Kajian Budaya (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Kajian Budaya (S2) by Title
Now showing 1 - 20 of 41
Results Per Page
Sort Options
Item AKULTURASI ISLAM-SUNDA DALAM KITAB-KITAB RUJUKAN DI PESANTREN MIFTAHUL HUDA MANONJAYA TASIKMALAYA(2023-03-13) DEWI KURAESIN; Dade Mahzuni; Lina Meilinawati RahayuPenelitian ini membahas ‘‘Akulturasi Islam-Sunda dalam Kitab-Kitab Rujukan di Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya’’. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam akulturasi Islam Sunda yang terdapat pada nilai-nilai budaya Islam Sunda dan ideologi dalam kitab-kitab rujukan di pesantren Miftahul Huda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab rujukan cenderung dipengaruhi latar budaya penulisnya. Keterpengaruhan tersebut tampak dalam nilai-nilai budaya Islam ke dalam budaya Sunda. Terdapat tiga unsur nilai budaya Sunda yang mengalami akulturasi dengan nilai ajaran Islam-Sunda: Pertama, nilai keagamaan, yakni dalam berbagai bentuk sapaan bagi Allah dengan penambahan kata Gusti, Pangéran dan aturan tata krama bahasa dalam berkomunikasi dengan-Nya. Kedua, nilai kepribadian, terdapat dalam beragam peribahasa dan ungkapan tradisional bahasa Sunda. Secara umum, dibedakan menjadi empat kategori, yakni ungkapan tradisional Sunda yang terkait dengan akal, budi, semangat dan perilaku. Ketiga, nilai sosial masyarakat, terkait dengan pandangan manusia tentang lingkungan masyarakat di mana ia berada, baik antara sesama individu, keluarga, dan masyarakat. Ideologi yang terkandung dalam kitab-kitab rujukan yakni ideologi Siger Tengah yang merupakan ideologi yang dimiliki oleh para leluhur di Sunda dan ajaran Islam sehingga dapat dicirikan sebagai ideologi pemersatu antara Islam dan Sunda.Item Alegorisasi Trauma Nasional Dalam Film 27 Steps of May(2021-12-21) RIFKI ZAMZAM MUSTAFFA; Ari Jogaiswara Adipurwawidjana; Aquarini PriyatnaPenelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi isu-isu trauma, amnesia, kekerasan terhadap perempuan dan agensi mereka sebagaimana digambarkan dalam film Indonesia berjudul 27 Steps of May. Penelitian dilakukan dengan menerapkan konsep alegori dan metafora menurut Jameson dan Jakobson serta kajian film yang dikemukakan oleh Turner. Film dapat menggambarkan isu-isu tersebut melalui peranti-perantinya, khususnya tokoh-tokoh dan mise-en-scene, sehingga dapat ditemukan metafora-metafora yang membangun alegori terhadap suatu peristiwa. Pembacaan ketat yang diterapkan dalam kajian ini menemukan bahwa film ini menampilkan metafora-metafora isu pemerkosaan, agensi, amnesia dan trauma yang ditunjukkan oleh tokoh-tokohnya, yaitu May, Bapak, Pesulap dan Kurir, serta mise-en-scene dalam adegan-adegannya. Saya berargumentasi bahwa film ini merupakan alegori trauma nasional sehubungan dengan peristiwa bulan Mei 1998 di Indonesia, khususnya melalui penyajian kekerasan terhadap kelompok marginal (perempuan dan etnis Tionghoa). Meskipun film ini tampak masih terkekang oleh wacana yang patriarkal, film ini berupaya untuk menggambarkan ekspektasi kolektif bangsa Indonesia dalam menerima dan mengakui trauma nasional bersama-sama.Item Dapur Musik Project: Komodifikasi Musik Keroncong di Era Disrupsi(2023-11-15) MUSTIKA ANDINI; Widyonugrahanto; Reiza D. DienaputraDi era disrupsi kini, musik keroncong sebagai tonggak musik populer di Indonesia sebagian besar mengalami pergeseran secara sistem dan fungsional: konvensional ke digital, dan sakral ke profan. Kaum muda menjadi aktor penting dalam setiap perubahan yang terjadi, khususnya dalam perkembangan musik keroncong. Di sisi lainnya, terdapat resistensi dari kaum orang tua yang menyuarakan polemik antara musik keroncong “pakem” dan yang dianggap “kekinian”. Dapur Musik Project adalah salah satu contoh kelompok musik keroncong muda yang melakukan komodifikasi musik keroncong dengan memanfaatkan media baru. