Hubungan Masyarakat (D-III)

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 20 of 1011
  • Item
    SISTEM PENATAAN ARSIP DINAMIS AKTIF PADA BAGIAN MARKETING DI PT.SEJAHTERA EKA GRAHA BOGOR
    (2015-11-17) LUTHFY HARDIANSYAH; Rully Khairul Anwar; Tidak ada Data Dosen
    Laporan Tugas Akhir ini menjelaskan tentang Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Bagian Marketing di PT. Sejahtera Eka Graha (SEG) . Tujuannya adalah untuk mengetahui proses kegiatan pengelolaan arsip dinamis aktif, mulai dari sistem secara keseluruhan, langkah-langkah penataan arsip dan kendala-kendala dalam proses penataannya. Metode yang digunakan dalam observasi ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan observasi. Hasil observasi menunjukan bahwa kegiatan penataan arsip dinamis aktif pada Bagian Marketing di PT. Sejahtera Eka Graha sudah berjalan baik namun masih belum sempurna. Terdapat berbagai jenis arsip yang dikelola oleh Bagian Marketing antara lain memo, arsip pemasaran, arsip keuangan, data membership, data jurnal pendapatan, data ballroom gedung, data pengguna fasilitas sportclub dan arsip BEO (Banquet Event Order). Kegiatan Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Bagian Marketing dimulai dari memisah dan mengelompokkan arsip sesuai jenis arsipnya, lalu kegiatan memberi kode nomor atau indeks pada arsip sesuai tanggal masuk arsipnya dan yang terakhir kegiatan memasukkan atau menyimpan arsip kepada filling cabinet atau lemari arsip. Dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala seperti kurangnya sumber daya manusia, tidak adanya tenaga khusus yang dapat menangani langsung masalah kearsipan, kurangnya dana dan kurangnya perlengkapan yang menunjang kegiataan penataan arsip dinamis aktif.
  • Item
    Kegiatan Layanan Perpustakaan Keliling Di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Propinsi Jawa Barat
    (2013-10-22) DEWI NUR RAMDHANYAWATI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Dewi Nur Ramdhanyawati 210503100011, 2013. Laporan Tugas Akhir ini Berjudul “Kegiatan Layanan Perpustakaan Keliling Di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Propinsi Jawa Barat”, Pembimbing Herika Rainathami, S.Sos., M.Si. Terdapat dua komponen yang menjadi tujuan observasi, yaitu Jenis Kegiatan Perpustakaan Keliling Gelar Buku dan Fungsi Kegiatan Perpustakaan Keliling Gelar Buku. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan memusatkan perhatian kedalam kegiatan perpustakaan keliling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan beberapa informasi, dan studi kepustakaan. Hasil Dari observasi yang telah dilakukan penulis menemukan layanan yang disediakan perpustakaan keliling gelar buku bapusipda adalah layanan sirkulasi saja. Kesimpulan yang didapat dari tugas akhir ini adalah layanan yang tesedia hanya layanan sirkulasi dan fungsi kegiatanya untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan mempertemukan masyarakat dengan bahan bacaan atau buku. Saran, disarankan perpustakaan keliling menyediakan fasilitas tempat duduk seperti kursi dan karpen untuk masyarakat duduk, sediakan story telling agar banyak anak yang berkunjung ke perpustakaan keliling.
