Hubungan Masyarakat (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Hubungan Masyarakat (D-III) by Title
Now showing 1 - 20 of 1011
Results Per Page
Sort Options
Item "15 YEARS MARALA HOTEL TOGETHER AS ONE FAMILY" SEBAGAI KEGIATAN SPECIAL EVENT DI HOTEL MARALA BANDUNG(2015-06-10) RISHA JULIAWATRI; Feliza Zubair; Tidak ada Data DosenRISHA JULIAWATRI, “15 Years Marala Hotel Together As One Family Sebagai Kegiatan Special Events Di Hotel Marala Bandung” Pada dasarnya hubungan antara karyawan dan perusahaan adalah hubungan yang saling menguntungkan. Disatu sisi perusahaan ingin mendapatkan keuntungan yang besar, disisi lain karyawan menginginkan harapan dan kebutuhan tertentu yang harus dipenuhi perusahaan. Karena itu dibutuhkan suatu manajemen employee relations yang dapat mewujudkan hubungan harmonis sehingga saling menguntungkan satu sama lain. Dengan adanya hubungan yang baik antara karyawan dengan pihak manajemen perusahaan maka akan dapat menimbulkan rasa kebersamaan antara karyawan dan pihak manajemen, hal ini mempengaruhi motivasi karyawan dalam bekerja. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas employee yang ada di Hotel Marala Bandung dalam meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yaitu melakukan peninjauan langsung. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Semua data tersebut sebelumnya dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam penelitian ini melalui teknik wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan employee relations yang dibangun oleh Hotel Marala sudah dilaksanakan dengan cukup baik dalam membangun motivasi kerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari penilaian positif dari karyawan mengenai kegiatan employee relations yang diterapkan di Hotel Marala sehingga dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.Item ACARA RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA PERGANTIAN ANTAR WAKTU (PAW) ANGGOTA DPRD KOTA BANDUNG MASA JABATAN 2014-2019:KEGIATAN HUMAS & PROTOKOL DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH(DPRD) KOTA BANDUNG(2017-07-10) BIA MAYA VIANDHIKA; Rosnandar Romli; Tidak ada Data DosenBia Maya Viandhika, 210103140216, 2014, “Acara Rapat Paripurna Istimewa Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2014-2019: Kegiatan Humas dan Protokol di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung”, Dr. Rosnandar Romli, M.Si., sebagai dosen pembimbing Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Peminatan Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan Rapat Paripurna Istimewa. Rapat Paripurna Istimewa adalah rapat tertinggi yang dilakukan oleh Anggota DPRD Kota/Kabupaten dan merupakan tanggung jawab Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Bandung. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis untuk mencari informasi adalah teknik wawancara, studi lapangan dengan observasi di Sekretariat DPRD Kota Bandung, studi pustaka, mencari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penjabaran dari tahap perencanaan seperti persiapan susunan acara dan gambaran kegiatan, lalu tahap pelaksanaan yaitu pengorganisasian dan pembinaan acara, dan pada tahap evaluasi yaitu mengadakan rapat internal atau diskusi yang merupakan akhir dari kegiatan yang dilakukan oleh humas dan protokol dan seluruh bagian Sekretariat DPRD Kota Bandung.Item Aktifitas PT. Media Esquirindo Internasional Dalam Menggunakan Instagram(2018-02-02) AMIN MULIA RAMADHAN; FX Ari Agung Prastowo; Tidak ada Data DosenAmin Mulia Ramadhan 210103120177. “Aktifitas Instagram PT. Media Esquirindo Internasional” Sebagai divisi Digital Content untuk Esquire Indonesia yang terletak di jalan TB. Simatupang No.19, Jakarta Selatan. Di bawah bimbingan FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.I.Kom. Program Ahli Komunikasi Terapan, Sub Program Studi Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tahap perencanaan konten, proses pengolahan konten, serta evaluasi konten instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu metode yang bertujuan untuk memberi gambaran secara sistematis, fakta/karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penulisan menunjukkan bahwa aktifitas instagram yang dilakukan oleh Esquire Indonesia yang meliputi tahap perencanaan konten, proses pengolahan konten, serta evaluasi konten memiliki beberapa poin yang harus diperhatikan. Seperti dalam tahap pengolahan, hal yang harus diperhatikan adalah saat pengumpulan data agar lebih variatif. Karena biasanya dalam tahapan ini, data yang diperoleh hanya dalam bentuk tulisan. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pengolahan konten instagram Esquire Indonesia belum begitu maksimal. Padahal data yang harusnya diperoleh bisa dalam bentuk gambar, video, ataupun suara. Saran untuk PT. Media Esquirindo Internasional adalah dengan menambahkan data yang lebih variatif agar informasi yang akan disampaikan melalui akun instagram Esquire Indonesia kepada publik lebih kaya.Item Aktifitas Public Relations dalam Program Acara Lets Eat di Radio Play99ers(2017-08-09) RIZAL JULFAHMI MUHAROM; Rosnandar Romli; Tidak ada Data Dosen“Kegiatan Program Acara Let’s Eat di Radio Play99ers”, dibawah bimbingan.Dr. Rosnandar Romli, M.Si. Sub Program Studi Kehumasan. Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tahap definding the problem, planning and programming, action and communicatin dan evaluasi dalam kegiatan program acara Let’s Eat di Radio Play99ers. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan Hasil penulisan ini memaparkan kegiatan yang dilakukan Public Relations pada setiap tahap pemecahan masalah, pengumpulan data, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan kegiatan program acara Let’s Eat di Radio Play99ers, terdapat proses Public Relations dan belum berjalanya manajemen Public Relations dalam mengatasi permasalahan terhentinya program acara Let’s Eat. Saran untuk Radio Play99ers sebaiknya Public Relations bertindak cepat tanpa harus menunggu perintah dari atasan untuk memenej program acara Let’s Eat agar dapat berjalan dengan baik.Item Aktivitas Humas Pemerintah Kota Bogor Dalam Pengelolaan Majalah Internal(2017-08-15) BELLA ANJANI FARINA RIDWAN; Trie Damayanti; Tidak ada Data DosenABSTRAK Bella Anjani Farina Ridwan, 210103140183 2017. Laporan tugas akhir ini berjudul, Aktivitas Humas Pemerintah Kota Bogor Dalam Pengelolaan Majalah Internal Djuanda10. Trie Damayanti, S.Sos.,M.Si sebagai dosen pembimbing. Program Diploma III Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan majalah internal oleh Humas Pemerintah Kota Bogor. Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode Deskriptif, data himpunan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari pengamatan ini menunjukan bahwa Humas Pemerintah Kota Bogor telah menjalankan tugasnya dengan sistematis dalam pengelolaan majalah internal, diawali dengan proses pengelolaan majalah internal “Djuanda10” langkah dari proses tersebut menyusun daftar isi, mengejar tenggat waktu/deadline. Kedua itu pencarian dalam pengelolaan majalah internal “Djuanda10” langkah dari pencarian tersebut itu mengejar berita dan foto. Ketiga itu pengolahan majalah internal “Djuanda10” langkah dari pengolahan tersebut itu mengedit naskah dan me-layout. Keempat itu proses penerbitan majalah internal “Djuanda10” langkah proses penerbitan itu terbit pada waktunya dan menerima dan mem-follow up kritik. Kesimpulan dari Aktivitas Humas Pemerintah Kota Bogor Dalam Pengelolaan Majalah Internal Djuanda10 ini sudah berjalan baik yaitu pada bagian Humas secara sistematis, meskipun tetap ada kekurangan dalam hal mengedit naskah. Saran yang dapat penulis sampaikan informasi kepada karyawan untuk meningkatkan semangat produktifitas, loyalitas, dan solidaritas.Item Aktivitas Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis Dalam Perencanaan Diskusi Terbuka/Audiensi(2018-04-05) IRDAN FATTUR MI`RAJ; Trie Damayanti; Tidak ada Data DosenABSTRAK Irdan. 210103140172. “Aktivitas Humas Sekretariat DPRD Kab. Ciamis dalam Menghadapai Permintaan Diskusi Terbuka / Audiensi”, Dibawah bimbingan Ibu Trie Damayanti, S.Sos., M.Si, Program Diploma III, Sub Program Studi Kehumasan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui, proses perencanaan event yang dilakukan Humas Sekretariat DPRD Kab. Ciamis dalam mempersiapkan kegiatan Diskusi Terbuka atau Audiensi. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengamatan ini adalah metode deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan dapat ditarik kesimpulan bahwa proses perencanaan event yang dilakukan oleh Humas Sekretariat DPRD Kab. Ciamis sangat terstruktur yang menjadikan proses tersebut cepat. Tetapi terkendala dengan kurangnya komunikasi antar Instansi. Saran untuk Humas Sekretariat DPRD Kab. Ciamis adalah lebih didekatkan lagi komunikasi dengan Humas Instansi Pemerintahaan yang lainnya. Agar keterlambatan undangan yang di berikan Humas Sekretariat DPRD Kab. Ciamis dapat disiasati.Item AKTIVITAS MEDIA RELATIONS HUMAS PT PINDAD (PERSERO) SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI KEPADA PUBLIK(2018-08-28) RAHAYU ILLAHI; Priyo Subekti; Tidak ada Data DosenRahayu Illahi 210103150169. Program Diploma III, Peminatan Kehumasan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berjudul, Aktivitas Media Relations Humas PT Pindad (persero) Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Publik. Dosen Pembimbing Priyo Subekti, S.Sos., M.Si. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui proses pengelolaan media relations, upaya memetakan media, akses informasi yang diberikan bagi wartawan yang meliput, tanggapan humas terhadap pemberitaan negatif dan hal-hal yang menghambat pelaksanaan media relations PT Pindad (persero). Metode yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah metode deskriptif dengan menggambarkan secara sistematis mengenai aktivitas media relations. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas media relations humas PT Pindad (persero) membantu dalam memperkenalkan produk perusahaan, meningkatkan citra perusahaan dan menjaga hubungan baik dengan wartawan untuk memberikan informasi kepada publik, walaupun memiliki hambatan terbatasnya Sumber Daya Manusia. Berdasarkan hasil pengamatan ini dapat disimpulkan bahwa Humas PT Pindad (persero) menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dalam aktivitas media relations meskipun terkendala dengan terbatasnya jumlah Sumber Daya Manusia yang ada di PT Pindad (persero). Saran untuk PT Pindad (persero) adalah menambah staf humas dan menempatkan Sumber Daya Manusia yang tepat sesuai dengan keahliannya agar kinerja Humas bisa optimal. Kata kunci: Aktivitas, Media Relations, PT PindadItem AKTIVITAS PEMBUATAN IKLAN VIDEO DI ATV SUKABUMI(2014-01-22) M FIKRI SOBIRIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenMochammad Fikri Sobirin, mahasiswa Program Diploma III Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, menulis Laporan Tugas Akhir yang berjudul “Aktivitas Pembuatan Iklan Video TVC di ATV Sukabumi” di bawah bimbingan Fajar Syuderajat, S.Sos. Penulisan laporan ini bertujuan untuk mengetahui tahap persiapan dalam aktivitas editing video iklan TVC, tahap aktivitas editing iklan TVC, dan tahap evaluasi aktivitas editing video iklan TVC. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang mengambarkan apa yang dilakukan perusahaan berdasarkan fakta – fakta yang ada selama penulis melakukan praktek kerja lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan, pembahasan serta pembandingan antara teori dan praktek, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa proses produksi sebuah program televisi khususnya aktivitas pembuatan iklan video di ATV Sukabumi Dibutuhkan persiapan yang sangat matang agar proses aktivitas pembuatan iklan berjalan dengan lancar dan hasilnya optimal.Item AKTIVITAS PRESS RELEASE BAGIAN HUMAS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA BARAT MELALUI MEDIA RELATIONS(2017-07-23) ELIZABETH SELMA KRISTIYANTI; Trie Damayanti; Tidak ada Data DosenElizabeth Selma Kristiyanti, 210103140177 2017. Laporan tugas akhir ini berjudul, Aktivitas Press Release Bagian Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Melalui Media Relations. Trie Damayanti, S.Sos.,M.Si sebagai dosen pembimbing. Program Diploma III Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, proses penulisan dan evaluasi Press Release oleh Humas Disparbud Provinsi Jawa Barat. Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode Deskriptif, data himpunan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari pengamatan ini menunjukan bahwa Humas Disparbud telah menjalankan tugasnya dengan sistematis dalam Aktivitas Press Release Bagian Humas, diawali dengan proses perencanaan dimana dalam tahap perencanaan dalam Aktivitas Press Release, menentukan tema, menentukan topic, mnentukan khalayak dan menentukan media. Sedangkan dalam proses penulisan Press Relese : tahap penulisan dalam Aktivitas Press Release, menyusun strategi pesan, tahap proses penulisan Press Release, tahap evaluasi dalam Aktivitas Press Release, pengujian Press Release dan evaluasi setelah kegiatan penulisan Press Release. Simpulan dari Aktivitas Press Release Bagian Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Melalui Media Relations ini sudah berjalan baik yaitu pada bagian Humas secara sistematis, meskipun tetap ada kekurangan dalam hal publikasi. Saran yang dapat penulis sampaik informasi kepada masyarakat untuk membentuk citra yang baik di mata masyarakat.Item ALIRAN INFORMASI DIVISI HRGA PT. NUSANTARA AIR CHARTER(2018-10-03) CINDY LARASATI; Asep Suryana; Tidak ada Data DosenABSTRAK Cindy Larasati, NPM 210103150060, 2018. Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Aliran Informasi pada Divisi HRGA PT. Nusantara Air Charter”. Di bawah bimbingan Dr. Asep Suryana, M.Si. Program Diploma III Hubungan Masyarakat Peminatan Komunikasi Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui komunikasi vertikal, horizontal, dan diagonal pada Divisi HRGA PT. Nusantara Air Charter. Metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari pengamatan adalah mengetahui kegiatan-kegiatan dari pelaksanaan komunikasi vertikal yang terbagi menjadi komunikasi dari atas ke bawah seperti instruksi tugas, teguran, motivasi, dan apresiasi pimpinan. Komunikasi dari bawah ke atas seperti laporan tertulis dan lisan. Komunikasi horizontal berupa komunikasi yang dilakukan antara anggota yang mempunyai tingkatan kedudukan sama. Seperti rapat atau diskusi, koordinasi tugas, berbagi informasi, serta pemecahan masalah. Dan komunikasi diagonal yang dilakukan staf kepada staf, manajer kepada manajer menggunakan IOM (Internal Office Memo). Saran untuk divisi HRGA adalah hubungan kerja sama, koordinasi antara semua karyawan dalam penyampaian informasi harus ditingkatkan agar tercapainya tujuan perusahaan. Kata kunci : komunikasi, informasi, tugas, tujuan, perusahan.Item ANALISIS ISI TAYANGAN PROGRAM KALAWARTA DI TVRI JAWA BARAT DI TINJAU DARI NILAI BERITA(2014-07-17) YOGI BASTIAN; Iriana Bakti; Tidak ada Data DosenYogi Bastian, 210303090006, Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Periklanan 2009. Berjudul “Analisis Isi Tayangan Program Kalawarta Di TVRI Jawa Barat Di Tinjau Dari Nilai Berita Di bawah bimbingan Dr.H.Iriana Bakti,M.Si selaku dosen pembimbing di Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Dalam pengamatan ini, penulis menggunakan metode teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara dan studi pustaka. Objek dari pengamatan ini yaitu proses Produksi program acara Kalawarta di TVRI Bandung. Tujuan Pengamatan ini adalah untuk dapat mengetahui tentang, bagaimana nilai berita di program acara Kalawarta . Kesimpulan laporan tugas akhir ini membahas tentang bagaimana analisis isi tayangan program kalawarta di TVRI Jawa Barat di tinjau dari nilai berita.Item Analisis Terhadap Kriteria Layak Siar Acara Seputar Indonesia(2014-07-11) LUDHIANA PUTRI; Herika Rainathami; Tidak ada Data DosenABSTRAK Ludhiana Putri, 210103110122, Laporan Tugas Akhir, 2014. Analisis Terhadap Kriteria Layak Siar Acara Seputar Indonesia. Dosen Pembimbing Herika Rainathami, S.Sos., M.Si., Program Diploma III Hubungan Masyarakat, Sub Program Studi Penyiaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan dari Tugas Akhir ini, untuk mengetahui 1) jenis berita, 2) sumber berita, 3) unsur layak berita, 4) nilai berita, dan 5) kualitas berita yang layak disiarkan pada acara Seputar Indonesia, objek pengamatan Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), program Seputar Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas akhir ini adalah metode penulisan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa: 1) obervasi, termasuk kajian sample naskah berita, 2) wawancara, dan 3) studi kepustakaan. Hasil pengamatan menunjukan bahwa kriteria layak siar acara Seputar Indonesia, 1) berdasarkan jenis berita, terdapat straight news, laporan langsung lapangan, komentar, darurat, pemerintahan, pengadilan, pendidikan, perayaan, cuaca, kesehatan, lingkungan, olah raga, soft news. 2) Berdasarkan sumber berita seluruh sumber darimana pun dapat dimuat di acara Seputar Indonesia. 