Kajian Budaya (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Kajian Budaya (S2) by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 41
Results Per Page
Sort Options
Item Reinterpretasi Simbol-Simbol Budaya Sunda Lama dalam Mitos Sangkuriang(2013) DERI HUDAYA; Lina Meilinawati Rahayu; Lina Meilinawati RahayuPenelitian ini membahas mitos Sangkuriang yang merupakan warisan kebudayaan Sunda lama. Reinterpretasi dilakukan dengan mempertimbangkan konteks budaya mitis-spiritual Sunda yang melatari penciptaan mitos tersebut. Teori simbol digunakan dalam penelitian ini dan dikomparasikan dengan pokok pemikiran dualistik-antagonistik yang melandasi kebudayan mitis-spiritual Sunda. Pokok pemikiran tersebut perlu dimunculkan untuk menghindari kesalahan dalam menentukan simbol-simbol inti yang penting untuk diinterpretasikan. Pembahasan dalam tesis ini membicarakan simbol-simbol budaya apa saja yang muncul dalam Sangkuriang dan bagaimana kebudayaan Sunda lama yang meliputi masyarakat, religi, dan kerajaan di tampilkan. Pada penelitian ini ditemukan simbol-simbol budaya yang mengacu pada empat jenis budaya, yaitu budaya berburu, budaya menenun, budaya ber-huma, dan budaya nyekar ke makam leluhur. Mitos Sangkuriang pun memperlihatkan bahwa kebudayaan masyarakat Sunda lama berpusat pada agama asli yang oleh orang modern biasa disebut Sunda Wiwitan atau agama Jati Sunda. Kerajaan Hindu-Budha di wilayah Sunda bukan pusat kebudayaan yang secara signifikan dapat memengaruhi cara hidup masyarakatnya. Dengan kata lain, mitos Sangkuriang menarasikan bahwa kerajaan hanya menjadi subordinat dari kebudayaan Sunda lama.Item Kontruksi Perempuan Sunda dalam Rubrik "Istri Binangkit" Majalah Mangle pada masa Orde Baru (1966-1998)(2014) TAUFIK RAHAYU; Gugun Gunardi; Lina Meilinawati RahayuPenelitian ini mendeskripsikan bagaimana perempuan Sunda ditampilkan di Majalah Manglé melalui rubrik Istri Binangkit pada masa Orde Baru. Periodisasi 1966-1998 dipilih dikarenakan di tahun tersebut Majalah Manglé berada dalam masa-masa keemasan dan puncak yang oplahnya mencapai ribuan eksemplar. Dalam Majalah Manglé perempuan selalu ditampilkna menonjol dan dominan, mulai dari covernya yang wajib model-model perempuan, julukannya “Nyi Manglé”, sampai disediakannya rubrik khusus untuk perempuan yakni rubrik Istri Binangkit yang rutin dimuat setiap minggunya. Penelitian ini menguraikan bagaimana perempuan Sunda diframing dan diposisikan dalam Majalah Manglé melalui rubrik Istri Binangkit sebagai kekuatan utama media, diuraikan juga prioritas isu utama yang aktual dibahas dalam rubrik dan bagaimana perempuan Sunda ditampilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model analisis framing Robert Entman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dominannya perempuan beserta isu dan rubrik yang ada seputar resep-resep obat tradisional, baik dari tumbuh-tumbuhan, hewan, maupun beberapa kebiasaan dan pantrangan-pantrangan, berbagai resep masakan dapur, tips seputar permasalahan-permasalahan dapur dan rumah tangga, kecantikan, merawat anak, fashion, psikologis, olah raga, pengalaman pribadi, dan beberapa konsultasi kesehatan. Tidak terlepas dari campur tangan pemilik media Nyi Rohamina Sudarmika yang yang menyediakan ruang untuk perempuan bersuara, berdiskusi, menggali wawasan, bertukar informasi dan mengeksprsikan dirinya dengan bebas. Dari hasil penelitian ini juga, ternyata rubrik Istri Binangkit bukan hanya ditulis dan dibaca oleh perempuan saja, ternyata laki-laki juga banyak yang memanfaatkan rubrik ini untuk berbagai kepentingan.Item Retorika Bermain Sebagai Kekuasaan dalam Role-Playing Video Game The Elder Scrolls V: Skyrim(2014-12-01) SHAFWAN NUGRAHA; Mumuh Muhsin Z; Mumuh Muhsin ZTesis ini berjudul Retorika Bermain Sebagai Kekuasaan dalam Gameplay Role Playing Video game The Elder Scrolls V: Skyrim. Tesis ini bertujuan menunjukkan keberadaan dan pengaruh keberadaan retorika bermain di dalam permainan digital atau video game. Retorika bermain tersebut terwujud melalui elemen-elemen rancangan permainan (game design) yang terdapat dalam struktur permainan tersebut. Permainan yang diangkat sebagai objek kajian adalah sebuah permainan digital atau video game bergenre role-playing berjudul The Elder Scrolls V: Skyrim,yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan dirilis oleh Bethesda Softworks pada 2011. Analisis terhadap retorika bermain di dalam permainan dilakukan dengan membongkar struktur rancangan permainan dengan berpandu pada teori perancangan permainan Fullerton (2008) dan teori retorika bermain dari Sutton-Smith (1997). Dari analisis yang dilakukan, diperoleh simpulan bahwa role-playing game The Elder Scrolls V: Skyrim mengusung retorika bermain sebagai kekuasaan (rhetorics of play as power) di dalam elemen-elemen struktur permainannya. Retorika ini direpresentasi dalam bentuk konflik-konflik yang muncul ketika pemain berinteraksi dengan elemen-elemen sistem permainan (gameplay). Konflik-konflik tersebut terangkum dalam tiga dimensi konflik, yaitu konflik pemain terhadap karakter, konflik pemain terhadap plot, serta konflik pemain terhadap dunia bermain. Dalam gameplay, konflik-konflik ini mendorong pemain untuk meningkatkan potensi kekuatan karakter pemain, memberi pilihan keberpihakan kelompok bagi karakter pemain, serta menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh karakter pemain dalam dunia bermain.Item KREASI BUDAYA JAIPONG LAYUNG GRUP DI KABUPATEN SUBANG(2015-10-28) NANDANG FIRMAN NURGIANSYAH; Dade Mahzuni; Dade MahzuniTesis ini berjudul Kreasi Budaya Jaipong Layung Grup di Kabupaten Subang. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan dinamika perkembangan jaipongan di Kabupaten Subang, menjelaskan kreasi jaipongan yang dibangun Layung Grup, dan menjelaskan respon penggemar jaipongan atas kebaruan kesenian jaipongan yang dikreasi Layung Grup. Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, Layung Grup mulai populer sejak 2008. Hal ini karena adanya dukungan dari pihak penyangga jaipongan di Kabupaten Subang yaitu banyaknya undangan untuk manggung dari pemangku hajat dan banyaknya penggemar (bajidor) atau simpatisan Layung Grup. Hal tersebut dapat diraih oleh Layung Grup karena adanya kreasi budaya pada tata gending atau musik Layung Grup, tarian dan lagu, kostum sinden dan juru kawih, anggota nayaga yang tetap, pengelolaan managemen organisasi dan keuangan yang baik, serta adanya komunikasi yang baik antara pimpinan grup, anggota grup, penggemar (bajidor), dan pihak yang pernah mengundang Layung Grup (pemangku hajat).Item IDENTITAS DAN HOMOSEKSUALITAS DI PESANTREN: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AS-SAKAN DAN ALUMNI SANTRI DARI PESANTREN DI JAWA BARAT(2017-01-13) GIAN NOVA SUDRAJAT NUR; Aquarini Priyatna; Mumuh Muhsin ZFokus penelitian ini adalah perilaku seksual yang dipraktikkan oleh santri laki-laki di Pondok Pesantren As-Sakan yang teridentifikasi dan atau mengidentifikasi dirinya sebagai homoseksual dengan menganalisis narasi otobiografis dari santri yang mengenyam pendidikan di pesantren di Jawa Barat. Dengan menggunakan teori queer, homososialitas, dan homoseksualitas, ditunjukkan bahwa seksualitas manusia adalah suatu continuum yang sangat kompleks, sehingga praktik homoseksual dapat termanifestasi dalam berbagai bentuk. Diperlihatkan bahwa hubungan sesama jenis laki-laki dibangun atas pola pertemanan antar laki-laki, mentorship, entilement, persaingan antara homoseksualitas dan heteroseksualitas dalam hubungan yang intim sehingga ada pergeseran hubungan di dalamnya. Melalui hal tersebut diketahui beberapa tipologi perilaku seksual santri di Pondok Pesantren As-Sakan, yaitu: arnaban, grepek, masturbasi, oral sex, dan praktik anal. Praktik pemisahan jenis kelamin yang merupakan bagian dari praktik normatif pesantren, misalnya kegiatan, aturan dan sanksi, juga sarana dan prasarana yang terdapat di pesantren, dapat diargumentasikan memungkinkan terjadinya praktik-praktik yang dapat dikategorikan sebagai praktik homoseksual. [Homo] seksualitas turut mengkonstruksi identitas beragama dan identitas seksual dari santri yang menjadi bagian dari penelitian ini.Item NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LIRIK LAGU KAWIH BARUDAK SUNDA CANGKURILEUNG KARYA MANG KOKO KOSWARA(2017-07-27) ARI ARIYANTO; Raden Muhammad Mulyadi; Teddi MuhtadinPendidikan karakter merupakan salah satu aspek fundamental dalam proses pembentukkan karakter setiap individu. Salah satu upaya memelajari nilai pendidikan karakter adalah melalui media lagu. Mang Koko Koswara dikenal dengan karya-karya lagunya yang menceritakan tentang dunia anak-anak