Ilmu Sejarah (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Sejarah (S1) by Author "Agusmanon Yuniadi"
Now showing 1 - 16 of 16
Results Per Page
Sort Options
Item ANIME SEBAGAI MEDIA HEGEMONI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA (1980-2012)(2016-10-20) AGUS ELVAN B; Agusmanon Yuniadi; Mumuh Muhsin ZSkripsi ini berjudul “Anime Sebagai Media Hegemoni Budaya Jepang di Indonesia 1980-2012”. Fokus permasalahan yang diangkat adalah penetrasi anime Jepang dalam membuat hegemoni budaya di Indonesia di tahun 1980-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep hegemoni dari Gramsci, yang di dalamnya terdapat tahapan-tahapan untuk memperoleh hegemoni. Di mulai dari tahap dominasi/domination (institusi dan media) dan tahap pengarahan/direction (industri dan modal). Hegemoni budaya melalui media anime ini dilakukan Jepang karena adanya kesadaran bahwa penguasaan dengan cara kekerasan atau paksaan (hard power) bukan lagi menjadi pilihan yang tepat untuk digencarkan pasca era perang, sehingga perlu ada kebijakan baru dalam meraih kekuasaan selain dengan cara kekerasan. Berangkat dari hal ini, kemudian muncullah ide-ide bagaimana memasukkan ide Jepang ke dalam dunia internasional secara halus melalui media yang diterima seluruh kalangan masyarakat internasional. Hegemoni budaya Jepang seiring pula dengan perkembangan anime di pasar internasionalItem BANGKITNYA KARINDING DI KALANGAN ANAK MUDA UNDERGROUND BANDUNG (2000-2016)(2018-02-12) YOGA WIBISONO; Agusmanon Yuniadi; Raden Muhammad MulyadiSkripsi ini berjudul “Bangkitnya Karinding di Kalangan Anak Muda Underground Bandung (2000-2016)”. Skripsi ini membahas tentang perkembangan alat musik tradisional suku Sunda yang disebut dengan karinding di kota Bandung. Karinding adalah alat musik yang dikenal sebagai pengusir hama dan alat penghilang rasa lelah petani di sawah. Metode penulisan dalam skripsi ini yaitu metode sejarah, dengan empat tahapan; heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi atau yang biasa disebut dengan penulisan karya tulis. Sumber yang didapat berupa tulisan dan juga lisan dengan menggunakan konsep suku bangsa, identitas diri, inovasi, dan difusi kebudayaan. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya perubahan fungsi dari kesenian tradisional dari yang awalnya digunakan hanya sekedar untuk pelepas rasa bosan para petani saat mereka berladang dengan cara dipukul untuk memainkannya sekaligus mengusir hama, bergeser menjadi sebuah produk inovasi budaya. Karinding mulai diperkenalkan kembali oleh komunitas Currie di Bandung sebagai alat pengiring dalam tradisi ritual Sunda Tumpekan pada 2004. Selain sebagai ritual Tumpekan, pelestarian karinding dilakukan dengan cara kreativitas atau inovasi yang mempersatukan unsur modern ke dalamnya menjadi sebuah instrumen musik pada 2006 dalam acara Bandung Death Fest yang diadakan oleh komunitas musik metal, Bandung Death Metal Syndicate (bagian kelompok dari Ujungberung Rebels). Inovasi dilakukan pada 2006-2007 saat anak-anak muda kota Bandung menginginkan adanya identitas lokal pada musik metal dan mulai perkenalan dan percampuran antara musik metal dengan kelompok karinding. Cita-cita kolaborasi dua kultur kebudayaan tersebut terkabul nyata dengan adanya Bandung Death Fest II (2007) dan III (2008) saat atraksi kebudayaan Sunda menjadi pembuka dalam acara tersebut. Hingga pada akhir tahun 2008 sampai sekarang karinding mulai naik kembali popularitasnya yang dikarenakan mulai dikenalkan kembali kepada anak muda di Bandung, khususnya saat para pemusik metal mengkombinasikan karinding dengan alat musik modern serta sektor ekonomi yang terkena dampaknya seperti meningkatnya minat jual-beli karinding di perkotaan.Item Dinamika Industri Perikanan Keramba Jaring Apung di Waduk Cirata Wilayah Cianjur (1989-2014)(2015-10-30) HADIYANTO NOTONEGORO; Raden Muhammad Mulyadi; Agusmanon YuniadiSkripsi ini berjudul “Dinamika Industri Perikanan Keramba Jaring Apung di Waduk Cirata Wilaya Cianjur (1989-2014)”. Skripsi ini membahas dari awal industri perikanan keramba jaring apung ini muncul, hingga berkembang pesat di waduk Cirata khususnya di wilayah Cianjur.Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode sejarah yang meliputi empat tahapan yaitu, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian skripsi ini menuggunakan konsep industri dan konsep budidaya.Hasil dari penelitian ini menunjukan dampak dari pembangunan waduk Cirata, yaitu munculnya industri perikanan pada keramba jaring apung merupakan bagian dari pengembangan budidaya perikanan. Budidaya perikanan ada dalam alternatif penyaluran mata pencaharian pengganti masyarakat akibat tergenangnya lahan garapan milik masyarakat sekitar waduk Cirata. Perkembangan industri perikanan di waduk Cirata tumbuh di luar kendali bahkan dapat menarik minat masyarakat dari luar wilayah waduk Cirata yang bukan bagian dari masyarakat yang diberi hak untuk mendirikan keramba jaring apung dapat tumbuh jauh seperti apa yang direncakan sehingga pada perkembangannya banyak hal yang terjadi jauh dari apa yang direncanakan oleh pihak pengelola waduk Cirata.Item Eksistensi Kesenian Wayang Golek Di Bandung (1950-2015)(2023-10-25) RAIS RASYADI; Agusmanon Yuniadi; Mumuh Muhsin ZPenelitian ini mengkaji eksistensi kesenian wayang golek di bandung pada tahun 1950-2015. Dalam penelitian ini dijelaskan mengenai perkembangan kesenian wayang golek di Bandung secara kronologis. Wayang golek diciptakan atas prakarsa Bupati Bandung R. A. A. Wiranatakusumah III (1829-1846) dan seorang pembuat wayang asal Tegal yang bernama Ki Darman pada tahun 1840-an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Sejarah. Metode Sejarah terdiri dalam beberapa tahapan, yaitu: Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu konsep eksistensi dan kreativitas untuk menjelaskan mengenai eksistensi kesenian wayang golek di Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa eksistensi kesenian wayang golek di Bandung mengalami perubahan dan perkembangan karena “kudu miindung ka waktu, mibapa ka zaman,” yaitu kesenian wayang golek harus mengikuti perubahan waktu dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk mempertahankan eksistensi kesenian wayang golek maka seniman/seniwati pedalangan Bandung melakukan berbagai kreativitas dan inovasi terhadap kesenian wayang golek sehingga kesenian wayang golek mengalami kemajuan yang signifikan dalam sisi bentuk serta sisi penyajian pertunjukannya. Selain itu, beberapa seniman pedalangan Bandung berhasil mengembangkan kesenian wayang golek bentuk baru, seperti: Wayang Golek Modern kreativitas Dalang R. U. Partasuwanda, Wayang Golek Teknik kreativitas Dalang Diatmaja, Wayang Rampak Dalang kreativitas Yoyo Risyaman, Wayang Ringkang kreativitas Tantan Sugandi Parta Suwanda, dan Wayang Techno kreativitas Dalang Asep Aceng Amung Sutarya. Pada zaman sekarang masyarakat sangat menyukai dan menggemari kesenian wayang golek yang lebih banyak menampilkan unsur hiburan, seperti: bojegan (humor), adegan perang, nyanyian lagu/kawih, dan lain-lain.Item Industri Rekaman Musik Pop Sunda (1959-2014)(2016-08-23) SITI AISYAH SAFE; Raden Muhammad Mulyadi; Agusmanon YuniadiSkripsi ini berjudul Industri Rekaman Musik Pop Sunda 1959-2014. Skripsi ini membahas