Bahasa Inggris (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bahasa Inggris (D-III) by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 68
Results Per Page
Sort Options
Item PELATIHAN BAHASA INGGRIS DI SAUNG ANGKLUNG UDJO(2013-07-23) DINNA NOORFIKA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenPenulis melaksanakan PKL sebagai syarat kelulusan pada Program Diploma III, Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran. Praktek Kerja Lapangan biasa disingkat menjadi PKL. Penulis melaksanakan praktik kerja di PT. Saung Angklung Udjo sebagai Admin Pelatihan di Yayasan selama lebih dari 100 jam untuk membantu mengatur segala jadwal pelatihan dan terjun langsung dalam membantu pelatihan bagi anak-anak di Saung Angklung Udjo. Selama menjalankan praktik kerja penulis banyak mendapatkan ilmu seperti mengajarkan anak-anak antara lima sampai 15 tahun di dalam pelatihan. Penulis tertarik mengajarkan Bahasa Inggris karena penulis ingin mengenalkan pada anak-anak di Saung Angklung Udjo (SAU) tentang bagaimana cara menggunakan Bahasa Inggris dengan benar. Menurut penulis Bahasa Inggris sangat penting bagi kehidupan di masa depan. Ada beberapa metode yang digunakan untuk melatih Bahasa Inggris bagi anak, seperti metode Grammar, Listening, Silent Method, dan sebagainya. Oleh karena itu, penulis berharap agar pengalaman dari melaksanakan praktik kerja ini dapat berguna bagi masa yang akan datang.Item Peran Penerjemahan Surat Menyurat untuk Kepentingan Internal dan Eksternal pada Lingkungan SMA Negeri 1 Cibadak Sukabumi(2013-07-23) ELDA TARTILLA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan ini menjelaskan tentang Praktik Kerja Lapangan yang penulis laksanakan di SMA Negeri 1 Cibadak, Jalan Perintis Kemerdekaan 72 Sukabumi. Penulis ditempatkan di Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) pada bagian Adm. Persuratan dan ditugaskan untuk membuat dan menerjemahkan surat setiap harinya. Dalam melakukan Praktik kerja ini Penulis mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang surat-menyurat khususnya, seperti bagaimana prosedur membuat surat internal dan eksternal, dan juga prosedur pengelolaan surat masuk agar seluruh kegiatan surat-menyurat bisa terpantau dengan baik. Dalam laporan ini pun penulis mencatat data-data surat masuk yang terdaftar di buku agenda. Disamping itu, penulis mengidentifikasi bagaimana peranan bahasa inggris dan peranan terjemahan dalam surat-menyurat yang ada di SMA Negeri 1 Cibadak ini. Setelah melaksanakan praktik kerja ini, penulis menyimpulkan bahwa dalam pembuatan dan penerjemahan surat ini harus melalui beberapa tahap, seperti halnya dalam menerjemahkan suatu surat, agar maksud dari surat tersebut jelas bagi pihak yang dituju.Item PERAN MARKETING OFFICE DEPARTMENT PURI KIIC GOLF VIEW RESIDENCE KARAWANG(2013-07-23) R GUSDRIANDINI JN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan praktik kerja ini berjudul Peran Marketing Office Department Puri KIIC Golf View Residence Karawang. Metode penelitian dalam pembuatan laporan ini adalah observasi, studi pustaka dan wawancara. Penelitian ilmiah ini mengambil data dari Puri KIIC Golf View Residence karena penulis membuat laporan mengenai peran Marketing Office Department Puri KIIC Golf View Residence. Penulis mengkaji masalah mengenai peran Marketing Office Department Puri KIIC Golf View Residence dan berhasil mendapatkan data mengenai marketing di Puri KIIC Golf View Residence. Laporan praktik kerja ini mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan penulis selama melaksanakan praktik kerja di Puri KIIC Golf View Residence Karawang. Penulis melaksanakan praktik kerja ini selama tiga minggu yang dimulai pada tanggal 14 Januari 2013 sampai dengan 31 Januari 2013. Selama melaksanakan praktik kerja, penulis ditempatkan di Marketing Office Department di Puri KIIC Golf View Residence Karawang. Laporan praktik kerja ini menjelaskan mengenai Peran Marketing Office Department Puri KIIC Golf View Residence yang ditinjau dari visi dan misi utamanya yaitu