Browsing by Author "Gema Nusantara Bakry"
Now showing 1 - 14 of 14
Results Per Page
Sort Options
Item ANALISIS RESEPSI KHALAYAK DALAM PEMBERITAAN EMITEN DAN BURSA SAHAM DI BISNIS.COM(2023-12-08) NURSYIFA AFATI MUFTIZASARI; Gema Nusantara Bakry; Maimon HerawatiSkripsi ini berjudul “Analisis Resepsi Khalayak dalam Pemberitaan Emiten dan Bursa Saham di Bisnis.com (Studi Kualitatif Deskriptif Analisis Resepsi Khalayak dalam Pemberitaan Emiten dan Bursa Saham di Bisnis.com pada Tahun 2021)”, dengan dosen pembimbing utama Maimon Herawati, S.Sos., M.Litt dan pembimbing pendamping Dr. Gema Nusantara, M.I.Kom. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Latar belakang dari penelitian ini yakni meningkatnya jumlah investor di Indonesia selama masa pandemi, terutama pada tahun 2021, sehingga dibutuhkan sumber informasi terkait investasi saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi khalayak dalam pemberitaan emiten dan bursa saham di Bisnis.com pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan Teori Resepsi sebagai landasan teori. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdapat 6 informan sebagai subjek penelitian. Peneliti melakukan wawancara mendalam untuk pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian, setiap informan memiliki pandangan masing-masing dalam meresepsi berita tersebut. Dari 6 informan, terdapat 2 informan yang menilai berita tersebut sudah akurat dan 4 informan yang menilai berita tersebut masih kurang akurat. Selanjutnya, dari 6 informan, terdapat 2 informan di posisi dominan (hegemonic reading), 4 informan di posisi negosiasi (negotiated reading), dan tidak ada yang berada di posisi oposisi (oppositional reading). Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa semua informan dapat menerima pesan yang disampaikan, namun 4 informan masih perlu melakukan berbagai negosiasi. Saran dari peneliti setelah melakukan penelitan yaitu supaya Bisnis.com dapat meningkatkan fungsi kualitas berita, supaya khalayak lebih dapat menerima informasi yang disampaikan.Item ETIKA DAN AKURASI PEMBERITAAN JATUHNYA SRIWIJAYA AIR PADA DETIK.COM DAN KUMPARAN.COM(2023-11-30) FIRDA DWI MULIAWATI; Gema Nusantara Bakry; Pandan YudhapramestiKode etik jurnalistik sebagai pedoman jurnalis dalam membuat berita. Prinsip dan dasar jurnalisme kerap jadi sorotan lantaran akurasi sering dikorbankan demi aktualitas dalam jurnalisme daring. Pemberitaan bencana menjadi perhatian media, pada praktiknya pemberitaan di Indonesia lebih menjual duka dibandingkan konten informatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika jurnalistik dan akurasi pemberitaan kecelakaan jatuhnya SJ-182 periode 9 Januari-13 Januari 2022 pada detik.com dan kumparan.com. Konsep Kode Etik Jurnalistik Dewan Pers Indonesia dan Konsep Akurasi digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis isi kuantitatif deskriptif diaplikasikan dalam penelitian ini. Tolok ukur yang dipakai berdasarkan 5 kategorisasi yaitu cek dan cek kembali isi berita, akurasi teknik penulisan, akurasi judul dengan isi berita, akurasi foto dengan isi berita, dan relevansi sumber berita dengan kode etik jurnalistik. Dari total 980 populasi berita, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kumparan.com memiliki persentase penerapan etika dan akurasi lebih tinggi dibandingkan detik.com. Kemudian, hasil kuantitatif menunjukkan detik.com dan kumparan.com sudah terhitung sangat menerapkan etika dan akurasi pada pemberitaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 periode 9-13 Januari 2021. Namun, penyimpangan etika dan akurasi terbanyak ada pada akurasi teknik penulisan dan relevansi sumber berita dengan kode etik jurnalistik. Dengan begitu, penelitian dengan pendekatan kualitatif menarik untuk dilakukan untuk mengungkap sisi jurnalis dan media dalam pemberitaan jurnalisme bencana. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan kedua media untuk menjadi lebih baik lagi khususnya pada etika dan akurasi pemberitaan jurnalisme bencana.Item Konstruksi Makna Budaya Merantau Pada Pengusaha Fotokopi Minangkabau(2021-10-07) IRFAN WAHYUDI; Dadang Sugiana; Gema Nusantara BakryIrfan Wahyudi, 210120190002, 2021. “Konstruksi Makna Budaya Merantau Pada Pengusaha Fotokopi Minangkabau (Studi Fenomenologi Konstruksi Makna Budaya Merantau pada Pengusaha Fotokopi Minangkabau Asal Desa Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat di Kota Bandung)”. Ketua tim pembimbing Dr Dadang Sugiana M.Si dan anggota tim pembimbing Dr Gema Nusantara Bakry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengusaha fotokopi asal Desa Atar di Kota Bandung mengonstruksi makna nilai-nilai merantau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan makna merantau sebagai kegiatan yang telah dilakukan oleh etnik minangkabau secara turun temurun untuk memperbaiki nasib dan perekonomian keluarga ke arah yang lebih baik. Terdapat dua orang tokoh yang dijadikan panutan dan memiliki pengaruh besar dalam budaya merantau yang dilakukan oleh penduduk Desa Atar. Beberapa faktor yang memengaruhi warga Desa Atar untuk pergi merantau ke Kota Bandung diantaranya adalah budaya Minangkabau, faktor ekonomi, dan faktor lingkungan sosial. Bukti fisik kesuksesan para perantau berupa renovasi rumah, kendaraan bermotor, dan pakaian, merupakan faktor utama yang memberikan pesan kepada penduduk desa Atar untuk merantau ke Kota Bandung. Pengalaman komunikasi meliputi adaptasi terhadap lingkungan dan makanan. Terdapat peningkatan status ekonomi, status sosial, dan aktualisasi diri selama penduduk Desa Atar merantau ke Kota Bandung.Item Konstruksi Pemberitaan Food Estate di Media Online(2021-09-18) FARIZA RIZKY ANANDA; Gema Nusantara Bakry; Herlina AgustinFariza Rizky Ananda 210610170012, 2021. Skripsi ini berjudul Konstruksi Pemberitaan Food Estate di Media Online. Pembimbing utama Dr. Herlina Agustin, S.Sos., M.T dan dosen pembimbing pendamping Dr. Gema Nusantara Bakry, M.I.Kom. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konstruksi dan pembingkaian pemberitaan food estate di media online. Media yang diteliti yaitu Sindonews.com. Analisis dilakukan dengan metode analisis framing model Robert M. Entman melalui elemen framing pendefinisian masalah, perkiraan penyebab masalah, penilaian moral, dan rekomendasi penyelesaian masalah. Objek penelitian terdiri dari 11 berita food estate yang dipublikasikan Sindonews.com sepanjang tahun 2020. Hasil analisis memperlihatkan bahwa Sindonews.com membingkai isu program food estate dengan bingkai ekonomi sebagai bingkai dominan. Hal ini terlihat dari analisis seleksi isu dan penonjolan isu. Sindonews.com masih memfokuskan kepada hard news dan belum berupaya lebih lanjut mengangkat dampak negatif terhadap isu lingkungan hidup dan konflik agraria. Sindonews.com belum memberi kesempatan kepada aktivis lingkungan maupun petani yang memiliki pandangan negatif terhadap food estate untuk bersuara, tidak sama besarnya dengan kesempatan bagi pihak pro dengan kebijakan tersebut. Hal tersebut menunjukan bahwa pemberitaan food estate di media tersebut masih belum berimbang dan proporsional, serta belum optimal dalam menyebarkan informasi ketahanan dan keberlanjutan pangan.Item MOTIF KETERTARIKAN PENGUNJUNG UNTUK MENGGUNAKAN DAILYSOCIAL.ID SEBAGAI PORTAL BERITA BERBAYAR MIKRO(2022-08-03) MENTARI PUSPADINI; Pandan Yudhapramesti; Gema Nusantara BakryMentari Puspadini, 210610180023, 2022. Skripsi