Agroteknopreneur (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Agroteknopreneur (D-IV) by Subject "Aspek Pemasaran"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Kelayakan Usaha Pemasaran Mulsa Plastik Hitam Perak Untuk Petani Sayuran(2023-07-10) PUTRI ANINDYA; Pandi Pardian; Agriani Hermita SadeliUsaha pemasaran mulsa plastik hitam perak memiliki potensi bisnis untuk ditekuni terutama di Jawa Barat karena Jawa Barat merupakan salah satu sentra produksi komoditas hortikultura yang sangat membutuhkan sarana produksi mulsa dalam kegiatan budidaya komoditas pertanian. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan menjalankan usaha penjualan mulsa plastik hitam perak dari aspek pemasaran dan aspek keuangan. Metode penelitian dilakukan secara sengaja di CV Agromart dengan menggunakan analisis profitabilitas dan analisis kelayakan. Hasil kajian dari aspek pemasaran, lokasi pemasaran yang mempunyai potensi besar di Jawa Barat yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut dengan promosi yang efektif menjadi faktor penting untuk menjaga daya saing usaha, sedangkan dari aspek keuangan R/C rasio sebesar 9 dan B/C rasio sebesar 8 menunjukan bahwa usaha ini layak dilakukan dan menguntungkan. Analisa NPV menunjukkan angka positif sebesar Rp17.055.805.101 menunjukkan potensi keuntungan yang signifikan dari investasi dan hasil perhitungan IRR sebesar 103% menunjukkan tingkat pengembalian yang tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa usaha pemasaran mulsa plastik hitam perak layak untuk dijalankan dan merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.