To become number 1 (one) Service Residence among the Industrial Estate in Asia and to satisfy guest expectation by providing best Quality Services, Health & Safety. Setelah penulis melaksanakan praktik kerja di Puri KIIC Golf View Residence Karawang, penulis menyimpulkan bahwa Marketing Office Department di Puri KIIC Golf View Residence Karawang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang kegiatan operasional hotel tersebut. Oleh karena itu, menjadi seorang professional di bidang marketing membutuhkan kedisiplinan, ketekunan, dan keahlian dalam bidang marketing.Item PERANAN BAHASA INGGRIS DALAM JASA PERIKLANAN(2013-07-23) TANYA NALIHATI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenSalah satu dari persyaratan akademis untuk dapat lulus dan menyelesaikan pendidikan program Diploma III, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran adalah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. Praktik Kerja Lapangan ini bertujuan untuk memperluas dan menambah kemampuan mahasiswa mengenai dunia kerja yang sesungguhnya. Laporan Praktik Kerja ini berjudul “Peranan Bahasa Inggris Dalam Jasa Periklanan”. Penulis menerapkan judul ini pada Tugas Akhirnya karena melihat banyaknya penelitian yang diangkat untuk meneliti kasus ini. Kompleks nya industri penelitian saat ini membuat penulis berkeinginan untuk meneliti lebih lanjut tentang “Penerapan Bahasa Inggris Dalam Industri Periklanan”. Dalam laporan ini penulis menjelaskan tentang hal-hal yang telah penulis kerjakan dan dapatkan selama melakukan Praktik Kerja Lapangan di Abstract Advertising Neon Box yang berlokasi di Jalan Raya A.H Nasution No.38 (Komplek Cucian Zipur 9) Ujungberung – Bandung. Praktik Kerja Lapangan tersebut dilaksanakan dari tanggal 11 Januari sampai dengan 25 Januari 2013.Item PERANAN CUSTOMER SERVICE DI PT KERETA API INDONESIA PERSERO DAERAH OPERASI II BANDUNG(2013-07-23) NUR FITRIANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan Tugas akhir ini berjudul “Peranan Customer Service Di PT Kereta Api Indonesia Persero Daerah Operasi II Bandung”. Laporan tugas akhir ini menjelaskan tentang kegiatan praktik kerja lapangan yang penulis lakukan selama tiga minggu praktik kerja di PT Kereta Api Indonesia Persero Daerah Operasi II Bandung. Selama praktik kerja lapangan penulis di tempatkan di bagian Customer Service. Dalam laporan ini penulis menjelaskan tentang bagaimana melayani konsumen agar konsumen merasa puas dengan fasilitas yang diberikan. Hasil dari penelitian dan pengalaman penulis menunjukan pentingnya peranan Customer Service dalam melayani konsumen dan mendukung kualitas perusahaan tersebut. Data-data yang ada pada laporan ini diperoleh dari berbagai sumber seperti observasi yang dilakukan penulis selama penulis melaksanakan praktik kerja, dan wawancara dengan orang-orang yang berhubungan dengan Cistomer Service. ABSTRACT The title of the report is “Peranan Customer Service Di PT Kereta Api Indonesia Persero Daerah Operasi II Bandung”. In this report, the writer explains about job training done for three weeks in PT Kereta Api Indonesia Persero. During the job training the writer was placed as a Customer Service. In this report, the writer explains about how to serve customer so they are satisfied with the facilities. The result of the research and experience of the writer demonstrate the importance of the role of the Customer Service in serving customer and supports the company’s quality. The writer obtained the data from the observation that carried out during the job training, and interviewed the people who associated in Customer Service.Item PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM UNIT PELAYANAN KEIMIGRASIAN PADA SEKSI INFORMASI DAN SARANA KOMUNIKASI DI KANTOR IMIGRASI KLAS 1 BANDUNG(2013-07-23) ROSYANA HANIFAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan Praktik Kerja ini adalah salah satu persyaratan akademik bagi mahasiswa/i untuk menyelesaikan di program studi Bahasa Inggris, program Diploma III Universitas Padjadjaran. Laporan ini berisi tentang kegiatan penulis selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Kantor Imigrasi Klas 1 Bandung. Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 14 januari 2013 hingga 13 februari 2013 yang berlokasi di Kantor Imigrasi Klas I Bandung, Jln.Surapati No.82 – Bandung. Selama praktek kerja penulis dapat mengaplikasikan kemampuan bahasa Inggrisnya dalam unit pelayanan keimigrasian pada seksi informasi dan sarana komunikasi yang selanjutnya penulis tuangkan dalam laporan tugas akhir yang berjudul “Penggunaan Bahasa Inggris dalam Unit Pelayanan Keimigrasian Pada Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi di Kantor Imigrasi Klas I Bandung”. Dalam proses pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, penulis dituntut untuk memahami tentang pelayanan keimigrasian. Kemudian penulis memahami bahwa banyak hal yang bisa diterapkan mengenai Bahasa Inggris dalam pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Klas 1 Bandung.Item Peran Pemandu Wisata di Cendana Tour and Travel(2013-07-24) SHINTYA WARINI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penulis melakukan praktik kerja di Cendana Tour and Travel yang berlokasi di jalan H.Wasid no 29 Bandung. Praktik kerja ini dimulai dari tanggal 13 Januari sampai 13 Februari 2013. Penulis di tempatkan di bagian pemandu wisata oleh karena itu, penulis memilih judul “ Peran Pemandu Wisata di Cendana Tour and Travel” Laporan praktik kerja ini menceritakan tentang aktivitas yang dilakukan selama melaksanakan praktik kerja di Cendana Tour and Travel. Kegiatan sehari – hari penulis melakukan beberapa pekerjaan, wawancara, mengamati kejadian di lapangan. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa peran pemandu wisata di Cendana Tour and Travel masih kurang maksimal. Hal ini karena sedikitnya divisi di bidang pemandu wisata.Item PROSES PENYIARAN "ENGLISH SERVICE PROGRAM" DI PROGRAMA 1 RRI BOGOR(2013-07-24) NURFA CITRA NOVIANTI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan praktik kerja ini merupakan salah satu syarat akademik bagi setiap mahasiswa dalam menyelesaikan studi Bahasa Inggris mereka dari Program Diploma III, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran. Penulis melaksanakan praktik kerja dalam “English Service Program” di RRI Pro 1 Bogor yang terletak di jalan Pangrango No.34 Bogor 16151. Pelaksanaan praktik kerja ini berlangsung dari tanggal 14 Januari 2012 sampai tanggal 29 Februari 2012. Praktik kerja ini bermanfaat untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa yang telah diperoleh selama belajar di perguruan tinggi. Laporan praktik kerja ini menjelaskan tentang proses penyiaran “English Service Program” di Pro 1 RRI Bogor dan kendala-kendala yang dihadapai oleh penulis serta upaya-upaya dalam menghadapi kendala tersebut.Item Proses Penyiaran Program English Service di RRI Regional Bandung(2013-07-24) ARISKA NUGRAHA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan ini menjelaskan tentang Praktik Kerja Lapangan penulis yang dilaksanakan di RRI Bandung, Jl. Dipenogoro No.61 Bandung. Penulis bertugas sebagai penyiar di program English Service yang bertugas dalam membuat naskah berita bahasa inggris, pemilihan topik untuk siaran, dan ikut serta sebagai narasumber dalam siaran tersebut. Dalam melakukan Praktik kerja ini Penulis mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan baru tentang siaran khususnya, seperti bagaimana secara teknis dan non-teknis seluruh kegiatan dalam siaran radio dapat berlangsung dengan lancar. Setelah melaksanakan praktik kerja ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa pemilihan naskah berita dalam siaran English Service sangat informatif dan bermanfaat bagi pendengar radio. Oleh karena itu berita yang disampaikan haruslah dapat dimengerti dengan jelas dan dikuasai oleh penyiar yang membawakan berita tersebut.Item Proses Penyutingan dan Penerjemahan Naskah Berita di Program English Service RRI Regional I Bandung(2013-07-24) GUGUM LESMANA SANJAYA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan ini menjelaskan kegiatan penulis selama pelaksanaan praktik kerja di Kantor RRI Regional I Bandung Jalan Diponegoro No. 61 Bandung, Jawa Barat. Selama praktik kerja, penulis ditempatkan di Redaksi Siaran sebagai penulis, penyunting dan penerjemah berita. Kegiatan praktik kerja ini merupakan salah satu persyaratan akademik dalam menyelesaikan pendidikan Program Diploma III Fakultas Ilmu Budaya Unversitas Padjajaran. Laporan praktik kerja yang berjudul “Proses Penyuntingan dan Penerjemahan Berita di Program English Service RRI Regional I Bandung” bisa memberikan gambaran singkat mengenai produksi suatu berita dalam siaran radio.Item PERISTILAHAN BAHASA INGGRIS DALAM SISTEM (E-SKA) ELEKTRONIK SURAT KETERANGAN ASAL DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA BARAT(2013-07-24) FATHIMAH NURUZ ZAKIYAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan Praktik Kerja Lapangan ini menjelaskan tentang hasil pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Di instansi tersebut penulis ditempatkan di Bidang Perdagangan Luar Negeri untuk Bagian Verifikasi Elektronik Surat Keterangan Asal. Instansi ini memiliki peranan terbesar untuk pemrosesan Surat Keterangan Asal di Provinsi Jawa Barat. Besarnya peranan Surat Keterangan Asal di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat tersebut membuat penulis memutuskan untuk menyusun laporan ini dengan berfokus kepada peristilahan bahasa inggris dalam sistem Elektronik Surat Keterangan asal, kegiatan-kegiatan dan hambatan-hambatan apa saja yang dialami oleh penulis terkait dengan hal itu selama pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di instansi tersebut. Dengan Praktik Kerja Lapangan ini penulis dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama belajar di Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Dari pengamatan penulis selama Praktik Kerja Lapangan ini penulis menemukan arti pentingnya bahasa Inggris di instansi tersebut sebagai salah satu faktor penting terjalinnya kerjasama perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara asing.Item FUNGSI DAN PERAN BAHASA INGGRIS DALAM DEPARTEMEN REKREASI DAN OLAHRAGA DI HOTEL BANDUNG GIRI GAHANA(2013-07-24) MUHAMMAD NURULLAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan ini menjelaskan tentang Praktik Kerja Lapangan yang saya laksanakan di Bandung Giri Gahana Golf & Resort selama 100 jam yang dimulai dari tanggal 14 Januari sampai 31 januari 2013. Laporan ini menjelaskan berbagai kegiatan kerja yang saya lakukan di bagian Rekreasi dan Olahraga. Melalui praktik kerja tersebut, saya mendapatkan hasil berupa pengalaman, ilmu pengetahuan, dan wawasan tentang berbagai bentuk pelayanan terhadap tamu hotel di departmen Rekreasi dan Olahraga di Bandung Giri Gahana Golf & Resort. Selain itu, saya juga mempelajari banyak istilah khusus yang digunakan di Departemen Rekreasi dan Olahraga.Item HUBUNGAN ANTARA DIVISI GUEST RELATION OFFICER DAN SALES AND MARKETING SAUNG ANGKLUNG UDJO(2013-07-25) ERIKA MEYDINA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan praktik kerja lapangan ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan dalam menyelesaikan Program Studi Diploma III Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran. Penulis telah melaksanakan tugas praktik kerja lapangan di PT. Saung Angklung Udjo, yang berlokasi di Jl. Padasuka No.118, Bandung. Dalam kegiatan praktik kerja ini, penulis bertugas sebagai Guest Relation Officer selama 120 jam. Selama kegiatan praktik kerja lapangan ini, penulis dapat mengetahui hubungan antara divisi Guest Relation Officer dan Sales and Marketing di Saung Angklung Udjo. Penulis menyadari bahwa peranan Guest Relation Officer sangat dibutuhkan oleh Sales and Marketing dalam menangani tamu.Item peranan pusat informasi di saung angklung udjo(2013-07-25) NITA ROSIANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosentugas akhir ini disusun untuk memenuhi syarat kelulusan diploma III fakultas ilmu budaya universitas padjadjaranItem PERSURATAN DAN PENGARSIPAN DI