  • Item
    Sistem Pengelolan arsip di PT. Persib Bandung Bermartabat
    (2015-08-21) MUHAMMAD FAJAR MAULANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK MUHAMMAD FAJAR MAULANA, 210503100010, Mahasiswa Jurusan Diploma 3 Ilmu informasi dan perpustakaan. Melakukan penelitian dengan judul ”SISTEM PENGELOLAAN ARSIP DI PT. PERSIB BANDUNG BERMARTABAT”. Sebagai pembimbing utama Herika Rainathami, S. Sos., Msi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Sistem penimpanan Arsip, penemuan kembali arsip, pemeliharaan arsip, pengamanan arsip dan pemindahaan arsip di PT. Persib Bandung Bermartabat Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, Studi literatur dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Pengelolaan arsip di PT. Persib Bandung Bermartabat meliputi penyimpanan, penemuan, pengamanan, pemeliharaan dan pemindahaan arsip masih sederhana dan terbilang masih buruk, mengingat belum adananya ruangan khusus tempat penyimpanan arsip, fasilitas dan kurangnya sumber daya manusia untuk mengelola arsip di PT. Persib Bandung Bermartabat. Saran yang ingin disampaikan penulis lewat tulisan ini adalah harus membuat ruangan khusus tempat penyimpanan arsip dan memiliki pegawai yang cukup untuk mengelola arsip di PT. Persib Bandung Bermartabat serta diadakan pelatihan dalam bidang kearsipan bagi para pegawai. ABSTRACT MUHAMMAD FAJAR MAULANA, 210503100010. Student with major Information and Library Science, Diploma III Program. The research’s title is “ARCHIEVING SYSTEM IN PT. PERSIB BANDUNG BERMARTABAT ". As main counselor is Herika Rainathami S. Sos, MSi, This study aims to determine how to keep the archieve, find back the archieve, maintanance the archieve, saving the archieve, and archieve moving in the PT. Persib Bandung Bermartabat Methode that used on these observation is descriptive metode. Data that used on these research come from participant observation, depth interview, literature study, and document study. Result of these study are archieving technique in PT. Persib Bandung Beramartabat, including record to keeping,to finding, to saving, to keeping and to moving of the archieve still in bad conditions. There are no special room to keep the archieve, lack of facility and lack of human resources to maintanance the archieve in PT. Persib Bandung Bermartabat. The recomendation for this study are PT. Persib Bandung Bermartabat to make special room for the archieve and must have enough human resources to maintance the archieve matter and also must held the training program about archieve maintanance for the workers.
  • Item
    Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka Di Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat
    (2013-07-22) DICKY RIZKIWANNA ALAM; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Dicky Rizkiwanna Alam, 2013. 210503100009, “Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat”. Pembimbing Herika Rainathami, S.Sos., M.Si., . Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Sub Program Studi Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penulisan laporan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pengolahan bahan pustaka yang terdiri dari: Inventarisasi, Katalogisasi, klasifikasi dan shelving di Bapusipda Provinsi Jawa Barat. Metedologi penulisan menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran lapangan secara sistematis, adapun teknik pengambilan data melalui observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pada kegiatan Inventarisasi sebaiknya di tambahkan proses pemeriksaan agar kegiatan inventarisasi makin optimal, pada kegiatan Katalogisasi yang ada di Bapusipda sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Pawit M.Yusuf. Akan lebih baik pembuatan kartu katalog menggunakan sistem digital agar pengolahan bahan pustaka makin optimal dan mengikuti perkembangan IT, Kegiatan klasifikasi sudah berjalan sesuai dengan tata kerja perpustakaan menurut Sutarno. Dalam kegiatan shelving sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan Nanan Hasanah. Kata kunci: Inventarisasi koleksi, Katalogisasi, Klasifikasi, Shelving
  • Item
    KEGIATAN LAYANAN OTOMASI DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH JAWA BARAT (BAPUSIPDA)
    (2013-07-09) ELI NURYAMAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Eli Nuryamah, 210503100007, Kegiatan Layanan Otomasi di Badan Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Jawa Barat, Dosen Pembimbing Herika Rainathami, S.Sos., M. Si. Pokok permasalahan dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah Kegiatan Layanan Otomasi Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Terdapat empat komponen yang menjadi tujuan observasi, yaitu koleksi digital, layanan otomasi, sarana telusur serta perangkat otomasi yang digunakan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan titik perhatian pada layanan otomasi, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan beberapa informan, dan studi kepustakaan. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan layanan otomasi meliputi koleksi digital, layanan otomasi yang ada di perpustakaan, sarana telusur sampai pada perangkat otomasi yang digunakan. Simpulan yang diperoleh adalah Badan Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Jawa Barat dapat memberikan layanan otomasi kepada pengguna lengkap dengan sarana telusur dalam memudahkan proses temu kembali informasi. Dari hasil tersebut disarankan untuk lebih mengembangkan sumber daya informasi digital serta layanan otomasi yang ada di perpustakaan, selain itu perlu adanya sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan secara terlatih dalam teknik otomasi .