dalam segala aspek perilaku. Lagu ciptaan Mang Koko Koswara ini dapat memberi gambaran mengenai nilai pendidikan karakter khususnya pada anak. Hal ini dapat dikatakan bahwa lagu-lagu anak karya Mang Koko Koswara memiliki relasi yang erat dengan nilai pendidikan karakter. Sehingga fokus penelitian ini adalah lagu kawih barudak Sunda karya Mang Koko Koswara yang ditampilkan melalui lagu-lagunya yang begitu dekat dengan anak-anak. Tesis ini berjudul Nilai Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Kawih Barudak Sunda Cangkurileung karya Mang Koko Koswara. Objek penelitian dalam tesis ini adalah 10 lagu pilihan kawih barudak Sunda pada buku Cangkurileung jilid 1 sampai 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif karena penelitian ini mengungkap data deskriptif dan menemukan makna dari fenomena yang terjadi pada penelitian secara alami. Penelitian ini akan membahas mengenai makna denotasi dan konotasi lagu serta representasi pendidikan dan kehidupan masyarakat tahun 1952 ketika lagu-lagu dalam buku Cangkurileung diciptakan, dan relasinya dengan 18 nilai pendidikan karakter yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, dan Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003. Berdasarkan proses analisis dari penelitian ini ditemukan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dari komposisi lagu-lagu kawih barudak Sunda karya mang Koko Koswara dalam buku Cangkurileung mendeskripsikan pemaknaan lagu yang memang begitu melekat akan nilai pendidikan karakter tersebut. Dari hasil analisis ditemukan beberapa nilai pendidikan yang dominan muncul, di antaranya adalah nilai ketekunan dalam belajar seperti kerja keras, gemar membaca, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, serta disiplin dan peduli lingkungan. Hal ini mengindikasikan bahwa mang Koko ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan pasca kemerdekaan, sebagaimana wujud kontribusi yang beliau lakukan untuk kebijakan pemerintah melalui bidang seni. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, kawih sunda, cangkurileung, koko koswara. Character Education is one of fundamental aspects in process of building individual character. One of efforts to learn the values of character education is through song as the media. Mang Koko Koswara is well-known by his works in creating Sundanese children`s songs which most of his works tell about children`s world and all aspects of their behaviors. Songs created by Mang Koko can portray the values of character education, particularly for children. It can be said that children`s songs which are works of Mang Koko have a strong relationship with the value of character education. Thus, this research focuses on Kawih Barudak Sunda (Sundanese children`s songs liric) created by Mang Koko which are represented through the songs closely related to children. This graduate thesis is entitled "The Value of Character Education in ‘Cangkurileung Sundanese Children`s Songs’ Lyrics the Works of Mang Koko Koswara". The object of research in this graduate thesis is ten selected Sundanese children`s songs in the book of Cangkurileung Volume 1-3. The research methodology employed in this research is qualitative research because it exposes the descriptive data and observes the purpose of phenomena which happen in this research naturally. This research will discuss about the meaning of denotation and connotation of the songs as well the representation of education and the social life in 1952 in which the songs in the book of Cangkurileung were created and their relations to the eighteenth values of character education based on religion, Pancasila, culture and National Educational Law of 2003. According to the results of analysis process of this research, it showed that the compositions of Sundanese children`s songs created by Mang Koko Koswara in the book of Cangkurileung described about the meaning of songs which are strongly related to the values of character education itself. From the results of research, there were several values of character education which frequently appeared in Mang Koko Koswara`s works, that are the value of diligence in learning for instance hard work, fond of reading, curiosity, friendly/ communicative, discipline, and care of environment. It indicated that Mang Koko Koswara was willing