ADMINISTRASI KREDIT PT BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PEMBANTU JATINANGOR(2013-07-29) RENA SYAWALINDA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan Praktik Kerja Lapangan yang berjudul Persuratan dan Pengarsipan di Administrasi Kredit Bank Rakyat Indonesia ini berisi laporan praktik kerja saya di PT. Bank Rakyat Indonesia cabang pembantu Jatinangor pada divisi Administrasi Kredit. Selama Praktik Kerja Lapangan membuat saya menulis berbagai jenis surat serta mengarsipkan dokumen-dokumen nasabah. Saya juga belajar bagaimana menulis surat dan mengarsipkan dokumen dengan baik. The Job training report is entitled Mailing and Archiving at the Administrative Credit Division of Bank Rakyat Indonesia. This report describes my Job Training at the Administrative Credit Division in PT Bank Rakyat Indonesia, Jatinangor Branch. During my job training I wrote different kinds of letters and archived customer’s documents. I also learned how to write letter and archive documents properly.Item Upaya Hubungan Internasional dalam Menginformasikan dan Mendistribusikan Surat-Surat Luar Negeri(2013-07-30) YUSTI AINUL MARDHIAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan ini berjudul ‘Upaya Bagian Hubungan Internasional dalam Menginformasikan dan Mendistribusikan Surat-Surat Luar Negeri’: studi kasus pada PT Pos Indonesia. Metode yang dilakukan dalam penulisan laporan ini adalah studi kepustakaan dan observasi. Dalam metode studi kepustakaan, penulis mencari informasi dari berbagai sumber seperti buku dan artikel. Sedangkan dalam observasi, penulis turun langsung ke dalam ruang lingkup kerja bagian Hubungan Internasional PT Pos melalui pelaksanaan praktik kerja lapangan untuk mencari data. Penulis melakukan wawancara kepada salah satu staf di bagian Hubungan Internasional PT Pos untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai bagian Hubungan Internasional itu. Dengan melakukan praktik kerja lapangan, penulis mengetahui apa itu bagian Hubungan Internasional dan bagaimana cara kerja bagian Hubungan Internasional itu sendiri. Selain itu, penulis pun mengetahui sejarah, stuktur organisasi, dan peran bagian Hubungan Internasional di PT Pos Indonesia serta keikutsertaan PT Pos Indonesia di dalam Perhimpunan Pos Sedunia.Item TUGAS CUSTOMER SERVICE PT TELKOM PLASA INDONESIA(2013-07-31) VIVI SEPTINE MUFTIPANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan Praktik kerja ini berjudul Tugas Customer Service PT Telkom Plasa Indonesia. Metode penelitian dalam pembuatan laporan ini adalah observasi, studi pustaka dan wawancara. Penelitian ilmiah ini mengambil data dari PT Telkom Plasa Indonesia karena penulis membuat laporan mengenai Tugas Customer Service PT Telkom Plasa Indonesia. Penulis mengkaji masalah mengenai Tugas Customer Service PT Telkom Plasa Indonesia dan berhasil mendapatkan data mengenai tugas Customer Service. Laporan praktik kerja ini mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan penulis selama melaksanakan praktik kerja di PT Telkom Plasa Indonesia. Penulis melaksanakan praktik kerja ini selama dua minggu dari tanggal 18 Januari sampai dengan 23 Januari . Selama melaksanakan praktik kerja, penulis ditempatkan di Customer Service PT Telkom. penulis menyimpulkan bahwa tugas customer service mempunyai peranan yang sangat penting bagi PT Telkom. Oleh karena itu, peran customer service merupakan ujumh tombak pelayanan perusahaan, yang melayani kebutuhan setiap konsumen secara langsung.Item model percakapan bagi customer service dalam melayani nasabah di PT.BRI KCP Jatinangor(2013-07-31) BELLA NABILLAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan ini pada dasarnya berisi tentang pelaksanaan praktik kerja lapangan yang dilakukan oleh penulis, selama melaksanakan praktik kerja lapangan penulis sebagai UPN yaitu Unit Pelayanan Nasabah seperti Customer Service. Laporan tugas akhir ini berjudul “Model Percakapan Bagi Customer Service Dalam Melayani Nasabah Di PT. BRI KCP Jatinangor”. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Penulis diberi tugas untuk mengetahui bagaimana cara kerja dan melayani nasabah dengan baik. Dalam laporan ini penulis juga menjelaskan bagaimana customer service menggunakan bahasa Inggris jika terdapat nasabah dari luar negeri. Hasil dari pengamatan dan pengalaman saya menunjukkan bahwa Customer Service mempunyai peran yang sangat penting dalam melayani nasabah dan menunjang kualitas pelayanan bank. ABSTRACT This report basically contains the implementation of field study experienced by the author, during author carried out field study, the author was given a job as UPN (Customer Service Unit) or known as Customer Service. This final report titled “Model of Conversation For Customer Service In Serving Customer in PT. BRI KCP Jatinangor”. This research method uses a literature study and field study. The author was given the task to find out how to work and serve our customers well. In this report the author also explains how the customer service uses English if there is a customer from abroad. The result of my observations and experience shows that Customer Service has a very important role in serving our customers and supporting the banks service quality.Item Penggunaan Bahasa Inggris dalam Layanan Exit Re-entry Permit dan Multiple Exit Re-entry Permit di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung(2013-07-31) GINANJAR LEGIANSYAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenSaya melaksanakan praktik kerja lapangan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung yang berlokasi di Jl. Surapati No. 82 Bandung. Praktik kerja lapangan tersebut dimulai dari 14 Januari 2013 sampai 15 Februari 2013. Saya ditempatkan di Divisi Lantaskim bagian Loket Exit Re-entry Permit dan Multiple Exit Re-entry Pemit. Oleh karena itu, saya memilih judul “Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Layanan Exit Re-entry Permit dan Multiple Exit Re-entry Permit di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung”. Laporan praktik kerja ini menceritakan tentang aktivitas sehari-hari yang dilakukan selama melaksanakan praktik kerja di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung. Aktivitas tersebut adalah melakukan beberapa pekerjaan, melakukan wawancara, mengamati kejadian di lapangan, dan mencari beberapa buku tentang keimigrasian. Dari penelitian yang telah dilakukan, penggunaan bahasa inggris di Loket Exit Re-entry Permit dan Multiple Exit Re-entry Permit telah digunakan secara optimal. Pejabat Imigrasi yang bertugas di loket tersebut cukup mahir menguasai bahasa inggris sehingga baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing mendapat pelayanan cukup prima.Item PROSES PEMBUATAN NASKAH SIARAN BAHASA INGGRIS PADA ENGLISH SERVICE PROGRAM DI PRO2 RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANDUNG(2013-08-02) SARAH ELIZABETH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan tugas akhir ini berjudul “Proses Pembuatan Naskah Siaran Bahasa Inggris Pada English Service Program di Pro2 RRI Bandung”. Tujuannya adalah untuk mengetahui proses pembuatan naskah siaran bahasa Inggris di English Service Program (ESP), untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi lapangan, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian proses pembuatan naskah di ESP dikerjakan oleh penulis naskah yang merangkap sebagai penyiar juga. Prosesnya adalah pertama penulis memilih dan menyeleksi materi siaran berupa berita dan topik yang tema dan kriterianya telah ditentukan, kemudian materi tersebut diringkas sesuai dengan durasi siaran ESP, apabila materi yang diambil berbahasa Indionesia maka penulis harus menerjemahkannya menjadi bahasa Inggris. Setelah proses penerjemahan tahapan selanjutnya adalah menulis dan mengedit naskah sesuai dengan aturan dan format yang berlaku. Secara keseluruhan penulis dapat menyimpulkan bahwa pembuatan suatu naskah siaran harus dilakukan secara tepat dengan aturan-aturan yang berlaku karena naskah siaran adalah faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan suatu acara siaran.