Manajemen Komunikasi (S1)

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 20 of 141
  • Item
    Strategi Gamifikasi Team Up Everyday dalam Mendorong Kesadaran Perubahan Iklim di Indonesia (Studi Kasus Gamifikasi Aktivisme dalam Program Team Up Everyday)
    (2023-05-09) VINCENT GERALDI; Detta Rahmawan; Kismiyati El Karimah
    Vincent Geraldi, 210510190038, Penelitian ini berjudul “Strategi Gamifikasi Team Up Everyday dalam Mendorong Kesadaran Perubahan Iklim di Indonesia (Studi Kasus Gamifikasi Aktivisme dalam Program Team Up Everyday)” dengan Dosen Pembimbing Utama Dra. Kismiyati El Karimah, M.Si., dan Dosen Pembimbing Pendamping Detta Rahmawan, S.I.Kom., M.A. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi gamifikasi Program Team Up Everyday dalam Kampanye Team Up for Impact. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi gamifikasi Program Team Up Everyday mendorong kesadaran perubahan iklim melalui pesan-pesan sederhana yang kemudian dikemas dengan berbagai komponen permainan. Strategi gamifikasi diterapkan dalam Program Team Up Everyday karena hasil segmentasi khalayak yang dilakukan Development Dialogue Asia (DDA) yang ingin menyasar segmentasi Konvensional Mapan Peduli. Kendala yang dihadapi oleh penyelenggara dalam menjalankan kampanye perubahan iklim adalah masih kurangnya partisipasi orang yang menyelesaikan permainan Program Team Up Everyday serta kesulitan penyelenggara dalam mengkonversikan brief dari LSM menjadi sebuah misi. Para peserta khususnya narasumber penelitian sudah memiliki latar belakang aktivis lingkungan. Hal ini membuat beberapa pesan yang disampaikan sudah diketahui oleh para peserta dan tidak menimbulkan emosi atau reaksi yang besar pada peserta. Kerja sama dengan LSM, influencer, serta komunitas dapat menjadi peluang Team Up for Impact dalam mengembangkan Program Team Up Everyday.
  • Item
    FANATISME FANDOM NCTZEN PADA IDOL K-POP NCT (STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI FANDOM NCTZEN BANDUNG YANG MENGGEMARI IDOL K-POP NCT)
    (2023-09-12) MOHAMMAD NADWA ULIN NUHA; Ilham Gemiharto; Uud Wahyudin
    Mohammad Nadwa Ulin Nuha, 210510190040, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Fanatisme Fandom NCTzen pada Idol K-Pop NCT (Studi Fenomenologi Mengenai Fandom NCTzen Bandung yang Menggemari Idol K-Pop NCT)” dengan Dr. Uud Wahyudin, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing utama dan Dr. Ilham Gemiharto, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah 6 NCTzen asal Bandung yang memiliki pengalaman baik dalam menggemari NCT. Teknik analisis data ya menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif NCTzen menggemari NCT adalah mencari hiburan yang dapat menemani masa-masa pandemi, NCT ini merupakan salah satu grup K-Pop yang selalu memberikan konten hiburan dan musik yang intens, sehingga NCTzen tidak merasa kesepian. Pengalaman NCTzen dalam menggemari NCT ditunjukkan dengan pergi menonton konser, membeli berbagai merchandise, album, hingga membuka bisnis untuk menambah relasi antar sesama NCTzen. Makna fanatisme bagi NCTzen sendiri adalah rasa cinta yang berlebihan kepada para anggota NCT, namun informan tidak memiliki rasa fanatik yang tinggi, mereka hanya sebatas penggemar yang mendukung berbagai aktivitas musik dan keseharian para anggota NCT tanpa mengatur dan beradu argumen dengan fandom lain. Kata Kunci: NCTzen, Fanatik, Pengalaman, K-Pop, NCT, Parasocial Relationship
  • Item
    Penggunaan WhatsApp Story sebagai Media Social Sharing oleh Ibu Rumah Tangga (Studi Deskriptif Kualitatif pada Konten Social Sharing Ibu Rumah Tangga di Kota Bekasi)
    (2023-09-29) SALSABILA ARDIA DWI OKTAVIANI; Rd. Funny Mustikasari Elita; Atwar Bajari