to show his concern in education field after the independence as his contribution to support the government policy through arts. Keywords: The Values of Character Education, Sundanese Children’s Songs, Cangkurileung, Koko KoswaraItem UNSUR AKULTURASI BUDAYA PADA RUMAH TJONG A FIE DI KOTA MEDAN(2017-08-17) RUDIANSYAH; Gugun Gunardi; WidyonugrahantoMasyarakat Tiongkok mulai berimigrasi ke Indonesia sekitar abad ke 12, khususnya di Kota Medan. Mereka turut memperkenalkan agama, seni dan budaya kepada masyarakat setempat. ‘Unsur Akulturasi Budaya pada Rumah Tjong A Fie di Kota Medan’ dipilih sebagai judul Tesis dengan tujuan untuk mengkaji dan memahami perpaduan budaya yang terdapat pada bangunan tersebut. Objek penelitian ini berpusat pada rumah Tjong A Fie, yang terletak di jalan Jend. Ahmad Yani No.105 Kesawan Medan. Penelitian ini menggunakan teori akulturasi yang diperkenalkan oleh John W. Berry. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan budaya baru yang datang dari kelompok lain. Dari sanalah terjadi perubahan pola kebudayaan yang original, namun tidak menyebabkan hilangnya unsur kedua kebudayaan tersebut. Perpaduan budaya ini dapat dilihat pada rumah Tjong A Fie. Seperti warna kuning yang dominan, bentuk lebah bergantung dan bentuk jendela yang menjadi ciri khas arsitektur melayu. Unsur budaya Eropa terlihat pada tiang penyangga, lampu hias, meja makan, serta ukiran langit-langit pada rumah Tjong A Fie. Unsur budaya Tiongkok terdapat pada tiang gapura, patung singa, pintu masuk serta bentuk atap yang melengkung.Item TUBUH DAN SEKSUALITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN RESIK V DAN SUMBER AYU(2017-11-14) MAYANG NURMALA INDAH; Kunto Sofianto; Aquarini PriyatnaPenelitian ini berfokus pada wacana tubuh dan seksualitas perempuan yang dihubungkan dengan gagasan kecantikan ideal dan gagasan relasi seksual ideal pada iklan Resik V dan Sumber Ayu. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran terkait tubuh dan seksualitas perempuan serta mendapatkan gambaran mengenai bagaimana konsep kecantikan ideal dan konsep heteroseksualitas berhubungan dengan representasi seksualitas perempuan di dalam iklan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode kualitatif yang fokus pada pembacaan tanda-tanda yang hadir di dalam iklan dengan menggunakan teori semiotika Peirce. Hasil pembacaaan menujukkan bahwa genitalia perempuan di dalam iklan merepresentasikan keseluruhan diri perempuan dan seksualitas perempuan. Seksualitas perempuan di dalam iklan, baik yang dihubungkan dengan konsep kecantikan ideal maupun relasi seksual ideal, digambarkan tidak ajeg dan tunggal. Pertama, adanya penggambaran seksualitas perempuan di dalam iklan yang difokuskan pada fungsi pengabdian dan pelayanannya kepada suami. Kedua, terdapat pula penggambaran seksualitas perempuan yang mandiri dan bebas karena tidak adanya tuntutan untuk memenuhi hasrat dan pandangan laki-laki. Ketiga, seksualitas perempuan digambarkan memiliki kuasa tersendiri dan tidak sepenuhnya ditampilkan submisif pada maskulinitas laki-laki. Dengan perkataan lain, seksualitas perempuan di dalam iklan masih memuat gagasan patriarki, yang ditampilkan melalui dedikasi perempuan kepada suami, tetapi pada saat yang sama juga memuat semangat feminis yang tampak pada gambaran kemandirin, kebebasan, dan kuasa perempuan.Item Representasi Penubuhan Jilbab Perempuan Muslim pada Tiga Surat Kabar Daring Nasional Indonesia Tahun 2016(2018-01-17) YESSY HERMAWATI; Muhamad Adji; Aquarini PriyatnaPraktik pemakaian jilbab memiliki makna yang kompleks sejak banyak perempuan memakai jilbab dalam berbagai bentuk dan cara. Jilbab pada perempuan muslim tidak hanya dimaknai sebagai pakaian yang mencerminkan nilai-nilai Islam, tetapi juga sebuah pilihan yang dilekatkan tehadap tubuh yang terkait dengan isu-isu lainnya. Penubuhan jilbab merupakan perwujudan praktik jilbab terhadap perempuan muslim dengan negosisasi terhadap dunianya. Hal ini membentuk relasi penubuhan jilbab perempuan sebagai diri dan bagian masyarakat yang terkait identitas, norma agama, sosial dan budaya. Berbagai bentuk penubuhan jilbab direpresentasikan kembali oleh media massa. Dengan menggunakan teknik analisis framing dan pendekatan feminisme dan cultural studies, penelitian ini mengkaji bentuk-bentuk representasi penubuhan