ini berjudul “Motif Ketertarikan Pengunjung untuk Menggunakan Dailysocial.id sebagai Portal Berita Berbayar Mikro (Survei Deskriptif tentang Motif Ketertarikan Pengunjung Dailysocial.id dalam membeli artikel jurnalistik menggunakan metode pembayaran mikro (micropayment) menggunakan Teori Uses and gratifications 2.0: Model MAIN)”. Di bawah bimbingan Pandan Yudhapramesti, S.Sos., M. T. dan Dr. Gema Nusantara Bakry S.Si. M.I.Kom Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penggunaan metode pembayaran mikro (micropayment) pada industri media telah terbukti disambut baik oleh khalayak media di Eropa dan Amerika Serikat. Meski begitu, belum ada penelitian lebih lanjut terkait pola konsumsi khalayak media di Indonesia terhadap metode pembayaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar motif pengunjung dalam ketertarikannya mengakses Dailysocial.id sebagai portal berita berbayar mikro (micropayment) dengan menggunakan Teori Uses and Gratifications 2.0 yang memiliki tipologi Model MAIN: Modality, Agency, Interactivity dan Navigability oleh Sundar & Limperos (2013). Melalui metode survei deskriptif, peneliti mengolah data dari 349 responden yang tergabung sebagai khalayak media Dailysocial.id. Hasilnya, motif Navigability menjadi alasan paling kuat yang mendorong khalayak mengonsumsi media tersebut, diikuti dengan motif Modality di urutan kedua, Interactivity di urutan ketiga dan Agency di urutan terakhir. Navigability menjadi motif terbesar menunjukkan bahwa khalayak mengakses Dailysocial.id karena dapat merasa bebas dalam mengeksplor segala informasi dalam situsnya, sehingga merasa terhibur. Perasaan terhibur itulah yang menjadikan indikator fun menjadi gratifikasi utama yang dicari khalayak ketika mengakses Dailysocial.id sebagai berita berbayar mikro. Selain itu, terbukti bahwa lebih mayoritas khalayak (76%) cenderung tertarik untuk membeli artikel berbayar mikro. Sementara itu, Frekuensi dan durasi akses adalah dua hal yang paling berperan terhadap pemenuhan motif ketertarikan pengguna Dailysocial.id sebagai portal berita berbayar mikro. Temuan ini menyarankan adanya penelitian lebih lanjut terkait pengaruh metode pembayaran mikro terhadap aspek lain dari penggunaan media jurnalisme.Item Motif Khalayak dalam Mengakses Konten Berita di Instagram Reels @narasinewsroom(2023-02-14) DEANDRA SALSABILA; Gema Nusantara Bakry; Pandan YudhapramestiDeandra Salsabila, 210610190048, 2022. Skripsi ini berjudul “Motif Khalayak dalam Mengakses Konten Berita di Instagram Reels @narasinewsroom (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Motif Khalayak dalam Mengakses Konten Berita di Instagram Reels @narasinewsroom Menggunakan Teori Uses & Gratifications 2.0: Model MAIN)”. Di bawah bimbingan Dr. Pandan Yudhapramesti, S.Sos., M. T. dan Dr. Gema Nusantara Bakry S.Si. M.I.Kom Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penggunaan media sosial dalam mendistribusikan berita kini sudah tidak asing di Indonesia. Instagram menjadi salah satu media sosial yang sering dipakai untuk mendistribusikan berita oleh banyak media di Indonesia. Salah satu fitur Instagram, yaitu Instagram Reels kini menjadi salah satu cara untuk mendistribusikan berita dengan format multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif khalayak dalam mengakses konten berita di Instagram Reels @narasinewsroom dengan menggunakan Teori Uses and Gratifications 2.0 yang memiliki tipologi Model MAIN: Modality, Agency, Interactivity dan Navigability oleh Sundar & Limperos (2013). Melalui metode survei deskriptif, peneliti mengolah data dari 348 responden yang tergabung sebagai khalayak Instagram @narasinewsroom. Hasilnya menunjukkan jika motif navigability