  • Item
    PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR KEARSIPAN DAN DOKUMEN KABUPATEN CIREBON
    (2013-07-03) GEA IGUN SEPTHYEN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Laporan hasil observasi ini menjelaskan tentang kegiatan pengelolaan arsip mulai dari penciptaan arsip sampai pemusnahan arsip. Tujuan dari kegiatan observasi ini adalah untuk mengetahui proses penciptaan dan pencatatan naskah dinas, penyebaran arsip yang dikelola, penyimpanan dan pemeliharaan arsip, pelayanan informasi arsip serta jadwal retensi dan pemusnahan arsip. Metode kegiatan observasi yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, studi dokumen, dan studi lapangan yaitu wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan observasi ini adalah kegiatan pengelolaan arsip di Kantor Kearsipan dan Dokumen dilakukan dengan cara sistematis sesuai ketentuan prosedur Pemerintah Kabupaten Cirebon. Kesimpulan dari kegiatan observasi ini adalah bahwa penciptaan dan pencatatan naskah dinas memiliki ketentuan dalam kegiatan penciptaan dan proses pencatatan arsip dilakukan dengan menggunakan buku agenda, buku ekspedisi dan kartu kendali. Penyebaran arsip yang dikelola adalah arsip dinamis, arsip statis dan arsip vital. Penyimpanan arsip disusun berdasarakan sistem numeric, sistem geografis, dan sistem kronologis dan pemeliharaan dilakukan melalui proses fumigasi. Pelayanan informasi arsip adalah pelayanan dan legalisasi arsip atau dokumen. Pemusnahan arsip menggunakan jadwal retensi sebagai prosedur pemusnahan arsip.
  • Item
    Manajemen Arsip Elektronik pada Badan Ketahanan Pangan daerah Jawa Barat
    (2015-12-11) MUHAMMAD IHSAN KAMIL; Encang Saepudin; Tidak ada Data Dosen
    sistem informasi kearsipan memiliki peran yang sangat penting terhadap kemajuan organisasi baik di luingkungan perusahaan maupun dilingkungan instansi pemerintahan. Badan Ketahanan Pangan Daerah Jawa Barat merupakan instansi pemerintahan yang memiliki beberapa gudang penyimpanan arsip yang belum ditata sesuai aturan. sehingga mengakibatkan sulitnya proses penemuan kembali arsip.observasi ini dirancang untuk membantu petugas arsip dalam mengelola arsip yang ada dan dirancang berbasis web untuk memberikan kemudahan dalam mengakses data dari lokasi penyimpanan arsip yang berjauhan
  • Item
    Proses Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat
    (2014-07-03) ANGGIA NABILA; Herika Rainathami; Tidak ada Data Dosen
    Anggia Nabila, 2014, 210503100003. “Proses Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat”. Pembimbing Herika Rainathami, S.Sos., M.Si. Program Diploma III Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penulisan laporan bertujuan untuk mengetahui proses inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi dan labeling bahan pustaka di Perpustakaan Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat. Metode penulisan menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan data berupa observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa proses pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat meliputi empat tahapan yaitu inventarisasi, klasifikasi katalogisasi dan labeling. Proses inventarisasi bahan pustaka terdiri dari scan cover buku, pemberian nomor ID, pemberian identitas buku, dan pengisian data ke Pusaka, namun terdapat tahapan yang kurang yaitu pemeriksaan bahan pustaka. Proses klasifikasi bahan pustaka terdiri dari analisis subjek, menentukan nomor klasifikasi dan menginput ke dalam pusaka, pada proses klasifikasi menggunakan e-DDC sehingga tidak mempersiapkan bagan klasifikasi. proses katalogisasi server pembuatan katalog digital dapat juga membuat format katalog kartu. Pada proses labeling bahan pustaka pembuatan kartu buku, kantong buku dan date slip tidak dilakukan.
