Kesejahteraan Sosial (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Kesejahteraan Sosial (S1) by Subject "aksesibilitas"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES PEMBERDAYAAN DISABILITAS TULI (STUDI KASUS AKSESIBILITAS PEKERJAAN DISABILITAS TULI DI PT PARAKERJA DISABILITAS BISA)(2023-07-03) EMLLA CATUR RIANDA; Hadiyanto Abdul Rachim; Tidak ada Data DosenPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan disabilitas Tuli yang dilakukan oleh Parakerja. Penelitian ini menggunakan kerangka teori pemberdayaan oleh Parakerja, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap rekrutmen, tahap pelatihan, tahap penempatan kerja, dan tahap on job evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah merode penelitian deskritif kualitatif. Terdapat 5 informan terdiri dari 2 tim manajerial Parakerja sebagai pelaksana program pemberdayaan, 2 staff Tuli parakerja sebagai penerima manfaat program yang masih tergabung dalam Parakerja, dan 1 staff Tuli Parakerja sebagai penanggung jawab program dan sudah bekerja diluar Parakerja. Pemilihan informan dilakukan secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisa data sekunder. Proses analisis data terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian proses pemberdayaan disabilitas Tuli di Parakerja menunjukan bahwa tahapan yang dilakukan masih perlu adanya pengembangan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pemberdayaan serta mempertimbangkan pendekatan yang non-direktif untuk menciptakan program pemberdayaan yang berkelanjutan dan mencapai tujuan Parakerja itu sendiri. Oleh Karena itu, Peneliti merekomendasikan Parakerja mengadakan program pemberdayaan Aksesibilitas Sama Rata (Aksara) untuk menciptakan program pemberdayaan yang menerapkan tahapan yang kental akan pelibatan Tuli, menerapkan prinsip yang kuat, serta pelibatan pekerja sosial didalamnya untuk memberikan program yang berkelanjutan demi menciptakan aksesibilitas bekerja yang lebih luas bagi disabilitas Tuli.