Hubungan Masyarakat (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Hubungan Masyarakat (D-III) by Author "Aat Ruchiat Nugraha"
Now showing 1 - 20 of 26
Results Per Page
Sort Options
Item BUKOPIN OFFICE COMMUNICATION (BOC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL PT BANK BUKOPIN, TBK(2018-05-22) LITA YUNITAWATI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Lita Yunitawati, 210103150074, 2018. Program Diploma III Peminatan Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berjudul, BUKOPIN OFFICE COMMUNICATION (BOC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL PT BANK BUKOPIN. Tbk, Dosen Pembimbing Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Hal yang melatarbelakangi pengambilan Bukopin Office Communication (BOC) sebagai Laporan Tugas Akhir adalah pembaharuan Bukopin Office Communication (BOC) dari SME (Surat Memorandum Elektronik), penerapan E-PR oleh Unit Komunikasi perusahaan, dan media internal yang berbasis website sehingga bersifat paperless. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui peran Unit Komunikasi Perusahaan dalam pengelolaan Bukopin Office Communication (BOC), jenis-jenis informasi yang ada di dalam Bukopin Office Communication (BOC), dan manfaat Bukopin Office Communication (BOC). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi kepustakaan, dan observasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Unit Komunikasi Perusahaan mengelola dan memasok konten berita yang ada pada Bukopin Office Communication (BOC), jenis-jenis informasinya berupa informasi/berita terbaru seputar perusahaan dan surat yang ditujukan ke pihak eksternal juga memorandum, terakhir manfaat dari adanya Bukopin Office Communication (BOC) adalah untuk mengefektifkan juga mengefisienkan media komunikasi internal yang ada dalam pekerjaan karyawan PT Bank Bukopin, Tbk. Simpulan pengamatan adalah Unit Komunikasi Perusahaan sudah menjalankan perannya dalam mengelola konten berita Bukopin Office Communication (BOC) dengan cukup baik, jenis-jenis informasi sudah cukup lengkap, dan mempunyai manfaat yang dirasakan karyawan sudah cukup baik. Saran penulis, sebaiknya dalam pengelolaan konten Bukopin Office Communication (BOC) harus terus menerus diperbaharui, konten berita sesuai dengan keadaaan perusahaan. Surat yang ditujukan ke pihak eksternal harus bisa direalisasikan. Hal-hal terbaru mengenai konten Bukopin Office Communication (BOC) bisa masuk melalui notifikasi ke mobile phone dan karyawan sebaiknya memanfaatkan media komunikasi internal PT Bank Bukopin, Tbk dengan semaksimal mungkin. Kata Kunci : Bukopin Office Communication (BOC), Komunikasi, Media InternalItem Kegiatan Blogging Brand Zoya Oleh Departemen Digital Marketing Shaf Corporation(2014-07-18) MAHARANI EKA PUTRI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenMaharani Eka Putri, 210103110116, 2014. “Kegiatan Blogging Brand Zoya Oleh Departemen Digital Marketing Shaf Corporation”. Dibimbing oleh Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Program Diploma III, Sub Program Studi Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tahap perencanaan kegiatan blogging, tahap pelaksanaan kegiatan blogging, dan tahap evaluasi kegiatan blogging yang dilakukan brand Zoya selama periode bulan Februari 2014. Metode penulisan yang dipergunakan dalam penyusunan laporan tugas akhir adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara dengan narasumber, studi kepustakaan, hingga data sekunder. Objek pengamatan penulis yaitu Departemen Digital Marketing Shaf Corporation. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kegiatan blogging yang dilakukan oleh Departemen Digital Marketing Shaf Corporation melalui berbagai tahapan. Perencanaan kegiatan meliputi pencarian fakta dan data, penentuan strategi dan target, hingga pemilihan tema dan konten yang pas untuk publik Zoya. Pelaksanaan kegiatan blogging dilakukan oleh sub divisi Content Development, Social Media dan Web Development. Evaluasi dilakukan dengan pengukuran efektivitas kegiatan blogging serta proses dan hasil selama satu bulan. Departemen Digital Marketing Shaf Corporation telah melaksanakan kegiatan blogging sebaik mungkin. Seluruh SDM mampu untuk memanfaatkan seluruh aspek blogging dan saling mengingatkan satu sama lain unntuk terus memberikan yang terbaik. Hal