aspects Cognition towards Establish Young Generation”. This research under the guidance of Dr. Agus Rahmat, M.Pd as the main counselor and Heru Ryanto Budiana, S.Ag,. M.Si as the supervising companion. This study aims to determine the extent of the correlation between the counseling of Gerakan Nusantara with Elementary School Parents 11 of Aspects Cognition towards Establish Young Generation. The theory used in the study is Elaboration Likelihood (Elaboration Likelihood Theory) proposed by Richard Petty dan John Cacioppo. This research used a correlational method. The population in this research was participants of the Gerakan Nusantara counseling conducted by Frisian Flag Agustus 2015. Sample are taken by simpe random sampling technique which are 60 participants. Meanwhile, to collect data, the authors conducted a questionnaire, interview, observation, and literature study. Data Analysis Technique of descriptive and inferential statistics through hypothesis test Spearman Rank. Based on the results of this research that indicate that there is a significant relationship between The Counseling of Gerakan Nusantara with Elementary School Parents 11 of Aspects Cognition towards Establish Young Generation. These results indicate the material, methods, and a credible communicator that affect participants cognition. Research suggested that the material of the counseling necessary should be has more strong argument. In addition, the methods should be more variety. Preferably the communicator in conveying the material to be more clear and detailed. Key words: Counseling,Cognition Aspects, Gerakan NusantaraItem Hubungan Antara Sajian Informasi dalam Seminar Keterbukaan Informasi Publik dengan Sikap Peserta terhadap Pelayanan Publik(2015-09-16) ANGGI DESTRIANINGTYAS; Rosnandar Romli; Agus RahmatAnggi Destrianingtyas, 210110100269. 2015. Prodi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian �Hubungan antara Sajian Informasi dalam Seminar keterbukaan Informasi Publik dengan Sikap Peserta terhadap Pelayanan Publik�. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Agus Rahmat, M.Pd sebagai pembimbing utama dan sebagai pembimbing pendamping Drs. Rosnandar Romli, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara sajian informasi pada seminar keterbukaan informasi public dengan sikap peserta terhadap pelayanan publik dilihat dari valensi dan bobot informasinya dengan sikap peserta dilihat dari aspek kognitif, afektif dan konatifnya terhadap pelayanan public. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan paradigma positivisme. Teori yang digunakan adalah Teori Integrasi Informasi yang dikemukakan oleh Martin Fishbein. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah PPID dan anggota baakohumas yang mengikuti acara Seminar Keterbukaan Informasi Publik pada tanggal 6 Januari 2015 yaitu sebanyak 358 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 78 orang. Uji validitas menggunakan rumus Rank Spearman, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sajian informasi pada seminar Keterbukaan Informasi Publik memiliki hubungan dengan sikap peserta seminar terhadap pelayanan public. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara valensi dan boot informasi terhadap sikap peserta terhadap pelayanan public dari aspek kognitif, afektif dan konatif. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini hendaknya menyajikan materi yang berkaitan dengan topik dan kegiatan di lapangan.Item Hubungan Antara Sajian Informasi Pada Seminar dengan Sikap Peserta Terhadap Manajemen Berpuasa(2017-10-09) ANA SESAR ANDANI PANGAREPO; Susie Perbawasari; Agus RahmatABSTRAK Ana Sesar Andani, 210110130064. Prodi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian “Hubungan antara Sajian Informasi pada Seminar “Berdamai dengan Diabetes Mellitus” dengan Sikap Peserta terhadap Manajemen Berpuasa”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Susie Perbawasari, M. Si sebagai pembimbing utama dan sebagai pembimbing pendamping Dr. Agus Rahmat, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara sajian informasi pada seminar “Berdamai dengan Diabetes Mellitus” dengan sikap peserta terhadap manajemen berpuasa. Penelitian ini diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk menempuh ujian sarjana program S1 Prodi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teori yang digunakan adalah Teori Integrasi Informasi dari Marthin Fishbein. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial dengan menggunakan rumus Rank Spearman. Sampel dari penelitian ini adalah 44 orang dari 78 peserta yang mengikuti kegiatan seminar diambil dengan teknik sampling acak sederhana (random sampling). Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan melakukan penyebaran angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara sajian informasi pada seminar dengan sikap peserta terhadap manajemen berpuasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan informasi yang disampaikan dalam seminar sebaiknya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan informasi peserta dan pemilihan pembicara yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidangnya.Item HUBUNGAN ANTARA SAJIAN INFORMASI PROGRAM EDUKASI WIRAUSAHA TKI PURNA BNP2TKI DENGAN SIKAP PESERTA TERHADAP PENDIRIAN USAHA MANDIRI(2016-10-10) MUCHSIN SAJRI; Agus Rahmat; Heru Ryanto BudianaMuchsin Sajri, 210110100103, Prodi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Hubungan antara Sajian Informasi kegiatan edukasi wirausaha dengan Sikap Peserta terhadap pendirian usaha mandiri”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Agus Rahmat, M. Pd sebagai pembimbing utama dan sebagai pembimbing pendamping Heru Ryanto Budiana, S.Ag., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara antara sajian informasi kegiatan edukasi wirausaha dengan sikap peserta terhadap pendirian usaha mandiri. Penelitian ini diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk menempuh ujian sarjana Program S1 Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Teori yang digunakan adalah Teori Integrasi Informasi dari Martin Fishbein. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung frekuensi, kategorisasi, dan tabulasi silang, serta analisi inferensial dengan menggunakan rumus rank spearman. Sampel dari penelitian ini adalah 50 orang dari 100 peserta kegiatan yang diambil dengan cara teknik sampling strata proporsional Sementara itu, untuk mengumpulkan data, penulis melakukan penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terhadap hubungan yang cukup berarti antara pelatihan edukasi wirausaha dengan sikap peserta terhadap pendirian usaha mandiri. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan informasi mengenai pencapaian kesusksesan usaha harus dibuktikan melalui foto, video, atau liputan dari profil orang sukses tersebut, informasi dalam edukasi wirausaha TKI diselingi dengan humor – humor ringan yang berhubungan dengan materi seminar agar para peserta merasa nyaman dan memberikan perhatian yang lebih pada informasi yang disajikan, informasi dalam edukasi wirausaha TKI menggunakan sistem pyramidal, dan informasi dalam edukasi wirausaha TKI juga menyajikan argumentasi dua-sisi.