3) Berdasarkan unsur layak berita, yaitu: penting, aktual, unik, keterkenalan, kedekatan, objektif, Lengkap, adil dan berimbang, ringkas dan padat. 4) Berdasarkan nilai berita menunjukan aktual, dampak, kedekatan, keterkenalan, konflik,olah raga, bencana, kriminal, dan human interest. 5) berdasarkan kualitas berita yaitu : akurat, objektif, identifikasi sumber, adil, berimbang, singkat, padat informasi, dan faktual. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa jenis berita, unsur layak berita, dan nilai berita yang disiarkan di acara Seputar Indonesia cukup relevan dengan referensi. Adapun sumber berita dan kualitas berita yang dimuat di acara Seputar Indonesia seluruhnya relevan dengan teori. Kata kunci: Layak siar, siaran TV, kriteria berita, Seputar Indonesia, RCTI.Item ANGKLUNG KOLOSAL SEBAGAI KEGIATAN SPECIAL EVENT DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA BARAT(2013-01-20) SATRIA NUGRAHA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Satria Nugraha, 210203080049, 2012, Program DIII PAKT, Sub Program Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Laporan Tugas Akhir dengan judul “ Angklung Kolosal sebagai kegiatan Special Event Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat “ Dosen Pembimbing Lilis Puspitasari., S. Sos ., M.I.Kom. Tujuan penulisan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada kegiatan Angklung Kolosal Di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provisi Jawa Barat. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis dapat disimpulkan hasil pengamatan ini menunjukan adanya proses perencanaan; pengenalan situasi, penentuan tujuan, penentuan khalayak, perencanaan, anggaran biaya, pemilihan media dan pengukuran hasil, proses pelaksanaan; persiapan event dan penyelenggaraan special event, proses evaluasi; rapat evaluasi dan penulisan laporan acara. Penulis mengajukan beberapa saran kepada Dinas Pariwisata dan kebudayaan, hendaknya panitia lebih ketat dalam pemilihan EO, diadakanya quiz atau sesi pertayaan untuk menambah daya tarik peserta di pertengahan pangelaran berlangsung serta lebih memperhatikan masalah waktu yang terlalu pagi karena tempat terlalu jauh.Item Bandar Lampung Expo Sebagai Kegiatan Special Event Humas Pemerintah Kota Bandar Lampung(2016-06-14) FERINA INDAH PAMASWARI; Kismiyati El Karimah; Tidak ada Data DosenFerina Indah Pamaswari (210103130010). 2016. “Bandar Lampung Expo Sebagai Kegiatan Special Event Humas Pemerintah Kota Bandar Lampung”. Pembimbing Dra. Hj. Kismiyati El Karimah., M.Si., Program Studi Hubungan Masyarakat Diploma III Peminatan Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari pengamatan ini untuk mengetahui mengenai tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi “Bandar Lampung Expo” sebagai kegiatan special event Humas Pemerintah Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari pengamatan ini diketahui bahwa “Bandar Lampung Expo” merupakan kegiatan special event Humas Pemerintah Kota Bandar Lampung. Dalam pelaksanaannya, Humas melakukan tahap perencanaan yang dilakukan dua bulan sebelum pelaksanaan event, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi yang dilakukan setelah pelaksanaan event. Simpulan dari kegiatan ini adalah Humas dikatakan berhasil dalam merancang event “Bandar Lampung Expo” dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta tercapainya tujuan pelaksanaan event “Bandar Lampung Expo” yakni mempublikasikan hasil-hasil pembangunan daerah dengan dibantu oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah. Saran dari pengamatan ini adalah untuk kegiatan berikutnya, publikasi “Bandar Lampung Expo” dapat melalui media nasional agar hasil pembangunan Kota Bandar Lampung dapat tersebar luas dan dapat menarik wisatawan. Sehingga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).Item BANDUNG CULINERY NIGHT SEBAGAI KEGIATAN SPECIAL EVENT DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA BANDUNG(2017-03-01) VIRLIKA; Asep Suryana; Tidak ada Data DosenVirlika , 210103130159, 2106. “Bandung Culinery Night” sebagai Kegiatan Spesial Event di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung . Dibawah bimbingan Drs. Asep Suryana, M.Si . Tujuan penulis dari laporan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui terjadinya sebuah proses penyelenggaraan event oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dimana prosesnya terbagi menjadi tiga bagian yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Metode pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai dari kegiatan tersebut dengan mengguanakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil pembahasan menunjukan bahwa proses penyelenggaraan event oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung tahapan pengeloaan proses event kurang berjalan lancar karena EO kurang dalam melakukan prosos event sampai acaranya terlaksana yang menyebabkan acaranya sedikit terhambat karena beberapa kendala. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses penyelenggaraan event oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, terdapat beberapa kekurangan seperti pihak Event Organizer dengan pihak dinas Kebudaan dan Pariwisata kurang teliti dalam pengeloaan event sehingga terdapat beberapa kendala. Saran untuk Humas bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung adalah, dengan menambah sumber daya manusia dalam proeses pengeloaan event tidak hanya mengandalkan dari pihak Event Organizer saja dan mempersiapkan segala seseuatunya dengan teliti.Item Budaya Organisai Pt Daya Motor Purwakarta(2013-09-02) MUAMAR LUFTI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRACT Muamar Lufti, 210403080016, Padjadjaran University, Faculty of communication sciences, Department of business communication, 2013. Entitled Organizational Culture Pt. Daya Motor Purwakarta . Under the guidance of Mr. Mohd. Hussein Nawawi, Drs., M.Ikom as the supervising lecturer in Applied Communications Expert Education Faculty, Padjadjaran University Communications. In this observation, the author uses descriptive methods and techniques of data collection include interviews, observations, and studies of the literature. The object of this observation is the process of organizational culture at PT. Daya Motor. The purpose of this Writing is to be able to find out about the culture of the Organization, which was held in Pt. Daya Motor. The observations that organizational culture goes on PT. Daya Motor is that activities conducted in fostering successful organization and realization of developing the employees of the company. The conclusions that can be delivered is the role of organizational culture in PT. Daya motor Purwakarta Motor has a very big role in efforts to achieve the goals that have been set by the company.It can be seen from the role of organizational culture as the identity of the Organization, bringing together organizations, conflict reduction, commitment to the Organization and groups, the reduction is uncertain, creating consistency, motivation, organizational performance, and the source is an advantage competitively. Roles of the organization culture the purpose of PT. Daya Motor Purwakarta is in compliance with what is created and assigned by the company. That the structure of the organizations activities Purwakarta Power Pt successful in fostering and mewjudkan seseuai organizational structure with job (Job Description), respectively. Suggestions that can convey the authors values company culture can be socialised, especially to new employees so that all employees are expected to be able to carry out its job optimally.Item BUDAYA ORGANISASI DI CV. SOLUSI DISTRIBUSI YOGYAKARTA(2014-06-02) DESSY RIZDHA; Pramono Benyamin; Tidak ada Data DosenDessy Rizdha. 210103110068. Laporan Tugas Akhir ini berkenaan tentang “ Budaya Organisasi pada Kantor CV. Solusi Distribusi “. Dosen Pembimbing Drs. Pramono Benyamin, M.Pd, Program DIII Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Sub Program Studi Komunikasi Bisnis Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari observasi ini adalah untuk mengetahui sistem dan nilai-nilai budaya organisasi yang dibangun pada perusahaan CV. Solusi Distribusi. Agar budaya tersebut diterapkan dan diwariskan kepada karyawan secara kontinu maka diperlukan strategi komunikasi yang tepat. Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu hanya menjelaskan atau menganalisis satu variabel saja tanpa membandingkan atau menghubungkan dengan variabel lain. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil observasi dan pembahasan menunjukan bahwa budaya organisasi di CV. Solusi Distribusi Yogyakarta telah diterapkan hal ini dapat diketahui melalui proses sistem nilai budaya dan prosedur manajemen organisasi di CV. Solusi Distribusi telah berjalan dengan baik dilihat dari indikator inisiatif individual, toleransi terhadap tindakan berisiko, identitas, dukungan manajemen serta integritasnya. Kemudian pola kepemimpinan pada budaya organisasi tersebut juga sudah diterapkan dengan baik dilihat dari prosedur pengarahan, kontrol, sistem imbalan, toleransi terhadap konflik, serta pola komunikasi yang sudah baik Kesimpulannya penerapan budaya organisasi di CV. Solusi Distribusi Yogyakarta telah berjalan dengan baik. Hal ini di lihat dari sistem budaya dan nilai-nilai perusahaan yang dibentuk telah mencerminkan bagaimana tujuan perusahaan dapat terarah melalui pedoman budaya perusahaan. Keberhasilan tersebut didukung melalui pola komunikasi yang tepat sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima karyawan dengan baik.Item BUDAYA PERUSAHAAN DI PT. JAYA TEGUH SEMPURNA(2015-11-19) ASEP KHOERUL MUTTAKIN; Dadang Sugiana; Tidak ada Data DosenABSTRAK AsepKhoerulMuttaqin, 210103110239 “Budaya Perusahaan Di PT. Jaya Teguh Sempurna (JATOS MALL)”, dibawahbimbinganBapak Dr. DadangSugiana., M.Si.Program StudiHubunganMasyarakat Diploma III PeminatanKehumasan, FakultasIlmuKomunikasiUniversitasPadjadjaran. Tujuandaripenyusuna serta penulisanlaporantugasakhiriniadalahuntukmengetahuiunsur pembentukan budaya perusahaa. Penulis juga ingin mengetahui kegiatan yang dilakukan PT. Jaya Teguh Sempurna dalam mensosialisasikan budaya perusahaannya kepada karyawan.Metode yang digunakandalampenulisanlaporaniniadalahmetodedeskriptif.Sedangkanteknikpengumpulan data yang digunakanyaitudengancaramelakukanobservasi, wawancaradanstudikepustakaan. Hasilpengamatanmenunjukanbahwa PT. Jaya TeguhSempurna (JATOS MALL) memiliki budaya perusahaan yang baik dalam meningkatkan kinerja karyawan.. Hal ini terlihat dari tiga unsur pembentuk budaya perusahaan yaitu falsafah, tata nilai dan artefak. Karyawan juga diciptakan untuk menjadi karyawan yang berkompetenmelalui kegiatan-kegiatan yang dilewati pada saat sosialisasi budaya perusahaan dan dengan upaya penerapan budaya perusahaan yang PT. Jaya Teguh Sempurna lakukan. Kesimpulannya, budaya perusahaan PT. Jaya Teguh Sempurna (JATOS MALL) mencakup penataan perilaku yang didasari oleh falsafah/ keyakinan dasar dan tata nilai (values) yang digunakan sebagai acuan untuk mengaktualisasikan diri serta artefak untuk memperkuat identitas perusahaan. Saran Untuk PT. Jaya Teguh Sempurna dengan sosialisasi budaya perusahaan melalui tahapan proses pembekalan hendaknya dibuat dengan lebih kreatif dan inovatif agar dapat memberi pengaruh positif dan progesif bagi kinerja karyawan untuk seterusnya, Agar nilai-nilai budaya perusahaan dapat melekat dalam diri karyawan sehingga dapat membantu pencapaian visi dan misi perusahaan.Item BUKOPIN OFFICE COMMUNICATION (BOC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL PT BANK BUKOPIN, TBK(2018-05-22) LITA YUNITAWATI; Aat Ruchiat Nugraha; Tidak ada Data DosenABSTRAK Lita Yunitawati, 210103150074, 2018. Program Diploma III Peminatan Kehumasan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berjudul, BUKOPIN OFFICE COMMUNICATION (BOC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL PT BANK BUKOPIN. Tbk, Dosen Pembimbing Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Hal yang melatarbelakangi pengambilan Bukopin Office Communication (BOC) sebagai Laporan Tugas Akhir adalah pembaharuan Bukopin Office Communication (BOC) dari SME (Surat Memorandum Elektronik), penerapan E-PR oleh Unit Komunikasi perusahaan, dan media internal yang berbasis website sehingga bersifat paperless. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui peran Unit Komunikasi Perusahaan dalam pengelolaan Bukopin Office Communication (BOC), jenis-jenis informasi yang ada di dalam Bukopin Office Communication (BOC), dan manfaat Bukopin Office Communication (BOC). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi kepustakaan, dan observasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Unit Komunikasi Perusahaan mengelola dan memasok konten berita yang ada pada Bukopin Office Communication (BOC), jenis-jenis informasinya berupa informasi/berita terbaru seputar perusahaan dan surat yang ditujukan ke pihak eksternal juga memorandum, terakhir manfaat dari adanya Bukopin Office Communication (BOC) adalah untuk mengefektifkan juga mengefisienkan media komunikasi internal yang ada dalam pekerjaan karyawan PT Bank Bukopin, Tbk. Simpulan pengamatan adalah Unit Komunikasi Perusahaan sudah menjalankan perannya dalam mengelola konten berita Bukopin Office Communication (BOC) dengan cukup baik, jenis-jenis informasi sudah cukup lengkap, dan mempunyai manfaat yang dirasakan karyawan sudah cukup baik. Saran penulis, sebaiknya dalam pengelolaan konten Bukopin Office Communication (BOC) harus terus menerus diperbaharui, konten berita sesuai dengan keadaaan perusahaan. Surat yang ditujukan ke pihak eksternal harus bisa direalisasikan. Hal-hal terbaru mengenai konten Bukopin Office Communication (BOC) bisa masuk melalui notifikasi ke mobile phone dan karyawan sebaiknya memanfaatkan media komunikasi internal PT Bank Bukopin, Tbk dengan semaksimal mungkin. Kata Kunci : Bukopin Office Communication (BOC), Komunikasi, Media InternalItem Bulletin Internal suara cilegon mandiri di pemerintahan kota cilegon(2015-09-10) KARINA DAMAYANTY; Evi Novianti; Tidak ada Data DosenABSTRAK Karina Damayanty, 210103120096, 2015, Bulletin Suara CIlegon Mandiri di Pemerintah Kota Cilegon,. Digunakan sebagai Laporan Tugas Akhir dengan dosen pembimbing Dr, Evi Novianti M.Si. Kehumasan, Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan media internal dan mengetahui hambatan dalam sebuah buletin internal yang bernama Buletin Suara Cilegon Mandiri. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menjelaskan atau memaparkan suatu peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil pengamatan salama mengikuti proses pembuatan bulletin Suara Cilegon Mandiri, bahwa peran Public Relations sangatlah dibutuhkan terutama dalam menaikan citra, seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon membuat sebuah media internal untuk menaikan citra Pemerintah. Dan dari hasil lain dari pengamatan ini juga untuk mengetahui proses seperti tekhnis proses keluar masuk surat, hingga pengajuan tema Kesimpulan dari proses pembuatan bulletin milik Pemerintah Kota Cilegon ini adalah untuk memberikan informasi kepada public dan meberikan informasi yang akurat terkait pemberitaan yang tidak berimbang yang dilakukan oleh media masa, seperti Koran local maupun nasional yang ditunjukan kepada masyarakat Cilegon. Sehingga salah persepsi dikalangan masyarakat diminimalisir semaksimal mungkin . Saran untuk Kominfo Pemkot Cilegon agar lebih terorganisi lagi dalam perencanaan. Dan sebaiknya pengumpulan data ditegaskan kembali kepada SKPD terkait. ABSTRACT Karina Damayanty, 210103120096, 2015 " Bulletin Suara CIlegon Mandiri di Pemerintah Kota Cilegon. Used as a final report to the supervisor Dr, Evi Novianti M.Si. Subprograms Public Relations, Diploma in Applied Communication Expert Education Faculty of Communication, University of Padjadjaran. The purpose of this paper is to determine the internal media creation process and know the obstacles in an internal newsletter called Bulletin Sound Cilegon Mandiri The method used in this final project is a descriptive method, a method that explain or describe an event. Data collection techniques used were interviews, observation, and literature. observations follow the process of making bulletin Sounds Cilegon Mandiri, that the role of Public Relations is needed especially in raising the image, as did the City of Cilegon create an internal media to raise the image of the Government. And other results of these observations are also to know the technical processes like mail-out process, until the submission of the theme The conclusion of the process of making Cilegon city government bulletin is to provide information to the public and not give accurate information related to news that is not balanced performed by the mass media, such as local and national newspapers were shown to the public Cilegon. So wrong perception among the public is minimized as much as possible. Suggestions for Kominfo Cilegon city government to be more again in planning. And data collection should be reiterated to related Regional Work Unit.