tersebut nanti akan memberikan persepsi baik dihadapan publik bahwa Zoya merupakan destinasi fashion muslim Indonesia.Item Kegiatan Family Gathering di PT. Kasai Teck See Indonesia(2015-07-10) ANISA YANUASTRI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Anisa Yanuastri 210103120098 “Kegiatan Family Gathering di PT. Kasai Teck See Indonesia”, dibawah bimbingan Bapak Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si Program Studi Hubungan Masyarakat Diploma III Peminatan Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dampak pada Kegiatan Family Gathering di PT. Kasai Teck See Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil pengamatan menunjukan bahwa PT. Kasi Teck See Indonesia dalam melaksanakan Perencanaan kegiatan Family Gathering yang terdiri dari membuat tujuan, menentukan target sasaran, anggaran biaya, perizinan. Pelaksanaan yang dilakukan pada pelaksanaan dan persiapan. Evaluasi yang terdiri dari antusias karyawan serta tolak ukur hambatan dan keberhasilan event. Dampak dari kegiatan family gathering. Simpulan pengamatan pada kegiatan family gathering ini menampakkan hasil positif. Terbukti dengan kerjasama dan kekompakan selama kegiatan maupun setelah kegiatan berlangsung. ABSTRACT Anisa Yanuastri 210103120098 "Family Gathering Activities PT. Kasai Teck See Indonesia ", under the guidance of Mr. Aat Ruchiat Nugraha, S. Sos., M.Si Public Relations Studies Program Diploma III Specialisation in Public Relations, Faculty of Communication, Padjadjaran University. The purpose of writing this final report is to describe the process of planning, implementation, evaluation and impact of Family Gathering activities in PT. Kasai Teck See Indonesia. The method used in this final report is descriptive method. While data collection techniques used by way of observation, interview and literature study. The observation shows that PT. Kasi Teck See Indonesia in carrying out planning activities Family Gathering which consists of making the destination, specify the target, budget, licensing. Implementation is done on implementation and preparation. The evaluation consists of enthusiastic employees and benchmarks barriers and success of the event. The impact of family gathering activities. Conclusion observations of this family gathering activity show the positive results. Evidenced with cooperation and solidarity during the activity and after the activity.Item Kegiatan Konferensi Pers di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur(2018-05-22) AYU NOVIA SARI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Ayu Novia Sari, 210103150076, 2018. Program Diploma III Peminatan Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berjudul, Kegiatan Konferensi Pers di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur, Dosen Pembimbing Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui tahapan konferensi pers di DIRJEN Bea dan Cukai, tujuan dari pelaksanaan kegiatan konferensi pers di DIRJEN Bea dan Cukai dan peran praktisi media dalam konferensi pers di DIRJEN Bea dan Cukai. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa, pihak humas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bertanggung jawab dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan konferensi pers mulai dari tahapan pelaksanaan konferensi pers yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan proses evaluasi. Selanjutnya tujuan dari pelaksanaan konferensi pers yaitu untuk mempublikasikan informasi bernilai berita kepada publik dan peran praktisi media sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan konferensi pers ini yang mana untuk mempublikasikan informasi melalui media massa seperti cetak, elektronik, radio maupun online. Simpulan yang dapat dikemukakan dalam penulisan ini, pihak humas DIRJEN Bea dan Cukai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sudah sangat baik dalam pelaksanaan kegiatan konferensi pers. Penulis menyarankan agar waktu diadakannya konferensi pers di DIRJEN Bea dan Cukai disesuaikan dengan waktu yang dimiliki narasumber, agar terlaksana dengan baik. Kata kunci: Konferensi Pers, Media Relations, Public RelationsItem kegiatan monitoring media cetak dan online di departemen coporate communication pt xl axiata.tbk(2017-03-09) ADE HADIAN; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenAde hadian. 