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengkaji bagaimana dan mengapa Dapur Musik Project melakukan komodifikasi musik keroncong di era disrupsi, terutama terhadap karya-karya Manthous. Penelitian ini menggunakan teori komodifikasi yang dikemukakan Mosco (2009), kerangka berpikir Naafs dan White (2012) yang mengemukakan diskursus kaum muda, dan Bourdieu (1984) dengan teori praktik sosialnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dapur Musik Project melakukan komodifikasi konten/isi, komodifikasi audiens/khalayak, komodifikasi tenaga kerja/pekerja, komodifikasi imanen, dan komodifikasi perluasan. Penelitian ini juga mengemukakan komodifikasi simbolik dalam praktik komodifikasi yang dilakukan oleh Dapur Musik Project terhadap karya-karya lagu ciptaan Manthous, maupun terhadap “Manthous” itu sendiri. Melalui Dapur Musik Project, penelitian ini membuktikan bahwa komodifikasi memang sangat erat kaitannya dengan praktik industri dan kapitalisme, tetapi nilai ekonomi tidak menjadi satu-satunya poin penting. Nilai-nilai sosial dalam kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan praktik sosial juga penting untuk diaksentuasikan dalam praktik komodifikasi.Item Foto Esai Sepak Bola di Museum Olahraga Nasional: Nostalgia dan Komunitas Terbayang(2023-01-26) DEDDY SETIAWAN; Widyonugrahanto; Tisna PrabasmoroAbstrak Orang-orang terlibat dalam nostalgia melalui museum dan pengalaman mereka, tetapi sedikit penelitian telah dilakukan untuk menghubungkan ketiganya. Artikel tersebut menempatkan esai foto di Museum Olahraga Nasional sebagai pemicu ingatan pengunjung terhadap peristiwa dalam foto yang berkaitan dengan identitas diri dan bangsa. Ia menjelaskan proyeksi identitas kolektif ketika para pengunjung menengok kembali memori lama sambil mengonsumsi dokumentasi peristiwa dalam esai foto, dan menempatkan esai foto sebagai media nostalgia komunitas yang terbayang. Artikel tersebut berpendapat bahwa esai foto tidak hanya membantu memulihkan ingatan dan pengetahuan pengunjung, tetapi juga membangun identitas pribadi dan kolektif yang menumbuhkan rasa memiliki dan inklusi.Item IDENTITAS DAN HOMOSEKSUALITAS DI PESANTREN: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AS-SAKAN DAN ALUMNI SANTRI DARI PESANTREN DI JAWA BARAT(2017-01-13) GIAN NOVA SUDRAJAT NUR; Aquarini Priyatna; Mumuh Muhsin ZFokus penelitian ini adalah perilaku seksual yang dipraktikkan oleh santri laki-laki di Pondok Pesantren As-Sakan yang teridentifikasi dan atau mengidentifikasi dirinya sebagai homoseksual dengan menganalisis narasi otobiografis dari santri yang mengenyam pendidikan di pesantren di Jawa Barat. Dengan menggunakan teori queer, homososialitas, dan homoseksualitas, ditunjukkan bahwa seksualitas manusia adalah suatu continuum yang sangat kompleks, sehingga praktik homoseksual dapat termanifestasi dalam berbagai bentuk. Diperlihatkan bahwa hubungan sesama jenis laki-laki dibangun atas pola pertemanan antar laki-laki, mentorship, entilement, persaingan antara homoseksualitas dan heteroseksualitas dalam hubungan yang intim sehingga ada pergeseran hubungan di dalamnya. Melalui hal tersebut diketahui beberapa tipologi perilaku seksual santri di Pondok Pesantren As-Sakan, yaitu: arnaban, grepek, masturbasi, oral sex, dan praktik anal. Praktik pemisahan jenis kelamin yang merupakan bagian dari praktik normatif pesantren, misalnya kegiatan, aturan dan sanksi, juga sarana dan prasarana yang terdapat di pesantren, dapat diargumentasikan memungkinkan terjadinya praktik-praktik yang dapat dikategorikan sebagai praktik homoseksual. [Homo] seksualitas turut mengkonstruksi identitas beragama dan identitas seksual dari santri yang menjadi bagian dari penelitian ini.Item KODE-KODE SEMIOTIKA DAN IDEOLOGI PADA BALAI PERTEMUAN UMUM (BPU) RUMA GORGA MANGAMPU TUA DI JAKARTA(2021-01-14) TRY PUTRA RAJAGUKGUK; Dade Mahzuni; Kunto SofiantoPenelitian ini berjudul Kode-Kode Semiotika dan Ideologi Pada Balai Pertemuan Umum (BPU) Ruma Gorga Mangampu Tua di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan konstruksi makna tanda, kode-kode semiotika, dan ideologi dalam Balai Pertemuan Umum (BPU) Ruma Gorga Mangampu Tua di Jakarta. Penelitian ini menggunakan kajian semiotika dan diaspora yang difokuskan pada tiga objek