Browsing by Author "Agus Setiaman"
Now showing 1 - 20 of 116
Results Per Page
Sort Options
Item Adaptasi Komunikasi Mahasiswa Papua di Jatinangor(2016-08-23) YABUNAYYA AULIA AL A; Agus Setiaman; Slamet MulyanaABSTRAK Yabunayya Aulia Al A Yubi, 210110110218, 2016. Skripsi ini berjudul “Adaptasi Komunikasi Mahasiswa Papua di Jatinangor”. Pembimbing utama Dr. Slamet Mulyana.Drs.,M.Ikom dan pembimbing pendamping Agus Setiaman S.Sos,M.Si. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Dalam penelitian ini terdapat 6 tujuan penelitian yang menjadi pedoman peneliti, yaitu Peneliti ingin mengetahui bagaimana keadaan ketika mahasiswa Papua sampai di Jatinangor, bagaimana cara mahasiswa Papua dalam mengenalkan diri, bagaimana mahasiswa Papua mengikuti partisipasi dalam kegiatan lingkungan, bagaimana cara mahasiswa Papua menyesuaikan bahasa dan logat, bagaimana cara mahasiswa Papua menyesuaikan humor, dan bagaimana tingkat keterbukaan mahasiswa Papua. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data dari Miles dan Haberman. Hasil penelitian yang didapat adalah mahasiswa Papua mengalami keadaan yang sulit saat sampai di Jatinangor. Mahasiswa Papua mencoba mengenalkan diri ketika sampai dalam lingkungan baru, namun mendapatkan hambatan ketika mencoba mengenalkan diri dalam lingkungan baru. Mahasiswa Papua mengikuti partisipasi dalam lingkungan baru. Mahasiswa Papua melakukan penyesuaian bahasa dan logat seperti lingkunganya. Mahasiswa Papua memakai humor untuk masuk ke dalam lingkunganya. Mahasiswa Papua memiliki keterbukaan yang berbeda pada lingkungan baru. Kesimpulan Mahasiswa Papua mengalami keadaan sulit karena gegar budaya yang besar. Mahasiswa Papua hambatan internal dan eksternal ketika mengenalkan diri. Mahasiswa Papua melakukan partisipasi dalam kegiatan agar dapat belajar dari lingkungan. Mahasiswa Papua mencoba menyesuaikan bahasa dan logat agar diterima oleh lingkungan. Mahasiswa Papua mengerti humor dalam lingkungan, namun hanya beberapa yang bisa menggunakan humor. Mahasiswa Papua mempunyai tingkat keterbukaan yang berbeda, namun hanya bisa terbuka sepenuhnya pada sahabat mereka. Abstract Yabunayya Aulia Al A Yubi, 210110110218, 2016. This thesis entitled "Adaptation Communications Papua Students in Jatinangor". The main Supervisor Dr. Slamet Mulyana.Drs., M.Ikom and supervising companion Agus Setiaman S.Sos, M.Si. Communication Management Studies Program, Faculty of Communication Padjadjaran University. In this research there are six research goals that guide the researcher, the researchers wanted to know how the situation when a student Papua until Jatinangor, how Papuan students introducing themselves, how Papuan students following the participation in the activities of environment, how Papuan students to adjust the language and dialec , how students Papua adjust humor, and how the level of self disclosure Papua student. The method used in this research is descriptive qualitative and technical data analysis from the Miles and Haberman. Result of research is obtained Papuan students experienced a difficult situation when reached Jatinangor. Papuan students try to introduce themselves when it comes to the new environment, but it gets obstacles when trying to introduce themselves in a new environment. Papuan students follow participation in a new environment. Papuan students make adjustments languages and dialects like new environment. Papuan students wear humor to get into their new environment. Papuan students have different disclosure in the new environment. Conclusion Papuan Students experiencing a difficult situation due to huge culture shock. Students Papua internal and external obstacles when introducing themselves. Papuan students do participate in activities in order to learn from the environment. Papuan student trying to adjust language and dialect to be accepted by the environment. Papuan students understand the humor in the environtment, but only a few can use humor. Papuan students have different levels of openness, but can be opened completely on their friends.Item Analisis Pengaruh Kualitas Produk Wifi.Id Terhadap Kepuasan Pelanggan(2018-01-16) RIDHO WAHYUDI; Kismiyati El Karimah; Agus SetiamanRidho Wahyudi, 210110130183, 2017. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Pengaruh Kualitas Produk ‘Wifi.Id’ Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Pembimbing utama Hj. Kismiyati El Karimah Dra.,M.Si. dan Agus Setiaman,S.Sos.,M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk ‘Wifi.Id’ terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk diturunkan menjadi delapan sub variabel, yaitu performance, features, realibility, conformance, durability, serviceability, aesthatics, dan perceived quality. Penelitian ini memakai teori Atribusi dari Weiner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif dengan menggunakan rumus regresi berganda. Teknik pengambilan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden, yaitu pelanggan ‘Wifi.Id’ yang telah melakukan penggunaan produk lebih dari 3 bulan pemakaian. Pemilihan responden dilakukan melalui teknik Simple Random Sampling dengan 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh kualitas produk ‘Wifi.Id’ terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat pengaruh secara signifikan pada semua sub variabel terhadap kepuasan pelanggan. Saran dari hasil penelitian ini adalah PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. diharapkan dapat menambah fitur-fitur baru untuk membuat pelanggan lebih tertarik terhadap produk dan Pihak PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. WITEL SUMBAR diharapkan dapat menambah berbagai metode promosi yang mungkin bisa menyadarkan perhatian konsumen.Item Apresiasi Komunitas Sone Bandung Terhadap Grup Penyanyi Wanita Korea Girls Generation(2009) CHANTIKA RIDHA PURYANTI; Pramono Benyamin; Agus SetiamanChantika Ridha Puryanti, 2016. Apresiasi Komunitas Sone Bandung Terhadap Grup Penyanyi Wanita Korea “Girls’ Generation”. Studi deskriptif mengenai apresiasi komunitas SONE di Bandung terhadap Grup penyanyi wanita Korea Girls’ Generation. Agus Setiaman,S.SOS,M.Ikom sebagai Pembimbing Utama, dan Drs. Pramono Benyamin,M.Pd sebagai Pembimbing Pendamping di Fakultas Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan komunitas SONE sebagai penggemar dari Girls’ Generation terhadap lagu, penampilan dan perilaku dari Girls’ Generation. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan data diperoleh melalui angket, wawacara, observasi dan studi dokumentasi. Responden penelitian ini adalah para penggemar dari Girls’ Generation yang tergabung di komunitas SONE Bandung. Hasil penelitian ini dilihat dari aspek kognitif, aspek emotif dan aspek evaluative yang menurut penggemar Girls’ Generation di komunitas SONE Bandung mayoritas mengetahui perkembangan dari idolanya tersebut, selain itu penggemar di komunitas SONE juga sudah merasa puas terhadap penampilan dan lagu dari Girls’ Generation karena dapat mewakili perasaan dan sesuai dengan tingkat kebutuhan mereka. Namun, masih terdapat terdapat beberapa saran yang perlu di pertimbangkan untuk meningkatkan performa dari Girls’ Generation untuk kebaikan mereka di masa mendatang.Item BIOSKOP ALTERNATIF SEBAGAI PERLAWANAN TERHADAP DOMINASI RUANG PUBLIK(2018-10-11) RADIFAN CAKRA AJI; Eni Maryani; Agus SetiamanRadifan Cakra Aji. 210110140231. “Bioskop Alternatif sebagai Perlawanan terhadap Dominasi Ruang Publik”. Sub Judul Skripsi: “Studi Kasus mengenai Peran Bioskop Alternatif kineforum sebagai Perlawanan terhadap Dominasi Ruang Publik” dengan pembimbing utama Dr. Eni Maryani, M.Si, dan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan bioskop alternatif kineforum sebagai ruang publik di perfilman Indonesia. Kineforum adalah salah satu tanggapan atas ketiadaan ruang putar non-komersial dalam perfilman Indonesia. Penelitian ini melihat tentang apa yang melatarbelakangi kemunculan kineforum, aktivitas kineforum sebagai bioskop alternatif, dan bagaimana bioskop alternatif kineforum dapat menjadi ruang publik serta perlawanan terhadap dominasi ruang publik di perfilman Indonesia (arus utama) yaitu mekanisme bioskop komersial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keberadaan bioskop alternatif kineforum sebagai tanggapan terhadap dominasi yang disebabkan oleh monopoli dalam supply chain management oleh PT Subentra pemiliki bioskop 21 Cineplex. Aktivitas yang dilakukan kineforum memungkinkan keterlibatan publik sebagai faktor penting dalam kegiatan seperti pemutaran film, mengikuti diskusi dengan sineas dan penggiat film, serta sesi diskusi khusus. Penelitian ini mengungkapkan bahwa lewat aktivitas tersebut kineforum hadir sebagai bentuk counter-public sphere yang menghasilkan perlawanan lewat keberagaman film serta ruang diskusi untuk publik, sehingga memberi ruang untuk penonton dapat lebih kritis dalam mengapresiasi film-film yang tidak hanya tersedia di arus utama.Item BRAND IMAGE SPECS DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA SPECS PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIT SEPAKBOLA UNPAD(2016-08-10) ANDRI BIMO WICAKSONO; Agus Setiaman; Jimi Narotama MahameruajiABSTRAK Andri Bimo Wicaksono. 