210103130108, 2016“Kegiatan Monitoring Media Cetak dan Online di departemen Corporate Communication PT XL Axiata, Tbk. Central Region” Dibimbing oleh Aat Ruchiat Nugraha. S.Sos., M.Si Peminatan Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dari aktivitas monitoring media, untuk mengetahui proses pelaksanaan monitoring media dan untuk mengetahui proses tindak lanjut hasil monitoring media yang telah dilaksanakan di departemen Corporate Communication PT XL Axaita, Tbk. Central region. Metode pengamatan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menyampaikan suatu hasil observasi tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan beberapa narasumber dan melalui Studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penulisan ini menunjukan bahwa dalam proses perencanaan terdiri dari pemilihan berita di media cetak dan media online, persiapan alat monitoring media. pelaksanaan monitoring media terdiri dari pencarian berita di surat kabar dan media online, dan tahapan me-masukan data hasil monitoring media. Serta tindak lanjut hasil monitoring media yang terdiri dari membuat grafik return of invesment(ROI), analisis hasil monitoring media, tindak lanjut hasil monitoring ke media massa, dan laporan hasil monitoring mediaItem KEGIATAN PERTUNJUKAN RAKYAT SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI PROGRAM PEMERINTAH JAWA BARAT OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI JAWA BARAT(2016-02-29) GIRI FITRIADI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenGiri Fitriadi (210103120227). Menulis “Kegiatan Pertunjukan Rakyat Sebagai Media Penyampaian Program Pemerintah Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat”, Fakultas Ilmu Komunikasi Program DIII PAKT, Sub Program Kehumasan Universitas Padjajaran dengan dosen pembimbing Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui proses penyebarluasan informasi kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika ( Diskominfo) Provinsi Jawa Barat dan untuk mengetahui Bahwa Penyampaian informasi tidak hanya dapat dilakukan dengan media modern saja melainkan dapat menggunakan media tradisional sebab di sebagian daerah media tradisional dapat lebih dipahami dan di mengerti karena nilai kepercayaan mereka terhadap budaya yang mereka anut lebih besar maka dari itu kami melakukan pertunjukan rakyat untuk mewakili penyampaian informasi dan edukasi tentang program pemerintah provinsi Jawa Barat. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengamatan ini adalah metode deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi kepustakaan. i Berdasarkan hasil pengamatan dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan Pertunjukan Rakyat merupakan salah satu cara penyampaian informasi yang di lakukan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat agar mudah di terima oleh masyarakat dan untuk membangun citra positif bagi institusi itu sendiri sebagai pelaksana. Saran untuk Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat penyebaran informasi yang dilakukan alangkah lebih baik lagi apabila melibatkan masyarakat luas tidak hanya dari lingkungan perusahaan ( institusi) saja, hal tersebut dapat menimbulkan citra yang positif bagi institusi sebab masyarakat dapat ikut langsung dalam proses penyebaran informasi tersebut dan kegiatan ini bisa dijadikan sebagai kegiatan rutin.Item Kegiatan Workshop Student Series Oleh Bisnis Indonesia Learning Center (Bilec)(2015-09-13) ACHMAD ZULFIKAR; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenAchmad Zuklfikar, 210103120057, Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Kegiatan Workshop Student Series Oleh Bisnis Indonesia Learning Center (Bilec)”. Dosen pembimbing, Aat Ruchiat Nugraha., S.Sos, M.Si. Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Program Studi Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui gambaran perencanaan Workshop Student Series, proses pelaksanaan Workshop Student Series, mengetahui gambaran evaluasi dari Workshop Student Series dalam meningkatkan citra Bisnis Indonesia Learning Center (Bilec). Banyak hal yang harus dilakukan dalam merancang sebuah special event, setiap aspek harus dilakukan dengan baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat tercapai. Kegiatan Workshop Student Series ini dimulai dengan melakukan perencanaan kegiatan, sehingga acara ini dapat berhasil dibandingkan seminar sebelumnya, lalu setelah melewati tahap perencanaan yang detail masuklah ke tahap pelaksanaan dan untuk mengetahui apakah pesan yang akan disampaikan tersebut diterima atau tidak kita masuk ke tahapan evaluasi dari seluruh kegiatan Workshop Student Series ini. Simpulan dan saran untuk Tugas Akhir ini adalah, dalam membuat sebuah special event kita harus mempunyai tujuan yang jelas dan pesan apa yang ingin disampaikan, dan tahapan-tahapan yang dilalui harus dilakukan secara detail sehingga apa yang kita inginkan dapat terrealisasikan dengan nyata. Dan sarannya diharuskan membuat sebuah perencanaan yang lebih detail terlebih hal-hal yang sangat esensial.Item Pengelolaan Informasi pada website News Center Internal Telkom oleh Unit News and Information Management PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.(2016-09-16) SANTA MATILDA WAHYU DUWI KUSRINI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenSanta Matilda Wahyu Duwi Kusrini, 210103130114, 2016. “Pengelolaan Informasi Pada Website News Center Internal Telkom Oleh News And Information Management PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.” Dibawah bimbingan Bapak Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Program Diploma III Pendidikan Ahli Terapan (PAKT), Sub Program Program Studi Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya sebuah proses pengelolaan informasi untuk website internal oleh News and Information Management dimana prosesnya terbagi menjadi empat bagian yaitu Pengumpulan Informasi, Proses Pengolahan Informasi, Penyimpanan Informasi, Pengawasan Informasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan taktik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil Pembahasan menunjukkan bahwa tahap pengumpulan informasi didapatkan dari internal maupun eksternal setelah itu dilakukan proses pengolahan dimana didalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan seta pengolahan informasi dalam bentuk berita dan sosialisasi setelah itu dilakukan penyebarluasan secara serentak ke seluruh karyawan Telkom Group menggunakan website News Center Internal Telkom. Simpulan yang didapatkan yaitu pengelolaan informasi pada website News Center Internal Telkom yang dilakukan oleh Unit News And Information Management PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk secara keseluruhan dilakukan dengan cukup baik, karena masih terdapat hambatan berupa kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana.Item PERAN PUBLIC RELATIONS UNIT (PR) PT. NET MEDIATAMA INDONESIA DALAM KONFERENSI PERS HUT NET 3.0.(2017-07-31) DENNA SESHA AUDRIA; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenDenna Sesha Audria, 210103130098, 2013. Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Peran Public Relations Unit PT. NET Mediatama Indonesia Dalam Konferensi Pers HUT “NET 3.0””, sebuah karya tulis dibawah bimbingan Aat Ruchiyat, S.Sos, M.Si. dalam rangka memenuhi Tugas Akhir untuk Program Diploma III Program Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui peran Public Relations (PR) Unit PT. NET Mediatama Indonesia Dalam Konferensi Pers HUT “NET 3.0”, dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di Konferensi Pers yang berlangsung. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dan wawancara. Hasil pengamatan menunjukan bahwa, peran Public Relations (PR) Unit PT. NET Mediatama Indonesia memiliki peran yang cukup penting dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Konferensi Pers HUT “NET. 3.” Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa peran Public Relations Unit PT. NET Mediatama Indonesia dalam Konferensi Pers HUT “NET. 3.0” , agar memperhatikan proses kerja Public Relations, terdapat beberapa kekurangan pada belum optimalnya proses evaluasi Konferensi Pers yang di lakukan. Saran untuk Public Relations Unit PT. NET Mediatama Indonesia adalah, agar lebih memperhatikan pada proses evaluasi kegiatan Konferensi Pers, karena proses evaluasi tersebut sangat penting dilakukan dengan baik agar kegiatan Konferensi Pers dapat berjalan lebih baik lagi selanjutnya.Item PERANAN HUMAS DI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA DI KABUPATEN BOGOR(2017-09-25) PRAHA ALBA