tanda BPU Ruma Gorga Mangampu Tua yang terdapat di Jakarta; menganalisis bagaimana objek tersebut dikonstruksi oleh diaspora Batak Toba di Jakarta. Melalui penelitian tersebut diketahui bahwa objek tanda dikonstruksi sebagai imajinasi dari ruma bolon yang ditunjukkan dari fungsi atap rumah, badan rumah, pondasi rumah, panggung depan, tempat duduk, serta ragam hias gorga sebagai suatu ingatan diaspora Batak Toba di Jakarta tentang kampung halamannya. Kedua, dari elemen-elemen tersebut pula BPU Ruma Gorga Mangampu Tua di Jakarta juga menunjukkan dirinya sebagai bangunan hibrid (pencampuran identitas) modern dan tradisional yang dipahami sebagai kode-kode semiotika. Ketiga, bangunan ini juga menunjukkan ideologi si pemilik gedung melalui pilihan bentuk dan hiasan karena adanya monopoli dagang (materialisme) di balik dominasi produk-produk BPU lainnya di Jakarta yang ditunjukkan dengan penggunaan istilah ruma gorga mangampu tua. Sebagai narasi ideologi etnik Batak Toba melalui tiruan dari ruma bolon, objek tersebut dikonstruksi oleh diaspora Batak Toba di Jakarta sebagai manifestasi ingatan kampung halamannya agar mereka tetap terikat dengan nilai-nilai dan norma adat dalam tata kehidupan budaya Batak Toba.Item KOMODIFIKASI AGAMA PADA PROGRAM TELEVISI(2022-04-12) NURSOLIHAH; Gani Ahmad Jaelani; HazbiniProgram televisi Pagi-Pagi Pasti Happy (PPPH) pada periode Mei hingga Desember 2018 yang tayang di Trans TV menggambarkan persinggungan yang tidak biasa antara agama dan kapitalisme. Dua ideologi yang hakikatnya berseberangan kini justru tampil dipadukan dalam sebuah tayangan populer yang tidak secara khusus melabeli diri sebagai program religi. PPPH menampilkan sosok ustaz sebagai simbol dari tokoh agama yang di satu sisi berperan sebagai pendakwah sekaligus sebagai pembawa acara yang menghibur khalayak. PPPH menampilkan sosok ustaz populer dengan dalih memberikan pendidikan agama sekaligus menghibur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai proses komodifikasi agama pada tayangan PPPH. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis naratif terhadap program televisi PPPH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program televisi PPPH telah mempertemukan dua ideologi yang berlawanan. Agama dan kapitalisme, alih-alih berbenturan, keduanya justru didamaikan dalam ruang populer. Agama diubah dari entitas yang tadinya sakral menjadi profan sebagai akibat langsung dari dipertemukannya dengan kapitalisme; sedangkan kapitalisme memanfaatkan agama sebagai komoditas melalui penggunaan simbol-simbol agama di ruang profan untuk mendapatkan keuntungan material.Item Konsep Bobodoran Sunda dalam(2022-03-01) HAFIDZ AZHAR; Gugun Gunardi; Teddi MuhtadinBuku Goenoeng Gelenjoe: 50 Dongeng Pigoemoedjengen, karya Romans Bereau Joehana, merupakan buku kumpulan humor bernuansa Sunda yang diterbitkan pada tahun 1928. Dalam buku ini, terdapat 50 dongeng berbahasa Sunda dengan berbagai tokoh dan juga latar yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan konsep bobodoran atau humor Sunda yang terkandung dalam buku Goenoeng Gelenjoe: 50 Dongeng Pigoemoedjengen, karya Romans Bereau Joehana. Dari 50 dongeng yang ada, diambil 28 dongeng sebagai objek penelitiannya. Hal tersebut ditinjau berdasarkan nama orang dan tempat yang mengacu pada aspek kesundaannya. Adapun pendekatannya ialah, dengan menggunakan teori humor dan strukturalisme genetik untuk menghubungkan pengarang dengan konteks sosialnya. Hasil penelitian ini menunjukkan, banyaknya aspek keganjilan yang mendominasi humornya, tetapi pengarang kadang juga menggabungkan aspek keganjilan tersebut dengan aspek melepaskan ketegangan secara sekaligus, sehingga dongeng tersebut menjadi lucu. Hal ini terlihat dalam dongeng yang berjudul Koesir Sado Pinter, Hajang Boga Minantoe kanoe Bisa Ngadoa dan Toeroenan Agan.Item KONSTRUKSI BAPAK DALAM REALITY SHOW KOREA SELATAN THE RETURN OF SUPERMAN(2022-02-23) MURI IRYANTI; Raden Muhammad Mulyadi; Aquarini PriyatnaPenelitian ini mendiskusikan konstruksi maskulinitas baru pada reality show Korea Selatan