Hubungan Masyarakat (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Hubungan Masyarakat (D-III) by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 1011
Results Per Page
Sort Options
Item Kegiatan Pemasaran Produk Strive Clothing Melalui Media Sosial Online(2008) AZKA ASFARI ARIFIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Azka Asfari Arifin, mahasiswa Program Diploma III Jurusan Periklanan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan tahun 2008, menulis laporan tugas akhir berjudul “Kegiatan Pemasaran Produk Strive Clothing Melalui Media Sosial Online” di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Edwin Rizal., M.Si. Penulisan laporan ini membahas tentang kegiatan pemasaran melalui media online di Strive Clothing yang bertujuan untuk mengetahui kegiatan kerja pemasaran di Strive Clothing yang meliputi tujuan, peranan, dan hambatan kegiatan pemasaran melalui media sosial online di Strive Clothing. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan kegiatan pemasaran di Strive Clothing berdasarkan fakta-fakta yang ada selama penulis melakukan pengamatan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan, pembahasan, serta pembandingan antara teori dan praktek, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kegiatan pemasaran melalui media sosial online di strive clothing memiliki tahapan kegiatan yang sistematis. Dibutuhkan persiapan agar kegiatan pemasaran melalui media sosial online ini berjalan sesuai dengan target pencapaian ABSTRACT Azka Asfari Arifin, students of Diploma Programs Advertising Padjadjaran University Faculty of Communication Sciences force in 2008, writing the final project report titled "Strive Product Marketing Activities Clothing Through Online Social Media" under the guidance of Mr Dr. H. Edwin Rizal., M.Sc. Writing of this report discusses the activities of marketing through online media in Strive Clothing which aims to determine the activities of marketing work at Strive Clothing that includes goals, roles, and barriers to marketing activities through social media online at Strive Clothing. The method used in this report is descriptive method of research that describes the marketing activities in Strive Clothing based on the facts that exist for writers to make observations. While data collection techniques by observation, interviews, and library research. Based on observation, discussion, and comparisons between theory and practice, the authors can draw the conclusion that the activities of online marketing through social media in the strive clothing has a systematic phase of activity. Activities needed to prepare for online marketing through social media is progressing in accordance with the target of achievingItem PEMBUATAN DESAIN BILLBOARD UNTUK SPOT-SPOT PERSEWAAN DI PT. KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASI 2 BANDUNG(2010) AYU JULIANI; Iriana Bakti; Tidak ada Data DosenABSTRAK Ayu Juliani, NPM 210303100005 mahasiswa PAKT Diploma III, Sub Program Periklanan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, menyusun Tugas Akhir yang berjudul “Pembuatan Desain Billboard untuk Spot-Spot Persewaan di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung†di bawah bimbingan Dr. Iriana Bakti, Drs.,M.Si Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui pembuatan desain billboard untuk spot-spot persewaan di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung. Mulai dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang memaparkan situasi atau peristiwa yang sedang berlangsung, melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Pada tahap perencanaan pembuatan desain dimulai dari pengarahan oleh pihak PT. Kereta Api Indonesia, survei langsung ke lokasi, dan pengambila data-data dari perusahaan. Tahap pelaksanaan menggunakan program aplikasi Corel Draw sebagai program aplikasi untuk membantu mengerjakan desain. Dan pada tahap evaluasi, semua yang dikerjakan penulis sudah bagus, kekurangan hanya ada pada teknik dan kreativitas penulis dalam membuat desain tersebut. Saran ditujukan kepada pembaca yang tertarik pada desain billboard adalah harus memperhatikan semua proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi ,serta kreativitas harus ditingkatkan dalam mendesain untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. ABSTRACT Ayu Juliani , NPM 21030310005 students of diploma III Advertising Sub Program, Faculty of Communication, University of Padjajaran, write final report, entitled “How to make a design of the billoard for a spaces to be rented in PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung†under the guidance of Dr. Iriana Bakti, Drs.,M.Si. The objectives of this Final Report is to know how to make a design of the billboard for a spaces to be rented in PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung. It start from the planning stage, implementation stage, and evaluation stage. The method used is descriptive method, a method that describes a situation or event that is taking place, through interviews, observation and literature. At the planning stage of the design started from briefing with PT. Kereta Api Indonesia side, the survey directly to the site, and a basis for taking the data from the company. Implementation stage using Corel Draw as an application program to help to make design. And at this stage of the evaluation, all the authors have done was good, the only drawback is on technique and creativity of the author in making the design. Suggestions addressed to readers who are interested in the design of the billboard is to be attentive to all processes from planning, implementation, and evaluation, as well as creativity in the design should be improved to obtain a satisfactory result.Item Proses Produksi Program "Gita Indonesiana" di Radio AR 92,9 FM Cimahi(2012) YUANA RISKAMAYA; Uud Wahyudin; Tidak ada Data DosenABSTRAK Yuana Riskamaya, 210103120207, 2015. Laporan Tugas Akhir ini berjudul Proses Produksi Program Gita Indonesiana di Radio AR 92,9 FM Cimahi, di bawah bimbingan Dr. Uud Wahyudin, M.Si. Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Subprogram Studi Penyiaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tujuan studi lapangan ini untuk mengetahui proses produksi program, yang meliputi praproduksi, produksi, pascaproduksi, dan hambatan serta penanggulangan dalam program Gita Indonesiana di Radio AR FM Cimahi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait. Hasil studi lapangan ini menunjukkan bahwa program Gita Indonesiana di Radio AR FM Cimahi, yaitu mulai dari proses praproduksi yang meliputi penentuan tema, pencarian bahan siaran, penulisan naskah siaran, persiapan teknis hingga briefing sebelum siaran. Selanjutnya tahap produksi dilakukan selama siaran program Gita Indonesiana berlangsung, lalu diakhiri dengan proses pasca produksi yaitu evaluasi siaran yang dilakukan oleh kru siaran yang bertugas. Sehingga program Gita Indonesiana ini tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menghibur para pendengar. Simpulan dari hasil penelitian ini, proses pra produksi pada program Gita Indonesiana dilakukan dimulai dari tahap pencarian ide tema siaran, yang dilanjutkan dengan tahap pencarian bahan siaran, pengetikan naskah siaran, pemilihan untuk playlist lagu, dan juga briefing sebelum dimulainya siaran. Proses produksi dilakukan selama siaran berlangsung, yaitu koordinasi untuk pengoperasian peralatan juga software siaran, yang disertai penyampaian materi siaran kepada pendengar. Selanjutnya pada tahap pasca produksi dilakukan evalasi siaran dan juga perbaikan, agar siaran selanjutnya bisa berjalan lebih baik. Saran penulis, proses produksi program Gita Indonesiana dapat lebih disesuaikan lagi dengan segmentasi radio AR FM sendiri, selain itu agar dilakukannya perbaikan peralatan teknis, koneksi internet, penambahan sumber daya manusia yang diharapkan dapat menunjang kualitas siaran program Gita Indonesiana dan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.Item Tinjauan Terhadap Pembawa Acara Pada Program Talkshow(2013-01-08) GITA SARAYA JUNITA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Doseni ABSTRAK Gita Saraya Junita, 2010103080035, 2012. "Tinjauan Terhadap Pembawa Acara Pada Program Talk Show �Beranda� di TVRI Jawa Barat", dibawah bimbingan Dra. Laswani, M.Si,. Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Sub Program Studi Penyiaran Fakultas Universitas Padjadjaran Bandung Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tugas pembawa acara pada program talk show �Beranda�. Pada tahap prawawancara, tahap wawancara, maupun pada tahap pasca wawancara. Untuk mengetahui kredibilitas pembawa acara talk show �Beranda� serta untuk mengetahui kendala dan upaya yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan studi kepustakaan Hasil dari pengamatan saya, pembawa acara mempunyai tugas terhadap acara yang dibawakannya, pembawa acara mempunyai daya tarik dan kemampuan tersendiri dalam membawakan acara, juga ada kendala yang dihadapi dalam menjalankan tugasnya sebagai pembawa acara. Kesimpulannya, seorang pembawa acara haruslah memiliki kemampuan, memenuhi syarat, dan mengikuti tahapan wawancara. Disarankan agar TVRI lebih memperhatikan sumber daya manusia terutama crew, dan pembawa acara talk show �Beranda� dalam kerjasama, dan kedisiplinan, agar TVRI bisa menjadi TV yang lebih baik. ii ABSTRACT Gita Saraya Junita, 2010103080035, 2012. "The Contemplation Host Of the Program Talk Show �Beranda� In TVRI Jawa Barat", under the guidance by Dra. Laswani, M.Si,. Program Study Diploma III Sub Program Broadcasting Faculty of Communication Science Padjadjaran University Bandung. As For intension of writing this final duty report is to describe the job desk of the host at Talk Show Program �Beranda�. When pra interview, when interview, and also when after interview did. How to know the credibility of the host at Talk Show �Beranda� also its to know the difficulties and effort which is faced. This Method which is used in this report is descriptive method. Meanwhile the technique of data collecting was done by an interview, observation and book research. The result of my observations, the host of this program has a job desk which she shows, the host has a privasi skill and an effort for serving the program, also there are some obstacles that she found on working her job as a host. The conclusions, the host should have the ability, fulfill and follow the interview stage. Suggested that TVRI to concern the human resources better especially the crew, and the host on the show cooperation and discipline, so that TVRI could be a better TV station.Item Strataegi Pemasaran Destinasia Magazine(2013-01-16) YUNIA HERLINA WAHYUNI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan Tugas Akhir ini disusun oleh : Yunia Herlina Wahyuni, 210403080021, Program Studi Komunikasi Bisnis, Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Di bawah bimbingan Dudy Zein, Drs., M.Si, dengan judul “Strategi Pemasaran Destinasia Magazine”. Tujuan Pengamatan ini adalah untuk dapat mengetahui tentang strategi pemasaran penjualan iklan Destinasia magazine, strategi kerjasama Destinasia magazine, tahapan proses pemasaran dan Segmentasi Destinasia magazine. Dalam pengamatan ini, penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian yang mengumpulkan data untuk memberi gambaran yang jelas tentang suatu objek penelitian dan kemudian mengadakan analisis terhadap objek penelitian tersebut dengan cara membandingkan penemuan di lapangan dengan teori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Destinasia magazine adalah untuk menarik minat dari para calon klien yang hendak melakukan pemasangan iklan maupun melakukan kontrak kerjasama dengan melakukan beberapa penawaran harga.Item TINJAUAN NASKAH PROGRAM ACARA(2013-01-16) MOH RIZKI RAMADHAN L; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenMohammad Rizki Ramadhan Leksono, 210103080023,2011. �Tinjauan naskah siaran program acara INFO 10 Programa 2 96.0 FM Radio Republik Indonesia Bandung�. Di bawah bimbingan Ibu Pandan Yudhapramesti, S.Sos Program Diploma III Komunikasi Sub Program Studi Penyiaran Pada Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan proses penulisan naskah siaran, karakteristik penulisan naskah dalam program acara INFO 10 di RRI programa 2 Bandung frekuensi 96.0 FM. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan memaparkan dan menafsirkan data yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan tinjauan, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil tinjauan menunjukan bahwa program acara Info 10 di RRI programa 2 Bandung frekuensi 96.0 FM dalam proses penulisan naskah berita dilihat dari konsep penyajian berita/ informasi dan minat pendengar sangat baik dibandingkan dengan program acara lainnya yang ada di RRI programa 2 Bandung frekuensi 96.0 FM. Berdasarkan hasil tinjauan dapat disimpulkan bahwa scriptwriter dalam menuliskan beritanya pada program ini sudah memberikan hasil yang baik pada radio RRI programa 2 Bandung, sesuai dengan teori dan konsep penulisan radio. Selain itu pelaksanaan proses penulisan dalam mendapatkan informasi berita secara berusaha dilaksanakan sebaik mungkin. Untuk mendapatkan hasil tulisan dengan cukup baik meskipun masih ditemukan kendala dalam penulisan naskah berita baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Untuk meningkatkan proses kerjasama yang baik dan menghasilkan program berita yang lebih berkualitas, sebaiknya dapat lebih meningkatkan koordinasi antar tim dan memperbaharui sarana dan prasarana siaran agar tim yang terlibat dapat bekerja secara maksimal.Item KEGIATAN PROMOSI FILM MAMA CAKE OLEH ON RADIO BANDUNG(2013-01-18) ABDULLAH HUSEIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRACT Abdullah Husein, NPM 210303090026 Mahasiswa Jurusan Periklanan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan 2009. “Proses Promosi Film Mama Cake Oleh ON Radio Bandung”. Dibawah bimbingan Iriana Bakti, Drs., M. Si. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kegiatan promosi, pemilihan media, hasil pelaksanaan kegiatan promosi, serta hambatan – hambatan dalam proses promosi itu berlangsung. Metode pendekatan yang dilakukan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan pihak yang bersangkutan, dan studi kepustakaan. Kesimpulan dari pengamatan menunjukan bahwa Proses promosi film Mama Cake Oleh On Radio Bandung telah terhitung berhasil, karena tujuan dari kegiatan promosi Film Mama Cake adalah untuk meningkatkan minat dan memperkenalkan produk terbaru pada target audient. Pemanfaatan media online sebagai sarana promosi cukup berhasil, hal itu dibuktikan dengan banyaknya postingan dari audiens melalului sosial media twitter. Acara yang dilaksanakan mendapatkan respon yang baik dari pelajar dan mahasiswa yang menjadi target utama dari event ini, hambatan yang ditemukan tidak terlalu sulit untuk diselesaikan. Saran disusun berdasarkan hasil Praktek Kerja Lapangan di Promotion Division of ON Radio Bandung, yaitu bahwa sebaiknya dilakukan penerimaan sumber daya manusia baru di bidang promotion guna membantu promotion division dalam menangani proses kerja dilapangan, serta memberikan inovasi dan ide – ide baru di bagian promosi ON Radio Bandung.Item ANGKLUNG KOLOSAL SEBAGAI KEGIATAN SPECIAL EVENT DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA BARAT(2013-01-20) SATRIA NUGRAHA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Satria Nugraha, 210203080049, 2012, Program DIII PAKT, Sub Program Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Laporan Tugas Akhir dengan judul “ Angklung Kolosal sebagai kegiatan Special Event Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat “ Dosen Pembimbing Lilis Puspitasari., S. Sos ., M.I.Kom. Tujuan penulisan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada kegiatan Angklung Kolosal Di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provisi Jawa Barat. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis dapat disimpulkan hasil pengamatan ini menunjukan adanya proses perencanaan; pengenalan situasi, penentuan tujuan, penentuan khalayak, perencanaan, anggaran biaya, pemilihan media dan pengukuran hasil, proses pelaksanaan; persiapan event dan penyelenggaraan special event, proses evaluasi; rapat evaluasi dan penulisan laporan acara. Penulis mengajukan beberapa saran kepada Dinas Pariwisata dan kebudayaan, hendaknya panitia lebih ketat dalam pemilihan EO, diadakanya quiz atau sesi pertayaan untuk menambah daya tarik peserta di pertengahan pangelaran berlangsung serta lebih memperhatikan masalah waktu yang terlalu pagi karena tempat terlalu jauh.Item PROSES PUBLIC RELATIONS DALAM PROGRAM REFORMASI BIROKRASI POLRI GELOMBANG II TAHUN 2011-2014 POLRESTABES BANDUNG(2013-01-21) ANISA DIANSARI PRATIWI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Anisa DianSari Pratiwi. 2012. “Proses Public Relations Dalam Program Reformasi Birokrasi Polri Gelombang II tahun 2011-2014 Polrestabes Bandung”, Lukiati Komala E, Dra., M.Si, sebagai Dosen Pembimbing, Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Program Studi Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dalam kegiatan “Proses Public Relations Dalam Program Reformasi Birokrasi Polri Gelombang II tahun 2011-2014 Polrestabes Bandung”. Metode yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi Polri Gelombang II tahun 2011-2014 Polrestabes Bandung. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi kepustakaan dan data sekunder. Hasil pengamatan menunjukan adanya proses perencanaan kegiatan Public Relations yang mencakup: Analisis situasi, Menentukan tujuan, Menentukan khalayak, Memilih media dan bentuk program, Menyusun anggaran, Menyusun jadwal kegiatan, dan Evaluasi. Kegiatan Proses Public Relations Dalam Program Reformasi Birokrasi Polri Gelombang II tahun 2011-2014 Polrestabes Bandung mempunyai tujuan untuk melanjutkan Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) Gelombang I tahun 2004 – 2009 dengan tingkat pelaksanaan instansional yang terus berlanjut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005 – 2025 yang pelaksanaannya dikembangkan menjadi tingkat nasional dan instansional. Saran untuk Polrestabes Bandung, selalu meningkatkan kinerja dalam setiap kegiatan, bukan hanya semata – mata pencitraan tetapi lebih tertuju kepada pengabdian jabatan yang diemban untuk kemaslahatan masyarakat dan negara, dengan itu pencitraan akan terbentuk dengan sendirinya ABSTRACT Anisa DianSari Pratiwi. Of 2012. "The Public Relations in the Police Reforms Program Wave II years 2011-2014 Polrestabes Bandung", Komala Lukiati E, Dra., M.Si, as Supervisor, Diploma in Applied Communications III Expert Education, Public Relations Studies Program, Faculty of Communication University of Padjadjaran . The purpose of these observations was to determine the planning phase, implementation phase and evaluation phase in "The Public Relations in the Police Reforms Program Wave II years 2011-2014 Polrestabes Bandung". The method used is descriptive, ie to obtain an overview of the activities of the Police Reforms Implementation of Wave II in 2011-2014 Polrestabes Bandung. The data collection techniques in the form of interviews, observation, literature study and secondary data. The observation indicates the existence of the planning activities that include Public Relations: Analysis of the situation, Determining the purpose, audience Define, Select media and forms of program, budget Prepare, Prepare a schedule of activities, and evaluation. The Public Relations activities in the Police Reforms Program Wave II in Bandung Polrestabes 2011-2014 aims to continue the National Reforms (RBN) wave I in 2004 to 2009 with the implementation of ongoing instansional according to the National Long Term Development Plan (RPJPN) 2005 - 2025 which developed into a national-level implementation and instansional. Suggestions for Polrestabes Bandung, always improve performance in every activity, not just alone - but more focused imaging of the eye to the service position carried for the benefit of society and the state, with imagery that will be formed by itself.Item kegiatan CSR (Corpotare Social Responsibility) penyuluhan pertanian oleh PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) di PT Pupuk Kujang Cikampek(2013-01-21) WAHYUDI TRI ACHMAD; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenMetode yang digunakan dalam penulisan ini adalah Metode Deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, dan studi pustaka. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Kemitraan di PT Pupuk Kujang. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Program Kemitraan ini mengacu kepada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara. Dengan melaksanakan Program Kemitraan yang dimana kegiatan ini merupakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility ) dengan memberikan pembinaan kepada kelompok-kelompok petani, dan pemberian bantuan pinjaman kepada pengusaha kecil, menengah dan koperasi. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan dana dari hasil penyisihan laba sebesar 2% setelah pajak perusahaan. Pelaksanaan dilakukan dengan cara melakukan survey dengan didasarkan pada skala prioritas kebutuhan masyarakat setempat dan evaluasi dari kegiatan ini masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya pembinaan dan pemberia pinjaman ini, begitupun dengan Pemerintah karena dengan adanya program ini secara tidak langsung perusahaan membantu mendukung Program Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Kesimpulan pengamatan secara garis besar pelaksanaan Program Kemitraan yang dilaksanakan PT Pupuk Kujang Cikampek, berjalan sesuai aturan yang berlaku dimana aturan tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara. Program Kemitraan ini berjalan sesuai target. Hal ini tentu saja dilihat dari proses perencanaan, kegiatan pelaksanaan dan evaluasi yang matang.Item KEGIATAN PENULISAN ARTIKEL PROMOSI DI MEDIA CETAK HARIAN RADAR BANDUNG(2013-01-21) RAHAYU TRY HARYONO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Kegiatan artikel promosi di media cetak Harian Pagi Radar Bandung. Rahayu Try Haryono, 210303090004, dibawah bimbingan Drs. Dian Wardiana, M.Si. Program Diploma III Jurusan Periklanan PAKT Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan proses penulisan artikel promosi, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan proses penulisan artikel promosi di media cetak Harian Pagi Radar Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data, observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Dari hasil pengamatan maka dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan utama dari kegiatan proses penulisan artikel promosi adalah untuk memperoleh publikasi yang maksimal, berimbang dan proposional, serta bentuk-bentuk kegiatan penulisan artikel promosi yang dilakukan oleh media cetak Harian Pagi Radar Bandung dalam upaya mempromosikan produk perusahaan lain. Sedangkan faktor yang mendukung kegiatan ini yaitu fasilitas yang cukup memadai, serta kredibilitas pegawainya. Adapun faktor penghambatnya adalah adanya persaingan dengan media cetak lain yang minatnya lebih disukai sehingga daya tarik iklan itupun menjadi sia-sia. Saran disusun berdasarkan hasil praktik kerja lapangan di Harian Pagi Radar Bandung, yaitu sebaiknya penulis lebih tahu apa yang akan ditulisnya dan berpengalaman dalam melakukan penulisan artikel promosinya, agar terhindar dari kesalahan penulisan dan dapat lebih jelas serta cepat ditanggapi oleh pembaca. ABSTRACT Event promotion articles in the print media Daily Morning Radar Bandung. Try Haryono Rahayu, 210303090004, under the guidance of Drs. Dian Wardiana, M.Sc. Diploma Courses Advertising Programs PAKT Padjadjaran University Faculty of Communication. The purpose of making this final task is to observe the activities of the process of writing promotional articles, as well as the factors supporting and inhibiting the activity of writing promotional articles in the print media Daily Morning Radar Bandung. The method used is descriptive approach and techniques of data collection, observation, literature study and interviews. From the observation it can be concluded that the purpose of the event promotion