Administrasi Publik (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Publik (S1) by Subject "air"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMELIHARAAN SALURAN AIR LIMBAH DOMESTIK OLEH BAGIAN OPERASIONAL AIR LIMBAH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG (Studi Kasus Di Kecamatan Astana Anyar(2017-12-18) RIDHA DWI AMBARANI; Mas Dadang Enjat Munajat; Asep SumaryanaABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Dalam Pemeliharaan Saluran Air Limbah Domestik Oleh Bagian Operasional Air Limbah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung (Studi Kasus Di Kecamatan Astana Anyar Kelurahan Pelindung Hewan Kota Bandung)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa indikasi masalah yang didapat dari hasil observasi dan wawancara awal seperti Saluran air limbah domestik kurang terpelihara dengan baik, lambatnya penanganan pengaduan serta tambahan biaya, infrastruktur yang kurang memadai. Untuk mengukur kualitas pelayanan pemeliharaan saluran air limbah domestik, penulis menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto yang terdiri dari 5 dimensi yaitu sikap petugas, prosedur, waktu, biaya pelayanan, dan fasilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 126 orang, terdiri dari 100 orang pelanggan dan 26 pegawai dengan proportionate stratified random sampling, hasil angket yang didapatkan diolah menggunakan skala Likert . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pemeliharaan saluran air limbah domestik masih kurang baik. Berdasarkan 5 dimensi yang ada, dimensi waktu menjadi dimensi yang memiliki nilai terendah dibandingkan dimensi lainya, dan dimensi prosedur memiliki nilai tertinggi. Untuk mengatasi permasalahan yang ada PDAM Tirtawening Kota Bandung melakukan pemeliharaan rutin setiap satu bulan sekali untuk melihat bagaimana kondisi saluran yang ada, dilakukan pembuatan SOP mengenai pengaduan pelanggan, mengadakan sosialisasi kepada pelanggan, dan melakukan penambahan sumber daya manusia pada bagian operasional air limbah. Kata kunci : kualitas pelayanan, saluran air limbah domestik. ABSTRACT The research titled ”Service Quality Of Maintenance Domestic Wastewater Duct By Wastewater Operational Department Of Local Water Supply Utility (PDAM) Tirtawening In Bandung City (Case Study In Sub District Of Astana Anyar Kelurahan Pelindung Hewan Bandung City)” research motivated by some problem indication through the initial observation and interview, such as maintenance domestic wastewater duct is poorly, the slow handling of complaints and additional costs, inadequate infrastructure. To measure the service quality of maintenance domestic wastewater duct, this study use the service quality theory proposed by Agus Dwiyanto which consists of five dimensions of service quality, namely the attittude of officers, procedures, time,service costs, and facilities. The research method used is descriptive method with quantitative approach, using data collection technique through literature study, observation, interview, and quetionnaire. The sample used in this study 126 people,consisting of 100 customers and 26 employees with proportionate stratified random sampling, by processing the questionnaire data using Likert Scale. The results of this study show that the service quality of maintenance domestic wastewater duct still not good. Based on the existing 5 dimensions, the time dimension becomes the dimension that has the lowest value compared to the other dimensions, and the procedure dimension has the highest value. To overcome the existing problems Tirtawening PDAM Bandung conduct routine maintenance every once a month to see how the condition of existing channel, made the SOP on customer complaints, held socialization to customers, and adding human resources to the operational part of wastewater. Keywords : service quality, domestic wastewater duct.