berjudul The Return of Superman. Reality show ini merupakan bagian dari eksistensi budaya pop Korea yang disebut dengan istilah hallyu (gelombang budaya Korea). The Return of Superman memberikan gambaran tentang aliansi laki-laki dengan atribusi maskulinitas baru yang tidak begitu memberi opresi pada perempuan sebagaimana pada konteks budaya patriarki. Penggambaran bentuk maskulintas baru ini terlihat pada saat para bapak selebritas mengasuh dan bermain bersama anak dengan caranya masing-masing. The Return of Superman diargumentasikan menampilkan gambaran bahwa bapak dapat berperan dalam pengasuhan dan melakukan pekerjaan domestik lainnya. Pemilihan atas acara televisi ini bertujuan untuk melihat bagaimana program televisi membangun bentuk maskulinitas baru pada laki-laki seperti pada para bapak selebritas yang tergabung dalam acara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori maskulinitas dan kode-kode televisi untuk menganalisis objeknya dan untuk menemukan wacana maskulinitas baru yang digambarkan oleh para bapak selebritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada The Return of Superman, para bapak selebritas merepresentasikan karakter yang berbeda dari profesinya masing-masing dan acara ini juga menggambarkan bahwa maskulinitas termasuk di dalamnya maskulinitas baru merupakan hal yang bersifat cair. Meskipun masih terdapat ideologi maskulinitas tradisional, tetapi ada upaya untuk menerapkan nilai-nilai maskulinitas baru melalui acara televisi yang diwakili oleh perilaku para bapak selebritas tersebut.Item Konstruksi Gender Keluarga Batih Jawa Modern dalam Film Mudik Karya Adriyanto Dewo(2023-07-07) JORDY SATRIA WIDODO; Aquarini Priyatna; Tidak ada Data DosenKarakter pasangan suami istri Jawa dalam film seringkali ditampilkan dengan stereotipe gender, seperti anggayani (Menafkahi Keluarga) untuk suami dan manak (Memberi dan Merawat Anak) untuk istri. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan stereotipe gender suami istri dalam keluarga batih Jawa modern dalam film Mudik (2020) karya Adriyanto Dewo. Stereotipe gender merupakan nilai-nilai yang telah mapan yang disosialisasikan melalui konsep dadi wong (Jadi orang) dan durung tutug, jowo, atau rampung (Belum sempurna) dalam masyarakat Jawa tradisional. Mereka yang berhasil memenuhi nilai tersebut akan dimasukkan dalam kategori dadi wong, namun jika tidak mampu, maka akan dimasukkan dalam kategori durung tutug, jowo, atau rampung. Kajian ini menggunakan naratologi sebagai metode analisis yang dijabarkan dengan teori performativitas gender dan relasi kuasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi suami dalam film ini dinilai tidak dapat mewujudkan konsepsi dadi wong karena ketidakhadiran anak dan ketidakstabilan finansial. Sedangkan representasi istri tidak mampu memenuhi kriteria dadi wong karena kondisinya infertilitas dan perannya di ranah publik.Item Konstruksi Gender Laki-laki Homoseksual dalam Serial Televisi Queer As Folk(2022-10-12) NURRAHMA PRIMIANI; Mumuh Muhsin Z; Mumuh Muhsin ZPenelitian berjudul “Konstruksi Gender Laki-laki Homoseksual dalam Serial Televisi Queer as Folk” ini membahas bagaimana gender laki-laki homoseksual berperan dan dikonstruksi dalam berbagai adegan dan dialog di dalam serial televisi. Melalui wacana praktik homoseksual, laki-laki homoseksual ditampilkan memiliki peran gender berbeda pada masing-masing kesempatan. Hal ini diupayakan laki-laki homoseksual untuk dapat bertahan, baik dalam lingkungan homoseksualnya, maupun lingkungan heteronormatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori representasi dari Hall, yang dikaitkan dengan teori gender Bordo dan Dyer. Data yang dipakai dalam penelitian ini berupa narasi teks dan visual (cuplikan layar) yang diambil dari tayangan Queer as Folk. Dari data yang dianalisis, ditemukan adanya peran gender laki-laki homoseksual yang terikat dengan peran gender normatif.Item Konstruksi Identitas Melalui Rilisan Musik: Studi Netnografi di Bandung(2023-07-07) OKI TURATULA NARENDRA WIGATI; Raden Muhammad Mulyadi; WidyonugrahantoPenggemar