    Salsabila Ardia Dwi Oktaviani, 210510190069, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Penggunaan WhatsApp Story sebagai Media Social Sharing oleh Ibu Rumah Tangga” dengan Prof. Dr. Atwar Bajari M.Si. sebagai dosen pembimbing utama dan Dr. Rd. Hj. Funny Mustikasari M.Si. sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan ibu rumah tangga menggunakan WhatsApp Story sebagai media social sharing, bagaimana penggunaan yang dilakukan, dan jenis-jenis konten yang dibagikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi pada unggahan WhatsApp Story milik ibu rumah tangga. Kemudian, analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa alasan yang menjadi faktor pendorong penggunaan WhatsApp Story oleh ibu rumah tangga. Kemudian juga ditemukan interaksi seperti menerima dan memberikan tanggapan kepada pengguna lain serta pemanfaatan fitur hide dalam penggunaan WhatsApp Story sebagai media social sharing. Selain itu, ditemukan jenis-jenis konten social sharing yang dibagikan ibu rumah tangga seperti acara keluarga, liburan, kegiatan sehari-hari, motivasi dan ilmu, pencapaian, dan promosi. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai penggunaan media sosial bagi ibu rumah tangga, khususnya social sharing yang dilakukan melalui WhatsApp.
  • Item
    SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA TENTANG ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK
    (2023-07-25) WIKI MEYRINA; Ira Mirawati; Duddy Zein
    Wiki Meyrina, 210510190028, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penelitian ini berjudul “Sikap dan Perilaku Mahasiswa Tentang Etika Berkomunikasi di Media Sosial”. Dengan Drs. Duddy Zein, M.Si sebagai pembimbing utama dan Dr. Ira Mirawati, M.Si sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan perilaku mahasiswa Universitas Padjadajaran tentang etika berkomunikasi di media sosial TikTok, karena berdasarkan hasil temuan di dapatkan masalah yang berkaitan dengan perilaku tidak etis banyak terjadi di media sosial khsusunya TikTok, sehingga penelitian ini dilakukan terutama untuk mengetahui bagaimana sikap dan perilaku pengguna media sosial TikTok khususnya di kalangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 350 orang mahasiswa aktif jenjang S-1 Universitas Padjadjaran yang dipilih secara acak berdasarkan kriteria yang paling sesuai dengan penelitian melalui teknik accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur variabel adalah menggunakan alat ukur yang berbeda, yakni skala ghuttman dan skala likert. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh sampel mahasiswa Universitas Padjadajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap dan perilaku mahasiswa Universitas Padjadjaran memperoleh nilai yang cukup tinggi. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa Universitas Padjadajaran memiliki sikap dan perilaku yang etis dalam memahami dan mengimplementasikan setiap tindakan komunikasi yang dilakukan pada media sosial TikTok sesuai nilai dan norma sosial.
  • Item
    PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PARTAI GOLKAR MENUJU PEMILU 2024
    (2023-05-23) YUDHIS SALVANIA PRADANA; Ira Mirawati; Meria Octavianti
    Yudhis Salvania Pradana, 210510190022, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Kampanye Partai Golkar menuju Pemilu 2024” dengan Dr. Ira Mirawati S.Sos., M.Si. sebagai dosen pembimbing utama dan Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom. sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan pemanfaatan media sosial TikTok yang dilakukan oleh partai Golkar, bagaimana pemanfaatan yang dilakukan, hingga kendala dalam pemanfaatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah social media strategist tim social media, dan dengan informan pendukung dari audiens TikTok @Golkar.indonesia. Kemudian, analisis data menggunakan Teknik analisis Miles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan alasan yang menjadi faktor pendorong utama pemanfaatan media sosial TikTok oleh partai Golkar adalah penargetan khalayak generasi muda. Kemudian juga ditemukan dalam pengelolaan media sosial partai Golkar ada banyak aspek yang dipikirkan mulai dari kondisi sumber daya manusia, perencanaan khalayak, perencanaan pesan, penggunaan key message, interaksi dan feedback audiens, dan evaluasi. Selain itu, juga ditemukan kendala yang dialami. Melalui penelitian diharapkan dapat menghasilkan model pemanfatan media sosial TikTok bagi politik, khususnya dalam kegiatan kampanye politik.