  • Item
    Penataan Ruang Layanan Baca Anak di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat
    (2013-10-22) NURLAILY WULANDARI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Laporan tugas akhir ini berjudul Penataan Ruang Layanan Baca Anak di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui tentang tata ruang, tata letak perabot dan juga fungsi dari ruang layanan baca anak di Perpustakaan BAPUSIPDA. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan memaparkan hasil observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan penyusun diantaranya menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil observasi menunjukan bahwa tata ruang dan penataan perabotan di ruang layanan baca anak ini sudah ditata dan diperhatikan dengan baik dalam menciptakan kenyamanan bagi pemustakanya dan juga ruangan berfungsi dengan baik. Kesimpulan dari laporan ini, tata ruang dari pencahayaan, sirkulasi udara, warna dan kenyamanan suara dan juga untuk tata letak perabotan sejalan sesuai dengan aturan pedoman penyelenggaraan perpustakaan umum dan fungsi ruangan sebagai tempat menyimpan koleksi bahan pustaka, ruang untuk membaca, belajar dan bermain anak-anak, sebagai tempat untuk layanan story telling, ruang layanan sirkulasi, dan sebagai tempat untuk memutar koleksi video. Penulis mengemukakan saran untuk menciptakan sirkulasi udara didalam ruangan layanan baca anak ini selain menggunakan air conditioner sebaiknya didalam ruangan layanan baca anak ini memasang kipas angin yang berfungsi untuk mempercepat pertukaran udara
  • Item
    Penerapan Otomasi Perpustakaan Di Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan
    (2013-10-22) LUTHFI ARDY SYAHHERTIAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan otomasi perpustakaan di Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan, bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh staf perpustakaan dalam penerapan otomasi perpustakaan, apa saja komponen dalam penerapan otomasi perpustakaan, kemudian untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses penerapan otomasi perpustakaan. Metode pengamatan yang digunakan adalah dengan metode deskriptif, yaitu metode yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada kemudian menjelaskan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Data-data yang diperlukan dalam penulisan ini diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam penerapan otomasi perpustakaan di Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan, meliputi proses: pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (komputer dan aplikasinya), pengumpulan data, dan input data. Komponen dalam penerapan otomasi perpustakaan meliputi: seperangkat komputer, aplikasi komputer (software), data koleksi, dan data keanggotaan. Kendala dalam penerapan otomasi perpustakaan adalah kurangnya staf terlatih, input data yang terlalu banyak, dan keterbatasan dana. Kata kunci: perpustakaan, otomasi perpustakaan, Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan, teknologi informasi dan komunikasi, input data, komponen, kendala.