dan penikmat musik mulai kembali membeli pemutar analog, membeli rilisan dan mengoleksinya. Penelitian ini membahas signifikansi fandom musik indie dan identitas musik, khususnya membahas keterlibatannya dalam mengoleksi rilisan musik fisik, yaitu piringan hitam (vinyl), kaset, dan CD. Hal tersebut memunculkan fenomena mengunggah koleksi rilisan musik di instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menampilkan data-data untuk mendukung temuan penelitian, serta kajian literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan netnografi dalam mengamati jejak digital yang menampilkan keterlibatan dalam lingkup musik di instagram. Selain itu, melakukan wawancara untuk memperoleh kedalaman informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana identitas fandom musik indie terbentuk di media sosial, dan faktor apakah yang menyebabkan seseorang mengunggah koleksi rilisan musik fisik. Serta, bagaimana identitas musik dikonstruksi saat remaja oleh idharrez, amenkcoy, opetho, alter.naive, dan iamcollapse, kemudian dikonstruksi ulang dikehidupan dewasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan pengalaman masa lalu, pribadi, dan kebangaan yang mendasari fandom musik indie mengkonstruksi identitas dari mengoleksi rilisan musik fisik yang mereka unggah di instagram. Serta, bahwa keaktifan mengunggah rilisan musik fisik di usia muda telah membentuk identitas yang melekat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah musik berperan bagi hidup mereka maka hingga saat ini mereka tetap berada dalam lingkup musik; karya, dan kiprahnya telah dikenal di kota Bandung terlihat dari unggahan mereka di instagram. Kata kunci: fandom, musik, identitas, instagramItem KONSTRUKSI MASKULINITAS DALAM PENARI BALIAN BAWO DAYAK DEAH(2022-04-11) TRI SULAPMI DOLINA IKEH; Raden Muhammad Mulyadi; Aquarini PriyatnaTesis ini berjudul Konstruksi Maskulinitas dalam Penari Balian Bawo Dayak Deah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manifestasi maskulinitas laki-laki Dayak Deah yang direpresentasi dalam Penari Balian Bawo sebagai tari ritual dan tari pertunjukan. Penelitian ini menggunakan perangkat perekaman notasi Laban; menganalisis bagaimana maskulinitas ditunjukkan melalui penandaan simbol-simbol gerak tari Balian Bawo, dan penandaan atribut serta atribusi penari Balian Bawo. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa konstruksi maskulinitas terdapat pada peran Penari Balian Bawo. Peran penari tari pertunjukan diartikulasikan di ranah publik sebagai kegagahan laki-laki, dan peran penari ritual diartikulasikan di ranah domestik sebagai pemimpin. Kedua gagasan tersebut dimanifestasi penari dalam menaklukkan pohon berduri pada tari pertunjukkan, dan hadirnya Penggadikng - perempuan sebagai pendamping pada tari ritual. Konstruksi maskulinitas juga dimanifestasi penari Balian Bawo melalui pengambilan ruang gerak yang luas, dan atribut taring sebagai petanda kekuatan laki-laki.Item Kontruksi Perempuan Sunda dalam Rubrik "Istri Binangkit" Majalah Mangle pada masa Orde Baru (1966-1998)(2014) TAUFIK RAHAYU; Gugun Gunardi; Lina Meilinawati RahayuPenelitian ini mendeskripsikan bagaimana perempuan Sunda ditampilkan di Majalah Manglé melalui rubrik Istri Binangkit pada masa Orde Baru. Periodisasi 1966-1998 dipilih dikarenakan di tahun tersebut Majalah Manglé berada dalam masa-masa keemasan dan puncak yang oplahnya mencapai ribuan eksemplar. Dalam Majalah Manglé perempuan selalu ditampilkna menonjol dan dominan, mulai dari covernya yang wajib model-model perempuan, julukannya “Nyi Manglé”, sampai disediakannya rubrik khusus untuk perempuan yakni rubrik Istri Binangkit yang rutin dimuat setiap minggunya. Penelitian ini menguraikan bagaimana perempuan Sunda diframing dan diposisikan dalam Majalah Manglé melalui rubrik Istri Binangkit sebagai kekuatan utama media, diuraikan juga prioritas isu utama yang aktual dibahas dalam rubrik dan bagaimana perempuan Sunda ditampilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model analisis framing Robert