Ilmu Manajemen (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Manajemen (S2) by Author "Asep Mulyana"
Now showing 1 - 8 of 8
Results Per Page
Sort Options
Item ANALISIS MODEL CARRINGTON DALAM MEMBENTUK PERILAKU PEMBELIAN AKTUAL KOPI PADA GENERASI MILENIAL DI KABUPATEN GARUT(2023-09-20) HANIFAH FAUZIAH; Asep Mulyana; R. Thomas Budhyawan YudhyaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Carrington dalam membentuk perilaku pembelian aktual kopi di Kabupaten Garut. Penelitian ini dilakukan karena adanya kesenjangan antara niat dengan perilaku pembelian aktual. Metode survei yang bersifat kuantitatif digunakan untuk menganalisis variabel moral, pengetahuan, relasi, minat implementasi, actual behavioural control, situational context, dan perilaku pembelian aktual. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner pada penelitian ini diberikan secara online dan offline kepada konsumen kopi. Jumlah konsumen yang diteliti sebesar 400 responden. Peneliti menganalisis data menggunakan alat bantu cluster analysis dengan alat bantu SPSS 25.0 dan SEM-PLS dengan smartPLS. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat 2 klasifikasi dari 4 konsumen yaitu termasuk pada kelompok vocal green consumers, silent green consumers, vocal brown consumers, dan silent brown consumers. Hasil pengujian hipotesis menunjukan seluruh variabel mampu membentuk perilaku pembelian aktual.Item Loyalitas Dan Minat Pembelian Dalam Aplikasi Pemain Game Genshin Impact Dari Perspektif Perceived Value(2022-03-21) RAIHAN FAJRI RAMADHAN; Asep Mulyana; Rita KomaladewiPerkembangan teknologi saat ini, terutama Game mobile mengalami trend perkembangan yang positif, bahkan pada saat pandemic covid-19 tetap mengalami kenaikan jumlah pemain dan pendapatan. Walaupun mengalami trend positif, perilaku pengguna atau pemain game mobile ini juga beragam, dimana disebutkan hanya 5% dari keseluruhan pemain yang hanya melakukan pembelian. Dengan demikian untuk melihat perilaku pemain dalam melakukan pembelian, peneliti melihat dari sudut pandang perceived value dan loyalitas. Untuk itu tujuan pada penelitian ini adalah mengkaji pengaruh dari perceived value, loyalitas dan minat pembelian dalam aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner dengan analisis verifikatif menggunakan software PLS. Hasilnya diketahui bahwa perceived value yang dibentuk oleh nilai emosional, nilai sosial dan nilai ekonomi mampu mendorong minat pembelian dalam aplikasi, dan mampu meningkatkan loyalitas pemain game genshin impact. Kedua yaitu loyalitas juga mampu mempengaruhi minat pembelian dalam aplikasi. Ketiga yaitu, perceived value yang dibentuk oleh nilai emosional, nilai sosial, dan nilai ekonomi mampu mengorong minat pembelian dalam aplikasi pemain game genshin impact melalui loyalitas. Oleh karena ini, perceived value yang dibentuk oleh nilai emosional, nilai sosial dan nilai ekonomi dapat dijadikan pertimbangan oleh developer maupun publisher dalam mengembangkan strategi pengembangan pemasaran untuk menjangkau pasar potensial yang lebih besar lagi daripada sebelumnya.Item ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (Studi Pada Industri Kecil Bidang Agro dan Hasil Hutan yang Memiliki Tanda Daftar Industri di Kabupaten Garut)(2018-04-17) HUSNI MUHARAM; Yuyus Suryana; Asep MulyanaPenelitian ini dilatarbelakangi suatu pandangan bahwa perkembangan usaha merupakan faktor penting bagi perusahaan untuk dapat bertahan dalam persaingan usaha yang ketat. Perkembangan usaha dapat diperoleh jika perusahaan dapat meningkatkan orientasi kewirausahaan dan memahami karakteristik perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan karakteristik perusahaan terhadap perkembangan usaha pada Industri Kecil dan Menengah Bidang Agro yang memiliki Tanda Daftar Industri di Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan persepsi responden terhadap variabel Orientasi Kewirausahaan, Karakteristik Perusahaan dan Perkembangan Usaha. Penelitian verifikatif digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Orientasi Kewirausahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Perkembangan Usaha. Survey ini melibatkan 81 IKM Bidang Agro yang memiliki Tanda Daftar Industri. Teknik pengambilan sampel melalui simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner dan survey. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan statistik Partial Least Square (PLS). Hasil menunjukkan bahwa dari ketiga variabel penelitian secara deskriptif seluruhnya menunjukkan kriteria cukup tinggi. Pengaruh orientasi kewirausahaan dan karakteristik perusahaan terhadap perkembangan usaha, menunjukkan pengaruh yang positif siginfikan.Item PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KETAHANAN ORGANISASI (STUDI KASUS: SENTRA INDUSTRI RAJUT BINONG JATI)(2016-08-04) FITRIANI TOBING; Asep Mulyana; Ina Primiana Febri Mustika SoeharsonoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan berbagi pengetahuan dan inovasi produk terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati. (2) pengaruh secara langsung maupun tidak langsung berbagi pengetahuan dan inovasi produk terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati. Populasi penelitian ini adalah pemilik usaha pada Sentra Industri Rajut Binong Jati. Metode penentuan sampel dengan menggunakan metode stratified propotional random sampling. Data penelitian menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan jurnal. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang pengrajin. Hasil temuan menunjukkan bahwa pengaruh berbagi pengetahuan terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati melalui inovasi produk yaitu sebesar 34,63%. Sedangkan pengaruh inovasi produk terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati melalui berbagi pengetahuan adalah sebesar 37,13%.Item Pengaruh Kekayaan Media Sosial terhadap Kinerja Bisnis yang Dimediasi oleh Ekuitas Merek pada UMKM Makanan dan Minuman yang Menggunakan Media Sosial Instagram di Pulau Jawa dan Sumatera(2022-11-09) VENNY MELLANDHIA SHANDY; Asep Mulyana; Budi HarsantoKinerja bisnis adalah indikator yang mengukur seberapa baik suatu organisasi mencapai tujuannya. Kinerja bisnis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kekayaan media sosial dan ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kekayaan media sosial terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh ekuitas merek pada UMKM makanan dan minuman yang menggunakan media sosial Instagram di Pulau Jawa dan Sumatera. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa riset kepustakaan dan penyebaran kuesioner secara online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM yang bergerak di sektor industri makanan dan minuman yang telah berbisnis menggunakan media sosial Instagram dalam waktu minimal 3 tahun di Pulau Jawa dan Sumatera. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 232 responden dan dianalisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekayaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek, ekuitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis, kekayaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis, dan ekuitas merek dapat memediasi kekayaan media sosial terhadap kinerja bisnis. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambahkan lebih banyak literatur yang relevan, memperluas sampel, dan dapat menggunakan variabel moderasi atau modifikasi dengan variabel lain sehingga dapat menciptakan penelitian yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Business performance is an indicator that measures how well an organization is achieving its goals. Business performance can be affected by several factors, such as social media richness and brand equity. This study was conducted to determine the effect of social media richness on business performance mediated by brand equity in food and beverage SMEs using social media Instagram in Java and Sumatra. The type of this research is quantitative and using data collection methods from library research and distributing online questionnaires. The sample used in this study is food and beverage MSMEs who have done business using social media Instagram for a minimum of 3 years in Java and Sumatra. The number of samples used in this study were 232 respondents and analyzed using SmartPLS. The results show that social media richness has a significant effect on brand equity, brand equity has a significant effect on business performance, social media richness has a significant effect on business performance, and brand equity can mediate social media richness on business performance. In future research, it is expected to add more relevant literature, expand the sample, and be able to use moderating variables or modifications with other variables so that they can create better research in the future.Item Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Fashion Hijab Di Kota Bandung(2016-09-20) ASTHI FITRI ARFINDA; Asep Mulyana; Ina Primiana Febri Mustika SoeharsonoSalah satu fashion yang sedang naik daun beberapa tahun ini di Kota Bandung adalah fashion hijab. Industri usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) sektor fashion di Kota Bandung, terutama kerudung/hijab yang terus tumbuh besar. Dari data yang diperoleh dari KADIN Bandung, total jumlah UMKM fashion tahun 2015 sebesar 830, dan hasil pra penelitian didapatkan data UMKM yang bergerak di bidang fashion hijab di Kota Bandung sebesar 432, hal ini membuktikan bahwa animo masyarakat untuk berwirausaha di bidang fashion hijab sangat besar dengan menyumbang 52% dari 830 jumlah UMKM fashion di Bandung. Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan, kekurangan yang dirasakan konsumen dalam pembelian hijab UMKM Kota Bandung terutama pada kualitas produk dan harga masih belum begitu baik, kekurangan yang dirasakan konsumen terbesar yaitu sebesar 50% (lima puluh persen) terhadap tidak rapihnya jahitan pada produk hijab UMKM Bandung, faktor ketidakpuasan konsumen dalam kualitas produk lainnya yaitu bahan yang cepat luntur sebesar 10% (sepuluh persen), ketidak puasan konsumen terhadap harga memiliki presentase sebesar 40% (empat puluh persen) dikarenakan harga yang ditawarkan mahal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel kualitas produk, harga, terhadap keputusan pembelian. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan sebanyak 130 responden mahasiswi di Kota Bandung dan menggunakan metode purposive sampling. Analisis Jalur digunakan untuk menganalisis dan menguji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan bantuan software SPSS 22.0. Hasil menunjukan pengaruh secara signifikan simultan maupun parsial antar variabel yang diteliti.Item PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN INKUBASI BISNIS TERHADAP KINERJA UMKM (Studi pada UMKM di Lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI)(2019-04-01) ARDI APRILIADI; Imas Soemaryani; Asep MulyanaPenelitian ini dilakukan pada UMKM di Lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai kinerja. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM yaitu manajemen pengetahuan dan inkubasi bisnis. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh manajemen pengetahuan dan inkubasi bisnis terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini terdiri tiga Variabel yaitu Manajemen Pengetahuan (X1), Inkubasi Bisnis (X2) dan Kinerja UMKM (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dalam bentuk explanatory survey. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket dengan model skala likert, yang dianalisis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah UMKM di lingkungan inkubator bisnis ITB, UNPAD dan UPI yang berjumlah 41 UMKM. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa (1) Manajemen pengetahuan pada UMKM di Lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI sudah berjalan cukup baik, (2) Inkubasi bisnis pada UMKM di Lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI sudah berjalan kurang baik, (3) Kinerja pada UMKM di Lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI sudah berjalan cukup baik, (4) Secara simultan manajemen pengetahuan dan inkubasi bisnis berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM di lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI, (5) Secara parsial manajemen pengetahuan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM di lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI, dan (6) Secara parsial inkubasi bisnis berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM di lingkungan Inkubator Bisnis ITB, UNPAD, dan UPI.Item persepsi kemudahan penggunaan, manfaat, reputasi dan nilai terhadap niat beli pada platform socal media Instagram melalui kepercayaan di Kota Padang(2021-08-06) ARINA RAHMI; Asep Mulyana; SucherlyPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi kemudahan penggunaan, manfaat, reputasi dan nilai terhadap kepercayaan konsumen dalam melakukan pembelian online pada platform social media Instagram di Kota Padang. Kemudian mengkaji pengaruh persepsi terhadap niat beli online melalui kepercayaan. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu niat beli online, sementara variable independen yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi reputasi dan persepsi nilai. Sedangkan kepercayaan sebagai variabel intervening. Responden dalam penelitian ini adalah kaum milenial yang berumur antara 18-34 tahun yang pernah menggunakan social media Instagram untuk berbelanja online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner dan analisis PLS. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli online pada platform social media Instagram. (2) Persepsi manfaat dan reputasi melalui kepercayaan terhadap niat beli online pada platform social media Instagram berpengaruh positif dan signifikan. (3) Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat beli online pada platform social media Instagram. (4) Persepsi nilai berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap niat beli online pada platform social media Instagram.