Browsing by Author "Irfan Ardiansah"
Now showing 1 - 20 of 67
Results Per Page
Sort Options
Item ANALISA USER EXPERIENCE (UX) PADA SITUS WEB STARTUP INAVENTORY.CO.ID DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION(2021-11-06) ZAHRA SYIFADEASY AZKYA; Irfan Ardiansah; Totok PujiantoMarketplace pergudangan adalah platform yang mempertemukan pelaku bisnis atau orang yang membutuhkan gudang dengan penyedia gudang. Marketplace jenis ini tergolong baru maka masih banyak kekurangannya terutama pada bagian User Experience (Pengalaman Pengguna). Fitur yang ditawarkan masih sangat terbatas seperti mesin pencari gudang yang kurang efisien sehingga menghambat transaksi calon pelanggan yang awalnya tertarik dan ingin menggunakan layanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan User Experience di marketplace pergudangan. Evaluasi yang bersifat heuristik digunakan sebagai metode analisa User Experience dan Google Material Design sebagai acuan prinsip desain untuk merevisi User Experience sebelumnya. Studi ini dilakukan dalam 2 tahap dimana User Experience Expert mengevaluasi sebelum dan sesudah perancangan ulang tampilan dan User Experience di dalam situs. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa perbaikan User Experience berdampak kepada penurunan masalah heuristik yang dialami oleh pengguna sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan situs, hal ini dapat dilihat pada data total masalah heuristik dalam evaluasi tahap awal ditemukan 26 masalah total dengan tujuh masalah yang memiliki severity rating bernilai tiga atau lebih yaitu pada prinsip heuristik H1, H2, H4, H5, dan H8 telah berkurang menjadi tujuh masalah heuristik yang memiliki severity rating dibawah 3 (masalah heuristik kategori ringan), sehingga sudah tidak terdapat kesalahan dalam skala besar pada evaluasi tahap akhir.Item ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS ANDROID DI UKM KIWARI FARMERS(2017-01-23) DAUD ABDULAH ZUBAIDI; Roni Kastaman; Irfan ArdiansahUKM Kiwari Farmers adalah salah satu UKM yang mengembangkan proses pengolahan biji kopi. UKM ini termasuk UKM baru yang memiliki berbagai permasalahan dalam proses sistem informasi manajemen di UKM tersebut. Perbedaan jarak yang jauh antar unit pengolahan hasil (UPH) dan rumah produksi menjadi salah satu kendala dalam penyampaian informasi yang ada di UKM tersebut. Penelitan ini dilakukan untuk merancangan sistem informasi manajemen yang dapat memudahkan penyampain dan pengolahan informasi di UKM Kiwari Farmers. Penelitian ini menggunakan metode rekayasa dengan pengembangan aplikasi merujuk pada metode prototype berbasis object oriented. Hasil analisis dan perancangan sistem dari penelitian ini adalah rekayasa pengerjaan pencatatan data dari pegawai yang biasa dilakukan secara manual menggunakan buku tulis, diubah menjadi penggunaan menggunakan telepon genggam berbasis android. Hasil lainnya rekayasa sistem juga dilakukan dalam pengiriman data yang biasa dilakukan dua kali seminggu secara langsung tatap muka, dapat diubah menjadi tiap hari tanpa tatap muka dan juga data dapat langsung di-upload ke dalam internet. Penggunaan Aplikasi Android ini juga dapat memudahkan direktur dalam melakukan report data hasil kerja pegawai UPH karena aplikasi dilengkapi dengan input data, tabel view, bantuan pengguna dan export data ke dalam excel.Item Analisis Komparatif Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada UKM Oifyoo dan Zanana(2019-10-04) ANASTASYA MAHARANI; Irfan Ardiansah; Totok PujiantoMedia sosial digunakan dalam pemasaran suatu barang atau jasa oleh para pelaku usaha mulai dari usaha yang berskala kecil sampai besar karena dianggap lebih mudah dan mampu menjangkau berbagai macam segmentasi pasar. Zanana dan Oifyoo merupakan contoh usaha kecil dan menengah (UKM) yang sudah melakukan pemasaran produknya melalui media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan dan pemahaman UKM terkait mengenai akun Instagram milik usahanya dan juga bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pemasaran produk melalui Instagram yang lebih efektif dan efisien antara akun milik Oifyoo dan Zanana. Penggunaan dan pemahaman tersebut bisa dilihat mulai dari segi konten, tampilan, pelayanan dan engagement yang berhasil diraih. Zanana mempunyai tim marketing untuk mengelola akun Instagram, sedangkan akun Instagram Oifyoo dikelola langsung oleh pemiliknya. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya tim marketing pada suatu UKM berpengaruh terhadap hasil dari pemasaran dengan menggunakan media sosial. Terdapat dua tahapan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu tahapan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner untuk data primer dan data dari laman Instagram Zanana dan Oifyoo untuk data sekunder. Teknik analisis pengujian data yang digunakan adalah uji t untuk perhitungan hasil kuesioner. Data hasil wawancara diolah melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Zanana lebih unggul dalam penggunaan Instagram sebagai media pemasaran online dibandingkan dengan Oifyoo dimana skor akhir Zanana unggul pada semua variabel, yaitu: tampilan, konten dan pelayanan admin Instagram. Selain itu, perbedaan rata-rata statistik dari kedua sampel cukup signifikan berdasarkan tindependent two sample test, yaitu sebesar 7,695.Item Analisis Korelasi Sentimen Ulasan Pelanggan Terhadap Penjualan Produk Kopi Arabika Pada Marketplace Elektronik(2022-01-13) NABILLA SAPTARYANA MARTHA; Irfan Ardiansah; Efri MardawatiPandemi Covid-19 membuat pelaku UMKM beralih memasarkan produknya ke toko daring. Persaingan bisnis di toko daring akan meningkat. Untuk dapat bersaing, salah satu faktor yang dapat diperhatikan yaitu feedback berupa review dari pelanggan. Dilakukan analisis sentimen untuk menghasilkan klasifikasi data sentimen positif atau negatif dari review pelanggan. Untuk mengetahui hubungan antara sentimen ulasan pelanggan dengan jumlah produk terjual dilakukan analisis korelasi pearson product moment. Metode pengambilan data menggunakan tools web scraping yang memungkinkan pengambilan informasi pada website secara otomatis dalam jumlah banyak dan waktu singkat. Proses scraping data menghasilkan 80 daftar produk Kopi Arabika. Model klasifikasi untuk memisahkan kelompok sentimen positif dan negatif menggunakan SVM (Support Vector Machine). Setiap produk memiliki data train sebesar 75%. Hasil model klasifikasi dilakukan evaluasi dengan melihat parameter persentase akurasi pada setiap produknya. Rata-rata hasil akurasi dari pengujian 30 produk adalah 96%. Data selanjutnya dilakukan analisis korelasi, namun sebelumnya dilakukan pengujian asumsi klasik yaitu uji liniertias dan uji normalitas dengan analisis Kolmogrov-smirnov. Variabel bebas (X) persentase sentimen positif dan variabel terikat (Y) adalah jumlah produk yang terjual. Hasil dari uji linieritas yaitu antar variabel memiliki hubungan linier. Hasil dari uji normalitas antar variabel memiliki taraf signifikansi 0.07, artinya sebaran data berdistribusi normal. Proses berikutnya dilakukan analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil dari analisis korelasi menunjukan nilai koefisien korelasi yaitu +0.512 dan termasuk kedalam nilai korelasi sedang. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang linier antara persentasi sentimen positif ulasan pelanggan terhadap jumlah produk yang terjual di marketplace Tokopedia.Item Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Pada Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Metode AISAS (Studi Kasus Pada Instagram @Rotiyu.Id)(2022-10-14) SARAH LATIFAH; Totok Pujianto; Irfan ArdiansahMedia sosial kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pada saat ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk melakukan interaksi antar pengguna, tetapi juga digunakan untuk bisnis, terutama dalam hal pemasaran yang dikenal dengan social media marketing. Selain itu, media sosial juga sering dimanfaatkan oleh konsumen untuk menyebarkan informasi tentang suatu produk atau jasa yang dikenal dengan istilah Electronic Word Of Mouth (e-WOM). Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang dapat digunakan untuk bisnis. Salah satu Instagram yang melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram adalah perusahaan Roti Yu. Social Media marketing dan e-WOM dinilai memiliki dampak yang substansial dan dapat diandalkan terhadap minat beli. Namun, dalam melakukan pemasaran melalui media sosial, Roti Yu belum mengetahui apakah social media marketing yang sudah dilakukan dan e-WOM terkait produk Roti Yu dapat membawa dampak terhadap minat beli konsumen atau tidak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan e-WOM pada Instagram terhadap minat beli produk Roti Yu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksplanatif dan model AISAS digunakan untuk melakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian secara parsial social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terdahap minat beli produk Roti Yu dengan t hitung (4,970) > t tabel (1,996), e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk Roti Yu dengan t hitung (4,890) > t tabel (1,996). Secara simultan social media marketing dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Roti Yu dengan nilai F hitung (112,75) > F tabel (3,02) dengan nilai korelasi sebesar 0,379 dan termasuk dalam kategori korelasi cukup kuat. Kata Kunci: AISAS, Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Social Media MarketingItem Analisis Penilaian Kontribusi Komponen Teknologi dengan Metode Teknometrik di PT. Golden Malabar Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kab. Bandung(2017-01-17) RIESFA ALNA SANAYA H; Totok Pujianto; Irfan ArdiansahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai technology contribution coefficient (TCC) dan nilai kontribusi komponen teknologi yang meliputi technoware, humanware, infoware, dan orgaware di PT. Golden Malabar Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Teknometrik didukung dengan metode SMART (simple multi attribute rating technique) dan Analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, komponen orgaware mempunyai kontribusi yang paling tinggi (0,9444), kemudian infoware (0,8241), humanware (0,6283), dan terkecil technoware (0,4954). Nilai TCC PT. Golden Malabar Indonesia adalah 0,7255. Berdasarkan nilai kualitatif TCC, PT. Golden Malabar Indonesia termasuk klasifikasi baik dan berdasarkan tingkat teknologi PT. Golden Malabar Indonesia memiliki tingkat teknologi modern. Hasil Analisis SWOT pada diagram posisi, komponen technoware, infoware, orgaware pada kuadran I artinya membutuhkan strategi tumbuh. Strategi komponen technoware adalah memperbaharui alat dan mesin yang ada dan meningkatkan kerjasama dalam kemajuan kinerja perusahaan. Strategi infoware yaitu mensosialisasikan kepada seluruh pegawai dalam penggunaan media sosial dan memanfaatkan media sosial dalam pemasaran produk. Strategi orgaware yaitu melakukan kerjasama dengan beberapa ahli mengenai kondisi internal perusahaan dan pemasaran produk. Sedangkan komponen humanware pada posisi kuadran III artinya membutuhkan perubahan strategi. Strategi komponen humanware adalah memberikan kesempatan pelatihan kepada seluruh pegawai secara merata dan memberikan pemahaman mengenai beberapa mesin yang sudah ada.Item ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN UNTUK PENGENDALIAN STOCK DENGAN METODE EOQ PADA OPTIMALISASI KOPI DI KEDAI KAWAN KOPI(2021-04-07) MUHAMMAD FADEL MUGHNI PARAYIL; Totok Pujianto; Irfan ArdiansahPermintaan pasar untuk konsumsi kopi yang meningkat di daerah Bandung menciptakan pasar yang besar sehingga banyak kedai kopi baru di daerah Bandung salah satu kedai kopi tersebut adalah Kawan Kopi. Kawan Kopi sendiri pernah mengalami stockout hingga 3-5 kali pada tahun 2018 - 2019, hal ini membutuhkan perencanaan yang baik untuk mengetahui demand pada setiap bulannya dan juga pengendalian bahan baku yang tepat untuk menghindari terjadinya stockout. Pada penelitian ini data penjualan yang diperoleh berupa time series dianalisis menggunakan metode ARIMA untuk kopi robusta dan SARIMA untuk kopi blend. Perencanaan pengendalian bahan baku pada dianalisis menggunakan metode EOQ kemudian membandingkan dengan Q** formulasi, dimana Q** formulasi melihat adanya faktor kedaluwarsa pada bahan baku kopi selama 14 hari yang di tetapkan oleh perusahan, sedangkan EOQ pada kasus ini dianggap kurang tepat karna tidak melihat faktor kedaluwarsa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode peramalan terbaik untuk bahan baku robusta menggunakan SARIMA dengan orde [(0,1,1)(0,1,1)4] dan untuk bahan baku blend dengan orde (0,1,2) dengan melihat dari MSE terkecil diantara model dan metode lainnya. Perbandingan yang dihasilkan dari TIC untuk EOQ lebih kecil tetapi jika dilihat dari pertimbangan kedaluwarsa bahan baku menyebabkan kerugian sekitar Rp1.011.995 untuk robusta dan Rp1.284.980 untuk blendItem ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS PADA PERUM BULOG DIVISI REGIONAL JAWA BARAT(2016-10-14) GITA APRILLIA PUTRI; Totok Pujianto; Irfan ArdiansahBeras adalah komoditas utama yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, konsumsi beras juga semakin meningkat. Perum BULOG merupakan badan usaha milik negara yang bertugas sebagai pengelola persediaan beras. Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari 5 provinsi produsen beras terbesar sebagai penopang pemenuhan kebutuhan beras nasional. Namun pada bulan-bulan tertentu di tahun 2011-2015, Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat mengalami kekurangan persediaan beras sehingga diperlukan movement nasional yang berasal dari Divisi Regional DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Pencapaian pengadaan terbesar pada 5 tahun terakhir terjadi pada tahun 2012 sebesar 585.869.610,53 kg dan pengadaan terendah terjadi pada tahun 2011. Ketidakstabilan pengadaan beras DN Perum BULOG Divre Jawa Barat tersebut disebabkan oleh beberapa faktor terutama pada faktor cuaca. Oleh karena itu, diperlukan mengelola persediaan beras untuk menghindari persediaan beras yang terlalu beras atau terlalu tinggi sehingga diperlukan adanya penelitian mengenai analisis perencanaan dan pengendalian persediaan beras pada Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan di Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) melalui pendekatan Period Order Quantity (POQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa total jumlah pemesanan ekonomis tahun 2016 yaitu 596.677.538,92 kg dengan frekuensi pemesanan sebanyak 71 kali melalui periode pemesanan 5 hari untuk bulan Januari, periode pemesanan 6 hari untuk bulan lainnya. Jumlah safety stock yang harus dimiliki Perum BULOG yaitu 79.434.675,36 kg - 173.200.441,02 kg dan persediaan maksimum yang dapat dikelola dengan persediaan maksimum terendah yaitu 84.145.772,96 kg dan persediaan maksimum tertinggi yaitu 180.156.952,97 kg, serta total biaya persediaan dengan metode EOQ melalui pendekatan POQ yaitu Rp4.659.583.712.750,62, sedangkan anggaran atau rencana biaya persediaan Perum BULOG Divre Jawa Barat yaitu sebesar Rp4.681.702.174.406,47. Sehingga diperoleh efisiensi biaya sebesar Rp22.118.461.655,86.Item analisis rantai pasok kopi di PT Sinar Mayang Lestari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat(2019-06-24) ANDHIKA NUGRAHA SYAHPUTRA; Irfan Ardiansah; Totok PujiantoMeningkatnya tingkat konsumsi kopi di Indonesia harus dibarengi dengan penerapan rantai pasok yang baik, karena rantai pasok memiliki peran dalam proses pemenuhan permintaan. Kinerja rantai pasok yang baik ditentukan dari peran anggota rantai pasok yang terlibat, jika anggota rantai pasok belum maksimal dalam menjalankan perannya maka akan berdampak pada kinerja rantai pasok yang terjadi. PT Sinar Mayang Lestari merupakan perusahaan yang memproduksi green beans dan roasted beans. Atribut reliabilitas memiliki bobot nilai 0,39 karena atribut ini menentukan kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan sesuai kuantitas, kualitas maupun ketepatan waktu. Kondisi rantai pasok kopi di PT Sinar Mayang Lestari yang dianalisi menggunakan metode FSCN (Food Supply Chain Network) sudah berjalan cukup baik karena mampu memenuhi permintaan konsumen dilihat dari nilai kinerja rantai pasok yang diukur mengacu kepada metode SCOR (Supply Chain Operations Reference) yang menghasilkan nilai 88. Nilai kinerja ini termasuk ke dalam kriteria sedang (Average).Item Analisis Sentimen Terhadap Ulasan Pengguna Aplikasi TaniHub Pada Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector Machine(2022-01-12) REKA FIRWAYANI WIGATI; Irfan Ardiansah; Totok PujiantoTaniHub merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan berbagai produk hasil pertanian. Aplikasi TaniHub pada Google Play Store mencapai ribuan ulasan dengan rating sebesar 4,6 dari 5. Tanggapan yang diberikan sangat penting bagi perusahaan dalam menentukan apakah konsumen puas dengan TaniHub dan mengetahui yang menjadi kekurangan sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. Melihat banyaknya jumlah ulasan yang diberikan dan sangat bervariasi, maka dibutuhkan metode khusus yaitu analisis sentimen. Data penelitian ini menggunakan ulasan pengguna TaniHub pada situs Google Play Store. Penelitian ini melakukan dua kali klasifikasi menggunakan metode Support Vector Machine, yaitu klasifikasi sentimen positif dan negatif, kemudian klasifikasi