Entman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dominannya perempuan beserta isu dan rubrik yang ada seputar resep-resep obat tradisional, baik dari tumbuh-tumbuhan, hewan, maupun beberapa kebiasaan dan pantrangan-pantrangan, berbagai resep masakan dapur, tips seputar permasalahan-permasalahan dapur dan rumah tangga, kecantikan, merawat anak, fashion, psikologis, olah raga, pengalaman pribadi, dan beberapa konsultasi kesehatan. Tidak terlepas dari campur tangan pemilik media Nyi Rohamina Sudarmika yang yang menyediakan ruang untuk perempuan bersuara, berdiskusi, menggali wawasan, bertukar informasi dan mengeksprsikan dirinya dengan bebas. Dari hasil penelitian ini juga, ternyata rubrik Istri Binangkit bukan hanya ditulis dan dibaca oleh perempuan saja, ternyata laki-laki juga banyak yang memanfaatkan rubrik ini untuk berbagai kepentingan.Item KREASI BUDAYA JAIPONG LAYUNG GRUP DI KABUPATEN SUBANG(2015-10-28) NANDANG FIRMAN NURGIANSYAH; Dade Mahzuni; Dade MahzuniTesis ini berjudul Kreasi Budaya Jaipong Layung Grup di Kabupaten Subang. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan dinamika perkembangan jaipongan di Kabupaten Subang, menjelaskan kreasi jaipongan yang dibangun Layung Grup, dan menjelaskan respon penggemar jaipongan atas kebaruan kesenian jaipongan yang dikreasi Layung Grup. Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, Layung Grup mulai populer sejak 2008. Hal ini karena adanya dukungan dari pihak penyangga jaipongan di Kabupaten Subang yaitu banyaknya undangan untuk manggung dari pemangku hajat dan banyaknya penggemar (bajidor) atau simpatisan Layung Grup. Hal tersebut dapat diraih oleh Layung Grup karena adanya kreasi budaya pada tata gending atau musik Layung Grup, tarian dan lagu, kostum sinden dan juru kawih, anggota nayaga yang tetap, pengelolaan managemen organisasi dan keuangan yang baik, serta adanya komunikasi yang baik antara pimpinan grup, anggota grup, penggemar (bajidor), dan pihak yang pernah mengundang Layung Grup (pemangku hajat).Item KUASA ABAH SEBAGAI KETUA ADAT PADA UPACARA ADAT SEREN TAUN DI KASEPUHAN CIPTA MULYA KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT(2022-03-27) SHAGITA MAULADY ANJANY; Dade Mahzuni; Raden Muhammad MulyadiTesis ini berjudul Kuasa Abah sebagai Ketua Adat pada Upacara Adat Seren Taun di Kasepuhan Cipta Mulya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan signifikansi peran dan kuasa Abah sebagai ketua adat, pada upacara adat seren taun dan tahapan-tahapan proses upacara adat seren taun. Metode yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori kuasa dari Foucault dan Weber, serta teori habitus, arena, dan modal dari Pierre Bourdieu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Abah sebagai ketua adat dalam pelaksanaan upacara adat seren taun selalu mendayagunakan modal, habitus, dan arena dalam mengatur dan menciptakan kelancaran upacara adat. Kuasa Abah melalui ketiga faktor tersebut memungkinkan tahapan-tahapan upacara adat seren taun terlaksana dengan baik dan bertahan secara turun-temurun hingga saat ini.Item Luh Ayu Manik Mas Sebagai Representasi Superhero Perempuan Bali dalam Komik(2022-01-21) HANIFAH PUJI UTAMI; Aquarini Priyatna; Tisna PrabasmoroPenelitian ini berangkat dari maraknya marjinalisasi karakter perempuan dalam komik superhero, terutama di Indonesia. Salah satu komik yang mewujudkan tradisi budaya dan kearifan lokal Indonesia adalah Luh Ayu Manik Mas, yang menampilkan kebudayaan Bali. Tulisan ini membahas bagaimana Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan perempuan Bali yang terwujud dalam karakternya sebagai superhero. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis isi terhadap enam edisi komik Luh Ayu Manik Mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luh Ayu Manik Mas ditampilkan memanifestasi identitas lokal melalui ragam wujud kekuatan, sumber kekuatan yang dinamakan dengan gelang Tri Datu, dan kepercayaannya pada Tri Hita Karana. Tri Datu diyakini sebagai sumber kekuatan hidup, sedangkan Tri Hita Karana diyakini sebagai prinsip hidup yang menjamin keharmonisan dalam setiap aspek kehidupan. Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan perempuan Bali yang dimuliakan oleh ajaran agama Hindu melalui kekuatan perempuan yang bertolak belakang dengan budaya patriarki di Bali. Penguatan peran perempuan melalui tokoh Luh Ayu Manik Mas dan unsur-unsur budaya Bali lainnya dalam komik memberikan pandangan baru terkait kekhasan superhero perempuan IndonesiaItem NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LIRIK LAGU KAWIH BARUDAK SUNDA CANGKURILEUNG KARYA MANG KOKO KOSWARA(2017-07-27) ARI ARIYANTO; Raden Muhammad Mulyadi; Teddi MuhtadinPendidikan karakter merupakan salah satu aspek fundamental dalam proses pembentukkan karakter setiap individu. Salah satu upaya memelajari nilai pendidikan karakter adalah melalui media lagu. Mang Koko Koswara dikenal dengan karya-karya lagunya yang menceritakan tentang dunia anak-anak dalam segala aspek perilaku. Lagu ciptaan Mang Koko Koswara ini dapat memberi gambaran mengenai nilai pendidikan karakter khususnya pada anak. Hal ini dapat dikatakan bahwa lagu-lagu anak karya Mang Koko Koswara memiliki relasi yang erat dengan nilai pendidikan karakter. Sehingga fokus penelitian ini adalah lagu kawih barudak Sunda karya Mang Koko Koswara yang ditampilkan melalui lagu-lagunya yang begitu dekat dengan anak-anak. Tesis ini berjudul Nilai Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Kawih Barudak Sunda Cangkurileung karya Mang Koko Koswara. Objek penelitian dalam tesis ini adalah 10 lagu pilihan kawih barudak Sunda pada buku Cangkurileung jilid 1 sampai 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif karena penelitian ini mengungkap data deskriptif dan menemukan makna dari fenomena yang terjadi pada penelitian secara alami. Penelitian ini akan membahas mengenai makna denotasi dan konotasi lagu serta representasi pendidikan dan kehidupan masyarakat tahun 1952 ketika lagu-lagu dalam buku Cangkurileung diciptakan, dan relasinya dengan 18 nilai pendidikan karakter yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, dan Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003. Berdasarkan proses analisis dari penelitian ini ditemukan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dari komposisi lagu-lagu kawih barudak Sunda karya mang Koko Koswara dalam buku Cangkurileung mendeskripsikan pemaknaan lagu yang memang begitu melekat akan nilai pendidikan karakter tersebut. Dari hasil analisis ditemukan beberapa nilai pendidikan yang dominan muncul, di antaranya adalah nilai ketekunan dalam belajar seperti kerja keras, gemar membaca, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, serta disiplin dan peduli lingkungan. Hal ini mengindikasikan bahwa mang Koko ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan pasca kemerdekaan, sebagaimana wujud kontribusi yang beliau lakukan untuk kebijakan pemerintah melalui bidang seni. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, kawih sunda, cangkurileung, koko koswara. Character Education is one of fundamental aspects in process of building individual character. One of efforts to learn the values of character education is through song as the media. Mang Koko Koswara is well-known by his works in creating Sundanese children`s songs which most of his works tell about children`s world and all aspects of their behaviors. Songs created by Mang Koko can portray the values of character education, particularly for children. It can be said that children`s songs which are works of Mang Koko have a strong relationship with the value of character education. Thus, this research focuses on Kawih Barudak Sunda (Sundanese children`s songs liric) created by Mang Koko which are represented through the songs closely related to children. This graduate thesis is entitled "The Value of Character Education in ‘Cangkurileung Sundanese Children`s Songs’ Lyrics the Works of Mang Koko Koswara". The object of research in this graduate thesis is ten selected Sundanese children`s songs in the book of Cangkurileung Volume 1-3. The research methodology employed in this research