  • Item
    PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGELOLAAN DOKUMEN DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)
    (2013-07-16) MUCHAMAD SOLEH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Muchamad Soleh, 2013, 210503090013, Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Dokumen di PT. Kereta Api Indonesia (Persero), dengan dosen pembimbing Saleha Rodiah, S.Sos., M.Si. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini untuk mengetahui perangkat pengelolaan dokumen, untuk mengetahui prosedur pengelolaan dokumen, untuk mengetahui prosedur alih media (scanning), untuk mengetahui prosedur pengiriman surat elektronik (e-mail) serta mengetahui prosedur penelusuran dokumen di PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung di bagian General Documents and Files PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan kegiatan pengelolaan dokumen, prosedur pengelolaan dokumen, prosedur alih media, prosedur pengiriman e-mail serta penelusuran dokumen. Kesimpulannya pemanfaatan teknologi informasi di unit General Documents and Files PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sangat berpengaruh dalam mempermudah pencarian dokumen. Muchamad Soleh, 2013, 210503090013, The Utilization of Information Technology in The Management of Documents on PT. Kereta Api Indonesia (Persero), with supervising Saleha Rodiah, S.Sos., M.Si. The purpose of this final project report writing to figure out document management device, document management procedures, to discover, to find out the procedure of the media (scanning), to know the procedure of delivery of electronic mail (e-mail) as well as knowing the search procedure documents on PT. Kereta Api Indonesia (Persero). The method used is descriptive data collection techniques through observation, interviews directly in the General Documents and Files PT. Kereta Api Indonesia (Persero) and the study of librarianship. Observationally found document management activities, document management procedures, procedures over the media, mail delivery and search procedure document. The conclusion of the use of information technology in unit of general documents and files PT. Kereta Api Indonesia (Persero) was very influential in facilitate the search of a document
  • Item
    KUALITAS PELAYANAN REKENING GIRO PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk. CABANG BANDUNG
    (2013-10-21) KARTIKA ERCANTI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK KARTIKA ERCANTI, NPM 210403100036, Jurusan Komunikasi Bisnis. Laporan tugas akhir ini berjudul “Kualitas Pelayanan Rekening Giro Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Bandung” dengan dosen pembimbing Dedi Rumawan, S.Sos., M.Si. Sub Program Komunikasi Bisnis Program Diploma III PAKT Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui “Kualitas Pelayanan Rekening Giro Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Bandung”, yang mencakupi: Syarat-syarat, Proses dan Layanan dalam pratransaksi dan pascatransaksi pelayanan listrik prabayar, serta mengetahui permasalahan dan penyelesaiannya pelayanan rekening giro pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero)Tbk. Cabang Bandung. Metode pengamatan yang dilakukan adalah metode deskriptif. Kegiatan pengamatan ini dilakukan dengan cara menganalisis dan menginterprestasikan data yang telah terkumpul melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan rekening giro pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Bandung sudah berkualitas karena sesuai dengan standar pelayanan, baik dalam proses pratransaksi, ataupun proses pascatransaksi. BTN dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan rekening giro dengan pendekatan win win solution.
  • Item
    PENGGUNAAN RADIO SEBAGAI MEDIA PENCITRAAN HUMAS PT. PERTAMINA RU VI BALONGAN INDRAMAYU
    (2013-08-27) REYNE REZALIA HAMAIDA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Reyne Rezalia Hamaida, 210403100035, Program Studi Komunikasi Bisnis, Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Dibawah bimbingan Mohd.Hussein Nawawi. M.Ikom dengan judul “Penggunaan Media Radio Sebagai Media Pencitraan oleh Humas PT.Pertamina RU VI Balongan Indramayu.” Tujuan dari ini yaitu untuk mengetahui strategi media yang digunakan untuk pencitraan yang ada di divisi Humas, mengetahui media yang digunakan dalam pencitraan, mengetahui tujuan dan manfaat media radio dalam proses pencitraan, dan mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh divisi Humas dan hambatan media yang digunakan sebagai alat pencitraan perusahaan PT.Pertamina RU VI Balongan Indramayu.
