Manajemen Produksi Media (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Manajemen Produksi Media (D-IV) by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 172
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES EDITING KOMPILASI DALAM PEMBUATAN KONTEN VIDEO DOKUMENTER BERKAWAN BAHARIWAN DI MEDIA EDUKASI: NARASEA INDONESIA(2017) GHUFRAN AL' RAJA; Kismiyati El Karimah; Edwin RizalKarya video dokumenter Berkawan Bahariwan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai gambaran kehidupan nelayan secara nyata dan apa adanya serta bagaimana kondisi profesi nelayan saat ini. Penulis dan tim bekerjasama dengan Narasea Indonesia untuk pendistribusian karya video dokumenter ini yang akan diunggah pada media sosial Narasea Indonesia. Pada dasarnya editing dibagi menjadi tiga jenis, yaitu continuity editing, editing kompilasi dan editing campuran. Penulis menggunakan jenis editing kompilasi yang biasanya digunakan untuk film berita dan dokumenter. Jenis editing ini bersifat kompilasi karena disusun dan digabungkan berbentuk kolase menggunakan narasi yang berkesinambungan. Proses yang dilakukan sebagai editor dalam pembuatan karya ini adalah mencari referensi dan memberi masukan untuk tim pada tahap pra produksi, melakukan pengambilan gambar pada saat produksi, dan pada tahap pasca produksi melakukan proses editing kompilasi. Simpulan dari pembuatan video dokumenter Berkawan Bahariwan berjalan sesuai prosedur dan berhasil dengan baik diunggah di media sosial Narasea Indonesia.Item IMPLEMENTASI GAYA PENYUTRADARAAN EKSPOSISI DENGAN PENDEKATAN NARATIF DALAM VIDEO DOKUMENTER SENA BATANG AIR: PERTARUNGAN MELAWAN SAMPAH TANPA MENYERAH(2019) SITI FIKRA NURAHMANI; Iwan Koswara; Nurmaya PrahatmajaVideo dokumenter ini menampilkan masalah lingkungan, khususnya sampah sungai termasuk sampah plastik di Kota Bandung yang masih menjadi perhatian utama sebagian besar masyarakat. Selain itu, ditampilkan pula beberapa tokoh narasumber yang kredibel. Proses pembuatan video dokumenter memiliki keterkaitan yang erat dengan proses penyutradaraan yang dilakukan oleh sutradara. Video dokumenter “Sena Batang Air: Pertarungan Melawan Sampah Tanpa Menyerah” menggunakan konsep penyutradaraan yang berpengaruh dalam proses pembuatan video agar hasilnya dapat dikemas dengan baik. Laporan ini bertujuan untuk menjelaskan konsep-konsep penyutradaraan yang digunakan, termasuk pendekatan, gaya, dan struktur yang digunakan dalam proses pembuatan video tersebut. Proses penyutradaraan terdiri dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Dalam video dokumenter ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan naratif, yang termasuk alur cerita sebuah storyline. Gaya eksposisi digunakan untuk memudahkan penyampaian cerita dan pesan dalam video. Kesimpulannya, konsep-konsep penyutradaraan, termasuk pendekatan, gaya, dan struktur diterapkan dengan baik dalam pembuatan video dokumenter “Sena Batang Air: Pertarungan Melawan Sampah Tanpa Menyerah”. Konsep-konsep tersebut membantu menyampaikan pesan secara jelas dan mudah dipahami oleh target audiens.Item Penerapan Konsep AIDA Dalam Produksi Copywriting Animasi Motion Graphic Iklan Aplikasi INairPort(2020-09-09) MUHAMMAD FURQON HENDRATA; Detta Rahmawan; Dian Wardiana SjuchroProduksi video animasi motion graphics ini bertujuan untuk sebagai media promosi aplikasi INairPORT dari konteks peran copywriter. Hasil dari pembuatan karya copywriter adalah pembuatan script dan alur cerita yang akan dinarasikan di video animasi iklan INairPORT. Script menerapkan konsep AIDA- Attention, Interest, Desire, Action yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah copywriting yang menarik dan informatif untuk video animasi motion graphics iklan INairPORT. Proses yang diamati pada saat pembuatan copywriting video animasi motion graphics iklan INairPORT, berjalan dengan beberapa tahapan yaitu pra produksi, produksi dan proses pasca produksi. Tahap produksi adalah tahapan membuat creative brief untuk menjadi awal fondasi dan landasan pembuatan animasi, selanjutnya di tahapan produksi, seorang copywriter melakukan pembuatan script yang akan dijadikan narasi di video animasi motion graphics selanjutnya copywriter bertugas untuk melakukan perekaman bersama vo talent yang akan membacakan narasi dari hasil yang dikerjakan oleh copywriter. Di tahap terakhir adalah tahap pasca produksi, copywriter bersama tim melihat proses editing Simpulan dari produksi pembuatan animasi motion graphics untuk iklan aplikasi INairPORT ini sudah sesuai prosedur dan berjalan lancar hingga produk ini sudah berhasil dibuat.Item Peran Sutradara dalam Produksi Video Podcast TikTalk "Jalan Sang Relawan"(2020-09-23) PAMELA AGATHA; Yustikasari; Teddy Kurnia WirakusumahAbstrak: Video Podcast merupakan media alternatif distirbusi konten