is qualitative research because it exposes the descriptive data and observes the purpose of phenomena which happen in this research naturally. This research will discuss about the meaning of denotation and connotation of the songs as well the representation of education and the social life in 1952 in which the songs in the book of Cangkurileung were created and their relations to the eighteenth values of character education based on religion, Pancasila, culture and National Educational Law of 2003. According to the results of analysis process of this research, it showed that the compositions of Sundanese children`s songs created by Mang Koko Koswara in the book of Cangkurileung described about the meaning of songs which are strongly related to the values of character education itself. From the results of research, there were several values of character education which frequently appeared in Mang Koko Koswara`s works, that are the value of diligence in learning for instance hard work, fond of reading, curiosity, friendly/ communicative, discipline, and care of environment. It indicated that Mang Koko Koswara was willing to show his concern in education field after the independence as his contribution to support the government policy through arts. Keywords: The Values of Character Education, Sundanese Children’s Songs, Cangkurileung, Koko KoswaraItem Pengalaman Prostesis Digital pada Penonton Vlog Kecantikan(2019-11-27) FAUZIAH ISMI DESIANA; Ari Jogaiswara Adipurwawidjana; Aquarini PriyatnaTesis ini berjudul Pengalaman Prostesis Digital pada Penonton Vlog Kecantikan. Penelitian ini membahas pemroduksian pengalaman prostesis digital pada tubuh penonton vlog kecantikan. Penelitian ini menggunakan teori cyborg (cybernetic organism) yang ditawarkan oleh Donna Haraway (1985). Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa tubuh beauty vlogger yang mendemosntrasikan makeup di dalam layar merupakan tubuh buatan yang dapat mengantarkan penonton pada kepuasan mencoba produk kecantikan. Tubuh beauty vlogger yang memiliki banyak kesamaan fisik dianggap sebagai ‘mesin penyeleksi’ dan ‘laboratorium farmasi’ yang dapat menentukan kecocokan suatu produk. Tubuh Tasya Farasya dan Suhay Salim dianggap tubuh ideal bagi subjek penelitian yang dikonsumsi untuk mewujudkan fantasi makeup yang tidak mungkin direalisasikan dalam kehidupan luring. Subjek penelitian cenderung memiliki fetish pada hidung mancung khas perempuan keturunan Arab. Ketika menonton vlog Tasya Farasya dan Suhay Salim, subjek penelitian mendapatkan sensasi memiliki hidung yang mancung khas keturunan Arab tanpa melakukan operasi plastic.Item PEREMPUAN DALAM UPACARA ADAT MAPAG SRI DI DESA SLANGIT KABUPATEN CIREBON: KAJIAN EKOFEMINISME(2021-08-18) FAZA FAUZAN AZHIMA; Teddi Muhtadin; Aquarini PriyatnaTesis ini memaparkan kegiatan upacara adat Mapag Sri dan peran perempuan dalam ritual upacara adat tersebut. Dengan menggunakan sudut pandang ekofeminisme, penelitian ini membahas hubungan perempuan dengan ritual upacara adat Mapag Sri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data-data hasil wawancara dan observasi lapangan. Hasilnya didapatkan bahwa Dewi Sri yang direpresentasikan sebagai perempuan yang disimbolkan juga pada tanaman padi mengindikasikan bahwa upacara adat Mapag Sri merupakan penghormatan kepada perempuan dan kepada padi sebagai hasil panen. Upacara adat ini juga menunjukan hubungan antara perempuan dengan alam. Perempuan berperan signifikan dalam ritual upacara adat ini seperti yang terlihat pada kegiatan sinoman yang merupakan salah satu rangkaian pokok dari upacara adat Mapag Sri. Perempuan desa Slangit juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan lain yang berhubungan kegiatan upacara. Upacara adat ini dilangsungkan setiap tahun untuk menyambut masa panen padi dapat diargumentasikan sebagai sebuah gerakan ekofeminisme karena kegiatan ini berfokus pada partisipasi dan kedekatan perempuan dengan alam, terutama dalam konteks ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan.
- «
- 1 (current)
- 2
- 3
- »