aspek, yaitu service, system, dan usefulness. Informasi kepuasan konsumen dari setiap kelas didapatkan dengan proses labeling data berupa 721 ulasan positif dan 343 ulasan negatif. Sentimen positif menyatakan bahwa aspek service konsumen merasa puas karena kualitas pelayanan yang baik, aspek system konsumen merasa mudah menggunakan aplikasi TaniHub, dan aspek usefulness konsumen merasa terbantu dengan adanya aplikasi TaniHub. Adapun hasil dari ulasan negatif pada aspek service yaitu pengiriman barang yang cukup lama, aspek system pengguna mengeluhkan aplikasi yang error, dan aspek usefulness pengguna merasa ragu terhadap kenyataan bahwa TaniHub yang menjual buah import. Visualisasi data dilakukan dengan metode WordcloudItem Analisis Sentimen Ulasan Produk Kosmetik Menggunakan Metode Naive Bayes dan Support Vector Machine Classifier Studi Kasus Produk Blush Pada Sephora(2024-01-12) IRSALINA KIRANA PUTRI; Efri Mardawati; Irfan ArdiansahSephora adalah salah satu beauty e-commerce terbesar secara global. Sephora menawarkan berbagai macam produk makeup salah satunya blush. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan produk Benetint Liquid Lip Blush & Cheek Tint, Rare Beauty Stay Vulnerable Melting Cream Blush, dan Rare Beauty Soft Pinch Liquid Blush. Ulasan produk dapat memberikan informasi mengenai performa dan kualitas produk yang penting untuk mendukung keputusan pembelian. Ulasan diambil dari situs web sephora.com dengan menggunakan teknik web scraping. Metode analisis sentimen digunakan untuk mengidentifikasi sentimen positif, negatif, atau netral yang terkandung dalam ulasan-ulasan tersebut. Metode Support Vector Machine (SVM) dan Naive Bayes digunakan sebagai model klasifikasi. Akurasi yang didapatkan menunjukkan model Support Vector Machine mempunyai performa yang lebih baik dengan akurasi untuk ulasan produk Benetint Liquid Lip Blush & Cheek Tint 90.6%; Rare Beauty Stay Vulnerable Melting Cream Blush 93.2%; dan Rare Beauty Soft Pinch Liquid Blush 93.4%. menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan dengan Naive Bayes.Item ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PRODUK OLAHAN PANGAN KATEGORI MAKANAN RINGAN UMKM KOTA BANDUNG (Studi Komparatif Buluk Lupa dan Cepotatoes)(2016-09-29) ADITYA RAMADHAN; Irfan Ardiansah; Totok PujiantoPengguna media sosial di Indonesia saat ini mencapai angka 63 juta orang. Berbagai macam pilihan media sosial diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Satu diantara media sosial yang sangat berpotensi untuk memasarkan suatu produk adalah Instagram. Kini Instagram menjadi strategi baru bagi para UMKM untuk dapat memasarkan produknya. Buluk Lupa dan Cepotatoes adalah contoh dari UMKM Kota Bandung yang sudah menggunakan pemasaran berbasis media sosial Instagram. Namun, belum ada penelitian secara komprehensif mengenai implementasi strategi pemasaran berbasis media sosial Instagram pada kedua UMKM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran berbasis media sosial Instagram pada produk olahan pangan kategori makanan ringan serta mengetahui hasil komparasi strategi antara kedua UMKM tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan studi komparatif serta pendekatan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam secara semi-terstruktur. Penelitian ini menggunakan analisis data SOSTAC (Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, and Control). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima hal yang perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran berbasis media sosial Instagram, yaitu foto produk, endorsement, harga, testimoni, serta jumah following dan followers. Secara keseluruhan strategi pemasaran berbasis media sosial Instagram yang dilakukan oleh Buluk Lupa lebih baik daripada Cepotatoes. Hal tersebut didukung oleh hasil evaluasi secara deskriptif dan kuantitatif mengenai penggunaan Instagram yang dilakukan oleh ahli melalui 10 pertanyaan dan 10 pernyataan yang berkaitan dengan penggunaan Instagram sebagai strategi pemasaran berbasis media sosial. Hasil evaluasi secara kuantitatif menunjukkan bahwa rata-rata bobot secara keseluruhan untuk strategi pemasaran berbasis media sosial Instagram yang dilakukan oleh UMKM Buluk Lupa sebesar 62.33%, lebih tinggi dibandingkan UMKM Cepotatoes yang hanya memperoleh rata-rata sebesar 37.67%.Item Analisis Tingkat Partisipasi