  • Item
    Pembentukan Sikap Peserta terhadap Teh Cascara melalui Event Marketing Netisane
    (2023-06-07) PUTRI HANDAYANI; Yuliani Dewi Risanti Sunarya; Teddy Kurnia Wirakusumah
    Putri Handayani, 210510190027, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul "Pembentukan Sikap Peserta terhadap Teh Cascara melalui Event Marketing Netisane". Dr. Teddy Kurnia, M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Yuliani Dewi Risanti, S.I.Kom., M.B.A., sebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan sikap peserta terhadap teh cascara melalui event marketing Netisane pada aspek kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode campuran paralel konvergen. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 24 orang dan jumlah informan adalah 5 orang. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode sensus dan teknik pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan sikap peserta terhadap teh cascara melalui event marketing Netisane pada aspek kognitif berada pada kategori tinggi, pada aspek afektif berada pada kategori positif, dan aspek konatif pada kategori sedang. Aspek kognitif peserta terhadap teh cascara yang terbentuk didukung oleh beberapa faktor pada event marketing Netisane, yaitu tema menarik yang mampu meningkatkan rasa ingin tahu peserta terhadap teh cascara, pendekatan feel yang melibatkan sisi emosional, pendekatan relate yang dirasakan peserta dengan acara dan teh cascara, urutan rangkaian kegiatan yang sesuai, kesamaan manfaat antara teh cascara dan yoga, dan keunikan yang dimiliki teh cascara. Aspek afektif peserta terhadap teh cascara yang terbentuk didukung oleh beberapa faktor pada event marketing Netisane, yaitu pemanfaatan elemen event marketing berupa involvement, interaction, immersion, intensity, individuality, innovation, dan integrity. Kemudian faktor pendukung pembentukan aspek konatif peserta juga sama dengan aspek afektif. Namun, terdapat faktor lain diluar elemen tersebut, yaitu tawaran harga spesial selama acara, dan tawaran paket produk dengan potongan harga.
  • Item
    Pengaruh Kredibilitas "Clarissa Putri" Sebagai Brand Ambassador Yellow Fit Kitchen Terhadap Minat Pembelian Konsumen
    (2023-09-19) MOKTIKA SADI PUTRI SIDHARTANI; Yuliani Dewi Risanti Sunarya; Slamet Mulyana
    Moktika Sadi Putri Sidhartani, 210510190015, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kredibilitas “Clarissa Putri” Sebagai Brand Ambassador Yellow Fit Kitchen Terhadap Minat Pembelian Konsumen” dengan Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom. sebagai dosen pembimbing utama dan Yuliani Dewi Risanti Sunarya, S.I.Kom., M.B.A sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredibilitas Clarissa Putri sebagai Brand Ambassador Yellow Fit Kitchen terhadap minat beli katering makanan sehat pada pengikut aktif akun Instagram @clarissaputri_ dengan Teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Carl Hovland, Janis, dan Kelly pada tahun 1953. Selain itu juga penelitian ini melihat pengaruh umur yang dikategorikan berdasarkan generasi Y dan generasi Z sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel penelitian secara online dalam bentuk Google Form. Sampel pada penelitian ini sebanyak 173 followers Instagram @clarissaaputri_ melalui teknik simple random sampling. Kemudian analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan SEM Analysis menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kredibilitas Clarissa Putri sebagai Brand Ambassador berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Jika secara parsial, keterpercayaan dan daya tarik Clarissa Putri sebagai brand ambassador berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, sedangkan keahlian Clarissa Putri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat. Selanjutnya umur sebagai variabel moderasi didapatkan hasil bahwa secara simultan pada generasi Z mempunyai pengaruh yang lebih kuat terhadap minat beli dibandingkan dengan generasi Y.
