Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan harapan pemustaka terhadap kualitas layanan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dari aspek akses terhadap informasi (Access to Information), sikap petugas dalam melayani (Affect to Service), kemudahan pencarian Informasi secara individual (Personal Control), dan perpustakaan sebagai tempat (Library as Place). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Libqual yang mengukur kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan pemustaka terhadap layanan perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas layanan secara umum bahwa persepsi pemustaka berada pada batas toleransi (zone of tolerance) yang artinya kualitas layanan perpustakaan secara keseluruhan di nilai baik oleh pemustaka namun perpustakaan belum maksimal memberikan layanan yang unggul (superior) yaitu sesuai dengan harapan yang diinginkan pemustaka. Kata Kunci : Kualitas layanan perpustakaan, Libqual, Persepsi dan Harapan

Description

Keywords

Kualitas Layanan Perpustakaan, Libqual, Persepsi dan Harapan

Citation