SANTANA; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data Dosenpraha alba santana, NPM 210103110238. laporan tugas akhir telah di buat ini berjudul peranan humas di badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan kabupaten bogorItem PERANAN HUMAS DISKOMINFO DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PEMERINTAH KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH(2017-06-14) BAYU AGUNG NUGROHO; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenBayu Agung Nugroho, NPM 210103140038, Mahasiswa Diploma III PAKT, Program Studi Hubungan Masyarakat, Peminatan Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Menyusun Tugas Akhir yang berjudul “Peranan Humas Diskominfo Dalam Pengelolaan Media Sosial Pemerintah Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah“. Di bawah Bimbingan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos, M.Si. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini untuk memperoleh gambaran bagaimana Peran Humas Pemerintah Di Diskominfo Kabupaten Karanganyar sebagai seorang Penasehat Ahli, Fasilitator Komunikasi, Pemecah Masalah dan Teknisi Komunikasi dalam melakukan Pengelolaan media sosial pemerintah dalam sebuah kegiatan. Metode Pengamatan yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah Metode Deskriptif dengan Teknik Pengamatan Dokumentasi, Membuat Catatan lapangan, Wawancara dan Studi Kepustakaan. Hasil dari pengamatan penulis, Peranan yang dilakukan Humas Diskominfo dalam pengelolaan media sosial Pemerintah secara garis besar sudah berjalan dengan cukup baik namun dalam pelaksaan nya masih terdapat beberapa masalah teknis maupun non teknis yang membuat kurang maksimalnya seorang humas diskominfo dalam menjalankan peran nya. Simpulan yang didapat dari penulisan laporan tugas akhir ini, peran yang dilakukan humas diskominfo kabupaten karanganyar sebagai seorang penasehat ahli sudah berjalan cukup baik dikarenakan pelaksanaan nya berdasarkan keinginan pemerintah saja, peran sebagai fasilitator komunikasi sudah berjalan cukup baik dikarenakan terkendala oleh sedikitnya antusiame masyarakat, peran sebagai pemecah masalah sudah berjalan dengan sangat baik karena cepat dan tanggap terhadap masalah yang ada dan peran sebagai teknisi komunikasi berjalan cukup baik dikarenakan tidak didukung oleh kualitas SDM yang memadai. Saran yang dapat penulis sampaikan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini, Proses pemberian masukan terhadap pemerintah sebaiknya disertai keinginan masyarakat, dalam merencanakan program hendaknya melakukan penelitian yang mendalam agar kegiatan nya diminati masyarakat, dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang tanggap dan cepat terhadap masalah yang terjadi, dan memberi pelatihan serta pembagian tugas yang sesuai dengan latar belakang pendidikan petugas humas diskominfo.Item PERANAN SOSIAL MEDIA DI 101,1 MGT RADIO BANDUNG(2016-09-01) HENDRA GUNAWAN; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Hendra Gunawan 210103120084, Peranan Sosial Media di 101,1 MGT Radio. Aat Ruchiat Nugraha,S.Sos.,M.Si selaku dosen pembimbing. Program Studi D III PAKT Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah mengetahui Peran Sosial Media di 101,1 MGT Radio Bandung, mengetahui Tugas dan Fungsi Sosial Media di 101,1 MGT Radio Bandung, mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Sosial Media di 101,1 MGT Radio Bandung. Metode yang digunakan dalam menyusun Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara langsung, dan studi kepustakaan. Hasil studi menunjukan bahwa dalam laporan ini adalah Sosial Media dapat menjalankan tugasnya dan berperan baik di 101,1 MGT Radio Bandung. Dan adapun mengenai faktor penghambat dan faktor pendukung penulis naskah siaran di 101,1 Radio MGT Bandung. Beberapa saran yang ingin diberikan adalah, untuk menambah beberapa fasilitas untuk pekerjaan penulis naskah, menambah divisi baru agar bekerja sesuai jobdesk, untuk menjadi seorang sosial media harus creative dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada pendengar maupun crew radio.Item PROGRAM CHIEF EDITOR GATHERING PUBLIC RELATIONS PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA,Tbk(2015-07-02) ALIFA AKMALIA RASYID; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenAlifa Akmalia Rasyid. 