menjadi motif utama atau alasan paling kuat yang mendorong khalayak mengonsumsi media tersebut, di mana khalayak merasa dapat menjelajahi segala informasi di Instagram Reels @narasinewsroom serta memiliki keleluasaan dalam bernavigasi ketika mengakses konten berita di Instagram Reels @narasinewsroom. Selanjutnya diikuti dengan motif interactivity di urutan kedua, motif modality di urutan ketiga, dan motif agency di urutan terakhir. Temuan ini turut menyarankan adanya penelitian lebih lanjut dengan objek yang berbeda atau skala responden yang lebih besar, atau bahkan dengan teori yang berbeda.Item Motif Khalayak Mengakses Jurnalisme Berbasis Data Pada Portal Media Daring TheFlanker.id(2022-10-14) YOHANES LEONARDO RUDOLF; Gema Nusantara Bakry; Nunik Maharani HartoyoKecepatan arus informasi di era digital saat ini banyak memengaruhi kedalaman data dalam konten yang disajikan media daring yang fokus pada isu sepak bola. Meski demikian, belum ada penelitian mengenai pola konsumsi konten berbasis data pada media sepak bola. Penelitian ini bertujuan mengukur bagaimana motif khalayak dalam ketertarikannya mengakses konten berbasis data yang disajikan Theflanker.id menggunakan teori uses and gratifications 2.0 dengan model MAIN: modality, agency, interactivity, dan navigability yang diusung Sundar dan Limperos (2013). Dengan metode survei deskriptif, peneliti mengumpulkan data dengan menyebar kuesioner kepada 279 responden yang berlangganan newsletter Theflanker.id. Hasilnya, motif navigability menjadi motif terkuat khalayak dalam mengakses media tersebut. Kemudian diikuti oleh motif modality, interactivity, dan agency secara berurutan. Motif tertinggi yakni navigability menunjukkan khalayak Theflanker.id mengapresiasi kualitas pengalaman penjelajahan web karena unsur scaffolding/navigation aids berupa bantuan visual yang diakomodir Theflanker.id. Penelitian ini sekaligus menyimpulkan bahwa hampir separuh responden (33%) tertarik mengakses konten Theflanker.id karena kedalaman datanya. Peneliti menyarankan agar lebih banyak studi lanjutan mengenai motif khalayak dan jurnalisme data, serta penerapan kedalaman data dalam media dan industri sepakbola.Item Motif Pelanggan dalam Menggunakan Catch Me Up! Sebagai Media Layanan Berita Newsletter(2022-09-09) ALIFIAH NURUL RAHMANIA; Aceng Abdullah; Gema Nusantara BakryAlifiah Nurul Rahmania, 210610180041, 2022, Motif Pelanggan dalam Menggunakan Catch Me Up! Sebagai Media Layanan Berita Newsletter. Studi Deskripstif Mengenai Motif Pelanggan Catch Me Up! dalam Berlangganan Konten Berita yang Menggunakan Metode Newsletter dengan Menggunakan Teori Uses & Gratification 2.0: Model MAIN. Pembimbing utama Dr. H. Aceng Abdullah, M.Si. dan pembimbing pendamping Dr. Gema Nusantara, S.Si., M.I.Kom. Program studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini membahas mengenai motif pelanggan dalam berlangganan newsletter Catch Me Up!. Tujuannya adalah untuk mengetahui motif khalayak dalam berlangganan konten newsletter Catch Me Up!. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratification 2.0 MAIN Model oleh Sundar & Limperos (2013). Terdapat empat indikator dari motif MAIN Model yang digunakan, yaitu modality yang menjelaskan isi konten, agency menjelaskan mengenai khalayak dapat menjadi agen informasi, interactivity menjelaskan kebebasann pengguna, dan navigability menjelaskan tentang eksplorasi media. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif untuk mengetahui motif pelanggan yang berlangganan newsletter Catch Me Up!. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data kepada 384 responden dengan teknik purposive sampling. Kemudian, hasilnya akan dikategorikan ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, pelanggan newsletter Catch Me Up! memiliki motif yang tinggi pada semua unsur. Navigability menempati posisi pertama dengan kategori tinggi paling banyak yakni 81,51%. Lalu yang kedua adalah modality yakni 75,52%. Pada posisi ketiga adalah agency yakni 55,99%, dan yang terendah dengan jumlah 53,39% adalah interactivity. Penelitian serupa dengan media yang berbeda sangat dibutuhkan untuk memperoleh gambaran yang lebih beragam mengenai motif pengguna dalam memilih suatu media. Penelitian ini juga dapat menjadi bahan referensi bagi media baru lainnya untuk mengembangkan medianya dan menarik lebih banyak khlayak.Item PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN UJARAN PUAN MAHARANI MENGENAI POLEMIK PANCASILAIS DI SUMATERA BARAT(2023-02-27) SUCI WULANDARI PUTRI; Gema Nusantara Bakry; Pandan YudhapramestiSuci Wulandari Putri, 210610170043, 2021. Skripsi ini berjudul Pembingkaian Pemberitaan Ujaran Puan Maharani Mengenai Polemik Pancasilais Di Sumatera Barat Pada Media Online Lokal ( Studi Analisis Framing Model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki Pada Media Online Lokal Harianhaluan.com Periode 2-14 September 2020). Dosen pembimbing utama Dr. Pandan Yudhapramesti, S.Sos., MT, dosen pembimbing pendamping Dr. Gema Nusantara Bakry, M.I.Kom Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia menjadi pedoman hidup dan cerminan karakter bangsa Indonesia. Penerapan nilai-nilai pancasila dijalankan guna sebagai pemersatu rakyat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, bangsa, dan budaya. Mendekati pilkada 2020, implementasi pancasila sebagai dasar negara Indonesia seolah dipertanyakan di daerah Sumatera Barat oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Hal ini disampaikan melalui ujaran harapan yang ia sampaikan agar Sumatera Barat menjadi provinsi yang mendukung negara pancasila. Ujaran tersebut kemudian menjadi polemik di masyarakat Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian pemberitaan ujaran Puan Maharani mengenai polemik pancasilais di Sumatera Barat pada media online lokal Harianhaluan.com. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Analisis ini berdasarkan struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris untuk melihat konstruksi berita yang ditonjolkan oleh media. Hasil penelitian menunjukkan, dari 27 berita Harianhaluan.com seputar polemik pancasilais di Sumatera Barat, media cenderung berpihak kepada masyarakat lokal. Dalam struktur sintaksis menunjukkan skema berita bahwa ujaran harapan yang disampaikan oleh Puan Maharani adalah sesuatu yang salah dan tidak seharusnya diucapkan Puan. Dalam struktur skrip wartawan berupaya mengkonstruksi bahwa masyarakat memang seharusnya menolak pernyataan Puan Maharani dan pernyataan Puan memang sesuatu yang seharusnya tidak diucapkan. Upaya tersebut dilakukan dengan cara menonjolkan unsur who pada judul. Dalam struktur tematik, bias-bias primordialisme budaya minang terlihat dalam pemberitaan, seperti memberikan kesempatan berbicara dan penjelasan lebih detail untuk pihak dari Sumatera Barat yang kontra terhadap ujaran Puan Maharani. Dalam struktur retoris, wartawan memanfaatkan label otoritas yang disandang narasumber di judul serta menambahkan label “tokoh minang” untuk memperkuat konstruksi penolakan terhadap ujaran Puan. Kata kunci: analisis framing, berita, pembingkaian, pancasilais, puan maharaniItem PEMBINGKAIAN PERISTIWA KONFLIK IZIN TAMBANG SANGIHE DAN KEMATIAN WAKIL BUPATI SANGIHE DI BBC NEWS INDONESIA(2022-09-14) RITA PUSPITA RACHMAWATI; Nuryah Asri Sjafirah; Gema Nusantara BakryRITA PUSPITA RACHMAWATI, 210610180033, 2022. Pembingkaian Peristiwa Konflik Izin Tambang Sangihe dan Kematian Wakil Bupati Sangihe di BBC News Indonesia. Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Pemberitaan BBC News Indonesia Periode Juni 2021 — Juli 2021. Dr. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing utama dan Dr. Gema Nusantara Bakry, S.Si, M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Pembingkaian yang dilakukan oleh media massa terhadap sebuah isu memiliki tujuan tertentu untuk disampaikan pada khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana BBC News Indonesia membingkai peristiwa konflik izin tambang Sangihe dan kabar kematian wakil Bupati Sangihe (periode Juni 2021—Juli 2021). Penelitian ini berangkat dari temuan Rahman (2021) yang menyebut bahwa pemberitaan BBC News Indonesia menjadi sumber utama dari berbagai respon publik terhadap peristiwa konflik ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki (1993) untuk menganalisis pembingkaian dalam pemberitaan konflik tambang Sangihe. Penelitian ini menghimpun data dari berita mengenai konflik izin tambang Sangihe pada periode yang sudah ditentukan. Peneliti kemudian menganalisisnya melalui struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa framing BBC News Indonesia menonjolkan dampak negatif dari tambang bagi masyarakat dan lingkungan jika direalisasikan. Pembingkaian kemudian mulai berubah saat kabar kematian Wakil Bupati Sangihe muncul bahkan BBC News Indonesia mengutip sumber yang tidak disebutkan kredibilitasnya. Meski demikian, pemberitaan tetap berfokus pada bingkai dampak negatif tambang.Item PENERAPAN JURNALISME DATA PADA ERA DIGITAL DI MEDIA ONLINE TIRTO.ID(2023-07-10) ALFIN SUGIANTO; Gema Nusantara Bakry; Pandan YudhapramestiABSTRAK Penelitian yang berjudul “Penerapan urnalisme Data di Era Digital Pada Media Online Tirto.id” merupakan penelitian deskriptif jenis data kualitatif, bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tirto.id menerapkan konsep jurnalisme data menurut Eva Constantaras yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu: proses mengkompilasi data (compile), proses membersihkan data (clean), proses melihat konteks data (context), proses menggabungkan data dan berita (combine), dan proses mengkomunikasikan data (communicated). Penelitian ini menggunakan teori manaemen stategis yang dikumandangkan oleh Alan B Albarran, teori ini dikenal memiliki dua kerangka konsep tual yang didasarkan pada kerangka kerja struktur-prilaku-kinerja atau structure-conduct-performance (SCP) dan pandangan berbasis sumber daya atau resource-based-view (RBV). Kemudian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara mendalam, studi pustaka, dan studi sokumentasi. Sedangkan untuk pengujian validitas data mengggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasilnya menunjukan bahwa dalam menjalankan konsep jurnalisme data menurut pandangan Eva Constantaras, Tirto.id terbilang konsisten dalam beberapa hal seperti penggunaan perangkat lunak untuk membersihkan data dan mengolah data. Dalam hal lainnya strategi Tirto.id pada kerangka kerja SCP adalah dengan menekan sumber daya yang ada agar keuangan perusahaan tetap sehat, hal tersebut dampak dari idealisme Tirto.id yang karyanya tidak diorientasikan terhadap pengiklan. Sedangkan menurut pandangan berbasis sumber daya, Tirto.id acap kali memberikan pelatihan terhadap wartawan dan periset agar mampu menguasai berbagai hal dan berbagai perangkat lunak pendukung kerja dengan konsep jurnalisme data. Hal tersebut berdampak pada keberhasilan Tirto.id dalam berinovasi seperti dalam hal mengkomunikasikan data kepada khalayaknya. Kata kunci: Eva Constantaras, Jurnalisme Data, Manajemen Redaksi Alan B Albarran, Tirto.id ABSTRAC The research entitled "Application