  • Item
    Pengaruh Agenda LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) dalam Film Animasi Lightyear Terhadap Agenda Publik
    (2023-12-21) INDANA CHALYSA FIKRATUHA; Asep Suryana; Uud Wahyudin
    Indana Chalysa Fikratuha, 210510190014, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Agenda LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) dalam Film Animasi Lightyear Terhadap Agenda Publik” dengan Dr. Asep Suryana, M.Si. sebagai dosen pembimbing utama dan Dr. Uud Wahyudin, S.Sos., M.Si. sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh agenda LGBT dalam film animasi Lightyear terhadap agenda publik mahasiswa strata satu di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksplanatif dengan teknik analisis inferensial yang akan diperinci menggunakan analisis jalur. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data utama yang telah disebarkan kepada 156 responden, dimana mereka menyatakan sudah menonton film animasi Lightyear pada saat menjawab pra-survei, dan terpilih sebagai sampel berdasarkan teknik sampling probabilitas yaitu, simple random sampling. Penyebaran kuesioner ini dibagikan secara daring dengan bantuan Google Form di bulan April-Mei 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara agenda LGBT dalam film animasi Lightyear (X) terhadap agenda publik mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Y) yang menandakan bahwa Ho telah ditolak. Persentase pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 28,41 persen, sedangkan sisanya merupakan variabel lain yang tidak diteliti. Aspek yang diteliti tersebut adalah visibilitas, tingkat menonjol bagi khalayak, dan valensi agenda LGBT dalam film animasi Lightyear terhadap agenda publik yang terdiri dari aspek keakraban, penonjolan pribadi, dan kesenangan.
  • Item
    dksmkdmskd
    (2023-06-02) SAFFA NASHITA PUTERI; Atwar Bajari; Detta Rahmawan
    sdksmkdmsmdks
  • Item
    PENGGUNAAN FITUR CLOSEFRIEND INSTAGRAM SEBAGAI BENTUK SELF DISCLOSURE (Studi Fenomenologi Mengenai Mahasiswa Pengguna Fitur Closefriend Instagram di Bandung-Jatinangor Sebagai Bentuk Self Disclosure
    (2023-09-06) WIDYA CANTIKA SISNAWAR; Kismiyati El Karimah; Duddy Zein
    Widya Cantika Sisnawar, 210510190007, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Fitur Closefriend Instagram Sebagai Bentuk Self Disclosure” dengan Hj. Kismiyati El Karimah, Dra.,M.Si sebagai Dosen Pembimbing Utama dan H. Duddy Zein, Drs.,M.Si selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif melakukan self disclosure pada fitur closefriend, pengalaman melakukan self disclosure pada fitur closefriend, serta makna self disclosure yang dilakukan pada fitur closefriend. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Bandung-Jatinangor yang menggunakan fitur closefriend minimal satu tahun pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa setiap individu memiliki tingkat keterbukaan dan batasan privasi yang berbeda-beda. Self disclosure yang dilakukan pada fitur closefriend dilandasi dengan kepercayaan, rasa aman, dan nyaman. Fitur closefriend memungkinkan penggunanya untuk dapat lebih berekspresi dan menjadi apa adanya dikarenakan di dalam fitur tersebut hanya berisikan orang-orang yang telah dipercaya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fitur closefriend menjadi wadah yang aman untuk melakukan self disclosure.