jilbab dan perempuan muslim dan bagaimana prespektif pada tiga koran daring nasional Indonesia (Kompas.com, Republika.com dan Tempo.co) merepresentasikannya. Hasil analisis menunjukakan portal Kompas.com, Republika .co.id dan Tempo.co menampilkan enam isu tentang jilbab terkait dengan isu diskriminasi, pemberdayaan dan perjuangan perempuan berjilbab dalam ruang publik, perlawanan, toleransi, negara dan kriminilaitas. Teks berita tesebut menampilkan dua bentuk representasi penubuhan jilbab dan perempuan muslim yakni jilbab dan opresi perempuan muslim dan jilbab sebagai alat perlawanan dan pembebasan perempuan muslim. Representasi jilbab dan perempuan muslim pada tiga koran tersebut masih dipengaruhi oleh wacana “Barat” terutama pada media massa tentang jilbab dan perempuan muslim yang masih menekankan isu jilbab terkait opresi, terorisme, islamophobhia dan juga perlawannya. Akhirnya, media massa memainkan peranan dalam membentuk streotipe dalam praktik jilbab.Item PEREMPUAN PUNK : BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP GENDER NORMATIF(2018-05-29) ANI ROSTIYATI; Mumuh Muhsin Z; Aquarini PriyatnaPunk merupakan sekelompok orang yang memiliki budaya tersendiri, berbeda dengan budaya yang lebih banyak dipraktikkan orang. Punk dicirikan sebagai bentuk budaya tanding yakni perlawanan terhadap budaya dominan. Tulisan ini bertujuan untuk mengemukakan cara perempuan punk mengidentifikasi dirinya melalui makna penampilan dan fashion yang dikenakan, sehingga terungkap ide, gagasan, dan cara pandang mereka dalam meresistensi diri dari kontruksi gender normatif. Hasil penelitian terungkap bahwa dalam estetika punk, mereka berupaya untuk menghilangkan diri dari budaya dominan dan gender normatif. Mereka keluar dari pusat patriarki dan menentang ide-ide femininitas. Penelitian ini berupa studi kasus terhadap 5 (lima) perempuan punk di Ujungberung Bandung dan dikaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data akurat, menyeluruh, dan detail mengenai makna penampilan perempuan punk. Jenis penelitian bersifat analisis deskriptif yakni menganalisis dan menyajikan fakta sehingga lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Adapun pengambilan data melalui observasi, wawancara mendalam, foto, dan studi pustaka.Item PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN WADITRA CELEMPUNG DI JAWA BARAT(2018-12-25) HANDRIANSYAH NUGRAHA; Gugun Gunardi; Teddi MuhtadinPenelitian ini bertujuan untuk meninjau perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam alat musik tradisional atau waditra Sunda, celempung, di Jawa Barat selama ini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan phenomenologik. Dalam pengkajiannya, penelitian ini menggunakan beberapa teori, yaitu, teori fungsi musik, teori perubahan sosial, teori hermeneutika, dan identitas pola Sunda. Hasil penelitian menunjukan bahwa waditra celempung mengalami dinamika perkembangan yang menarik. Berawal dari alat permainan para penunggu ladang, celempung berkembang menjadi sebuah bentuk pertunjukan musik berkat kreativitas seniman. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari perubahan-perubahan yang terjadi dalam waditra celempung. Perubahan bentuk, fungsi kegunaan, bahan rancang, cara memainkan, hingga distribusi peredaran, merupakan contoh-contoh kecil perubahan yang dimaksud. Perubahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti berubahnya struktur sistem tatanan masyarakat, kebudayaan masyarakat yang berubah, dan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.Item Pengalaman Prostesis Digital pada Penonton Vlog Kecantikan(2019-11-27) FAUZIAH ISMI DESIANA; Ari Jogaiswara Adipurwawidjana; Aquarini PriyatnaTesis ini berjudul Pengalaman Prostesis Digital pada Penonton Vlog Kecantikan. Penelitian ini membahas pemroduksian pengalaman prostesis digital pada tubuh penonton vlog kecantikan. Penelitian ini menggunakan teori cyborg (cybernetic organism) yang ditawarkan oleh Donna Haraway (1985). Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa tubuh beauty vlogger yang mendemosntrasikan makeup di dalam layar merupakan tubuh buatan yang dapat mengantarkan penonton pada kepuasan mencoba produk kecantikan. Tubuh beauty vlogger yang memiliki banyak kesamaan fisik dianggap sebagai ‘mesin penyeleksi’ dan ‘laboratorium farmasi’ yang dapat menentukan kecocokan suatu produk. Tubuh Tasya Farasya dan Suhay Salim dianggap tubuh ideal bagi subjek penelitian yang dikonsumsi untuk mewujudkan fantasi makeup yang tidak mungkin direalisasikan dalam kehidupan luring. Subjek penelitian cenderung memiliki fetish pada hidung mancung khas perempuan keturunan Arab. Ketika menonton vlog Tasya Farasya dan Suhay Salim, subjek penelitian mendapatkan sensasi memiliki hidung yang mancung khas keturunan Arab tanpa melakukan operasi plastic.Item KODE-KODE SEMIOTIKA DAN IDEOLOGI PADA BALAI PERTEMUAN UMUM (BPU) RUMA GORGA MANGAMPU TUA DI JAKARTA(2021-01-14) TRY PUTRA RAJAGUKGUK; Dade Mahzuni; Kunto SofiantoPenelitian ini berjudul Kode-Kode Semiotika dan Ideologi Pada Balai Pertemuan Umum (BPU) Ruma Gorga Mangampu Tua di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan konstruksi makna tanda, kode-kode semiotika, dan ideologi dalam Balai Pertemuan Umum (BPU) Ruma Gorga Mangampu Tua di Jakarta. Penelitian ini menggunakan kajian semiotika dan diaspora yang difokuskan pada tiga objek tanda BPU Ruma Gorga Mangampu Tua yang terdapat di Jakarta; menganalisis bagaimana objek tersebut dikonstruksi oleh diaspora Batak Toba di Jakarta. Melalui penelitian tersebut diketahui bahwa objek tanda dikonstruksi sebagai imajinasi dari ruma bolon yang ditunjukkan dari fungsi atap rumah, badan rumah, pondasi rumah, panggung depan, tempat duduk, serta ragam hias gorga sebagai suatu ingatan diaspora Batak Toba di Jakarta tentang kampung halamannya. Kedua, dari elemen-elemen tersebut pula BPU Ruma Gorga Mangampu Tua di Jakarta juga menunjukkan dirinya sebagai bangunan hibrid (pencampuran identitas) modern dan tradisional yang dipahami sebagai kode-kode semiotika. Ketiga, bangunan ini juga menunjukkan ideologi si pemilik gedung melalui pilihan bentuk dan hiasan karena adanya monopoli dagang (materialisme) di balik dominasi produk-produk BPU lainnya di Jakarta yang ditunjukkan dengan penggunaan istilah ruma gorga mangampu tua. Sebagai narasi ideologi etnik Batak Toba melalui tiruan dari ruma bolon, objek tersebut dikonstruksi oleh diaspora Batak Toba di Jakarta sebagai manifestasi ingatan kampung halamannya agar mereka tetap terikat dengan nilai-nilai dan norma adat dalam tata kehidupan budaya Batak Toba.Item PEREMPUAN DALAM UPACARA ADAT MAPAG SRI DI DESA SLANGIT KABUPATEN CIREBON: KAJIAN EKOFEMINISME(2021-08-18) FAZA FAUZAN AZHIMA; Teddi Muhtadin; Aquarini PriyatnaTesis ini memaparkan kegiatan upacara adat Mapag Sri dan peran perempuan dalam ritual upacara adat tersebut. Dengan menggunakan sudut pandang ekofeminisme, penelitian ini membahas hubungan perempuan dengan ritual upacara adat Mapag Sri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data-data hasil wawancara dan observasi lapangan. Hasilnya didapatkan bahwa Dewi Sri yang direpresentasikan sebagai perempuan yang disimbolkan juga pada tanaman padi mengindikasikan bahwa upacara adat Mapag Sri merupakan penghormatan kepada perempuan dan kepada padi sebagai hasil panen. Upacara adat ini juga menunjukan hubungan antara perempuan dengan alam. Perempuan berperan signifikan dalam ritual upacara adat ini seperti yang terlihat pada kegiatan sinoman yang merupakan salah satu rangkaian pokok dari upacara adat Mapag Sri. Perempuan desa Slangit juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan lain yang berhubungan kegiatan upacara. Upacara adat ini dilangsungkan setiap tahun untuk menyambut masa panen padi dapat diargumentasikan sebagai sebuah gerakan ekofeminisme karena kegiatan ini berfokus pada partisipasi dan kedekatan perempuan dengan alam, terutama dalam konteks ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan.Item TENTARA DALAM SINEMA: KONSTRUKSI MASKULINITAS PASCA ORDE BARU(2021-11-09) HARY GANJAR BUDIMAN; Raden Muhammad Mulyadi; Aquarini PriyatnaTesis ini berjudul Tentara dalam Sinema; Konstruksi Maskulinitas Pasca Orde Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konstruksi maskulinitas tentara pasca Orde Baru yang direpresentasikan dalam tiga film tentang tentara, yaitu Jenderal Soedirman (2015), Doea Tanda Cinta (2015), dan I Leave My Heart in Lebanon (2016). Penelitian ini menggunakan perangkat kajian film yang difokuskan pada naratologi film; menganalisis bagaimana maskulinitas ditunjukkan melalui audio (dialog antar karakter, voice over, musik) dan visual (sinematografi, ekspresi karakter). Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa konstruksi maskulinitas tentara dalam film dibangun dari gagasan tentang ksatria dan bapak. Gagasan tentang ksatria diartikulasikan di ranah publik sebagai tentara, gagasan tentang bapak diartikulasikan di ranah domestik sebagai suami atau kepala keluarga. Kedua gagasan tersebut diekspresikan oleh tokoh utama laki-laki dalam film dengan cara yang beragam. Karakter Soedirman dalam film Jenderal Soedirman menunjukkan maskulinitas tradisional dan hegemonik. Karakter Mahesa dan Bagus dalam film Doea Tanda Cinta menunjukkan transformasi pemuda menjadi laki-laki dewasa yang mengatribusi maskulinitas normatif. Film Jenderal Soedirman dan Doea Tanda Cinta memuat pesan yang patriarkal; menempatkan perempuan di bawah dominasi laki-laki. Film I Leave My Heart in Lebanon menegosiasikan gagasan tentang kesetaraan gender. Karakter Satria dalam film tersebut menunjukkan maskulinitas laki-laki baru; sensitif dan terlibat dalam pengasuhan anak. Karakter Satria mempraktikkan hubungan gender yang lebih bersifat egaliter.Item Alegorisasi Trauma Nasional Dalam Film 27 Steps of May(2021-12-21) RIFKI ZAMZAM MUSTAFFA; Ari Jogaiswara Adipurwawidjana; Aquarini PriyatnaPenelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi isu-isu trauma, amnesia, kekerasan terhadap perempuan dan agensi mereka sebagaimana digambarkan dalam film Indonesia berjudul 27 Steps of May. Penelitian dilakukan dengan menerapkan konsep alegori dan metafora menurut Jameson dan Jakobson serta kajian film yang dikemukakan oleh Turner. Film dapat menggambarkan isu-isu tersebut melalui peranti-perantinya, khususnya tokoh-tokoh dan mise-en-scene, sehingga dapat ditemukan metafora-metafora yang membangun alegori terhadap suatu peristiwa. Pembacaan ketat yang diterapkan dalam kajian ini menemukan bahwa film ini menampilkan metafora-metafora isu pemerkosaan, agensi, amnesia dan trauma yang ditunjukkan oleh tokoh-tokohnya, yaitu May, Bapak, Pesulap dan Kurir, serta mise-en-scene dalam adegan-adegannya. Saya berargumentasi bahwa film ini merupakan alegori trauma nasional sehubungan dengan peristiwa bulan Mei 1998 di Indonesia, khususnya melalui penyajian kekerasan terhadap kelompok marginal (perempuan dan etnis Tionghoa). Meskipun film ini tampak masih terkekang oleh wacana yang patriarkal, film ini berupaya untuk menggambarkan ekspektasi kolektif bangsa Indonesia dalam menerima dan mengakui trauma nasional bersama-sama.Item Luh Ayu Manik Mas Sebagai Representasi Superhero Perempuan Bali dalam Komik(2022-01-21) HANIFAH PUJI UTAMI; Aquarini Priyatna; Tisna PrabasmoroPenelitian ini berangkat dari maraknya marjinalisasi karakter perempuan dalam komik superhero, terutama di Indonesia. Salah satu komik yang mewujudkan tradisi budaya dan kearifan lokal Indonesia adalah Luh Ayu Manik Mas, yang menampilkan kebudayaan Bali. Tulisan ini membahas bagaimana Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan perempuan Bali yang terwujud dalam karakternya sebagai superhero. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis isi terhadap enam edisi komik Luh Ayu Manik Mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luh Ayu Manik Mas ditampilkan memanifestasi identitas lokal melalui ragam wujud kekuatan, sumber kekuatan yang dinamakan dengan gelang Tri Datu, dan kepercayaannya pada Tri Hita Karana. Tri Datu diyakini sebagai sumber kekuatan hidup, sedangkan Tri Hita Karana diyakini sebagai prinsip hidup yang menjamin keharmonisan dalam setiap aspek kehidupan. Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan perempuan Bali yang dimuliakan oleh ajaran agama Hindu melalui kekuatan perempuan yang bertolak belakang dengan budaya patriarki di Bali. Penguatan peran perempuan melalui tokoh Luh Ayu Manik Mas dan unsur-unsur budaya Bali lainnya dalam komik memberikan pandangan baru terkait kekhasan superhero perempuan IndonesiaItem Representasi Maskulinitas Transman dalam Film 3 Generations dan Salah Bodi(2022-02-22) DERI EKA FIRMANSYAH; Lina Meilinawati Rahayu; Aquarini PriyatnaPenelitian ini berjudul Representasi Maskulinitas Transman dalam Film 3 Generations dan Salah Bodi. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena transman yang merupakan variasi dari transgender, seperti yang direpresentasikan dalam film 3 Generations dan Salah Bodi. Fokus dalam tesis ini adalah tampilan transgender female-to-male, yang dalam tesis ini diacu sebagai transman, yang mengonstruksi maskulinitas sebagaimana yang ditampilkan melalui film tersebut.Melalui pembahasan mengenai persepsi masyarakat yang menunjukkan perbedaan terhadap tubuh transman sebagaimana yang ditampilkan dalam kedua film tersebut, dapat diargumentasikan bahwa nilai heteronormativitas masih merupakan nilai yang mainstream dan dinormalkan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa tokohtransmanmelakukan tindakan passingsebagai representasi konstruksi gender yang cair dengan menunjukkan tubuhnya sebagai laki-laki meskipun mereka lahir sebagai perempuan. Penelitian ini menunjukkan representasi gender cair melalui tampilan dari transisi dan transisi ulang yang dilakukan oleh tokoh transman dalam film 3 Generations dan Salah Bodi. Penelitian ini pun mengungkapkan penerimaan terhadap tubuh maskulin yang ditampilkan pada film 3 Generationssebagai representasi masyarakat yang menerima identitas gender yang cair. Penolakan terhadap tubuh maskulinitas ditampilkan melalui film Salah Bodi sebagai representasi kuatnya nilai heteronormativitas pada masyarakat Indonesia sebagaimana ditampilkan dalam film tersebut.Item KONSTRUKSI BAPAK DALAM REALITY SHOW KOREA SELATAN THE RETURN OF SUPERMAN(2022-02-23) MURI IRYANTI; Raden Muhammad Mulyadi; Aquarini PriyatnaPenelitian ini mendiskusikan konstruksi maskulinitas baru pada reality show Korea Selatan berjudul The Return of Superman. Reality show ini merupakan bagian dari eksistensi budaya pop Korea yang disebut dengan istilah hallyu (gelombang budaya Korea). The Return of Superman memberikan gambaran tentang aliansi laki-laki dengan atribusi maskulinitas baru yang tidak begitu memberi opresi pada perempuan sebagaimana pada konteks budaya patriarki. Penggambaran bentuk maskulintas baru ini terlihat pada saat para bapak selebritas mengasuh dan bermain bersama anak dengan caranya masing-masing. The Return of Superman diargumentasikan menampilkan gambaran bahwa bapak dapat berperan dalam pengasuhan dan melakukan pekerjaan domestik lainnya. Pemilihan atas acara televisi ini bertujuan untuk melihat bagaimana program televisi membangun bentuk maskulinitas baru pada laki-laki seperti pada para bapak selebritas yang tergabung dalam acara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori maskulinitas dan kode-kode televisi untuk menganalisis objeknya dan untuk menemukan wacana maskulinitas baru yang digambarkan oleh para bapak selebritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada The Return of Superman, para bapak selebritas merepresentasikan karakter yang berbeda dari profesinya masing-masing dan acara ini juga menggambarkan bahwa maskulinitas termasuk di dalamnya maskulinitas baru merupakan hal yang bersifat cair. Meskipun masih terdapat ideologi maskulinitas tradisional, tetapi ada upaya untuk menerapkan nilai-nilai maskulinitas baru melalui acara televisi yang diwakili oleh perilaku para bapak selebritas tersebut.Item Konsep Bobodoran Sunda dalam(2022-03-01) HAFIDZ AZHAR; Gugun Gunardi; Teddi MuhtadinBuku Goenoeng Gelenjoe: 50 Dongeng Pigoemoedjengen, karya Romans Bereau Joehana, merupakan buku kumpulan humor bernuansa Sunda yang diterbitkan pada tahun 1928. Dalam buku ini, terdapat 50 dongeng berbahasa Sunda dengan berbagai tokoh dan juga latar yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan konsep bobodoran atau humor Sunda yang terkandung dalam buku Goenoeng Gelenjoe: 50 Dongeng Pigoemoedjengen, karya Romans Bereau Joehana. Dari 50 dongeng yang ada, diambil 28 dongeng sebagai objek penelitiannya. Hal tersebut ditinjau berdasarkan nama orang dan tempat yang mengacu pada aspek kesundaannya. Adapun pendekatannya ialah, dengan menggunakan teori humor dan strukturalisme genetik untuk menghubungkan pengarang dengan konteks sosialnya. Hasil penelitian ini menunjukkan, banyaknya aspek keganjilan yang mendominasi humornya, tetapi pengarang kadang juga menggabungkan aspek keganjilan tersebut dengan aspek melepaskan ketegangan secara sekaligus, sehingga dongeng tersebut menjadi lucu. Hal ini terlihat dalam dongeng yang berjudul Koesir Sado Pinter, Hajang Boga Minantoe kanoe Bisa Ngadoa dan Toeroenan Agan.
- «
- 1 (current)
- 2
- 3
- »