of Data journalism in the Digital Era in Tirto.id Online Media" is a descriptive study of qualitative data types, aiming to find out how Tirto.id applies the concept of data journalism according to Eva Constantaras which consists of five working steps, namely: the process of compiling data (compile), the process of cleaning the data (clean), the process of viewing the data context (context), the process of combining data and news (combine), and the process of communicating data (communicated). This study uses the strategic management theory proclaimed by Alan B Albarran, this theory is known to have two conceptual frameworks based on the structure-conduct-performance (SCP) framework and the resource-based-view (RBV). Then the techniques used to collect data are in-depth interviews, literature studies, and documentation studies. Meanwhile, for testing the validity of the data using the source triangulation technique. The results show that in carrying out the concept of data journalism according to Eva Constantaras` view, Tirto.id is fairly consistent in several ways, such as the use of software to clean data and process data. In another case, Tirto.id`s strategy in the SCP framework is to suppress existing resources so that the company`s finances remain healthy, this is the impact of Tirto.id`s idealism whose work is not oriented towards advertisers. Meanwhile, according to the resource-based view, Tirto.id often provides training for journalists and researchers to be able to master various things and various software supporting work with the concept of data journalism. This has an impact on Tirto.id`s success in innovating, such as communicating data to its audience. Keywords: Data journalism, Tirto.id, Evaa Cnstantaras, Editorial Management Alan B AlbarranItem Pengaruh Pemberitaan Lalu Lintas Pada Program Citizen Report PRFM Terhadap Tingkat Kepuasaan Generasi Z di Kota Bandung(2022-09-09) TALITHA MAHARANI SUNDAJI; Siti Karlinah; Gema Nusantara BakryDalam memenuhi kebutuhan akan informasi mengenai lalu lintas, Radio PRFM Bandung telah memberikan ruang khusus berupa program yang bernama “Citizen Report” dimana program ini merupakan program unggulan dari Radio PRFM Bandung yang menampung segala aspirasi warga serta menjadikan warga sebagai wartawan dalam informasi lalu lintas. Dalam hal ini, Radio PRFM Bandung diharapkan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kausalitas dengan teori nilai pengharapan (expectancy values). Penelitian ini berfokus pada frekuensi, durasi, dan isi menurut Generasi Z dalam mengkonsumsi Pemberitaan Lalu Lintas, serta pengaruh pemberitaan lalu lintas pada program Citizen Report PRFM terhadap tingkat kepuasaan Generasi Z di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi dan durasi Generasi Z di Kota Bandung dalam mengonsumsi pemberitaan lalu lintas pada program Citizen Report PRFM, Generasi Z bisa mengonsumsi 1-5 kali dalam sehari dan durasinya selama 3 menit pada satu kali siaran. Mengenai isi, Generasi Z sangat setuju dengan isi pemberitaan lalu lintas yang disiarkan oleh Radio PRFM Bandung adalah rinci, dapat dipercaya, dan dilengkapi narasumber terpecaya serta narator dalam menyampaikan pesan mudah dimengerti dan jelas. Hasil analisis kausalitas menunjukan bahwa Pemberitaan Lalu Lintas pada program Citizen Report PRFM terhadap Tingkat Kepuasan Generasi Z di Kota Bandung mempunyai hubungan yang kuat. Pemberitaan Lalu Lintas juga mempengaruhi Tingkat Kepuasaan Generasi Z di Kota Bandung yakni sebesar 61,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain dari penelitian. Hasil hipotesis juga menunjukan terdapat Pengaruh Pemberitaan Lalu Lintas pada program Citizen Report PRFM terhadap