  • Item
    SELF DISCLOSURE PENGGUNA APLIKASI KENCAN ONLINE BUMBLE (STUDI FENOMENOLOGI KETERBUKAAN DIRI PENGGUNA APLIKASI KENCAN ONLINE BUMBLE DALAM MENCARI PASANGAN)
    (2023-09-07) SARAH FADILLA; Agus Setiaman; Kismiyati El Karimah
    Sarah Fadilla. 210510190008, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudu; “Self Dsiclosure Pengguna Aplikasi Kencan Online Bumble (Studi Fenomenologi Keterbukaan Diri Pengguna Aplikasi Kencan Online Bumble dalam Mencari Pasangan)” dengan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Dra. Hj. Kismiyati El Karimah, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan Bumble sebagai aplikasi kencan online, proses komunikasi keterbukaan diri pengguna Bumble dalam membina hubungan dengan calon pasangannya atau match nya, dan makna pasangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi struktur, observasi partisipasi pasif, dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah pengguna aplikasi Bumble yang sedang maupun pernah mendapatkan pasangan dari Bumble yang berdomisili Bandung atau Jatinangor. Kemudian, analisis data menggunakan Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan Bumble jika dilihat dari motif masa lalu adalah putus cinta, kesepian, dan ketidaknyamanan menggunakan aplikasi kencan online lain. Sedangkan jika dilihat dari motif masa depan adalah karena ingin mencari teman, mencari pasangan, dan kemudahan penggunaan. Pada tahap awal pendekatan kontak daya tarik yang paling berpengaruh adalah daya tarik fisik dan kepribadian. Sedangkan saat melakukan self disclosure faktor besar kelompok , kepribadian, dan efek diadik yang paling berpengaruh. Terjadi keterbukaan diri secara acak yang didasari oleh tujuan masing-masing informan. Kepercayaan mempengaruhi kedalaman self disclosure. Informan yang memiliki daerah open self lebih besar dari daerah lainnya menandakan bahwa self disclosure yang terjadi secara mendalam dan self disclosure terjadi karena rasa percaya. Self disclosure dapat menyebabkan dampak positif dan negatif. Makna pasangan bagi setiap informan memiliki arti yang berbeda-beda dipengaruhi oleh lingkungan dan pemahaman.
  • Item
    EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN MINDFUL PARENTING MELALUI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI PARA IBU
    (2023-09-13) RADISTI ANANDA HANUM; Kismiyati El Karimah; Ira Mirawati
    Radisti Ananda Hanum, 210510190005, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penyampaian Pesan Mindful Parenting Melalui Whatsapp Sebagai Media Edukasi bagi Para Ibu” dengan Ibu Hj. Kismiyati EL Karimah, M.Si., selaku pembimbing pertama dan Ibu Dr. Ira Mirawati, S.Sos.,M.Si., selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini menggunakan teori Cognitive theory of multimedia learning merupakan teori yang dipopulerkan oleh Richard E. Mayer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pesan teks dan infografis dapat efektif untuk meningkatkan pengetahuan para ibu di Komplek Citra Mas, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Penelitian dengan metode kuasi eksperimen post-test pre-test with control group design. Para ibu dibagi kedalam dua kelompok yaitu kontrol dan eksperimen yang berada di whatsapp. Penelitian ini di uji menggunakan analisis inferensial dengan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan dan peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah baik kelompok kontrol maupun eksperimen sama-sama efektif terhadap peningkatan pengetahuan mindful parenting. Namun, hasil kelompok eksperimen sedikit lebih besar dibandingkan kelompok kontrol.