  • Item
    Tinjauan Promosi Kelas Tari Wanna Be Pro di Radio
    (2013-09-05) INDRIATY; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Indriaty, NPM 210403100034, laporan tugas akhir ini berjudul “TINJAUAN PROMOSI KELAS TARI WANNA BE PRO DI RADIO”. Dosen pembimbing Agus Setiaman,S. Sos.,M.I.kom , Program diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini, untuk mengetahui perencanaan promosi kelas tari, untuk mengetahui pelaksanaan promosi kelas tari, dan untuk megetahui evaluasi promosi di radio Ardan 105,9 FM Bandung. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir yaitu metode deskriptif, dengan cara mengumpulkan informasi-informasi tentang kegiatan promosi di lapangan, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil pengamatan menjelaskan tentang promosi kelas tari dengan barter promosi yang dilakukan oleh radio ardan untuk menarik minat dari para calon klien agar melakukan kerja sama. Tidak hanya itu saja akan tetapi keduanya kerjasama untuk saling menguntungkan di bidang yang berbeda. Melalui pemahaman tentang tujuan tinjauan promosi kelas tari wanna be pro di radio ardan yaitu untuk membangun brand image wanna be pro sebagai sebuah organisasi yang professional di bidang seni tari dengan berbekal berbagai prestasi, dan lebih mengenal radio ardan sebagai radio anak muda di kota bandung pada calon klien. ABSTRAC Indriaty, NPM 210403100034, this final report entitled " WANNA BE PRO DANCE CLASS PROMOTION REVIEW IN RADIO ". Agus supervisor Setiaman, S. Sos., MIkom, diploma III Education Program Expert Applied Communication Faculty of Communication University of Padjadjaran Jatinangor. The purpose of writing this final report, to know the dance class promotion planning, to determine grade promotion dance implementation, and evaluation for promotion in radio megetahui Ardan 105.9 FM Bandung. The method used in the thesis is descriptive method, by collecting information about the promotional activities in the field, while the data collection is done through techniques, observation, interviews, and literature. Explain observations about dance classes with barter promotion campaign undertaken by Ardan radio to attract the interest of prospective clients to do the same work. Not only that but both cooperation for mutual benefits in different areas. Through an understanding of the purpose of a review promotional dance class wanna be pro at Ardan radio is to build a brand image as a wanna be pro professional organization in the field of dance armed with a variety of achievements, and more familiar Ardan radio as a young radio in the city of Bandung on candidates clients.
  • Item
    GAYA KEPEMIMPINAN DI PT. TRINITY MEDIA PRIMA BANDUNG
    (2013-07-17) VENNY NOVITA WULANDARI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Venny Novita Wulandari 210403100032. “Gaya Kepemimpinan di PT. Trinity Media Prima Bandung”, Dibawah bimbingan Uud Wahyudin, S.Sos., M.Si. Program Diploma III, Sub Program Studi Komunikasi Bisnis. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan di PT. Trinity Media Prima, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang muncul selama menggunakan gaya kepemimpinan tersebut di PT. Trinity Media Prima. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penulisan menunjukan bahwa gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh PT. Trinity Media Prima adalah gaya kepemimpinan demokratis, dimana segala kebijakan dan keputusan diambil berdasarkan kesepakatan dan musyawarah. Selain itu hambatan yang ditemui adalah karyawan belum mengerti sepenuhnya mengenai gaya kepemimpinan demokratis, maka ada beberapa karyawan yang memanfaatkan hal tersebut untuk bekerja dengan seenaknya. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis yang dijalankan oleh PT. Trinity Media Prima belum maksimal karena masih timbul beberapa hambatan seperti karyawan yang manjadan seenaknya dalam melakukan pekerjaan. Saran untuk PT. Trinity Media Prima adalah harus lebih tegasnya pimpinan kepada karyawannya, sistem punishment diberlakukan secara adil sehingga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab serta menghilangkan rasa iri. ABSTRACT Venny Novita Wulandari 210403100032. “The Models of Leadership at PT. Trinity Media Prima Bandung,” under guidance Uud Wahyudin,S.Sos.,M.Si. Diploma III Program, Business Communication Study Subprogram. Faculty of Communication Study, University of Padjadjaran. The aims of this writing are to understand the models of leadership at PT. Trinity Media Prima, and to find out obstacles encountered under the models of leadership at PT. Trinity Media Prima. The phenomenological method used is descriptive, to obtain view of such activity by using such data collection techniques as observations, interviews, and literature studies. The results suggest that models of leadership at PT. Trinity Media Prima are models of democratic leadership, in which all of policies and decisions are made based on agreement and discussion. In addition, obstacles encountered are employees have not thoroughly understanding of models of democratic leadership, so some employees are exploiting those models to work at will. Based on this writing, we concluded that models of democratic leadership at PT. Trinity Media Prima is not yet maximally run as some barriers are still exist such as those employees performing their works at will. However, the role of leader in this corporate was maximally run. Suggestion for PT. Trinity Media Prima are management should be more explicit to employees, punishment system need to be effective in a fair way, thereby making sense of responsibility grow and jealous disappear.