audio, dimana khalayak dapat membuat informasi mereka sendiri dengan mengambil banyak referensi dan menyebarluaskannya melalui new media. Produksi Video Podcast Tiktalk yang pada episode Jalan Sang Relawan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi inspiratif dari sebuah percakapan yang memiliki tema social problem solving dari konteks sutradara. Dalam sebua produksi video podcast peran sutradara begitu dominan. Sutradaralah yang menentukan video baik secara konten, artistik maupun teknis sampai hasil akhir video. Peran sutradara dan pembawa acara dan pada saat produksi video podcast Tiktalk “Jalan Sang Relawan”, berjalan dengan beberapa tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap produksi yang dilakukan sutradara adalah tahapan penentuan ide, konsep dan sampai perencanaan teknis. Kemudian tahap produksi peran sutradara adalah sebagai pengarah kegiatan produksi. Di tahap akhir atau pasca produksi, sutradara mendampingi editor dalam proses penyuntingan untuk hasil akhir video. Simpulan dari produksi pembuatan video podcast Tiktalk “Jalan Sang Relawan” ini sudah sesuai prosedur dan berjalan lancar hingga produk ini sudah berhasil dibuat. Abstract Video Podcast is alternative media for audio content distribution, where audiences can create their own information by taking many references and disseminating them through new media. This Video Podcast production aims to convey inspirational information from a conversation with “social problem solving” as the theme, from the context of the director and the host. In a video podcast production the role of the director is so dominant. The director is the one who determines the video content, artistic and technical to the final video result. The role of the director and host and during the Tiktalk video podcast production "JALAN SANG RELAWAN" runs in several stages, which are pre-production, production, and post-production. The director’s role in production stage is determining ideas, concepts and to technical planning. Then the production stage, role of the director direct the production. In the final or post-production stage, the director accompanies the editor in the editing process for the final video. The conclusion from the production of making Tiktalk video podcast "JALAN SANG RELAWAN" is in accordance with the procedure and runs smoothly until this product has been successfully made.Item Penggunaan Konsep Desain Grafis International Style dan Flat Design Dalam Video Profile Program Studi Fikom Unpad(2020-10-05) NADIFAH DIANA ZALIA; Retasari Dewi; Kokom KomariahFikom Unpad merupakan satu-satunya Fakultas Ilmu Komunikasi negeri yang ada di Indonesia. Fakultas yang memiliki 7 program studi ini memiliki empat media informasi utama. Diantaranya, website, instagram, facebook, dan YouTube yang baru dibuat. Meski demikian, hanya website yang menyajikan informasi lengkap seputar program studi yang ada di Fikom Unpad. Permasalahan ini kemudian menjadi latar belakang pembuatan karya video yang menyajikan informasi program studi Fikom Unpad. Video dibuat dengan konsep video profil yang menyajikan informasi lengkap program studi Fikom Unpad. Riset data dilakukan melalui hasil wawancara dengan kepala humas Fikom dan riset data video seputar Fikom Unpad di platform YouTube. Konsep video yang digunakan adalah video profil dengan menggabungkan potongan-potongan video dan penambahan animasi grafis yang bertujuan untuk mempermudah penyampaian informasi. Karya grafis yang dibuat menggunakan pendekatan konsep teori definisi dan elemen grafis dalam memudahkan penyampaian informasi. Serta penggunaan aliran grafis International style dan Flat Design yang menampilkan ilustrasi serta kekuatan tipografi.Item PENERAPAN 12 PRINSIP ANIMASI MENURUT FRANK THOMAS DAN OLLIE JOHNSTON ANIMATOR WALT DISNEY DALAM PRODUKSI ANIMASI MOTION GRAPHIC IKLAN APLIKASI INAIRPORT(2020-10-12) SYAFRI FAISAL WIBISONO; Detta Rahmawan; Dian Wardiana SjuchroABSTRAK Aplikasi INairPORT merupakan aplikasi seputar bandara PT Angkasa Pura II. Produk motion graphic ini berisi tentang fitur aplikasi INairPORT dan menceritakan tentang journey pengguna bandara dengan sudut pandang pengguna bandara. Dalam Pembuatannya menggunakan gaya flat design animation. Terdapat prinsip-prinsip yang menjadi acuan oleh seorang animator. Prinsip yang umum digunakan adalah 12 prinsip animasi menurut Frank Thomas dan Ollie Johnston animator Walt Disney. Dalam motion graphic terdapat 4 aspek yaitu copywriting, design, animating dan audio (backsound, sound effect, voice over) yang dikerjakan oleh copywriter, motion artist dan animator. Tahapan produksi dari pembuatan animasi motion graphic ini dimulai dari membuat sebuah creative brief yang dijadikan sebagai landasan dalam proses penciptaan karya pada masing-masing bagian. Kemudian dilanjutakn