  • Item
    PENGARUH KREDIBILITAS CHEF ARNOLD SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN
    (2023-09-13) FADHILA IRMA FITRI; Putri Trulline; Uud Wahyudin
    Fadhila Irma Fitri, 210510190003, 2023, “Pengaruh Kredibilitas Chef Arnold sebagai Brand Ambassador di Instagram terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi Kuantitatif mengenai Pengaruh Kredibilitas Chef Arnold sebagai Brand Ambassador di Instagram terhadap Minat Pembelian Produk MEG Cheese”. Pembimbing utama Dr. Uud Wahyudin, M.Si dan Pembimbing pendamping Putri Trulline, S.I.Kom,. M.I.Kom. Program Studi Manajemen Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai pengaruh kredibilitas Chef Arnold sebagai brand ambassador produk MEG Cheese terhadap minat pembelian konsumen. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas Chef Arnold sebagai brand ambassador di Instagram terhadap minat pembelian produk MEG Cheese. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah pengguna Instagram yang memberikan komentarnya pada postingan Chef Arnold mengenai produk MEG Cheese berjumlah 559 pengguna Instagram. Untuk populasi sasarannya adalah pengguna Instagram yang memberikan komentar berkaitan dengan pesan yang disampaikan pada postingan berjumlah 205 orang serta sampel diperoleh menggunakan simple random sampling berjumlah 136 orang. Analisis data digunakan dengan menggunakan uji regresi linear berganda dan bantuan perhitungan SPSS 25.0. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sub-variabel keahlian berpengaruh secara signifikan dengan thitung sebesar 2,169. Keterpercayaan berpengaruh secara signifikan dengan thitung sebesar 2,226. Daya tarik berpengaruh secara signifikan dengan thitung sebesar 2,195. Dinamisme berpengaruh secara signifikan dengan thitung sebesar 2,290. Sosiabilitas berpengaruh secara signifikan dengan thitung sebesar 2,183. Dan kharisma berpengaruh secara signifikan dengan thitung sebesar 2,157. Untuk variabel kredibilitas brand ambassador berpengaruh secara simultan terhadap minat pembelian konsumen dengan nilai Fhitung sebesar 53,206 dan koefisien determinasi sebesar 71,2%.
  • Item
    Pengaruh Kecemasan dan Ketidakpastian terhadap Efektivitas Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Peserta Pertukaran Pelajar
    (2023-03-10) AISYAH JANNA RAMIRA; Ira Mirawati; Kismiyati El Karimah
    Pada tahun 2021, Kemdendikbud menyelenggarakan program pertukaran pelajar bernama Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk para mahasiswa tingkat sarjana seluruh Indonesia. Salah satu tujuan dari program IISMA adalah untuk memperluas koneksi para peserta di kancah internasional. Untuk dapat menjalin koneksi yang baik dengan individu lain, diperlukan komunikasi antarbudaya yang efektif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi besar pengaruh kecemasan dan ketidakpastian peserta IISMA terhadap efektivitas komunikasi antarbudaya peserta ketika mengikuti program IISMA. Mengacu pada Teori Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian oleh Gudykunst dan Hammer, bahwa kecemasan dan ketidakpastian dapat berdampak terhadap efektivitas komunikasi antarbudaya. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Penelitian dilakukan terhadap 91 responden menggunakan instrumen kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling terhadap subjek penelitian berupa peserta program IISMA tahun 2021. Penelitian ini menggunakan taraf signifikan sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara kecemasan dan ketidakpastian pada peserta IISMA terhadap efektivitas komunikasi antarbudaya yang dirasakan ketika melaksanakan program IISMA 2021.
  • Item
    HUBUNGAN ANTARA MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TENTANG KESEHATAN MENTAL DENGAN KEPUASAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA MAHASISWA
    (2023-08-11) AI NURAIDAH; Agus Setiaman; Kismiyati El Karimah
    Ai Nuraidah, 210510180093, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Motif Penggunaan Akun YouTube Satu Persen: Indonesian Life School dengan Kepuasan Pemenuhan Kebutuhan Informasi tentang Kesehatan Mental dan pada Mahasiswa” dengan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing Utama dan Dra. Kismiyati El Karimah, M.Si selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan informasi kini bertambah beriringan dengan banyaknya penyebar informasi, seperti media sosial. Akun YouTube Satu Persen merupakan salah satu penyebar informasi tentang Kesehatan mental khususnya pada mahasiswa. Setiap individu memiliki keinginan pribadi dalam mengakses dan mendapatkan informasi yang diinginkan guna mendapatkan kepuasan terhadap informasi yang dicari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara motif penggunaan Akun YouTube Satu Persen dengan kepuasan pemenuhan kebutuhan informasi tentang kesehatan mental pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode kuantitatif dengan perancangan eksplanatif korelasional melalui uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motif penggunaan Akun YouTube Satu Persen dengan kepuasan pemenuhan kebutuhan informasi tentang kesehatan mental pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Motif setiap orang memiliki harapan yang ingin dicapai terkait kepuasan yang akan didapatkan dari menggunakan media sosial Akun YouTube Satu Persen terkait informasi kesehatan mental sehingga apabila motif atau keinginannya sudah terpenuhi maka akan timbul kepuasan.