Tingkat Kepuasan Generasi Z di Kota Bandung.Item TINGKAT KEPUASAN PENONTON LIVE STREAMING 24 JAM YOUTUBE KOMPAS TV(2023-11-16) INDRIANI RUMONDANG NATALIA BR SITORUS; Gema Nusantara Bakry; Pandan YudhapramestiIndriani Rumondang Natalia Sitorus, 210610170019, 2023. Skripsi ini berjudul “Tingkat Kepuasan Penonton Live Streaming 24 Jam YouTube Kompas TV (Studi Kuantitatif Deskriptif Tingkat Kepuasan Penonton Live Streaming 24 Jam YouToube Kompas TV Menggunakan Teori Uses and Gratifications 2.0: Model MAIN)”. Di bawah bimbingan Dr. Pandan Yudhapramesti, S.Sos., M.T. dan Dr. Gema Nusantara Bakry, M.I.Kom. Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi. Pesatnya pertumbuhan media baru sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi menyebabkan televisi berita sebagai media konvensional harus beradaptasi dengan kehadiran media baru. YouTube Kompas TV sebagai televisi berita nasional dengan jumlah subscribers YouTube terbanyak meluncurkan siaran live streaming 24 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penonton live streaming 24 jam YouTube Kompas TV menggunakan Teori Uses and Gratifications 2.0 yang memiliki tipologi Model MAIN. Melalui survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, peneliti menghimpun data primer menggunakan kuisioner yang disebarkan secara virtual melalui gform kepada 384 responden dengan teknik purposive sampling. Hasilnya, secara keseluruhan responden menyatakan memiliki tingkat kepuasan tinggi pada setiap indikator kepuasan. Tingkat kepuasan navigability menjadi kepuasan tertinggi mencapai 74,48%. Diikuti kepuasan interactivity 69,79%, modality 68,23%, dan kepuasan agency yang berada di posisi terendah yakni 65,36%. Temuan ini menunjukkan navigability menjadi kepuasan tertinggi bagi penonton live streaming 24 jam YouTube Kompas TV karena fitur siaran live streaming 24 jam ini berhasil menyediakan sistem yang efisien untuk penontonnya dapat secara bebas bergerak dan melakukan eksplorasi sehingga kebutuhan akan beragam informasi terpenuhi.Item WACANA SPONSOR ROKOK DALAM OLAHRAGA 2019 PADA PEMBERITAAN MEDIA DARING(2016) HANA NUSHRATU UZMA; Gema Nusantara Bakry; Maimon HerawatiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Kompas.com memproduksi teks beritanya dalam mewacanakan sponsor rokok dalam event olahraga. Teks berita yang dianalisis adalah berita yang dipublikasi dalam kurun waktu 2 Februari-22 November 2019. Berita tersebut akan dianalisis melalui tiga dimensi utama Analisis Wacana Kritis model van Dijk, yaitu melalui level teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Metode yang digunakan adalah kualitatif analisis wacana kritis Teun A. van Dijk. Peneliti menganalisis liputan acara olahraga yang disponsori oleh Djarum dengan keseluruhan pemberitaan berupa 6 berita. Hasil penelitian menunjukkan Kompas.com memiliki wacana pemberitaan sponsor rokok dalam olahraga di Indonesia 2019. Pada dimensi teks, sebagian besar berita yang diteliti menggunakan brand image ‘Djarum’ yang melanggar aturan Iklan, Promosi dan Sponsor (IPS) WHO, PP 109 Tahun 2012 dan Etika Pariwara Indonesia. Pada dimensi kongnisi sosial, pemberitaan sponsor rokok dalam olahraga dipengaruhi oleh keberpihakan media pada perusahaan rokok. Pada dimensi konteks sosial masyarakat, konflik Djarum vs KPAI menjadi faktor perubahan pada pemberitaan sponsor rokok di Kompas.com. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah Kompas.com seharusnya bisa lebih peka mengenai dampak yang disebabkan dari pemberitaan sponsor rokok dalam olahraga. Selain itu, ketika membuat berita tidak menggunakan brand image, baik dalam gambar maupun tulisan. Kompas.com juga harus lebih selektif dalam bekerjasama dengan perusahaan.