dengan proses produksi di masing-masing bagiannya. Sebagai animator penulis membuat sebuah gerakan yang bisa merepresentasikan makna yang ingin disampaikan melalui gerakan-gerakan. Tahap selanjutnya adalah proses penggabungan semua bagian menjadi sebuah animasi motion graphic secara utuh. Penulisan laporan Tugas akhir ini ingin melihat bagaimana penerapan 12 Prinsip animasi menurut Frank Thomas dan Ollie Johnston animator Walt Disney dalam produksi animasi motion graphic iklan aplikasi INairPORT. ABSTRACT INairPORT is an app about the PT Angkasa Pura II airport. This motion graphic inform the INairPORT app features and tells about the journey of airport users with airport users perspective. Motion graphic are made with flat design animation. There are principles that are molded by an animator. The most commonly used principles are the 12 principles of animation according to Frank Thomas and Ollie animator Walt Disney.There are 4 parts in motion graphic, copywriting, design, animating and audio (backsound, sound effects, voice over), this are done by copywriters, motion artists and animators. The stages of production from the making of motion graphic animation starts from creating a creative brief that is used as a foundation in the process of creating works in each section. Then proceed with the production process in each of its parts. As an animator the writer makes a movement that can represent the meaning to be conveyed through movements. The next stage is the process of combining all parts into a complete motion graphic animation. Report writing This final project would like to see how the application of 12 Principles of animation according to Frank Thomas and Ollie Walt Disney animators in the production of animated motion graphics in the INairPORT app ad.Item PROSES PRODUKSI OLEH OPERATOR DALAM PRODUKSI KONTEN AUDIO PODCAST STIGMA GILA SAAT KONSULTASI DENGAN PSIKOLOG: KAMU GILA YA??(2020-10-14) RAFIE TRISNADI; Feliza Zubair; Dian Wardiana SjuchroSetiap manusia memiliki kondisi mental yang berbeda, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental perlu diperhatikan kondisinya. Munculnya stigma “gila” pada masyarakat ketika mendatangi tenaga ahli kesehatan mental menjadi kesalahpahaman yang berdampak pada sosial masyarakat. Stigma tersebut pun sudah muncul dalam kalangan remaja. Untuk mengurangi hal tersebut, diperlukan edukasi dan sosialiasi lebih kepada masyarakat mengengai hal ini agar tidak terjadi lagi kesalahpahaman. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membuat karya podcast yang sedang banyak dipakai oleh kalangan remaja berjudul “Stigma Gila Saat Konsultasi Dengan Psikolog: ‘Kamu Gila Ya??’ “. Penulis sebagai operator dalam pembuatan podcast ini maka muncul rumusan penciptaan bagaimana teknis proses produksi podcast oleh operator dalam produksi podcast yang berjudul “Stigma Gila saat Konsultasi Dengan Psikolog: ‘Kamu Gila Ya??’ “. Operator merupakan posisi yang bertanggung jawab atas pengoperasian peralatan rekaman suara pada studio rekaman. Mereka juga bertanggung jawab terhadap bahan-bahan yang diperlukan untuk keperluan rekaman. Hasil dari podcast ini akan ditayangkan melalui platform Anchor yang merupakan agregator resmi dari platform Spotify, Spotify adalah tujuan utama podcast ini akan didistribusikan. Podcast merupakan media yang efektif dalam memberikan pemahaman dan literasi menarik mengenai pandangan masyarakat Indonesia tentang stigma “gila” jika mendatangi psikolog.Item KEGIATAN SCRIPTWRITER DALAM PRODUKSI KONTEN AUDIO PODCAST STIGMA GILA SAAT KONSULTASI DENGAN PSIKOLOG: KAMU GILA YA?(2020-10-14) NADYA ZALFA NAFIRA; Feliza Zubair; Dian Wardiana SjuchroSaat ini, kesehatan mental merupakan hal yang masih dianggap sebelah mata oleh Sebagian golongan masyarakat. Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan Kesehatan fisik. Banyak remaja yang kurang memperhatikan kesehatan mental nya dikarenakan stigma yang ada di masyarakat. Mereka menganggap orang yang berkonsultasi dengan psikolog adalah orang “gila” yang membutuhkan bantuan pada mentalnya. Bedasarkan hasil riset, saat ini podcast sedang banyak diminati oleh kalangan anak muda Oleh karena itu, penulis dan tim memutuskan untuk membuat karya audio podcast berjudul “Stigma Gila Saat Konsultasi Dengan Psikolog: ‘Kamu Gila Ya??’ Penulis sebagai scriptwriter dalam pembuatan podcast ini merumuskan masalah mengenai bagaimana Teknik pembuatan script dalam produksi podcast berjudul “Stigma Gila Saat Konsultasi Dengan Psikolog: ‘Kamu Gila Ya??’”