Manajemen Produksi Media (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Manajemen Produksi Media (D-IV) by Subject "animasi"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item PEMBUATAN SCRIPT PADA PRODUKSI ANIMASI INFOGRAFIS PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP TINDER (DATING APPS)(2021-06-16) MUHAMMAD SLAMET RINALDHI; Yustikasari; Feliza ZubairFenomena online dating merupakan salah satu pergeseran budaya dengan banyak media atau perantara yang dapat dijangkau salah satunya adalah aplikasi Tinder yang terkenal sebagai dating app di masyarakat. Tugas Akhir ini disusun menggunakan data primer berupa survei dengan partisipan yang berasal dari masyarakat dengan spesifikasi generasi dan data sekunder yang menunjang dalam pembuatan video animasi infografis dengan topik perspektif masyarakat tehadapat Tinder (dating apps). Tugas akhir ini menjelaskan mengenai peran Script Writer dan tahapan - tahapan dalam membuat naskah atau Script dengan Pembuatan pengerjaannya juga masuk dari bagian pembuatan video animasi infografis. Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan video animasi infografis, dimulai dari praproduksi, produksi dan pasca produksi. Pra produksi berfokus pada pembuatan konsep dan ide video, pengumpulan data survei, pembuatan storyboard, dan pembuatan Script. Selanjutnya yaitu proses produksi terdiri dari pembuatan aset, animasi, pengisian VO narator, backsound, sound effect hingga penyatuan animasi dan audio di tahap finishing editing. Setelah itu, ada tahap pasca produksi yang terdiri dari revisi dan distribusi. Pembuatan Script terdiri dari beberapa tahapan menemukan ide, menentukan tema/topik, riset,membuat outline, sinopsis dan treatment, menulis naskah, mereview naskah dan finalisasi naskah. Dari tahapan-tahapan yang ada, terciptalah karya video animasi infografis dengan harapan bisa diterima oleh masyarakat luas. Dari Tugas akhir ini menjelaskan peran script writer dan tahapan-tahapan dalam pembuatan Script pada produksi animasi infografis.Item PENERAPAN ASET ANIMASI HAND-DRAWN PADA PRODUKSI ANIMASI INFOGRAFIS PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP TINDER (DATING APPS)(2021-12-02) DHIEMAS RIDHA RIZKIANA; Feliza Zubair; YustikasariDengan adanya fenomena kencan online serta populernya penggunaan aplikasi Tinder sebagai aplikasi Dating di masyarakat, disajikanlah data hasil survey masyarakat dari beberapa generasi yang diperlihatkan dalam bentuk video animasi infografis. Tujuan dari video yakni ingin masyarakat mengerahui fenomena online dating serta penggunaan Tinder di masyarakat dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya fenomena online dating dan bagaimana menanggapinya. Selain itu tujuan bagi penulis sendiri yakni ingin mengetahui peran sebagai asset design pada produksi animasi serta mengimplementasikan teknik hand-drawn pada produksi animasi infografis. Proses pembuatan animasi terdiri dari 3 proses, yaknik pra produksi, produksi, dan juga pasca produksi. Pra produksi berfokus pada pembuatan konsep dan ide video, pembuatan storyboard, pengumpulan data survey, dan pembuatan script. Lalu proses produksi terdiri dari, pembuatan aset, animating, composing, finishing editing. Setelah itu ada tahapan pasca produksi yang terdiri dari revisi dan juga distribusi. Dalam pembuatan aset, penulis membuat aset dalam beberapa tahap, dari mulai pembuatan sketsa draft aset, lineart, coloring, dan shading. Dalam prosesnya penulis menjadi paham akan peran asset designer serta implementasi teknik hand-drawn pada produksi animasi infografis. Dan juga penulis mengetahui tahapan dalam pembuatan animasi infografis.Item Peran Animator Pada Produksi Video Animasi Campaign #BelajarJadiMinimalis Untuk Hari Konsumen Nasional Pada Sosial Media Lyfe With Less(2021-07-15) SITI ESA FIAMRINA MASI; Dian Wardiana Sjuchro; Feliza ZubairDi era digital saat ini, bentuk konten yang disajikan dalam memuat informasi menjadi salah satu faktor pertimbangan masyarakat dalam mengkonsumsi informasi. Salah satu bentuk konten yang digemari masyarakat dari berbagai kalangan saat ini adalah konten audiovisual berbentuk video animasi. Salah satu pemanfaatan video animasi sebagai sarana informasi diantaranya yaitu untuk menyajikan sebuah campaign. Dalam pembuatannya, video animasi pasti tak luput dari peran seorang animator. Karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana peran animator dalam pembuatan video animasi yang mempengaruhi keberhasilan campaign. Penulis memiliki peran sebagai animator yang bertugas dalam pembuatan animasi 2D menggunakan Adobe After Effect. Dari keseluruhan tahapan produksi dapat diketahui bahwa peran animator sangatlah penting dalam penciptaan video animasi. Animator harus bisa mengenal dan memahami cerita dan scene yang akan dibuat agar pesan yang terkandung dalam animasi nantinya bisa tersampaikan pada audiens dan dapat dinikmati. Keberhasilan campaign yang dilihat dari kenaikan insight sosial media milik Lyfe With Less menunjukkan bahwa visual animasi yang diciptakan animator berhasil menarik perhatian audiens. Kata kunci: campaign, animasi, animator.