210103120240, Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, telah menyelesaikan Tugas Akhir dengan judul “ Program Chief Editor Gathering Public Relations PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk”, dengan pembimbing Aat Ruchiat Nugraha.,S.Sos,M.Si Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perencanaan program Chief Editor Gathering,Pelaksanaan Program Chief Editor Gathering dan evaluasinya serta faktor-faktor pendukung yang membuat program ini berhasil. Hasil dan pembahasan menunjukan bahwa dengan berlangsung komunikasi dua arah secara timbal balik meruopakan bentuk penyebaran informasi yang dapat menciptakan opini publik dari pihak PT Telekomunikasi Indonesia dengan masyarakat yang diwakili oleh media,sebagai saluran informasi anatara PT Telekomunikasi Indonesia dengan Masyarakat yang diwakili oleh media dan dapat membina hubungan baik antara pihak Telkom Group dengan para media. Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah program Chief Editor Gathering pada PT Telekomunikasi Indonesia memberikan pedoman pada unit-unit kerja di perusahaan tersebut dengan tujuan agar perencanaan perusahaan dapat dilakkan sistematis seusai visi misiItem PROSES COMMUNITY RELATIONS PERUM PERHUTANI KPH BANDUNG UTARA (Suatu Tinjauan pada Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat dengan Komunitas Lembaga Masyarakat Desa Hutan Bongkor di Desa Cimenyan(2017-07-05) ASRI DWI RENGGANIS; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenAsri Dwi Rengganis, 210103140039, 2017. Laporan tugas akhir ini berjudul, Proses Community Relations Perum Perhutani KPH Bandung Utara (Suatu Tinjauan pada Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat dengan Komunitas Lembaga Masyarakat Desa Hutan Bongkor di Desa Cimenyan). Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Selaku dosen pembimbing. Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Diploma III, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Laporan Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas Proses community Relations Perum Perhutani KPH Bandung Utara dalam Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat dengan Komunitas Lembaga masyarakat Desa Hutan Bongkor seperti proses pengumpulan fakta, perumusan masalah, perencanaan dan pemrograman, aksi dan komunikasi, dan evaluasi yang dilakuakan dalam program PHBM dengan LMDH Bongkor. Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif, data dihimpun melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengamatan yang penulis lakukan di Perum Perhutani KPH Bandung Utara menunjukan bahwa program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat dengan LMDH Bongkor merupakan bentuk tanggung jawab social Perum Perhutani KPH Bandung Utara yang memiliki tujuan untuk menaikan IPM (Indeks Pengembangan Masyarakat). Penulis menyimpulkan bahwa komunitas tempat organisasi berjalan memiliki pengaruh yang bagi organisasi. Oleh karena itu, Menjaga hubungan baik dengan komunitas merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi. Saat faedah keberadaan organisasi dirasakan oleh masyarakat sekitar, mereka akan turut menjaga dan melindungi organisasi. Saran yang diberikan penulis adalah agar setiap proses dapat dikomunikasikan dengan baik kepada pihak-pihak yang terkait dengan berjalannya program. Hal ini dilakukan karena satu tahapan proses dengan tahapan proses lainnya akan saling memberikan pengaruh terhadap berjalannya program.Item Proses Knowledge Transfer Melalui Media Sosial Instagram Oleh Staf Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat(2017-07-10) ASTI DWI WAHYU SETIANINGSIH; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenAsti Dwi Wahyu Setianingsih, NPM 210103140036, Jurusan Kehumasan, 2014. Laporan tugas akhir ini berjudul “Proses Knowledge Transfer Melalui Media Sosial Oleh Staf Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat”, Dengan dosen pembimbing Bapak Aat Ruchiat Nugraha,S.Sos.,M.I.Kom. , Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tahapan identifikasi, mengetahui tahapan menangkap, mengetahui tahapan berbagi, mengetahui tahapanp enerapan dan mengetahui tahapan evaluasi melalui sosial media terhadap kegiatan proses knowledge transfer melalui media sosial oleh staf humas pemerintah Provinsi Jawa Barat. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu pemaparan fakta yang sesuai di lapangan yang disusun secara sistematis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara serta melalui studi kepustakaan. Secara garis besar, proses ini ada beberapa tahapan. Tahap awal ialah pembagian tim, penentuan pengetahuan yang akan di transfer, filtering konten pengetahuan, penggunaan media sosial untuk membantu transfer pengetahuan,penerapan dari pengetahuan yang diperoleh, evaluasi penggunaan media sosial sebagai media transfer pengetahuan. Hasil dari penelitian ini adalah setiap ahapan yang dilakukan cukup baik. Dari keseluruhan tahapan walaupun ada beberapa yang rentan akan penundaan namun secara keseluruhan tahapannya sudah berjalan dengan baik, namun perlunya ditambah sumber daya manusia untuk dapat saling mengisi.Item Proses Pembuatan Desain Iklan Billboard Layang Kancana Anugerah Kreatif Bandung 2014(2015-12-22) AGNES DWI SAPUTRA; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Agnes Dwi Saputra. 210103110218. Laporan Tugas Akhir ini berkenaan tentang “Proses Pembutan Desain Iklan Billboard Layang Kancana Anugerah Kreatif Bandung 2014” Dosen Pembimbing Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si., Program DIII Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Sub Program Studi Periklanan Universitas Padjadjaran. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai “Proses Pembuatan Desain Iklan Billboard Layang Kancana Anugerah Kreatif Bandung 2014” yang meliputi analisis, melakukan brainstorming, Metode yang digunakan dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu hanya menjelaskan atau menganalisis satu variabel saja tanpa membandingkan atau menghubungkan dengan variabel lain. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil pengamatan, menjelaskan bahwa dalam perencanaan “Proses Pembuatan Desain Iklan Billboard Layang Kancana Anugerah Kreatif Bandung 2014” diawali dengan Studi Layang Kancana, Brainstorming, dan Proses Pra-Produksi Billboard Layang Kancana Anugerah Kreatif Bandung 2014. ABSTRACT Agnes Dwi Saputra. 210 103 110 218. Write final report, entitled “Billboard Advertising Design Creation Process Layang Kancana Bandung Creative Award 2014" under the guidance of Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si., students of diploma III Advertising Sub Program, Faculty of Communication, University of Padjajaran. The purpose of this final report is to obtain a picture of the “Billboard Advertising Design Creation Process Layang Kancana Bandung Creative Award 2014" which includes analysis, brainstorming, the method used in the writing of this final report is descriptive method, the technique of data collection, interviews, observation, and literature study. In writing this final report, the writer uses descriptive method that simply describe or analyze one variable without comparing or connecting with other variables. While the data collection techniques by observation and interview. Based on observations, explained that in planning “Billboard Advertising Design Creation Procces Layang Kancana Bandung Creative Award 2014" begins with studies of Layang Kancana, brainstorming, and Process Pre-Production Billboard Layang Kancana Creative Award 2014.Item PROSES PEMBUATANPROSES PEMBUATAN(2017-07-31) YOGI NOVRI PUTRA; Aat Ruchiat Nugraha; Aat Ruchiat NugrahahhghItem Proses Pengolahan Berita untuk Website Oleh Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah(2014-11-26) LUSIA DITA NILAM PUTRI ABIMANYU; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data Doseni ABSTRAK Lusia Dita Nilam Putri Abimanyu, 210103110195, 2014. “Pengolahan Berita Untuk Website Oleh Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah”. Dibawah bimbingan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. program Diploma III Pendidikan Ahli Terapan (PAKT), Sub Program Studi Kehumasan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya sebuah proses pengolahan berita untuk website oleh humas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dimana prosesnya terbagi menjadi tiga bagian yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Proses Pengolahan Berita Untuk Website Oleh Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahapan pengolahan berita yang mekanismenya cukup panjang tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang cukup banyak dan seringnya terjadi kerusakan pada server website yang menghambat updating berita cukup lambat. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa dalam Proses Pengolahan Berita Untuk Website Oleh Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, terdapat beberapa kekurangan seperti belum optimalnya pengembangan sumber daya manusia yang dapat mengakibatkan terhambatnya proses updating berita. Saran untuk Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah, dengan menambah sumber daya manusia untuk membantu proses pengolahan berita dan tenaga ahli IT untuk membuat konten website sehingga jauh lebih menarik. ii ABSTRACT Lusia Dita Nilam Putri Abimanyu, 210103110195, 2014 "Processing News For Websites By PR Central Java Provincial Government". Under the guidance of Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Education Diploma program Applied Expert (PAKT), Sub Public Relations Studies Program. Padjadjaran University Faculty of Communication. Writing the final report is intended to determine the occurrence of a word processing for websites by PR Provincial Government of Central Java where the process is divided into three parts, namely Planning, Implementation, and Evaluation. The method used is descriptive, ie to obtain an overview of the activities using data collection techniques such as observation, interviews, and literature study. The results show that the discussion Processing Website By PR News For Central Java Provincial Government news that the mechanism of processing stages long enough not matched with human resources and frequent enough damage to server updating news website that inhibit quite slow. Based on this study we can conclude that in the Process Manufacturing PR News For Websites By Central Java Provincial Government, there are some drawbacks such as non-optimal human resource development that can lead to delays in the process of updating the news. Advice for Public Relations of Central Java Provincial Government is, by adding human resources to assist in the processing of news and IT experts to create website content so much more attractive.Item Proses Penulisan Berita Untuk Website Jabarprov.go.id(2018-07-09) MUHAMMAD AZIZ NURFALAH; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Muhammad Aziz Nurfalah, NPM 210103140029, 2017. Laporan tugas akhir ini berjudul “Proses Penulisan Berita Untuk Website Jabarprov.go.id”, Dengan dosen pembimbing Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. , Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui proses penulisan berita untuk website Jabarprov.go.id oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode dengan cara memaparan fakta yang ada sesuai di lapangan yang kemudian disusun secara sistematis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, partisipasi aktif, wawancara, diskusi serta studi pustaka. Proses kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahapan. Tahap awal ialah tahap Proses perencanaan penulisan berita, tahap kedua proses pelaksanaan penulisan berita, dan tahap akhir yaitu proses evaluasi. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah penulis lakukan selama observasi dapat disimpulkan bahwa, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat memiliki kewajiban untuk memberikan keterbukaan informasi kepada publik mengenai segala sesuatu hal seperti kebudayaan, pendidikan, pariwisata, sosial, politik dan khususnya kegiatan kepemerintahan provinsi Jawa Barat. Pemerintah provinsi Jawa Barat pun diharapkan melakukan sosialisasi agar seluruh masyarakat Jawa Barat mengetahui adanya website resmi sebagai pusat keterbukaan informasi milik pemerintah provinsi Jawa Barat. Kata kunci : Proses, Berita, TahapanItem PROSES PENULISAN PRESS RELEASE OLEH BAGIAN HUMAS INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) JATINANGOR SUMEDANG(2015-12-04) TIARA TASYA; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenTiara Tasya. 210103110209 berjudul “Kegiatan Pembuatan Press Release Oleh Bagian Humas Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Sumedang”, Dibawah bimbingan Bapak Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si., Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Sub Program Program Studi Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.