  • Item
    Aktivisme Media Digital Minimalist Community Indonesia dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Followers @lyfewithless
    (2023-11-30) AYU AZIZAH NOORAINI; Eni Maryani; Teddy Kurnia Wirakusumah
    Ayu Azizah Nooraini. 210510180087. 2023. AKTIVISME MEDIA DIGITAL MINIMALIST COMMUNITY INDONESIA DALAM MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN FOLLOWERS @LYFEWITHLESS (Studi Netnografi Aktivisme Media Digital Minimalist Community Indonesia dalam Akun Instagram @lyfewithless untuk Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Gaya Hidup Minimalis Followers). Prof. Dr. Eni Maryani M. Si. sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Dr. Teddy Kurnia Wirakusumah M.I.Kom. sebagai Dosen Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga gerakan kampanye sebagai program yang diinisiasi oleh Lyfe With Less, yaitu Minimalist Community Indonesia pada akun Instagram @lyfewithless. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui alasan dibalik terbentuknya Minimalist Community Indonesia sebagai aktivisme media digital di ruang digital terkait dengan kesadaran lingkungan, 2) memaparkan konten di akun Instagram @lyfewithless sebagai aktivisme media digital Minimalist Community Indonesia dalam membangun kesadaran lingkungan followers tentang gaya hidup minimalis, 3) mengungkap interaksi komunitas dalam Instagram @lyfewithless sebagai aktivisme media digital Minimalist Community Indonesia untuk membangun kesadaran lingkungan followers dalam gaya hidup minimalis, 4) menjelaskan bentuk kesadaran lingkungan dari followers akun Instagram @lyfewithless melalui penerapan gaya hidup minimalis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode netnografi dipilih sebagai cara untuk mendapatkan data penelitian. Unit observasi dan analisis dalam penelitian ini adalah akun Instagram @lyfewithless sebagai media untuk melakukan aktivisme yang dilakukan pengelolanya, yaitu anggota tim Lyfe With Less. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi Instagram @lyfewithless, wawancara dengan perwakilan dari Lyfe With Less, pengamat di bidang media digital, dan 4 followers @lyfewithless, serta studi dokumentasi berkenaan dengan beragam komunitas Lyfe With Less dan isu kesadaran lingkungan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Lyfe With Less merupakan media alternatif untuk mewadahi masyarakat Indonesia yang ingin mempelajari dan menerapkan gaya hidup minimalis melalui media sosial, 2) konten Instagram @lyfewithless dibentuk melaui tiga hal, yaitu perencanaan strategis, pemanfaatan fitur-fitur Instagram, dan kekhasan gaya penulisan dan warna konten di Instagram @lyfewithless, 3) Interaksi followers @lyfewithless lebih banyak ditunjukkan melalui fitur likes dan didasari pola penggunaan Instagram dari masing-masing informan 4) bentuk kesadaran lingkungan followers dilakukan selain berdasarkan kesadaran personal juga dipengaruhi konten dari @lyfewithless.
  • Item
    Hubungan Intensitas Penggunaan Media Akun TikTok @buiramira dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skripsi
    (2023-11-01) SAFANAH RIDWAN; Dedi Rumawan Erlandia; Teddy Kurnia Wirakusumah
    Safanah Ridwan, 210510180070, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Intensitas Penggunaan Media Akun TikTok @buiramira Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skripsi” dengan Dr. Teddy K.Wirakusumah M.I.Kom sebagai pembimbing utama dan Dedi Rumawan Erlandia S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media akun TikTok @buiramira yang memiliki indikator berupa frekuensi dan durasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi skripsi yang diukur dengan model MAIN berupa Modalitas, Agensi, Interaktivitas, dan Navigabilitas. Penelitian ini merujuk pada pengembangan dari teori uses and gratification 2.0 yang dikemukakan oleh S. Shyam Sundar dan Anthony. M. Limperos (2013). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 107 yang terpilih menggunakan Teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan studi perpustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media akun TikTok @buiramira memiliki hubungan yang signifikan dengan pemenuhan kebutuhan informasi skripsi. Dimana pada variabel X (Intensitas penggunaan media) berhubungan positif dan signifikan dengan kebutuhan informasi berbasis modalitas (Y1), dan X (Intensitas penggunaan media) berhubungan positif dan signifikan dengan kebutuhan informasi berbasis agensi (Y2), X (Intensitas penggunaan media) berhubungan positif dan signifikan dengan kebutuhan informasi berbasis interaktivitas (Y3), dan X (Intensitas penggunaan media) berhubungan positif dan signifikan dengan kebutuhan informasi berbasis navigabilitas (Y4).