210110100288. 2015. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Hubungan Antara Brand Image SPECS Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga pada UKM USBU”. Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing utama dan Jimi Narotama, S.Sos.,M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara brand image Specs dalam keputusan pembelian sepatu olahraga pada UKM USBU dengan teori Hierarchy of effect sebagai landasan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Sampel penelitian diambil dari anggota UKM USBU yang melakukan pembelian produk sepatu olahraga Specs, dengan populasi 94 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik sistyematic sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 48 responden. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image Specs yang diukur oleh keputusan pembelian sepatu olahraga Specs pada UKM USBU memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat sebesar 0,884. Sedangkan secara parsial, pengaruh paling besar diberikan oleh variabel Consumer Benefits . Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat keeratan hubungan yang sangat kuat dalam keputusan pembelian sepatu Specs pada UKM USBU. Kata kunci : Brand Image, keputusan pembelian konsumenItem Efektivitas Word Of Mouth Pada Penggunaan Jasa PT. Gojek Indonesia(2017-02-28) AMYRA SARI IRZANTI; Dedi Rumawan Erlandia; Agus SetiamanAmyra Sari Irzanti, 210110120379, Prodi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang berjudul “Efektivitas Word Of Mouth Pada Penggunaan Jasa PT. Gojek Indonesia: Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Word Of Mouth Pada Penggunaan Jasa PT. Gojek Indonesia Di Kalangan Mahasiswa Jakarta”. Pembimbing utama Agus Setiaman, S.Sos.,M.I.Kom. dan didampingi oleh pembimbing kedua yaitu Dedi R. Erlandia,A.Md.,S.Sos.,M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas talkers pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia, untuk mengetahui bagaimana efektivitas topics pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia, untuk mengetahui bagaimana efektivitas tools pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia, untuk mengetahui bagaimana efektivitas taking part pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas tracking pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa elemen talkers pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia sangat efektif, elemen topics pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia sangat efektif, elemen tools pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia sangat efektif, elemen taking part pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia sangat efektif, dan elemen tracking pada penggunaan jasa PT. Gojek Indonesia sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth yang mencakup talkers, topics, tools, taking part, dan tracking sangat efektif.Item HATE COMMENT NETIZEN PADA AKUN SELEB TIKTOK (STUDI NETNOGRAFI TERHADAP HATE COMMENT NETIZEN PADA AKUN @J**YPUTRII21 TERKAIT KASUS PELANGGARAN PPKM)(2023-02-14) ALISTYA FAIRUZMUTI YUSMANIAR; Ira Mirawati; Agus SetiamanMedia sosial menjadi ladang bagi penggunanya dalam melakukan interaksi tanpa harus saling mengenal satu sama lain, mengetahui identitasdan bertemu secara tatap muka. Salah satu bentuk interaksinya dapat dilakukan dengan memberikan komentar dan saling berkomentar pada sebuah unggahan di media sosial oleh netizen. Netizen merupakan peserta aktif dalam komunitas online internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku berkomentar pengguna TikTok pada akun @j**yputrii terhadap hate comment. Hate comment menjadi salah satu pelanggaran Netiquette (Network Etiquette) atau etika di internet, yaitu etika tentang berinteraksi melalui jaringan internet sekaligus sebagai kode sosial dan moral yang harus dipatuhi oleh pengguna internet. Salah satu akun content creator yang dikenal juga sebagai selebriti TikTok yang diteliti dalam penelitian ini mendapat hate comment netizen pada platform TikTok yaitu akun pemilik akun @j**yputrii21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan netnografi. Hasil penelitianmenunjukan hate comment netizen mengacu pada pemberian nama buruk dan pendapat merendahkan yang melanggar netiket. Adapun beberapa aturan netiket yang dilanggar beradasrkan 10 aturan netiket menurut Virginia Shea diantaranya adhere to the same standards of behavior online that you follow in real life, make yourself look good online, help keep flame wars under control dan be forgiving of other people’s mistake.Item HUBUNGAN ANTARA IKLIM KOMUNIKASI DENGAN KINERJA KARYAWAN PT. SEMEN PADANG(2018-08-13) EGA LIYANDRI; Duddy Zein; Agus SetiamanABSTRAK Ega Liyandri, 210110140113, 2014. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakuktas Ilmu Komunikasi, Univeritas Padjadjaran. Judul penelitian yaitu “Hubungan Antara Iklim Komunikasi Dengan Kinerja Karywan PT. Semen Padang”. Pembimbing utama adalah Duddy Zein, Dr., M.Si dan pembimbing pendamping adalah Agus Setiaman, S.Sos., M.Si Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui sejauh mana hubungan antara iklim komunikasi dengan kinerja karyawan di PT. Semen Padang. Iklim komunikasi diturunkan menjadi sub variabel yang terdiri atas kepercayaan, pembuatan keputusan berama, kejujuran, keterbukaan, mendengarkan dan perhatian pada tujuan berkinerja tinggi. Penelitian ini berdasarkan Teori Strukturasi Organisasi dari Marshal Scoot dan Robert McPhee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data primer berupa angket yang disebarkan kepada responden yaitu karyawan PT. Semen Padang sebanyak 95 orang. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah terdapat hubungan antara iklim komunikasi dengan kinerja karyawan PT. Semen Padang. Kata kunci : Hubungan, Iklim Komunikasi, kinerja karyawan. ABSTRAC Ega Liyandri, 210110140113, 2014. Department Of Communication Management, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran Univerity. The title of the study is "Relationship Between Climate Communication With The Current employees Performance Of PT Semen Padang." Main supervisor was Duddy Zein, Dr., M.Si and supervising Companion is Agus Setiaman, S.Sos., M.Si. The purpose of the research is to find out the extent of the relationship between climate communication with employees in the performance of PT Semen Padang. Climate communication was revealed to be sub variables consist of shared decision making, confidence, honesty, openness, listening and attention on high performancegoals. The methods used in this research is the korelasional method. Research using primary data collection techniques in the form of a question form distributed to respondents, namely employees of PT Semen Padang as many as 95 people. The results of the research there is a significant relationship between climate communication with employee performance PT Semen Padang. Keywords: Correlation, climate communication, employee performance.Item HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN INFORMASI BPJS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN(2015-11-11) FERA NOVIANTI; Dedi Rumawan Erlandia; Agus SetiamanFera Novianti, 210110110019, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang berjudul “Hubungan Antara Kualitas Layanan Informasi BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan”. Pembimbing utama dalam penelitian ini adalah Agus Setiaman, S.Sos.,M.I.Kom, dengan pembimbing pendamping adalah Dedi Rumawan Erlandia,A.Md.,S.Sos.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keeratan hubungan antara Kualitas Layanan Informasi BPJS Kesehatan yang terdiri dari Ketepatan Informasi, Ketepatan Waktu Informasi, Akurasi Informasi, Pengurangan Ketidakpastian Informasi, dan Unsur Kejutan Informasi dengan Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan yang berkunjung di BPJS Center RSUD Majalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pencarian Informasi. Jumlah sampel pada penulisan ini adalah 99 responden yang merupakan peserta BPJS Kesehatan yang berkunjung di BPJS Center RSUD Majalaya. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji dan dianalisa dengan menggunakan analisa statistik deskriptif dan analisa statistik inferensial dalam bentuk perhitungan Product Moment/Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat atau erat antara kualitas layanan informasi BPJS Kesehatan dengan kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Selain itu terdapat hubungan yang cukup berarti antara sub variabel X yang terdiri dari ketepatan informasi, ketepatan waktu informasi, akurasi informasi, pengurangan ketidakpastian informasi, dan unsur kejutan informasi dengan kepuasan peserta BPJS Kesehatan.Item HUBUNGAN ANTARA MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TENTANG KESEHATAN MENTAL DENGAN KEPUASAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA MAHASISWA(2023-08-11) AI NURAIDAH; Agus Setiaman; Kismiyati El KarimahAi