article writing process is to obtain maximum publicity, balanced and proportional, and other forms of writing promotional articles carried by the print media Daily Morning Radar Bandung in order to promote the products of other companies . While the factors that support these activities are adequate facilities, as well as the credibility of its employees. The inhibiting factor is the existence of competition from other print media interest in the appeal preferred that ad rose to be in vain. Advice is based on the practice field work in Bandung Daily Morning Radar, which should know better what the author would have written and experienced in article writing promotion, to avoid typographical errors and may be more clearly and quickly taken up by the reader.Item KEGIATAN PROMOSI MELALUI ACARA OFFAIR BANDUNG ACOUSTIC FESTIVAL AND DANCE COMPETITION DI BANDUNG RADIO 95,2 FM(2013-01-21) ADITYANA WIJAYA PUTRA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenAdityana Wijaya Putra, NPM 210103090012, Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Subprogram Studi Fakultas Ilmu Komunikasi – Penyiaran, 2012. Judul “Kegiatan Promosi Melalui Acara Offair Bandung Acoustic Festival and Dance Competition di Bandung Radio 95.2 FM”. Pembimbing Dr. H. Edwin Rizal, M.Si. Tujuan studi ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai tujuan acara, proses persiapan acara, proses pelaksanaan acara, hambatan dan solusi pelaksanaan acara, pasca acara, dan evaluasi kegiatan promosi melalui acara off air Bandung Acoustic Festival and Dance Competition di Bandung Radio 95,2 FM. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi kepustakaan sebagai referensi Hasil penelitian yaitu sama halnya dalam siaran onair di radio, pada kegiatan promosi melalui acara offair Bandung Acoustic Festival and Dance Competition di Bandung Radio 95,2 FM, isi acara juga harus menarik hati penonton berawal dari master of ceremony (MC), bintang tamu, peserta kompetisi mampu membujuk / mempengaruhi penonton menikmati acara tersebut. Hasil studi yang diperoleh menunjukkan bahwa divisi offair adalah divisi yang menangani kegiatan promosi acara onair yang dilaksanakan di luar studio. Hal ini terbukti, dengan adanya acara offair, maka semakin meningkatnya jumlah pendengar Bandung Radio 95,2 FM. Saran yang diberikan kepada pihak Bandung Radio 95,2 FM dari segi kreativitas difisi offair adalah sebaiknya membuat acara-acara offair secara rutin sehingga kegiatan promosi mengambil hati masyarakat sekitar kota Bandung mendengarkan program-program onair mampu menarik pengiklan di radio.Item SPECIAL EVENT(2013-01-22) DERIAWAN IWAN SUKMARA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK DeriawanIwan Sukmara 210203090032. “Special Event Sajian Bersama Bogasari oleh CV. 91 Kreasindo Di Sukabumi”, Dibawah bimbingan Dra. Diah Fatma Sjoraida, M.Si. Program Diploma III, Sub Program Studi Kehumasan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kegiatan Special Event Sajian Bersama Bogasari di Sukabumi. Untuk mengetahui kinerja CV. 91 Kreasindo dimulai dari Fact Finnding, Planning, Communicating, dan Evaluating dalam Special Event Sajian Bersama Bogasari di Sukabumi. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.. Hasil penulisan menunjukan bahwa kegiatan CV. 91 Kreasindo dalam Special Event Sajian Bersama Bogasari di Sukabumi bisa di katakan telah memenuhi keinginan klien , ini dilihat dari team yang solid dan kinerja yang baik dan focus. Sehingga perusahaan yang menjadi klien merasa puas atas kegiatan promo dan marketing yang dilakukan oleh CV. 91 Kreasindo di Sukabumi. . Namun kendati kegiatan special event ini cukup berhasil, penulis tetap ingin memberikan saran dalam hal-hal tertentu seperti penambahan cara detail dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan. Seperti diadakaannya motivating compaign, penambahan quota target, mencari venue yang lebih besar, dan pengupgradean SDM CV.91 Kreasindo termasuk talent agar perusahaan ini semakin baik lagi dan selalu up to date dalam hal apapun dan dinilai memiliki qualitas yang tidak diragukan lagi.Item KEGIATAN PELAPORAN RISET IKLAN DAN MEDIA DI NIELSEN MEDIA RESEARCH(2013-01-22) RININTA LUVITA NINGRUM; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Rininta Luvita Ningrum, NPM 210303090015 mahasiswi PAKT Diploma III, Sub Program Periklanan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, menyusun Tugas Akhir yang berjudul “Kegiatan Pelaporan Riset Iklan dan Media di Nielsen Media Research” di bawah bimbingan Aang Koswara, S.Sos., M.Si. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui tahapan dalam kegiatan pelaporan riset iklan dan media di Nielsen Media Research yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari pelaporan riset iklan dan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan, menjelaskan bahwa kegiatan pelaporan riset iklan dan media diawali dengan melakukan perencanaan. Pada tahap perencanaan ini, yang pertama dilakukan adalah menentukan jadwal dengan klien guna terlaksanakannya kegiatan lobi yang melibatkan pihak Nielsen dan pihak klien. Setelah itu, pihak Nielsen sendiri mengadakan kegiatan internal meting-Nielsen. Apabila semua tahapan perencanaan sudah terlaksanakan, maka pelaksanaan kegiatan pelaporan riset iklan dan media dapat berlangsung. Pelaksanaan ini meliputi perolehan data dari responden yang nantinya akan dimasukkan ke dalam software. Software-software tersebut yang akan mengolah data agar data tersebut bisa mengasilkan informasi yang jelas. Hasil informasi akan diaplikasikan ke dalam pelaporan. Pelaporan riset iklan dan media ini berguna untuk acuan pemilik media, pengiklan dan media palnner. Hasil dari pelaporan riset iklan dan media ini akan dievaluasi agar tidak ada kesalahan. Evaluasi tersebut antara lain pengecekkan ulang terhadap pelaporan kemudian evaluasi dari pihak klien serta evaluasi terhadap keakuratan data dari responden maupun data yang sudah dimasukkan ke dalam software. Saran disusun berdasarkan hasil Praktek Kerja Lapangan di The Nielsen Company pada department