  • Item
    Pengaruh Program Promosi di Masa Pandemi terhadap Minat Pembelian Produk Pariwisata Secara Daring
    (2023-04-17) MUHAMAD AZMI; Agus Setiaman; Teddy Kurnia Wirakusumah
    Muhamad Azmi, 210510180065, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Terpaan Program Promosi Traveloka LIVEStyle di Masa Pandemi terhadap Minat Beli Followers Akun Instagram @Traveloka melalui Aplikasi Traveloka” dengan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing Utama dan Dr. Teddy Kurnia Wirakusumah, M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang terdampak parah akibat pandemi. Hal ini juga berdampak pada perusahaan digital yang menjual produk di bidang pariwisata, salah satunya Traveloka. Agar dapat bertahan dan bangkit kembali di masa pandemi, Traveloka mengadakan promosi secara live stream pada aplikasi dan media sosialnya dengan nama “Traveloka LIVEstyle” untuk menarik khalayak membeli produk pariwisata melalui aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan program promosi Traveloka LIVEStyle di masa pandemi terhadap minat beli followers akun Instagram @traveloka melalui aplikasi Traveloka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Respon Kognitif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 136 orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta responden yang terpilih untuk mengisi kuesioner melalui google form dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frekuensi dan durasi terpaan promosi Traveloka LIVEstyle di masa pandemi melalui respon kognitif khalayak berpengaruh signifikan terhadap minat beli followers akun Instagram @traveloka baik secara simultan maupun parsial. Respon kognitif yang dimiliki khalayak memberikan pengaruh yang paling besar terhadap minat beli.
  • Item
    PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
    (2023-11-13) FALIQ KAUTZAR RAMADHAN; Meria Octavianti; Rd. Funny Mustikasari Elita
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kredibilitas pemain-pemain Persib Bandung sebagai celebrity endorser pada sosial media Instagram terhadap keputusan pembelian produk Asbhoel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Source Credibility. Teori ini dikemukakan oleh Carl L. Hovland, Janis, dan Kelley pada tahun 1953. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis uji asumsi klasik. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 100 orang yang berhasil menjawab dan dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berupa Google Form dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu kredibilitas sumber yang terdiri dari keterpercayaan, keahlian, dan daya tarik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian followers akun Instagram @asbhoel.
  • Item
    Pengaruh Product Placement pada Serial Televisi Korea "Vincenzo" terhadap Brand Awareness "Kopiko" di Komunitas Fanbase Instagram @vincenzo.tvndrama
    (2023-10-26) ANDRA ANINDA HAKMAN; Slamet Mulyana; Asep Suryana
    Suatu teknik kreatif dalam periklanan dapat menggunakan cara mempromosikan produk atau jasa melalui menyisipkannya ke dalam suatu media seperti film, program televisi, hingga video musik, teknik ini diistilahkan dengan product placement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product placement pada serial televisi Korea Vincenzo terhadap brand awareness Kopiko di komunitas fanbase Instagram @vincenzo.tvndrama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Respon Kognitif. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 222 orang yang berhasil menjawab dan dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berupa google form dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari product placement pada serial televisi Korea Vincenzo terhadap brand awareness Kopiko melalui sikap komunitas fanbase Instagram @vincenzo.tvndrama. Pengaruh terbesar terdapat pada penilaian sikap responden terhadap brand awareness Kopiko di serial televisi Korea Vincenzo.