  • Item
    KEGIATAN PERSONAL SELLING DALAM MEMASARKAN PRODUK OTO STOPRISK DI PT. ASURANSI RAMAYANA BANDUNG
    (2013-07-20) FIKRI BURHANUDDIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Fikri Burhanuddin. NPM 210403100033, Laporan tugas akhir 2013 “Kegiatan Personal Selling dalam Memasarkan Produk Oto Stoprisk di PT. Asuransi Ramayana Bandung”. Dosen pembimbing Drs. Iwan Koswara, M.Si. Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah mengetahui kegiatan dan strategi personal selling di PT. Asuransi Ramayana Tbk. Tujuan dari kegiatan adalah untuk menarik minat konsumen dan memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang produk Oto Stoprisk. Strategi yang dilakukan oleh PT. Asuransi Ramayana Tbk adalah Personal Touch, Door to Door, Kerjasama dengan Perusahaan Lain, Sponsorship serta Pelayanan Purna Jual. Hal ini dilakukan demi meningkatkan volume pejualan produk Oto Stoprisk di PT. Asuransi Ramayana Tbk. Menggunakan metode deskriptif, dari hasil pengamatan PT. Asuransi Ramayana Tbk melakukan kegiatan bertujuan untuk menginformasikan dan mempromosikan produk Oto Stoprisk. Untuk saran adalah PT. Asuransi Ramayana Tbk sebaiknya menambahkan karyawan pada divisi marketing, agar kegiatan personal selling anggota lebih fokus terhadap perkerjaan nya masing-masing. Sehingga kegiatan lapangan ketika ada event berlangsung berjalan maksimal.
  • Item
    TINJAUAN KEGIATAN KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE DI PT. BANK PEMBANGUNAN JABAR DAN BANTEN Tbk CABANG SUKAJADI BANDUNG
    (2013-11-03) DESY ROSLYANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh customer service bank bjb cabang Sukajadi Bandung dalam melayani nasabah.
  • Item
    Komunikasi Organisasi Ke Atas dan Ke Bawah Seorang Kreatif di Trans Studio Bandung
    (2014-11-06) RIZKISYA WIDIANDWITRA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Rizkisya Widiandwitra. “Komunikasi Organisasi Ke Atas dan Ke Bawah seorang Kreatif di Trans Studio Bandung”, Dibawah bimbingan Moch. Hussein Nawawi, Drs., M.Ikom. Program Diploma III, Sub Program Studi Komunikasi Bisnis. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan komunikasi ke atas dan ke bawah seorang Kreatif di Trans Studio Bandung, mengetahui media komunikasi ke atas dan ke bawah yang digunakan seorang Kreatif di Trans Studio Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penulisan menunjukan bahwa bentuk kegiatan komunikasi ke atas seorang Kreatif di Trans Studio Bandung adalah meeting, briefing, dan komunikasi informal sedangkan bentuk komunikasi ke bawah adalah sosialisasi konsep, briefing dan komunikasi informal, kemudian media komunikasi yang digunakan seorang Kreatif dalam komunikasi ke atas adalah berupa telepon, interaksi pribadi, personal message dan e-mail, dan media komunikasi ke bawah yang digunakan adalah interaksi pribadi, telepon, e-mail, personal message, Surat Peringatan, Surat Keputusan dan memo dinas. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi ke atas seorang Kreatif banyak menggunakan spoken media (lisan) sedangkan untuk komunikasi ke bawah cenderung menggunakan written media (tulisan). Saran untuk Department Show and Production dimana Kreatif adalah untuk memanfaatkan media komunikasi yang lain seperti gathering, dan juga penggunaan sistem satu pintu terhadap penyebaran informasi untuk menghindari kesalahpahaman informasi (missed-communication).