. Scriptwriter akan bertanggungjawab atas script yang akan dibacakan pada saat proses perekaman. Proses pembuatan scrip dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu tahap pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Hasil dari podcast tersebut akan didistribusikan di melalui sebuah platform digital bernama Anchor yang merupakan agregator resmi dari platform Spotify. Teknik penulisan dan pemilihan kata sangat penting pada proses pembuatan script karena berpengaruh pada saat podcaster membacakan script di proses rekaman, yang akan menarik hati para pendengar.Item KEGIATAN GRAPHIC DESIGNER DALAM PRODUKSI AUDIO PODCAST STIGMA GILA SAAT KONSULTASI KE PSIKOLOG: KAMU GILA YA?(2020-10-14) JANNET SAILENDRA; Feliza Zubair; Dian Wardiana SjuchroABSTRAK Masalah kesehatan mental di Indonesia masih sering dipandang sebelah mata dan tidak dianggap penting bagi sebagian orang. Sehingga masih banyak orang yang mengabaikan akan kesehatan mentalnya sendiri atau orang lain. Hal ini diperkuatkan dengan munculnya sebuah stigma “gila” yang beredar di masyarakat. Untuk mengurangi stigma terhadap masalah kesehatan mental diperlukan sebuah edukasi dan juga sosialisasi mengenai kesehatan mental. Salah satunya dengan menyampaikan pesan menggunakan podcast. Podcast yang dibuat menyampaikan pesan mengenai stigma gila saat konsultasi ke psikolog: “Kamu Gila Ya?”. Dalam pembuatan produksi audio podcast penulis berperan sebagai graphic designer, yang bertanggung jawab dalam membuat logo dan cover art untuk podcast. Terciptalah sebuah rumusan masalah mengenai kegiatan seorang graphic designer dalam produksi audio podcast stigma gila saat konsultasi ke psikolog: “Kamu Gila Ya?” Podcast sendiri merupakan episode program yang tersedia di Internet. Dalam pembuatan audio podcast ini penulis memanfaatkan new media berbasis internet dalam pendistribusiannya. Jenis podcast yang penulis buat merupakan gabungan dari podcast multi-host dan podcast interview. Sedangkan dalam pembuatan karya design penulis menggunakan aliran jenis flat design karena prinsip aliran jenis ini menghasilkan hasil design yang simple, modern, dan minimalis. Pembuatan podcast melalui proses produksi yang dimulai dari tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Seorang graphic designer dalam pembuatan produksi podcast ini sangat penting karena perlu membuat logo dan cover art podcast yang menarik. Karena pendengar pertama kali akan melihat logo dan juga cover art sebelum mengetahui isi konten dalam podcast. Oleh karena itu, diperlukan seorang graphic designer untuk membuat logo dan cover art agar menarik perhatian pendengar. ABSTRACT Mental health problems in Indonesia have been overlooked and are not important for some people. Many people who are ignored because of their own or someone else`s mental issues. This is reinforced by the "crazy" stigma that circulated in society. For decreasing the stigma, there should be a literacy and socialization of mental health. This could be delivered with a podcast. Podcast that the writer made is delivering a message about crazy stigma when consulting a psychologist: "Are You Crazy?". The writer became a graphic designer responsible for making logo and cover art for the podcast. It would be discussed thoroughly in the creation formula of how the activity of a graphic designer in the production audio podcast of crazy stigma when consulting a psychologist: "Are You Crazy?" Podcast is a program that is available on the Internet. In making this podcast, the writer distributed a podcast using new media (internet). The type of podcast that the writer made was a combination of multi-hosted and interview podcast. For making the design, the writer used flat design techniques because it produced a simple, modern and minimalist design. The stages involved in the production to make the podcast covered the preproduction, production, and post-production. Designers in podcasts were an important thing to create an attractive logo and cover art. Because at first, the listeners would see the design before listening to the podcast. Therefore, a graphic designer is needed to create an attractive logo and cover art to make a podcast to attract the listeners.Item TUGAS SOUND ENGINEER DALAM PRODUKSI AUDIO PODCAST STIGMA GILA SAAT KONSULTASI KE PSIKOLOG: KAMU GILA YA?(2020-10-14) MUHAMMAD RASYID HILMY; Feliza Zubair; Dian Wardiana SjuchroABSTRAK Kesehatan mental merupakan hal fundamental bagi setiap manusia. Kesehatan mental juga perlu dijaga kondisinya sama halnya dengan kesehatan fisik pada umumnya. Di Indonesia sendiri masih banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mental namun tidak menyadarinya. Permasalahan kesehatan mental di indonesia kerap kali ditutupi rasa takut untuk mendapatkan pertolongan profesional, dikarenakan adanya stigma jika orang yang bertemu dengan psikolog adalah orang gila. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan mental. Untuk menghapuskan timbulnya stigma yang tumbuh di masyarakat perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan mental. Salah satunya dengan memberikan informasi melalui podcast. Podcast yang dibuat bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman mengenai stigma gila saat konsultasi ke psikolog : “Kamu Gila Ya?”