PROPAGANDA MELALUI REPRESENTASI TERHADAP GROUND ZERO MOSQUE DALAM ARTIKEL PAMELA GELLER NO 9/11 MOSQUE!
No Thumbnail Available
Date
2012-08-01
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini membahas propaganda melalui representasi terhadap ‘Ground
Zero Mosque’ dalam artikel Pamela Geller No 9/11 Mosque! Objek penelitian
yang digunakan adalah sebuah artikel yang telah dipilih dari 15 artikel yang
dituliskan oleh Pamela Geller. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskriptif dengan menggunakan metode analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk.
Selain teori analisis wacana kritis, penelitian ini juga menggunakan teori
propaganda, teori manipulasi, teori representasi, dan teori kognisi sosial
(pengetahuan, sikap, dan ideologi). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa
(1) Pamela Geller melakukan propaganda dengan menggunakan lima teknik
propaganda, yaitu name calling, glittering generality, testimonial, plain folk, dan
card stacking. Pada tiap-tiap teknik propaganda tersebut terdapat manipulasi yang
dilakukan oleh Geller dengan menggunakan strategi negative-other presentation
dan positive-self presentation. Strategi negative-other presentation ditemukan
pada teknik propaganda name calling, testimonial, plain folk dan card stacking,
sedangkan strategi positive-self presentation ditemukan pada teknik glittering
generality dan plain folk; (2) Setiap teknik propaganda memiliki dampak yang
negatif terhadap representasi ‘Ground Zero Mosque’, hal ini sejalan dengan tujuan
Geller untuk menentang ‘Ground Zero Mosque’, oleh karena itulah melalui
representasi yang negatif terhadap ‘Ground Zero Mosque’ target propaganda
digiring untuk fokus terhadap sisi buruk ‘Ground Zero Mosque’; (3) Propaganda,
manipulasi dan representasi ini dipengaruhi oleh kognisi sosial Geller. Di dalam
penelitian ini ditemukan bahwa pengetahuan dan sikap Geller cenderung bersifat
negatif terhadap Islam dan Muslim. Adapun pengetahuan dan sikap ini terkait
dengan ideologi Geller. Setelah dilakukan penganalisisan terhadap ideologi
Geller maka ditemukan bahwa ideologi yang dimiliki oleh Geller adalah
Islamophobia. Oleh karena itu, berdasarkan ideologi inilah wacana propaganda No
9/11 Mosque! muncul.
ABSTRACT
This thesis discusses propaganda through representation of „Ground Zero
Mosque‟ in Pamela Geller‟s article entitled “No 9/11 Mosque!†. The object used
in this research is an article chosen from 15 articles written by Pamela Geller.
This research is a descriptive-qualitative research using Teun A. Van Dijk‟s
critical discourse analysis method. In addition to critical discourse analysis
theory, this research also uses theory of manipulation, theory of representation,
and theory of social cognition (knowledge, attitude, and ideology). The result of
this research is that (1) Pamela Geller did propaganda with five propaganda
techniques; they are name calling, glittering generality, testimonial, plain folk,
and card stacking. In each technique, there is manipulation done by positive self-presentation
and negative other-presentation strategy.The strategy of negative other-presentation is found in name calling, testimonial, plain folk and card stacking technique, while the strategy of positive self-presentation is found both in glittering generality and plain folk technique; (2) Each propaganda technique has negative impact to the representation of „Ground Zero Mosque‟, it is in line with Geller‟s purpose to oppose „Ground Zero Mosque‟, hence through negative representation of„Ground Zero Mosque‟, propaganda target is directed to focus on negative side of „Ground Zero Mosque‟; (3)The propaganda, manipulation and representation are influenced by Geller‟s social cognition.In this
research, it is found that knowledge and attitude of Geller tend to be negative to Islam and Muslim.This knowledge and attitude are connected to Geller‟s ideology. After analyzing Geller‟s
ideology, it is found that Geller‟s ideology is Islamophobia.Hence based on this ideology, that‟s why
the propaganda discourse entitled “No 9/11 Mosque!†emerged.
Description
Keywords
Propaganda, manipulasi, representasi