Nuraidah, 210510180093, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Motif Penggunaan Akun YouTube Satu Persen: Indonesian Life School dengan Kepuasan Pemenuhan Kebutuhan Informasi tentang Kesehatan Mental dan pada Mahasiswa” dengan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing Utama dan Dra. Kismiyati El Karimah, M.Si selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan informasi kini bertambah beriringan dengan banyaknya penyebar informasi, seperti media sosial. Akun YouTube Satu Persen merupakan salah satu penyebar informasi tentang Kesehatan mental khususnya pada mahasiswa. Setiap individu memiliki keinginan pribadi dalam mengakses dan mendapatkan informasi yang diinginkan guna mendapatkan kepuasan terhadap informasi yang dicari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara motif penggunaan Akun YouTube Satu Persen dengan kepuasan pemenuhan kebutuhan informasi tentang kesehatan mental pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode kuantitatif dengan perancangan eksplanatif korelasional melalui uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motif penggunaan Akun YouTube Satu Persen dengan kepuasan pemenuhan kebutuhan informasi tentang kesehatan mental pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Motif setiap orang memiliki harapan yang ingin dicapai terkait kepuasan yang akan didapatkan dari menggunakan media sosial Akun YouTube Satu Persen terkait informasi kesehatan mental sehingga apabila motif atau keinginannya sudah terpenuhi maka akan timbul kepuasan.Item Hubungan Antara Motivasi Berkelompok dengan Efektivitas Komunikasi Kelompok(2016-06-20) NANI PERMATA SARI; Agus Setiaman; Dadang SugianaNani Permata Sari, 210110110269. “Hubungan Antara Motivasi Berkelompok dengan Efektivitas Komunikasi Kelompok”. Pembimbing utama penelitian ini adalah Dr. Dadang Sugiana, M.Si. dengan pembimbing pendamping Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan antara motivasi berkelompok dengan efektivitas komunikasi kelompok di Komunitas Homey Korean Language Club Bandung (HKLCB). Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah teori FIRO dari William C. Schutz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data primer penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 62 responden yang merupakan anggota aktif HKLCB. Penentuan responden menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji dan dianalisa dengan menggunakan analisa statistic deskriptif dan inferensial dalam bentuk penghitungan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berkelompok dengan efektivitas komunikasi kelompok di komunitas HKLCB dengan koefisien korelasi sebesar 0,608. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebutuhan inklusi, kontrol dan afeksi dengan efektivitas komunikasi kelompok di komunitas HKLCB. Hubungan motivasi berkelompok terbesar terdapat pada variabel kebutuhan afeksi dengan efektivitas komunikasi kelompok di komunitas HKLCB dengan nilai korelasi 0,525. Saran dari penulis adalah untuk lebih memotivasi anggota mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti Norae Jarang, ada baiknya HKLCB memberikan hadiah bagi anggota yang menjadi partisipan kegiatan tersebut. Selain itu, akan lebih baik jika anggota senior dan anggota muda bisa berbaur satu sama lain dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada. Hal ini akan menghilangkan kesan ekslusivitas pada diri anggota senior dan dapat menciptakan hubungan yang memuaskan sehingga tercipta komunikasi yang baik dan efektif di dalam HKLCB.Item Hubungan Antara Pencarian Informasi Pada Akun Instagram @info_beasiswa dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers(2018-01-26) ANA HAPSARI; Jimi Narotama Mahameruaji; Agus SetiamanABSTRAK Ana Hapsari. 210110130018. 2018. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Hubungan Antara Pencarian Informasi pada Akun Instagram @info_beasiswa dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers”. Agus Setiaman., S.Sos, M.I.Kom sebagai pembimbing utama dan Jimi Narotama M., S.Sos, M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pencarian informasi pada akun instagram @info_beasiswa dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai beasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Information search process dari Carol Kuhlthau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan data penelitian dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada followers aktif akun instagram @info_beasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling random sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pencarian informasi pada akun instagram @info_beasiswa dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai beasiswa. Kata kunci: pencarian informasi, instagram, followers, pemenuhan kebutuhan informasiItem Hubungan antara penggunaan akun instagram @budayadisiplin dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers aktif(2019-11-26) AFIF KHOIRUL ANWAR; Dedi Rumawan Erlandia; Agus SetiamanAfif Khoirul Anwar, 210110120154, 2019. Program studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Hubungan Antara Penggunaan Akun Instagram @budayadisiplin dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Aktif”. Agus Setiaman, S.Sos.,M.I.Kom. sebagai pembimbing utama dan Dedi Rumawan Erlandia, S.Sos.,M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan akun instagram @budayadisiplin berupa intensitas, isi pesan, dan daya tarik dengan pemenuhan kebutuhan informasi yang meliputi kebutuhan kognitif, afektif, intergrasi personal, intergrasi sosial dan melarikan diri dari followers aktif mengenai kampanye tertib lalu lintas di Bandung. Penulisan ini menggunakan Teori Information Seeking sebagai landasan penulisan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada responden secara online. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yang merupakan followers aktif yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial, dengan menggunakan teknik perhitungan koefisien korelasi Pearson Product Moment. Hasil penulisan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas, isi pesan dan daya tarik akun instagram @budayadisiplin dengan tingkat pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, intergrasi personal, intergrasi sosial dan melarikan diri dari followers mengenai kampanye tertib lalu lintas di Bandung. Hubungan dengan koefisien tertinggi adalah 0,784 dan terrendah adalah 0,504. Saran dalam penulisan ini adalah agar akun Instagram @budayadisiplin dapat bekerjasama dengan infulencer yang memiliki banyak pengikut di Instagram untuk mengenalkan Kampanye gerakan budaya disiplin. Kata kunci: Media Sosial, Instagram, Followers, Kebutuhan InformasiItem Hubungan Antara Penggunaan Akun Instagram @Explorebogor dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Aktif Mengenai Destinasi Wisata di Bogor(2023-06-15) DIEN MARBELLA SAKINAH; Rd. Funny Mustikasari Elita; Agus SetiamanDien Marbella Sakinah, 210510150094, 2019. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Hubungan Penggunaan Akun Instagram @explorebogor Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Aktif”. Dr. Dra. Rd. Funny Mustikasari Elita M. Si, sebagai pembimbing utama dan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penggunaan akun Instagram @explorebogor yang terdiri dari intensitas penggunaan, isi pesan, dan daya tarik dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers aktif mengenai destinasi wisata di Bogor. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratifications yang dikemukakan oleh Elihu Katz, Michael Gurevitch, dan Hadassah Hass. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi korelasional. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 189 responden, dimana teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan akun Instagram @explorebogor yang terdiri dari intensitas penggunaan, isi pesan, dan daya tarik dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers aktif mengenai destinasi wisata di Bogor.Item HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @VISITBOGOR DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS(2016-06-17) ANGGIA SABILA PUTRI; Jenny Ratna Suminar; Agus SetiamanAnggia Sabila Putri, 210110110380, 2016. Program Studi Manajeman Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Hubungan Antara Penggunaan Akun Instagram @visitbogor dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers”. Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keeratan hubungan antara intensitas, isi pesan, dan daya tarik akun Instagram @visitbogor dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers akun Instagram @visitbogor tentang pariwisata di Bogor. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Information Seeking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket kepada sampel sebanyak 93 orang yang merupakan followers akun Instagram @visitbogor. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji dan analisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dalam bentuk penghitungan Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang erat antara penggunaan akun Instagram @visitbogor dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas, isi pesan, dan daya tarik akun Instagram @visitbogor dapat memenuhi kebutuhan informasi followers.Item HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN WEBSITE www.darahkubiru.com DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MENGENAI JEANS DI MEMBER www.darahkubiru.com(2017-08-24) SANDY ALVISABIL; Agus Setiaman; Rd. Funny Mustikasari ElitaSandy Alvisabil, 210110120344, 2017. Mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini berjudul “Hubungan antara Penggunaan website www.darahkubiru.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi mengenai jeans pada member www.darahkubiru.com ”. Dr. Hj. Rd Funny Mustikasari Elita, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi Hubungan antara penggunaan website www.darahkubiru.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi member indigo regional bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 81 orang yang terpilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan website www.darahkubiru.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi member. Termasuk didalamnya terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan website www.darahkubiru.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi member, terdapat hubungan yang signifikan antara isi pesan pada website www.darahkubiru.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi member, dan terdapat hubungan yang signifikan antara interaktivitas website www.darahkubiru.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi member. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan website www.darahkubiru.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi member. Saran dari penelitian ini adalah mengingat banyaknya komunitas indigo yang tertarik mengembangkan bisnis denim, sebaiknya website www.darahkubiru.com memberikan informasi yang lebih banyak mengenai perkembangan industri denim dari dalam maupun luarnegeri dengan menyajikan informasi langsung dari narasumber pemilik merek denim atau pelaku usahanya langsung, sehingga kejelasan informasi dan kesesuaian informasi didalamnya dapat dipertangungjawabkan.Item HUBUNGAN ANTARA PROSES PENCARIAN INFORMASI PADA AKUN INSTAGRAM @KUNINGANREPOST DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS(2018-01-11) AAS SOFIATUL MILAH; Agus Setiaman; Atwar BajariAas Shofiatul Milah, 210110130003, 2017. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Hubungan antara Proses Pencarian Informasi pada Akun Instagram @kuninganrepost dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers”. Dr. Atwar Bajari, M.Si. sebagai dosen pembimbing utama dan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara tahap awal (inisiation), tahap pemilihan (selection), tahap penjelajahan (exploration), tahap perumusan (formulation), tahap pengumpulan (collection) dan tahap penyajian (presentation) informasi pada akun instagram @kuninganrepost dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai objek wisata di Kuningan. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah Information Search Process (ISP) Theory dari Carol Kuhlthau (1991). Adapun metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel Acak Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat/kuat antara tahap awal (inisiation), tahap pemilihan (selection), tahap penjelajahan (exploration), tahap perumusan (formulation), tahap pengumpulan (collection) dan tahap penyajian (presentation) informasi pada akun instagram @kuninganrepost dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai objek wisata di Kuningan.Item Hubungan antara Terapi Wicara dengan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Anak Penderita Celah Bibir dan atau Langit-langit(2016-12-05) GHASSANI BUDI ANDARI; Pramono Benyamin; Agus SetiamanGhassani Budi Andari 210110120270. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian yaitu “Hubungan antara Terapi Wicara dengan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Anak Penderita Celah Bibir dan atau Langit-langit”. Pembimbing utama adalah Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. dan pembimbing pendamping adalah Pramono Benyamin, Drs., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebutuhan inklusi, kebutuhan afeksi, kebutuhan kontrol dengan efektivitas komunikasi antar-pribadi anak penderita celah bibir dan langit-langit di kota Bandung. Terapi wicara diturunkan menjadi 3 sub-variabel yaitu inklusi, kontrol dan afeksi. Efektivitas komunikasi antarpribadi diturunkan menjadi 5 indikator yaitu keterbukaan/openness, empati/empathy, sikap mendukung/supportiveness, sikap positif/positiveness, kesetaraan/equity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan uji statistik pearson product moment. Teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada responden, yaitu orangtua dari anak penderita celah bibir dan atau langit-langit. Responden ditentukan melalui teknik sampling random berstrata, dari populasi terpilih sebanyak 60 orang didapat sampel sebanyak 52 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara terapi wicara dnegan efektivitas komunikasi antarpribadi anak dengan celah bibir dan atau langit-langit. Terdapat hubungan yang kuat antara sub variabel inklusi, kontrol dan afeksi dengan efektivitas komunikasi antarpribadi anak dengan celah bibir dan atau langit-langit. Kata kunci : Terapi Wicara Anak, Efektivitas Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Antarpribadi, Celah Bibir dan Langit-LangitItem HUBUNGAN INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI PADA AKUN INSTAGRAM(2019-08-29) FAIZ SATRIO SUSANTO; Dadang Sugiana; Agus SetiamanFaiz Satrio Susanto, 210110140176, 2019. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran “Hubungan Informasi Kesehatan Reproduksi Pada Akun Instagram @tabu.id dengan Sikap Followers Terhadap Gaya Hidup Sehat”. Dr. Dadang Sugiana, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Agus Setiaman ., S.Sos., M.I.Kom sebagai Pembimbing Pendamping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara sajian informasi kesehatan reproduksi pada akun @tabu.id dengan sikap followers terhadap gaya hidup sehat. Teori yang digunakan seabagai landasan penelitian ini adalah Teori Integrasi Informasi. Teknik analisis yang digunakan adalah ananlisis deskriptif dan korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah followers dari akun @tabu.id yang berjumlah 100 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sementara untuk pengumpulan data, penulis menggunakan dengan penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara sajian informasi kesehatan reproduksi pada akun @tabu.id dengan sikap followersnya terhadap gaya hidup sehat. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dengan adanya sajian informasi kesehatan reproduksi pada akun @tabu.id mengakibatkan peningkatan pengetahuan, rasa kepedulian, dan mempengaruhi kecenderungan berperilaku followers terhadap kesehatan reproduksi. Saran dari penulis terkait penelitian ini adalah agar lebih meningkat dan mempertahankan eksistensi dari akun @tabu.id dalam penggunaannya sebagai media pendidikan mengenai kesehatan reproduksi bagi remaja.Item HUBUNGAN KREDIBILITAS AHOK SEBAGAI CALON GUBERNUR DKI JAKARTA DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH AHOK PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH DKI JAKARTA 2017 SETELAH PERISTIWA DUGAAN PENISTAAN AGAMA(2017-07-24) LADY HENDRIOWATI; Agus Setiaman; Anter VenusLady Hendriowati, 210110130219, 2017. “Hubungan Kredibilitas Ahok sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta dengan Keputusan Memilih Ahok pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 Setelah Peristiwa Dugaan Penistaan Agama”. Dengan pembimbing utama Dr.H.Antar Venus,Drs.,M.A.Comm dan pembimbing pendamping Agus Setiaman,S.Sos.,M.I.Kom. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara kredibilitas Ahok sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta, berdasarkan keterpercayaan, keahlian, daya tarik, faktor pendukung yang dimilikinya dengan keputusan memilih pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 setelah peristiwa dugaan penistaan agama. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel yang berjumlah 193 responden, yaitu warga yang tinggal di RT 08 dari RW 01, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik multistage cluster random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keeratan hubungan antara keterpercayaan (X1), keahlian (X2), daya tarik (X3) dan faktor pendukung (X4) dengan keputusan memilih Ahok (Y), dimana keeratan hubungan tersebut berada pada tingkat yang sedang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa kredibilitas Ahok cukup memengaruhi responden untuk memilih Ahok. Dapat dikatakan juga bahwa kredibilitas Ahok cukup dipertimbangkan oleh responden untuk mengambil keputusan memilih Ahok atau tidak. Kata kunci: kredibilitas, kredibilitas komunikator, teori kredibilitas sumber, keputusan memilih.