. Dalam pembuatan podcast penulis berperan sebagai seorang sound engineer yang bertugas melakukan editing, mixing, mastering, membuat bumper podcast, menambahkan backsound dan sound effect pada podcast. Terciptalah rumusan penciptaan, yaitu bagaimana tugas sound engineer dalam produksi audio podcast stimga gila saat konsultasi ke psikolog: “Kamu Gila Ya?”. Podcast merupakan rekaman yang tidak ada iklan, tidak ada selingan lagu dan kita bebas mau mendengarkan konten yang mana saja tidak seperti radio yang harus sesuai dengan jadwal. Jenis podcast yang dibuat penulis dan kelompok adalah gabungan dari podcast multi-host dan interview. Pembuatan podcast ini melalui tiga tahapan produksi mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Hasil dari podcast ini akan didistribusikan melalui platform Anchor yang merupakan aggregator resmi Spotify.Item PERAN EDITOR PRODUKSI VIDEO COMPANY PROFILE MEDIA SOSIAL MEDIA INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS(2020-10-19) INTAN NURINA PUTRI; Detta Rahmawan; Dian Wardiana SjuchroSejalan dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, perusahaan- perusahaan besar saat ini berlomba-lomba dalam mempertahankan brand perusahaannya (brand awareness) di hadapan customer dan calon client dalam perluasan bisnisnya. Metode promosi yang dilakukan perusahaan telah banyak mengalami perubahan gaya penyajian informasi/data dalam melakukan promosi dari bentuk cetak/konvensional ke dalam media digital yang serba modern. Video company profile merupakan salah satu bentuk sajian media promosi modern dalam memperkenalkan jati diri sebuah perusahaan kepada customer atau calon clientnya dengan menggunakan fasilitas peralatan teknologi yang maju. Kegiatan promosi yang perlu dilakukan untuk Media Indonesia, yaitu melalui video company profile dari pengembangan bentuk sajian company profile yang sudah ada dengan cara menambahkan karakter Media Indonesia sebagai media “Pantang Hoax” yaitu Media Indonesia tetap berdiri untuk menyebarkan berita- berita positif dan benar terjadi, sehingga dengan adanya video company profile media sosial Media Indonesia dapat meningkatkan brand awareness di hadapan customer dan calon client serta dapat lebih mempertahankan dan meningkatkan image positif perusahaan Media Indonesia di era perkembangan digital saat ini. Keberhasilan sebuah video company profile dalam menarik perhatian masyarakat tidak terlepas dari Peranan seorang editor dalam mengerjakan proses produksi video company profile nya dan tentu saja didukung pula oleh seluruh tim yang terlibat dalam proses pembuatan video company profile. Cara membangun brand awareness melalui video company profile yaitu mengemas video dengan menarik serta menaruh video pada platform-platform media sosial.Item Penerapan Animasi dan Sound Mixing dalam Produksi Iklan Animasi 2D Refill Station Unilever(2020-11-09) BELLA CRISTINA ARLENIA PURBA; Feliza Zubair; Detta RahmawanAnimasi adalah salah satu format menarik yang dapat digunakan untuk beriklan. Dalam produksi karya animasi, diperlukan proses animating dan sound mixing. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan animasi dan sound mixing dalam produksi karya iklan. Teknik animasi yang penulis gunakan pada karya iklan animasi ini adalah 2D vector animation pose to pose yang pergerakan objeknya dibuat dengan mengatur berbagai keyframe pada software Adobe After Effect. Dimana, dalam proses penganimasian dan sound mixing, penulis menerapkan konsep duabelas prinsip animasi yang dikemukakan oleh Frank Thomas dan Olie Johnston (1981) dan konsep dinamika volume oleh Hartati (2012). Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa proses animasi terdiri dari rigging, pengaturan anchor point, parenting, keyframing, serta menambahkan efek dan transisi yang dibutuhkan. Tahapan sound mixing terdiri dari mencari sound effect dan background music yang sesuai, mengatur durasi sound sesuai kebutuhan, serta menggabungkan semua sound (voice over, sound effect, dan background music) agar terdengar seimbang.Item PERAN JURNALIS DALAM PROSES PRODUKSI KONTEN MAJALAH PARIWISATA"FUNCATION MAGAZINE"(2020-11-16) OGI MAULANA FIRLI; Yustikasari; Teddy Kurnia WirakusumahOgi Maulana Firli, 210104160064, 2020, Program Studi Manajemen Produksi Media, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjdjaran. “Peran Jurnalis Dalam Proses Produksi Konten e-magazine Pariwisata “Funcation Magazine””. Pengerjaan Tugas Karya Akhir berada dibawah bimbingan Dr. Yustikasari,M.I.Kom. Sebagai pembimbing utama dan Bapak Dr. Teddy Kurnia Wirakusumah, M.I. Kom. Sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk menjelaskan proses