Nielsen Media Research, yaitu memperketat sistem keamanan untuk kerahasiaan data, melengkapi fasilitas seperti kabel LAN dan email (untuk komunikasi elektronik antar sesama karyawan), meningkatkan kedisiplinan kerja bagi para karyawan, penambahan sumber ilmu atau pengajar pada kegiatan training. ABSTRACT Rininta Luvita Ningrum, NPM 210303090015 student of PAKT Diploma III Advertising Sub Program, Faculty of sciences Communication, University of Padjadjaran, write a final report, entitled "Ads and Media Research Reporting Activity at Nielsen Media Research" under the guidance of Aang Koswara, S.Sos., M.Si. This final report aim to determine the stage in the reporting activities of advertising and media research at Nielsen Media Research that includes planning, implementation and evaluation of advertising and media reporting of such research. The method used in this report is descriptive. Data collection techniques are interviews, observation and study of literature. Based on observation, specifies that advertising and media research reporting begins with planning. In the planning stages, the first is to determine a schedule with clients to terlaksanakannya lobbying activities involving Nielsen and the client. After that, the Nielsen himself held a meting internal-Nielsen. If all planning is terlaksanakan, the implementation of advertising and media reporting of research can take place. This implementation includes the acquisition of data from respondents will be entered into the software. Software that will process the data so that the data could generate clear information. The results will be applied to the information reporting. Advertising and media reporting of the research is useful for reference media owners, advertisers and media palnner. The results of advertising and media reporting of the research will be evaluated so that there are no errors. These evaluations include the reporting re pengecekkan later evaluation of the client as well as the evaluation of the accuracy of the data from the respondents and the data entered into the software. Advice is based on the results of the Job Training at The Nielsen Company Nielsen Media Research in the department, which tightened security systems for data confidentiality, complete amenities such as wired LAN and email (for electronic communications among fellow employees), increasing labor discipline for employees, additional sources of or science teachers in training activities.Item KEGIATAN PROMOSI KARTU AS MELALUI EVENT BIG BANG JUARA 1 PT. AGRABUDI KOMUNIKA TELKOMSEL(2013-01-29) YUANA ALFIA RACHMAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Yuana Alfia Rachman, NPM 210303090023, Mahasiswi Jurusan Periklanan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan 2009. Kegiatan Promosi dalam “Kegiatan Promosi Kartu AS PT. Agrabudi Komunika Telkomsel”. Dibawah bimbingan Anwar Sani, S.Sos. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tahapan – tahapan, proses pelaksanaan dan hasil evaluasi pelaksanaan dan kegiatan Promosi dalam Kegiatan Promosi Kartu AS PT. Agrabudi Komunika Telkomsel. Kesimpulan Laporan Tugas Akhir ini ialah membahas tentang kegiatan seorang Promotion dalam mempromosikan produk untuk meningkatkan ¬¬Brand awareness perusahaan. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan apa yang dilakukan team Promo dan Event berdasarkan fakta – fakta yang ada selama penulis melakukan pengamatan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan, pembahasan serta perbandingan antara teori dan praktek, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kegiatan kerja Promo dan Event di PT. Agrabudi Komunika Telkomsel memiliki tahapan kegiatan yang kompleks dan sistematis. Dibutuhkan persiapan yang sangat matang agar kegiatan kerja Promo dan Event dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang akurat. ABSTRACT Yuana Alfia Rachman, NPM 210303090023, Student of Program Advertising Communication Faculty at Padjadjaran University 2009. Promotion Activities of Kartu AS by PT.Agrabudi Komunika Telkomsel. Under the guidance of Anwar Sani, S. Sos. This final report aims to determine the phases, the implementation process, The outcome evaluation of the implementation and promotion activities in the Promotion Activities of Kartu AS by PT. Agrabudi Komunika Telkomsel. The Conclusion of this final report is to discuss a Promotion activities in promoting the product to increase brand awareness of the company. The method used in this report is descriptive method of research that describes what the team Promo and Event based on the facts during the observations. While the techniques of data collection is done by observation, and literature study. By observation, discussion and comparison between theory and practice, the author can make the conclusion that the promotion activites and events at PT. Agrabudi Komunika Telkomsel has a complex phase and systematic. It takes a very mature preparation so that the promotion activites and event can run smoothly and get accurate results.Item PERAN REPORTER DALAM PROSES PELIPUTAN BERITA DALAM PROGRAM KABAR JABAR DI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANDUNG(2013-04-17) SANI SAKSONO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Sani Saksono, 210103080048, penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Bandung, sebagai reporter. Laporan Tugas Akhir ini berjudul “ PERAN REPORTER DALAM PROSES PELIPUTAN BERITA DALAM PROGRAM KABAR JABAR DI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANDUNG“, dibawah bimbingan Drs. Duddy Zein, M.Si. Program Pendidikan ahli Komunikasi Terapan Program Studi Penyiaran Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peran reporter dalam proses peliputan berita, dan mengetahui kendala yang dihadapi reporter dalam proses peliputan berita dalam program Kabar Jabar di RRI Bandung. Metode yang digunakan dalam Penulisan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, seorang reporter dalam mencari sebuah berita harus mempersiapkan semua kebutuhan yang akan dilakukan pada saat meliput berita