Petani dalam Pengelolaan Air Irigasi di Daerah Irigasi Narongtong, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang(2017-08-11) ELISA DIAN ASTRIANI; Irfan Ardiansah; Nurpilihan BafdalTerbatasnya sumber daya air mengakibatkan kebutuhan air irigasi semakin kompetitif. Agar terwujudnya pemanfaatan air secara adil dan merata, pemerintah menetapkan peraturan mengenai pengelolaan irigasi yang dilakukan secara partisipatif dan pelaksanaannya melibatkan peran serta masyarakat petani, namun belum semua masyarakat petani berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan air irigasi, sehingga diperlukan penelitian untuk menganalisis tingkat partisipasi petani dalam pengelolaan air irigasi. Penelitian bertempat di Daerah Irigasi Narongtong Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. yang meliputi dua desa, yaitu Desa Cileles dan Desa Cilayung. Penelitian dilakukan dengan metode survey yang kemudian dilanjutkan menjadi metode analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat partisipasi petani dan dilengkapi dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui urutan prioritas partisipasi petani dalam pengelolaan air irigasi. Kesimpulan yang dihasilkan bahwasannya DI Narongtong tergolong ke dalam partisipasi rendah dengan perolehan total skor sebesar 4656, kemudian diperoleh hasil urutan prioritas partisipasi petani dalam pengelolaan air irigasi, urutan pertama yaitu partisipasi dalam operasional jaringan, dengan urutan subkriteria: a) penjadwalan tata tanam, b) iuran dana dan material, c) penyuluhan/ pembinaan dari P3A, dan d) penjadwalan pembagian air irgiasi. Urutan kedua yaitu partisipasi dalam rehabilitasi jaringan, dengan urutan subkriteria: a) pemeliharaan rutin, b) pemeliharaan darurat, dan c) pemeliharaan berkala. Urutan ketiga yaitu partisipasi dalam pemeliharaan jaringan, dengan urutan subkriteria: a) perbaikan pintu air, b) perbaikan saluran irigasi, dan c) perbaikan saluran drainase.Item Aplikasi Peramalan Penjualan Dengan Algoritma Fbprophet Pada Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung(2023-01-11) IRSYAD FAUZI ADIARSA; Irfan Ardiansah; Selly Harnesa PutriIndustri Hilir Teh merupakan salah satu anak perusahaan dari PTPN VIII, perusahaan ini bergerak pada proses pengepakan teh, kendala yang dialami perusahaan ini yaitu terkadang terdapat ketidaktepatan dalam melakukan perencanaan produksi. Peramalan merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menentukan perencanaan produksi, agar peramalan dapat dilakukan secara berkala maka diperlukannya aplikasi peramalan. Metode waterfall merupakan salah satu metode pembuatan aplikasi, metode ini digunakan karena sudah memiliki tujuan fungsional aplikasi telah ditentukan. Metode peramalan yang digunakan yaitu metode fbprophet, metode ini menerapkan penekanan pada penghalusan non-linear dari model dataset yang telah dibuat. Hasil perhitungan metode fbprophet menunjukan tiga hasil, yaitu: jumlah, jumlah bawah dan jumlah atas. Akurasi hasil peramalan yang digunakan yaitu MSE, MAE, dan RMSE. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemograman python, dengan pembuatan tampilan user interface menggunakan bahasa pemograman HTML. Berdasarkan wawancara terkait aplikasi peramalan yang telah dilakukan, hasil penilaian dari pihak Industri Hilir Teh menunjukan hasil yang sangat baik, dengan tiap-tiap pointnya mendapatkan score 5. Peramalan yang diterapkan pada salah satu produk yaitu Goalpara TS 250 gr, dengan changepoint 0.25, dan periode 10 bulan, menunjukan pemilihan pada hasil jumlah itu lebih baik dibandingkan dengan jumlah atas dan jumlah bawah dengan MSE sebesar 277,104,191.24; MAE sebesar 13,514.07; dan RMSE 16,646.45. Nilai tersebut merupakan hasil akurasi peramalan terkecil diantara dibandingkan ketiga hasil dari peramalan jumlah atas dan jumlah bawah.Item Evaluasi Tata Letak Berdasarkan Aliran Bahan Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Pada PT.Perkebunan Nusantara VIII Talunsantosa(2019-10-23) MUHAMMAD RIZKI FARIDUDDIN; Irfan Ardiansah; Efri MardawatiTata letak pabrik atau fasilitas produksi merupakan pengaturan untuk menetapkan letak fasilitas dengan mempertimbangkan aliran pemindahan bahan, luas area dan sebagainya. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala tata letak yang diterapkan di PTPN VIII Talunsantosa saat ini masih belum begitu baik, karena adanya kesimpangsiuran aliran bahan yang mengakibatkan penumpukan aliran bahan menuju proses selanjutnya sehingga bahan terkadang terlalu lama menunggu. Kendala yang dialami oleh pabrik Santosa dalam aspek aliran bahan harus dihilangkan demi meningkatkan kapasitas produksi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tata letak fasilitas yang efektif dalam mendukung peningkatan produksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan secara sistematis keadaan yang sedang terjadi di pabrik dan mengukur indikator-indikator penelitian sehingga diperoleh gambaran. Proses analisa menggunakan peta Activity Relationship Chart untuk membantu menggambarkan nilai kepentingan hubungan antar bagian yang satu dan bagian yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan data produksi yang diperoleh PTPN VIII Talunsantosa pada tahun 2018 menunjukkan nilai basah/kering (B/K) dibawah 4.50 yang berarti industri tersebut sudah dapat memaksimalkan nilai produksi teh pertahunnya, pada tahun 2018 jumlah produksi pada pabrik Santosa masih dikatakan baik dengan nilai B/K 4,40. Dapat disimpulkan bahwa tata letak pabrik Santosa sudah baik karena sudah dapat memaksimalkan jumlah produksi pada tahun 2018.Item FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN EKONOMI PETANI LAHAN KERING DESA CILELES, KECAMATAN JATINANGOR, KABUPATEN SUMEDANG(2017-04-07) ROMMY ADHITYA MIRHADI; Roni Kastaman; Irfan ArdiansahDesa Cileles memiliki potensi besar pada bidang sektor pertanian, dengan ketersediaan lahan pertanian yang luas dan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani lahan kering. Namun, petani desa Cileles cenderung masih jauh dari kata sejahtera. Dalam rangka peningkatan nilai ekonomi atau pendapatan petani perlu diketahui faktor yang mempengaruhi pendapatan petani di desa Cileles dengan melihat berbagai faktor yang ada. Pada dasar nya setiap individu petani akan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi pendapatan seorang petani, meliputi faktor individu, sosial, ekonomi, dan infrastruktur. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor maupun pengaruh keseluruhan terhadap pendapatan petani, menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan secara rinci faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani desa Cileles. Analisis path digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari beberapa variabel. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa faktor yang memiliki pengaruh positif terbesar terhadap pendapatan petani adalah faktor ekonomi dengan pengaruh langsung sebesar 0.266 serta faktor yang memiliki pengaruh positif terbesar kedua adalah faktor individu sebesar 0.227. Sedangkan faktor yang memiliki pengaruh positif terkecil adalah faktor sosial dengan pengaruh sebesar 0.02.Item IDENTIFIKASI DAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA PT. BIMANDIRI AGRO SEDAYA DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA)(2019-10-23) ALFANDO PUTRANTYO WIRATAMA; Devi Maulida Rahmah; Irfan ArdiansahBerdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik Indonesia dan dipublikasikan tahun 2018 sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 31,87% pada bulan februari tahun 2017 sedangakan pada bulan agustus 2017 dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 29,68% dan bulan februari tahun 2018 menyerap tenaga kerja sebanyak 30,46%. PT.Bimadiri Agro Sedaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang agorindustri. Perusahaan ini memproduksi bahan-bahan hasil pertanian yang kemudian dikemas. Perusahaan ini masih memiliki beberapa permasalah mengenai pemborosan yang terjadi ketika proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemborosan yang terjadi di PT.Bimandiri Agro Sedaya dan melakukan penanganan perbaikan pemborosan yang terjadi. Metode untuk menganalisis pemborosan yang terjadi menggunakan analisis Cause and Effect Analysis dan untuk menentukan prioritas pemborosan secara kualitaitif yang ingin diperbaiki menggunakan metode Failure Mode Effect Analysis dan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada pemborosan pekerja menggunakan metode Work Sampling. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi pada stasiun kerja pembagian sebesar 245 dengan penyebab pemborosan adalah bermain ponsel dan menunggu bahan baku dengan waktu non produktif selama 3 jam 58 menit 26 detik/hari. Perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi waktu non produktif dari pekerja adalah menggabungkan stasiun kerja pemeriksaan dan penentuan tujuan barang dengan staisun kerja pengemasan dan pelabelan. Hasil dari perbaikan sistem kerja didapatkan waktu non produktif dari pekerja berkurang menjadi 2 jam 10 menit 39 detik/hari dan didapatkan produktivitas dari pekerja ada yang mengalami peningkatan dan penurunan hal ini dikarenakan perbedaan kepribadian mengenai kedisiplinan dalam bekerja.Item Identifikasi Faktor Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Penggunaan ShopeeFood dalam Meningkatkan Kinerja Usaha (Studi Kasus Pelaku UMKM bidang Food & Beverage Di Kecamatan Limo)(2023-08-31) RISMA UTAMI; Irfan Ardiansah; Efri MardawatiPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penggunaan media sosial terhadap efektivitas penggunaan ShopeeFood dalam meningkatkan kinerja usaha pada Pelaku UMKM bidang Food & Beverage di Kecamatan Limo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dalam penelitian ini variabel independen merupakan variabel adopsi media sosial dengan faktor kesesuaian, efektivitas biaya, kepercayaan, serta interaktivitas yang mempengaruhi variabel dependen yaitu peningkatan kinerja usaha. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesesuaian, efektivitas biaya, kepercayaan, serta interaktivitas secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Efektivitas Penggunaan aplikasi ShopeeFood dalam meningkatkan kinerja usaha, kemudian variabel faktor kesesuaian, efektivitas biaya, faktor kepercayaan, dan faktor interaktivitas mampu menjelaskan variasi naik/turunnya Efektivitas Penggunaan aplikasi ShopeeFood dalam meningkatkan kinerja usaha sebesar 79.1%. Sedangkan sisanya sebesar 20.9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian.Item IDENTIFIKASI PENERAPAN PRINSIP LEAN MANUFACTURING PADA IKM BERBASIS AGRO DENGAN PENDEKATAN MODEL KONSEPTUAL(2019-10-25) ANDRI FAUZI RAMLAN; Devi Maulida Rahmah; Irfan ArdiansahIndustri kecil dan menengah berperan penting dalam pertumbuhan sosial dan ekonomi di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu IKM khususnya di Indonesia semakin terpuruk dengan bermunculannya para pesaing bisnis yang besar dan modern. Hal tersebut dikarenakan lambatnya perkembangan dari sektor IKM yang ada di Indonesia baik dalam hal produksi maupun pemasarannya. Salah satu permasalahan umum yang kini dihadapi para relaku IKM adalah rendahnya produktifitas dan efisiensi produksi. Sebuah pendekatan dalam sistem operasi yang telah banyak dilakukan pada industri manufaktur yaitu lean manufacturing. Lean Manufacturing berupaya untuk menciptakan aliran produksi dengan minim pemborosan serta meningkatkan nilai tambah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prinsip penerapan lean manufacturing tersebut di IKM beserta penyesuaian implementasinya sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungannya. Hasil identifikasi tersebut kemudian dipetakan kedalam sebuah pendekatan model konseptual dengan menggunakan metode Soft System Methodology (SSM) sehingga menjadi referensi bagi penerapan perbaikan sistem dan performansi kerja di IKM.Item ISTEM MONITORING DAN PENYESUAIAN KUALITAS AIR TERHADAP TANAMAN TOMAT MENGGUNAKAN RASPBERRY PI DAN ARDUINO(2021-10-14) RYAN GANESHA CALIBRA; Nurpilihan Bafdal; Irfan ArdiansahPengendalian kualitas air diperlukan pada budidaya hidroponik karena tanaman sistem hidroponik mengandalkan nutrisi yang terdapat pada air. Beberapa variabel yang penting untuk dikendalikan diantaranya adalah TDS(Total Dissolved Solid) sebagai kadar nutrisi yang terkandung di dalam air dan pH atau kadar keasaman air. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem berbasis internet of things untuk memonitor kualitas air secara otomatis yang dapat dilakukan melalui situs web. Hasil otomasi yang dilakukan selama 30 hari menggunakan arduino menunjukkan bahwa sistem dapat secara otomatis mengaktifkan pompa nutrisi ketika nilai TDS berada dibawah 1000 ppm atau EC di bawah 2 dengan rata-rata 1162.82 ppm pada akhir proses dan mengaktifkan pompa untuk menyesuaikan pH ketika nilai pH berada di bawah 5.5 atau ketika nilai pH di atas 6.5 dengan rata rata hasil pH 6.17. Sistem ini juga dapat dipantau melalui situs web. Pengguna dapat melihat status kualitas air dan tahapan proses.