praproduksi, produksi, dan pasca produksi dalam membuat sebuah karya e-magazine pariwisata yang bernama Funcation Magazine. Pengerjaan Tugas Karya Akhir ini menggunakan metode Penelitian Analisis Sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, riset dan observasi yang dilakukan secara online. Hasil dari penulisan laporan ini menjelaskan bahwa pada proses praproduksi dalam pembuatan e-magazine pariwisata “Funcation Magazine” di awali dengan mencari data informasi yang didapatkan dengan cara wawancara, observasi, dan riset data secara online. Kemudian pada proses produksi penulis membuat sebuah tulisan berupa artikel, review, dan cerita pendek yang sumber informasinya didapatkan dari hasil pencarian data saat praproduksi. Selanjutnya pada proses pasca produksi penulis membantu mengevaluasi hasil konten rubrik yang terdiri dari tulisan, gambar, dan layout design bersama dengan anggota tim lainnya, sebelum majalah siap dibagikan kepada calon pembaca.Item PERAN MANAJER PRODUKSI DALAM PROSES PRODUKSI VIDEO PODCAST TIKTALK JALAN SANG RELAWAN SEBUAH KARYA AUDIOVISUAL(2020-11-18) NABILA NIBRAS; Teddy Kurnia Wirakusumah; YustikasariABSTRAK Manajer produksi merupakan profesi yang terdapat di dalam suatu kegiatan produksi. Sesuai namanya, manajer produksi memiliki kewajiban untuk mengelola segala kebutuhan produksi dimulai dari praproduksi hingga pascaproduksi. Karya tulis ini akan menjabarkan peranan manajer produksi dalam pembuatan karya video podcast tiktalk berjudul “JALAN SANG RELAWAN” sebagai pemenuhan tugas akhir perkuliahan di program studi Manajemen Produksi Media. Angga Rahmana, narasumber yang akan menceritakan kisahnya langsung merupakan seorang pemuda dengan latar belakang kurang beruntung yang dengan segala kekurangannya mampu menjadi agen perubahan dari permasalahan sosial yang terjadi di kampungnya. Angga merupakan narasumber yang mampu menceritakan ceritanya secara detail dan memiliki kemampuan berbicara yang baik. Podcast berisikan suatu cerita yang bagus untuk disampaikan, namun cara penyampai juga perlu diperhatikan. Maka dari itu Angga dan ceritanya dirasa merupakan paket lengkap untuk dijadikan sebuah karya video podcast. Manajer produksi dalam produksi karya video podcast memiliki fungsi yang sama seperti pembuatan karya lainnya. Bastian Cleve mengatakan, Production Manager bertugas untuk mengoordinir, memfasilitasi dan mengawasi segala persiapan dan proses produksi mulai dari hal paling awal hingga paling akhir produksi. Kata kunci : Video Podcast, Manager Produksi, Podcast. ABSTRACT Production manager is a profession that is involved in a production activity. As the name implies, a person with this profession carries out his obligation to carry out everything that is needed during the process starting from pre-production to post-production. This paper will describe the role of the production manager in the production of a video podcast tiktalk entitled "JALAN SANG RELAWAN" as the fulfillment of a final assignment in the Media Production management program. Angga Rahmana, the resource person who will tell his story directly is a young man with a disadvantaged background with all his shortcomings who is able to become an agent of change from the social problems that occur in his village. Angga is a resource person who is able to tell the story in detail and has good speaking skills. Podcasts really need a good story to tell, but they also need attention. Therefore, Angga and his story are considered a complete package to be used as a video podcast work. Production managers in the production of video podcast works have the same function as creating other works. Bastian Cleve said, the Production Manager is to coordinate, facilitate and assist all preparation and production processes from the very beginning to the very end. Keywords:, Video Podcast, Production Manager, PodcastItem Penulisan Naskah Video Feature One Man`s Trash is Another Man`s Treasure(2020-11-18) ANNISA NURSALSABILLAH; Kokom Komariah; Teddy Kurnia WirakusumahSetiap hari, sampah tidak pernah berhenti diproduksi oleh manusia. Sampah yang dibuang terus-menerus, lambat laun akan menimbulkan penumpukan sampah dan menyebabkan pencemaran. Padahal sampah memiliki nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan di dalamnya. Karya produksi video dengan judul “One Man’s Trash is Another Man’s Treasure”, memiliki rumusan masalah bagaimana merepresentasikan video mengenai pemanfaatan sampah yang dapat memberikan keuntungan. Tujuannya untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sampah. Karya produksi video ini menyajikan testimoni-testimoni dari beberapa narasumber yang berperan sebagai pelaku pemanfaatan sampah. Sumber data yang digunakan yaitu hasil riset pustaka dan pencarian footage dari beberapa channel untuk kegunaan visual, serta