  • Item
    Tinjauan Kegiatan Komunikasi Horizontal Dan Penggunaan Saluran Komunikasi Di Divisi Humas Bagian Publikasi Dan Layanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI
    (2013-10-22) MAYANGSARI WILANDINI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Mayangsari Wilandini. “Tinjauan Kegiatan Komunikasi Horizontal Dan Penggunaan Saluran Komunikasi Di Divisi Humas Bagian Publikasi Dan Layanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI”, Dibawah bimbingan Nindi Aristi,S.Sos.M.Comn. Program Diploma III, Sub Program Studi Komunikasi Bisnis. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan komunikasi horizontal Di Divisi Humas Bagian Publikasi Dan Layanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI, mengetahui bentuk saluran komunikasi Di Divisi Humas Bagian Publikasi Dan Layanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI, mengetahui efektivitas dari pelaksanaan kegiatan komunikasi Di Divisi Humas Bagian Publikasi Dan Layanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI, dan mengetahui efektivitas dari penggunaan saluran komunikasi horizontal Di Divisi Humas Bagian Publikasi Dan Laanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kegiatan tersebut dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penulisan menunjukan bahwa bentuk kegiatan komunikasi horizontal Di Divisi Humas Bagian Laanan Informasi adalah berupa selentingan dan koordinasi, kemudian saluran komunikasi yang digunakan adalah berupa telepon, interaksi pribadi, dan e-mail, dan kegiatan komunikasi horizontal dan saluran komunikasi di Divisi Humas Bagian Layanan Informasi dapat dinilai efisien namun kurang efektif. Berdasarkan penulisan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan komunikasi horizontal dan saluran komunikasi Di Divisi Humas Bagian Layanan Informasi Di Kantor Pusat BPK RI dirasa efisien namun kurang efektif. Hal itu karena pemanfaatan media komunikasi yang digunakan terbilang sedikit, kegiatan komunikasi horizontal hanya menggunakan meeting dan selentingan, seta saluran komunikasi yang hanya mengandalkan interaksi pribadi, telepon, dan e-mail. Saran untuk Divisi Humas Bagian Layanan Informasi Kantor Pusat BPK RI adalah untuk memanfaatkan media komunikasi yang lain seperti personal message, gathering, kotak saran, dan juga forum-forum komunikasi seperti chatroom di intranet, grup di social networking lainnya.
  • Item
    KEPESERTAAN PT. ASURANSI RAMAYANA TBK. KANTOR CABANG BANDUNG PADA TENDER JASA ASURANSI KERUGIAN DI PT. NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI
    (2013-10-22) IQBAL FARISI HATTA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Iqbal Farisi Hatta. NPM 210403100028, laporan tugas akhir ini berjudul “Kepesertaan PT. Asuransi Ramayana Tbk. Kantor Cabang Bandung Pada Tender Jasa Asuransi Kerugian di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi”. Dosen pembimbing Bapak Iwan Koswara, Drs., M.Si, Program Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tujuan kepesertaan tender, mengetahui proses kepesertaan tender, dan mengetahui strategi untuk mengoptimalkan kepesertaan PT. Asuransi Ramayana Tbk. Kantor Cabang Bandung dalam tender jasa asuransi kerugian di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, dengan cara mengumpulkan informasi-informasi tentang kegiatan tender dilapangan, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil pengamatan menjelaskan tentang tujuan kepesertaan dalam tender yaitu, memenuhi kepuasan dan keinginan tertanggung, menciptakan persaingan sehat, mengefisiensikan waktu dan tenaga, dan mengoptimalkan marketing skill. Mengetahui proses kepesertaan tender yang dimulai dari pengumuman tender dan diakhiri dengan penandatanganan kontrak kerja. Serta mengetahui strategi untuk mengoptimalkan kepesertaan yaitu, mengoptimalkan tim penanganan tender dan mengoptimalkan pemahaman terhadap dokumen-dokumen tender. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa PT. Asuransi Ramayana Tbk. Kantor Cabang Bandung mencapai hasil yang optimal dengan memenangkan tender tersebut