Ilmu Manajemen (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Manajemen (S2) by Subject "Citra dan Proses Keputusan Pembelian"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengaruh Kinerja Strategi Pasar dan Bauran Pemasaran terhadap Citra Bahan Bakar Pertamax serta Implikasinya pada Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Bahan Bakar di DKI Jakarta(2014-03-13) NUGROHO HARDIYANTO; Sucherly; Yevis Marty OesmanBahan bakar Pertamax merupakan salah satu produk PT. Pertamina (Persero) yang di peruntukkan untuk kendaraan roda empat keluaran diatas tahun 2005 mengacu pada standar emisi gas buang Euro 2 dan untuk mesin dengan nilai kompresi 9.0:1 – 10.0:1. Jumlah kendaraan roda empat kian meningkat setiap tahunnya, tetapi tidak diimbangi dengan konsumsi bahan bakar Pertamax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja strategi pasar dan bauran pemasaran terhadap citra bahan bakar Pertamax serta implikasinya pada pengambilan keputusan konsumen membeli bahan bakar di DKI Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey explanatory karena metode ini menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis, dengan jenis penelitian deskriptif analitis dan eksplanatori. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari jawaban pelanggan terhadap kuesioner sebanyak 100 kuesioner dan data sekunder yang di dapat dari kajian kepustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling, dengan tipe pengambilan sampel convenience sampling dimana penyebarannya ditentukan berdasarkan pembagian wilayah DKI Jakarta. Dari konsep yang diajukan dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel, yaitu kinerja strategi pasar (X1), kinerja bauran pemasaran (X2) sebagai variabel eksogen (variabel yang mempengaruhi) dan citra (Y) serta keputusan pembelian (Z) sebagai variabel endogen (variabel yang dipengaruhi). Untuk mengukur antar variabel tersebut digunakan metode analisis jalur (path analysis), dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa citra tidak memiliki implikasi terhadap keputusan pembelian, hal ini mengidentifikasikan bahwa konsumen mempersepsikan citra Pertamax sebagai bahan bakar yang mahal, sehingga konsumen menjadi berpikir dua kali ketika ingin membeli bahan bakar Pertamax. Variabel yang paling memiliki pengaruh adalah kinerja bauran pemasaran artinya perbaikan dalam hal Promotion, place dan price menjadi kunci bagi Pertamina (Persero) untuk menjadikan Pertamax sebagai superior product..