wawancara narasumber secara online. Bahan-bahan tersebut kemudian disatukan dan disusun menjadi sebuah video feature serta ditambahkan voice over. Teori yang digunakan untuk membahas pemanfaatan sampah ini ialah konsep zero waste dan circular economy. Kegiatan pemanfaatan sampah yang dilakukan oleh para narasumber sesuai dengan konsep zero waste dan circular economy. Mereka melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah lalu dimanfaatkan dengan cara daur ulang, pemakaian kembali hingga menghasilkan nilai ekonomi dari pengelolaan sampah yang tepat. Beberapa dari mereka juga menerapkan circular economy dengan membuat sebuah bisnis yang bermodalkan sampah dengan mempertahankan nilai produknya agar dapat digunakan berulang kali tanpa menjadi sampah. Semuanya bertujuan untuk menerapkan lingkungan yang bebas sampah (zero waste) sekaligus meningkatkan perekonomian (circular economy).Item PENERAPAN FLAT DESIGN DALAM VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC IKLAN APLIKASI INAIRPORT(2020-11-28) MARIA ERFINA SARASWATI; Detta Rahmawan; Dian Wardiana SjuchroINairPORT merupakan aplikasi yang menyediakan fitur-fitur untuk membantu memberikan informasi kepada pengguna bandara dengan lebih mudah. Namun, sejak aplikasi ini dirilis pada tahun 2016 hingga awal tahun 2020, jumlah pengunduh aplikasi ini masih belum mencapai target, karena minimnya media promosi dan belum adanya media informasi mengenai aplikasi itu sendiri. Peran graphic designer dalam produksi animasi motion graphic sangatlah penting untuk membuat storyboard dan desain grafis dengan memaksimalkan berbagai elemen desain yang sesuai dengan konsep. Beberapa tahun belakangan ini muncul gaya baru yang cukup mendominasi dalam dunia desain grafis, yaitu flat design. Oleh karen itu iklan video animasi motion graphic berdurasi 60 detik ini menerapkan konsep flat design. Flat design merepresentasikan berbagai objek nyata kedalam gambar dua dimensi yang datar, sederhana, terkesan ringan, modern dan bersifat universal sehingga memiliki keterbacaan dan usability yang tinggi. Dalam prosesnya pembuatan desain iklan ini terbagi kedalam tiga tahap, yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Laporan tugas akhir ini membahas bagaimana penerapan konsep flat design pada iklan motion graphic aplikasi INairPORT.Item PENYUTRADARAAN VIDEO FEATURE ONE MANS TRASH IS ANOTHER MANS TREASURE(2020-12-02) ANASTASIA AULIA; Teddy Kurnia Wirakusumah; Kokom KomariahSampah merupakan persoalan yang tidak pernah selesai. Semakin besar sebuah kota, maka semakin besar pula limbah yang diproduksi oleh kota tersebut. Kota Bandung, dengan populasi sebanyak 3 juta jiwa memproduksi 1600 ton sampah setiap harinya. Hingga 2018, sampah tersebut ditangani dengan cara kumpul, angkut dan buang. Alhasil Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang selama ini menampung sampah tersebut yaitu TPA Sarimukti kini telah menjadi bom waktu lantaran tidak muat lagi untuk menampung sampah dari kota-kota sekitarnya. Namun sejak kepemimpinan Walikota Oded M Danial, digencarkan pemilahan dan pemanfaatan sampah secara masif demi menekan angka produksi sampah kota. Masyarakat Kota Bandung pun menyambut positif program tersebut dan mulai menerapkan pemilahan dan pemanfaatan sampah dari sumbernya. Maka dari itu video feature One Man’s Trash is Another Treasure dibentuk untuk merepresentasikan cerita mengenai pemanfaatan sampah dan keuntungannya yang dilakukan oleh warga Bandung. Serta, menyadarkan dan mengedukasi masyarakat luas mengenai pengelolaan sampah dari sumbernya. Karya produksi ini menyajikan testimoni-testimoni dari para pelaku pemanfaatan sampah di Kota Bandung. Khususnya yang berkaitan dengan konsep zero waste (nihil sampah) dan circular economy (ekonomi sirkular). Metode yang digunakan dalam pembuatan feature ini yaitu dengan mengumpulkan data sekunder dan melakukan wawancara jarak jauh. Bahan-bahan tersebut kemudian disatukan dan disusun menjadi sebuah video feature serta ditambahkan voice-over.Item TAHAPAN MENULIS NASKAH DALAM PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE: MENGENAL LEBIH DEKAT MANAJEMEN PRODUKSI MEDIA(2020-12-08) NIKE AMELIA SARI; Yustikasari; Kokom KomariahCompany profile adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh sebuah instansi atau perusahaan. Hal ini dikarenakan, company profile dapat membentuk identitas dan ciri khas sebuah instansi atau perusahaan. Oleh karena itu, program studi Manajamen Produksi Media (MPM) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) membutuhkan company profile sebagai bentuk representasi. Mengangkat hal ini menjadi latar belakang masalah, kami memutuskan untuk memperkenalkan program studi MPM melalui video company profile MPM yang berjudul “Mengenal lebih dekat Manajemen Produksi Media”. Peran penulis pada pembuatan video ini sebagai script writer maka akan dijelaskan secara mendalam rumusan penciptaan “Bagaimana peran script writer pada pembuatan video company profile: Mengenal Lebih Dekat Manajemen Produksi Media?”