di lapangan. Pada saat terjun ke lapangan, seorang reporter mempunyai tanggung jawab penuh terhadap proses peliputan berita berlangsung. Setelah observasi ini berjalan, dapat disimpulkan reporter pada program Kabar Jabar mempunyai tanggung jawab yang besar dalam proses peliputan berita yang nantinya berita itu siap untuk disiarkan. ABSTRACT Sani Saksono, 210103080048, the author conducted the Job Training in Public Broadcasting Radio RepublicIndonesia (RRI LPP), Bandung as a reporter. This final report entitled “REPORTER ROLE IN THE PROCESS OF THE PROGRAM NEWS COVERAGE JABAR NEWS RADIO IN THE REPUBLIC OF INDONESIA (RRI) BANDUNG”, under the guidance of Drs. Duddy Zein, M.Si. Education experts Applied Communication Program Faculty of Communication Broadcasting Padjadjaran University. Final purpose of this paper is to determine the role of the reporter in the news coverage, and know the constraints faced by reporters in the news coverage of the news program on RRI Bandung. The method used in this Final Writing is descriptive method of data collection techniques such as observation, interviews, and literature study. Based on the observations that have been made, a reporter in search of a story must prepare all needs to be done at the time of reporting in the field. At the time gone to the field, a reporter has overall responsibility for the ongoing news coverage. Following this observation goes, it can be concluded the program news Jabar News has a big responsibility in the process of news coverage that will be ready for broadcast news.Item PERAN PRODUSER DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA KAFE SORE DI GLOBAL RADIO 89,7 FM BANDUNG(2013-04-18) TRYA AGUSTINI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Tujuan dari observasi dalam Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peran produser dalam program acara Kafe Sore di Global Radio Bandng dilihat dari tugas dan tanggungjawab, di awali dari tahap praproduksi, produksi dan pascaproduksi, sehingga bisa diketahui hal apa saja yang dilakukan produser di dalam tiga tahap tersebut. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif, yang artinya penulis menerangkan atau memaparkan suatu situasi, kondisi beserta peristiwa berdasarkan fakta yang diperoleh selama di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun Tugas Akhir ini adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Peran produser dalam proses produksi acara Kafe Sore di Global Radio Bandung dilihat dari tugas dan tanggungjawabnya, berawal dari proses praproduksi yaitu membuat ide dan tema acara, menyiapkan segala kebutuhan materi siaran, rundown acara, naskah siaran serta briefing untuk memaparkan tema acara. Setelah itu masuk pada tahap produksi. Produser menjadi penata acara, pemantau acara, pendamping penyiar, mengawasi siaran dari awal hingga akhir siaran. Pada tahap pascaproduksi, produser menjadi evaluator dan melakukan evaluasi program bersama Program Director. Kesimpulan dari observasi ini adalah peran produser dalam acara Kafe Sore memiliki peran yang sangat penting. Produser merupakan ujung tombak dari sebuah program acara. Produser harus bekerjasama dengan kru yang lain, sehingga dalam proses produksi program dapat terlaksana dengan baik dan segala hambatan dapat teratasi. ABSTRACT The purpose of these observations is to investigate the role of producers in the event program Kafe Sore at Global Radio Bandung views of tasks and responsibilities, at the start of preproduction, production and post production, so they can know that whatever is done in three stages producer on it. The Final Assignment Report using descriptive method, it’s mean the writer tell the situation, condition and the event based on fact. And data collecting technique by interview, observation and literature reeach. The role of producer in the production process in the event Kafe Sore at Global Radio Bandung views of tasks and responsibilities, starting from pre-produstion process is the discovery of ideas and themes of the event, preparing all the needs of the broadcast material, rundown of events, script and briefing to expose an existing idea. After that enter the production stage. Producer into the event stylist, event monitoring, a co-announcer, watched the broadcast from beginning to end matches broadcast. In the post production stage, the producer becomes evaluator and evaluate the program with the program director. The conclusion from these observations is the role of producer on the show Kafe Sore have a important role. The producer is the spearhead of a program of events. Producer must cooperate with the other crews so the programming production process can run smoothly and all obstacles can be tackled.Item TINJAUAN TERHADAP PROGRAM ACARA DI GLOBAL RADIO BANDUNG 89.7 FM(2013-04-18) MUHAMMAD FARHAN RAMDANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenMuhammad Farhan Ramdhani. NPM 210103090052, “Tinjauan Terhadap Program Acara 3Some di Global Radio Bandung”. Dengan pembimbing Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si. Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Program Diploma III, Subprogram Penyiaran, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Jatinangor. Tujuan observasi dalam tugas akhir ini adalah untuk mengetahui karakteristik isi program 3Some, untuk mengetahui tahapan produksi program 3Some di Global radio Bandung dari praproduksi, produksi dan pascaproduksi, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dan solusi dalam proses produksi program 3Some di Global Radio Bandung. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan, Saat praproduksi materi dikerjakan oleh produser, saat pelaksanaan penyiar membawakan materi yang sudah disiapkan, operator membantu penyiar dalam memilih lagu dan meng updates status di twitter global radio bandung, produser mengarahkan jalannya siaran. Evaluasi dilakukan seminggu sekali untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi agar tidak terulang kembali. Hambatannya kurang evaluasi yang diadakan seminggu sekali, internet yang sering mati untuk mencari informasi yang terbaru dan juga terbatasnya sumber daya manusia, solusi tim produksi bisa mengurangi kemungkinan-kemungkinan yang dapat menjadi hambatan untuk proses siaran.Item KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. KRAKATAU INDUSTRIAL ESTATE CILEGON (KIEC)(2013-04-19) TUBAGUS REZA RAFSANJANI ROSYADI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenTubagus Reza Rafsanjani Rosyadi, 210203090012, 2013. Laporan Tugas Akhir berjudul “Kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC)” di bawah bimbingan Bapak. FX. Ari Agung P., S. Sos., M.I.Kom. Diploma III Program Studi Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan Penulisan ini adalah untuk mengetahui latar belakang, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kemitraan bina lingkungan (PKBL) bidang pendidikan oleh Humas PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang mempelajari masalah-masalah dan tata cara yang berlaku serta situasi-situasi tertentu dengan tujuan penelitian yaitu menggambarkan fenomena secara sistematis, fakta atau karakteristik, dan bidang tertentu secara faktual dan cermat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan internet browshing. Subjek penelitian adalah Sesi PKBL pada PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon. Hasil pembahasan yang diperoleh dari penelitian Pelaksanaan PKBL bidang pendidikan di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon yakni latar belakang pelaksanaan yang menjelaskan hal-hal yang mendorong perusahaan untuk melaksanakan program PKBL bidang pendidikan. Kemudian perencanaan yang terdiri dari menetapkan tujuan, menentukan sasaran, menentukan lokasi pelaksanaan, dan menetapkan prosedur. Pelaksanaan terdiri dari penyaringan mahasiswa, penyaluran dana beasiswa, pemantauan, dan pengadaan bantuan infrastruktur pendidikan. Tahap terakhir adalah evaluasi yang terdiri dari pengukuran hasil yang dicapai, faktor penghambat/kendala, lalu tindak lanjut. Kesimpulan penulis pada Kegiataan CSR Program Kemitraan Bina Lingkungan bidang pendidikan di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon ialah Upaya perusahaan untuk membangun kemandirian masyarakat serta memberdayakan kondisi masyarakat sekitar perusahaan sebagai bentuk kepedulian yang merupakan tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, hal tersebut akan menciptakan kepercayaan dan dukungan masyarakat yang memberikan image (citra) serta reputasi baik bagi perusahaan. Saran peneliti, pihak Humas PT.Krakatau Industrial Estate Cilegon agar melakukan pendekatan atau penyuluhan yang lebih baik lagi sehingga nantinya tidak akan ada lagi masyarakat yang tidak koopratif yang akan merugikan perusahaan serta masyarakat yang diberikan bantuan.Item TINJAUAN PROGRAM GENERASI HIJAU DI PROGRAMA 2 RRI BANDUNG(2013-04-19) SERA ANNITA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Sera Annita, NPM 210103090081, Laporan Tugas Akhir 2013, “Tinjauan Progam Generasi Hijau di Progama 2 RRI Bandung”, dengan Gumgum Gumilar, S.Sos. M.Si, sebagai Dosen Pembimbing, D III PAKT Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk mengetahui deskripsi Latar Belakang dan Tujuan, Format Program Generasi Hijau di Programa 2 RRI Bandung. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil tinjauan serta pengamatan menunjukan bahwa tujuan dari Program Generasi Hijau di Programa 2 RRI Bandung ialah sebagai alat informasi yang memberitakan tentang program yang mengangkat tentang lingkungan hidup. Mendorong para remaja dan dewasa muda mengerti tentang bagaimana lingkungan yang sehat, lingkungan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari,menjaga lingkungan baik lingkungan sehari-hari di sekitar tempat tinggal, melestarikan alam, mencegah bahaya-bahaya yang diakibatkan dari kerusakan lingkungan atau alam. Format program Generasi Hijau ini berbentuk feature yang di kemas secara sarana ekspresi yang paling efektif dalam mempengaruhi masyarakat. Dapat diambil Kesimpulan bahwa Program Generasi Hijau bertujuan memberikan sebuah informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai sebuah makna dari pentingnya menjaga lingkungan. Saran yang dapat disampaikan untuk Program Generasi Hijau Diharapkan Program Generasi Hijau mengadakan acara - acara off air mengenai pelestarian lingkungan seperti mengadakan bakti sosial, gotong royong membersihkan lingkungan sekitar. ABSTRACT Sera Annita, NPM 210103090081, Final Project Report 2013, “Observation of Generasi Hijau Program in Programa 2 RRI Bandung ", with Gumgum Gumilar, S.Sos. M.Si, as the advisor, D III PAKT Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University. The purpose of this paper is to determine Background and Objectives organized, Format Format Program Green Generation program Programa 2 RRI in Bandung. The method used in writing this final duty is descriptive method, with the collection techniques used were interviews, observation and literature study. Review results and observations indicated that the purpose of the Green Generation program Programa 2 RRI Bandung is as an information tool that tells of a program that raised about the environment. Encourage youth and young adults understand how a healthy environment, the environment is needed in everyday life, maintaining a good environment everyday environments around the residence, nature preserve, prevent hazards resulting from damage to the environment or nature. Format Generation Green program is shaped container features that are the most effective means of expression in the affected communities. The conclusion can be drawn that the Green Generation Program aims to provide an information and knowledge to improve peoples understanding of the meaning of the importance of protecting the environment,. To foster a sense of belonging and caring and the desire to preserve the environment Suggestions can be submitted to Program Generation Green Generation Green Program Expected events - show off air on environmental preservation such as holding social devotion, mutual help clean up the environment.