LITERASI INFORMASI DAN MEDIA BAGI SISWA DALAM MENUNJANG PENGERJAAN TUGAS SEKOLAH
No Thumbnail Available
Date
2012-08-01
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Literasi Informasi dan
Media Siswa Untuk Menunjang Pengerjaan Tugas Sekolah melalui Studi Survei
Deskriptif Mengenai Literasi Informasi dan Media Siswa Program Reguler
Sekolah Menengah Atas Al-Ma soem Dalam Mengerjakan Tugas Bahasa Arab.
Inti dari literasi informasi dan media adalah kemampuan seseorang untuk
memahami kebutuhan informasi, mencari informasi dari berbagai sumber,
menggunakan informasi secara efektif dan efisien serta mengevaluasi penggunaan
informasi tersebut. Kuesioner yang memuat 33 indikator literasi informasi dan
media dari UNESCO telah dibagikan kepada 84 siswa dengan cara random
sampling. Kesimpulan yang didapat berdasarkan survei deskriptif menunjukan
sebagian besar siswa telah memiliki kemampuan dan memahami kebutuhan
informasi, yakni tugas bahasa Arab. Siswa juga telah mampu dalam menentukan
lokasi dan mengakses berbagai sumber informasi, menggunakan dan mensintesis
informasi serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi informasi yang telah mereka
dapatkan dalam mengerjakan tugas bahasa Arab. Namun demikian dalam hal
strategi pencarian infromasi siswa belum menunjukan kemampuan yang tinggi.
Kata kunci : Literasi, Informasi, Media, Siswa
ABSTRACT
The title of this research aims to know Media and Information Literacy of
Student to Support Finishing School Task with Survey Descriptive Study
Concerned in Media and Information Literacy of Regular Student in Al-Ma soem
Senior High School to finish Arabic Task. The core of Media and Information
Literacy is an ability of someone to how understand what kind of information
needed, how to get information in kind of media, to use that information in
effective and efficient way and to evaluate utilization that information.
Questionnaire that has 33 indicators media and information literacy from
UNESCO was spread out to 84 students with random sampling. A descriptive
method has shown that most students have ability to understand the information
they need, in defining Arabic Task. The students also have the ability to decide
location and access information resources, use information, do synthesis and
evaluate effectiveness and efficiency of information which they have gotten to
finish Arabic Task. Except in information-seeking strategies, students haven t
shown a good ability.
Keyword : Literacy, Information, Media, Student
Description
Keywords
LITERASI INFORMASI, MEDIA, TUGAS SEKOLAH