. Selain itu, bertujuan menjelaskan secara rinci bagaimana peran script writer pada pra produksi, produsksi, dan pasca produksi video ini. Pembuatan karya video ini menggunakan konsep-konsep antara lain peran script writer yang diaplikasikan pada praktek pembuatan karya ini. Video ini memadukan teks, gambar, dan video yang dikemas kreatif dan menarik dan ditayangkan pada beberapa sosial media yang cukup banyak digunakan di Indonesia yaitu YouTube dan website. Peran script writer mengambil andil yang cukup besar pada proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi pada video ini. Script writer membuat naskah dengan deskripsi visual agar mudah dimengerti oleh semua kru. Melalui sebuah naskah yang dibuat oleh script writer maka karya video dapat divisualisasikan dengan lebih terarah dan terstruktur. Kata Kunci : tahapan menulis naskah, naskah, video, company profile, Manajemen Produksi MediaItem PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE: MENGENAL LEBIH DEKAT MANAJEMEN PRODUKSI MEDIA(2020-12-08) MUHAMMAD RAZEL AL RAMOR; Kokom Komariah; YustikasariCompany Profile merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh sebuah instutusi/perusahaan. Ini merupakan salah suatu cara yang memungkinkan suatu institusi/perusahaan dikenal dan dibedakan dari perusahaan-perusahaan lainnya. Tak terkecuali program studi Manajemen Produksi Media atau biasa dipanggil MPM. Sebagai program studi baru yang hadir di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, MPM tentunya membutuhkan sebuah company profile yang membantu memperkenalkan program studi ini. Mengangkat ini menjadi latar belakang masalah, kami memutuskan untuk mendukung Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran untuk memperkenalkan program studi MPM melalui video company profile MPM yang berjudul “Mengenal Lebih Dekat Manajemen Produksi Media”. Mengikuti kemajuan teknologi informasi, video company profile ini dibuat dengan cara yang lebih kreatif dan menarik dengan memadukan teks, gambar, dan video yang menggunakan sistem multimedia dengan tetap memperhatikan ketentuan video pembuatan company profile. Dengan peran penulis sebagai sutradara dalam pembuatan video company profile ini maka akan dikupas tuntas rumusan penciptaan bagaimanakah peran sutradara dalam keseluruhan proses pembuatan video “Company Profile: Mengenal Lebih Dekat Manajemen Produksi Media?” sutradara merupakan posisi yang bertanggung jawab atas aspek-aspek kreatif pembuatan video, baik interpretatif maupun teknis. Sutradara menduduki posisi tertinggi dari segi artistik dan memimpin pembuatan film tentang “bagaimana yang harus tampak” oleh penonton. Hasil dari video company profile ini tentunya akan ditayangkan di media yang saat ini sedang gencar digunakan oleh masyarakat yaitu media sosial yang berupa YouTube. Selain itu juga akan ditayangkan melalui website.Item PENYUTRADARAAN VIDEO PROFILE DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PROGRAM STUDI FIKOM UNPAD(2020-12-09) AQILA SAFIRA; Retasari Dewi; Kokom KomariahFikom Unpad merupakan sebuah badan yang bergerak di bidang pendidikan dan penelitian dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi. Berdiri pada tahun 1960 menjadikan Fikom Unpad sebagai Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia. Fikom Unpad kini membawahi tujuh program studi, yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Televisi dan Film, dan program studi yang terbaru yaitu Manajemen Produksi Media. Selama 60 tahun berdiri, Fikom Unpad telah mengukir banyak prestasi. Hal ini membuat banyaknya minat masyarkat terhadap Fikom Unpad. Banyak masyarakat khususnya calon mahasiswa yang mencari informasi mengenai program studi Fikom Unpad. Namun hal ini tidak sebanding dengan penyajian informasi yang disediakan oleh Fikom Unpad itu sendiri. Permasalahan ini yang melatar belakangi pembuatan karya video informasi program studi Fikom Unpad ini. Video berdurasi 10 menit ini menghadirkan informasi seputar akademik, profil lulusan, hingga acara tahunan Fikom Unpad. Untuk dapat menghasilkan video yang menarik dan informasi yang tersaji tersampaikan dengan baik diperlukan penyutradaraan yang terarah. Penyutradaraan dalam pembuatan video ini menonjolkan karakter video yang informatif dan menghibur. Menggunakan konsep video profile dan animasi grafis, penyutradaraan ini dilakukan dengan menggabungkan karya-karya video dari berbagai sumber dan penambahan animasi grafis sebagai sarana penguat informasi yang akan disajikan. Bekerjasama dengan lembaga dan himpunan mahasiswa Fikom Unpad sebagai validasi data yang tersaji didalam video.