tentang perkembangan industri rekaman musik pop Sunda mulai dari awal munculnya musik pop Sunda, masa kejayaan musik pop Sunda, sampai dengan menurunnya industri musik pop Sunda. Permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang naik turunnya industri rekaman musik pop Sunda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, dimana metode sejarah ini terdiri atas 4 tahapan yakni heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kebudayaan pop dengan menggunakan teori industri rekaman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa industri rekaman musik pop Sunda mengalami dinamika dari 1959 sampai 2014. Menurunnya industri rekaman musik pop Sunda disebabkan oleh maraknya pembajakan kaset yang menyebabkan para produser dan perusahaan rekaman mundur dari industri rekaman musik pop Sunda.Item Julie Sutardjana: Peran dan Kiprahnya dalam Perkulineran di Bandung 1951-2012(2016-07-19) SHOFY NUR AVEROUS AM; Agusmanon Yuniadi; Etty SaringendyantiABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Julie Sutardjana: Peran dan Kiprahnya dalam Perkulineran di Bandung (1951-2012).” Skripsi ini menjelaskan tentang peranan Julie Sutardjana dalam bidang perkulineran di Bandung dengan menggunakan konsep peranan dan kuliner. Menurut Soekanto, peranan merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak-hak dan kewajiban-kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka dia menjalankan suatu peranan. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode sejarah, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Julie Sutardjana memiliki peranan dalam perkulineran di Bandung. Pada awalnya Julie menjadi penulis resep di salah satu majalah di Bandung yaitu Star Weekly. Beberapa tahun kemudian ia berpindah dari majalah Star Weekly ke tabloid mingguan Jaya dan kembali berpindah ke harian Kompas pada tahun 1971. Julie merupakan pekerja keras hingga ia mampu membuka Kedai Nyonya Rumah di Jalan Naripan pada tahun 1998 dan Kedai Nyonya Rumah di Jalan Trunojoyo pada tahun 2004. Peranan Julie cukup penting dalam perkulineran di Bandung, yaitu menginspirasi para ibu rumah tangga di Indonesia khususnya di Bandung dengan resep makanan hasil karyanya, selain itu Julie juga telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi para karyawannya dengan membangun dua restoran Kedai Nyonya Rumah yang terletak di Jalan Naripan dan Jalan Trunojoyo, Kota Bandung dan membuat sebuah inovasi dengan lemper lapisnya yang berbeda dari lemper pada umumnya.Item KARAKTERISTIK DAN PERFORMANSI TOYOTA KIJANG GENERASI PERTAMA HINGGA KEENAM (1960-2017)(2017-11-08) M. FAKHRIYAN HARISH; Agusmanon Yuniadi; Mumuh Muhsin ZSkripsi ini berjudul Karakteristik dan Performansi Toyota Kijang Generasi Pertama Hingga Keenam (1960-2017). Pembahasannya terfokus pada karakteristik dan performansi. Setiap generasi dari Toyota Kijang memiliki karakteristik dan performansi yang berbeda-beda. Toyota Kijang dikembangkan sebagai salah satu bentuk kerja sama Indonesia dengan Jepang, yang mulai diproduksi pertama kali pada tahun 1975. Di tahun 1977, Toyota Kijang generasi pertama diresmikan dengan nama Toyota Kijang “Buaya” oleh mantan Presiden Indonesia kedua, yaitu Soeharto, yang saat itu berfungsi sebagai kendaraan niaga. Di tahun 1986, pada Toyota Kijang generasi ketiga mulai menambah fungsinya sebagai kendaraan penumpang. Di tahun 2015 hingga 2017, generasi keenam dari Toyota Kijang yang dinamakan The Legend Reborn “All New Innova” diposisikan menjadi Kijang Innova kelas Premium pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang meliputi empat tahapan kerja. Tahapan tersebut adalah heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan otomotif, sehingga menggunakan beberapa konsep dan istilah dalam otomotif, seperti konsep otomotif, konsep karakteristik, konsep performansi, dan konsep perkembangan. Perkembangan industri otomotif di Indonesia memberikan gambaran terhadap kontribusi para produsen otomotif yang ikut meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, yang dimulai pasca proklamasi Indonesia hingga sekarang, industri otomotif terus menunjukkan berbagai inovasinya dalam perkembangan produk-produk terbarunya. Toyota, yang mulai dikembangkan oleh PT Toyota Astra Motor, merupakan salah satu pelopor dalam perkembangan industri otomotif di Indonesia. Salah satu produknya yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Toyota Kijang. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa gambaran perkembangan historical dari karakteristik dan performansi Toyota Kijang, sejak generasi pertama hingga ke enam, yang dapat digunakan sebagai sumber informasi dalam perkembangan industri kendaraan bermotor roda empat di Indonesia.Item Pengaruh Berdirinya Pesantren Daar Al-Taubah Terhadap Tempat Prostitusi Saritem (1999-2016)(2017-09-11) FITRI ADI; Agusmanon Yuniadi; Kunto SofiantoSkripsi ini berjudul “Pengaruh Berdirinya Pesantren Daar Al-Taubah Terhadap Tempat Prostitusi Saritem (1999-2016)”. Skripsi ini membahas tentang perkembangan, fungsi, dan pengelolaan Pondok Pesantren Daar Al-Taubah, sehingga dapat diketahui penyebab berdirinya Pondok Pesantren Daar Al-Taubah serta pengaruhnya terhadap tempat prostitusi Saritem. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu: heuristik (pengumpulan sumber), kritik (intern dan ekstern), interpretasi (penafsiran data) dan historiografi (penulisan sejarah). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan konsep penelitian survey dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tindakan penertiban Saritem, pengganyangan serta penangkapan para wanita pelacur, semuanya tidak serta merta memecahkan persoalan ini. Karena hal ini tidak membuat tersentralisasinya tempat prsotitusi yang sehingga akan berdampak penyebaran penyakit HIV/AIDS, meningkatnya penyakit Gonorhoe, serta dapat meningkatnya tindak kriminalitas di kota Bandung.Item Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kota BAndung(2008-2013)(2015-06-15) ADE SUPRIANTO; Agusmanon Yuniadi; Mumuh Muhsin ZSkripsi ini berjudul Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kota Bandung 2008-2013. Skripsi ini membahas pendidikan dan pelatihan terhadap pegawai negeri sipil yang berada di ruang lingkup Pemerintah Kota Bandung setelah munculnya Undang-Undang Kepegawaian baru yang mengganti Undang-Undang Kepegawaian sebelumnya. Dampak dari undang-undang tersebut adalah dibentuknya suatu badan dalam naungan Pemerintah Kota Bandung yang memiliki tugas khusus dalam hal-hal kepegawaian. Fokus pembahasan pembahasan skripsi ini adalah pada aspek pengembangan kepegawaian dengan menggunakan pendekatan pendidikan dan pelatihan. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penelitian dalam skripsi ini menghasilkan fakta bahwa Pemerintah Kota Bandung belum memiliki tenaga diklat yang terakreditasi, sehingga proses pengembangan sumber daya manusia Pemerintah Kota Bandung belum maksimal.Item PERAN POETRI MARDIKA DALAM EMANSIPASI DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI HINDIA BELANDA 1915-1919(2015-11-17) IMAM DANIEL SIHOMBING; Raden Muhammad Mulyadi; Agusmanon YuniadiSkripsi yang berjudul Peran Poetri Mardika dalam Emansipasi dan Pemberdayaan kaum Perempuan 1915-1919 mengupas tentang Poetri Mardika sebagai organisasi perempuan pertama di Indonesia melakukan perannya dalam memberikan emansipasi dan pemberdayaan kaum perempuan pada masa Hindia Belanda. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang terdiri dari 4 tahapan, yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi dan historiografi. Untuk membuat eksplanasi di atas, dipergunakan pendekatan multidimensional dengan menggunakan konsep peran, emansipasi, dan pemberdayaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Poetri Mardika lahir ketika misi Budi Utomo memberikan perannya kepada perempuan, kemudian bekerja sama dengan Poetri Mardika dalam memberikan pendidikan, beasiswa dan bantuan kepada penduduk perempuan pribumi.Meski Poetri Mardika tidak sendirian dalam melakukan perannya, organisasi tersebut telah memberikan berbagai pemikiran dan bantuan langsung untuk berkontribusi dalam memberikan kesempatan perempuan untuk berpendidikan, emansipasi dalam bentuk pemikiran kesetaraan gender, mendamaikan sistem adat istiadat,dan memperbaharui sistem poligami.Item PERISTIWA PERTEMPURAN BANDUNG TIMUR DI BIHBUL 30 JULI 1946(2015-09-15) YOGI TRI SANTOSO; Mumuh Muhsin Z; Agusmanon YuniadiSkripsi ini berjudul “Peristiwa Pertempuran Bandung Timur di Bihbul 30 Juli 1946”. Skripsi ini membahas tentang peristiwa pertempuran dalam usaha untuk merebut kembali wilayah Bandung yang di kuasai oleh pihak Belanda dengan pasukannya. Sebagai bentuk perlawanan pasukan Republik terhadap kekuasaan kembali Belanda di Indonesia yang telah merdeka khususnya di Bandung. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Metode ini terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan tiga konsep yaitu konsep perang gerilya, konsep penjajahan dan konsep pasukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peristiwa Palagan Bandung merupakan salah satu faktor utama lahirnya peristiwa Bandung Lautan Api. Setelah itu, perjuangan selanjutnya adalah membentuk front pertahanan wilayah mulai dari utara, selatan, barat dan timur Bandung, hingga terjadilah peristiwa pertempuran di salah satu front tersebut, yakni di front Bandung Timur. Peristiwa pertempuran di Bihbul tersebut memiliki dampak politik, psikologis dan sosial. Pertempuran ini terjadi antara Batalyon 33 Pelopor dari Divisi Siliwangi melawan pasukan KNIL dari Batalyon Anjing NICA. Pertempuran yang berlandaskan pada dua perintah komando yang berbeda, yaitu komando untuk merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan dan komando untuk menjajah serta menguasai kembali Indonesia yang ketika itu telah merdeka.Item Perkembangan Hotel Savoy Homann Bandung (1871-2000)(2016-09-08) INGGIT FADILLAH; Etty Saringendyanti; Agusmanon YuniadiABSTRAK Skripsi ini berjudul Perkembangan Hotel Savoy Homann Bandung (1871-2000). Skripsi ini membahas tentang perkembangan bentuk, fungsi dan pengelolaan Hotel Savoy Homann Bandung, sehingga dapat diketahui penyebab Hotel Savoy Homann dapat bertahan lama dan menjadi salah satu landmark Kota Bandung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu: heuristik (pengumpulan sumber), kritik (intern dan ekstern), interpretasi (penafsiran data) dan historiografi (penulisan sejarah). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan konsep penelitian gaya dan juga konsep tata kelola. Pada perkembangannya, Hotel Savoy Homann mengalami beberapa perubahan baik dari segi bentuk, fungsi serta pengelolannya. Pada tahun 1871, Hotel Savoy Homann merupakan sebuah rumah panggung berdinding gedek bambu dan beratapkan rumbia sama halnya seperti rumah warga biasa lainnya. Kemudian pada tahun 1876, hotel ini mengalami perubahan dengan mengganti bahan dasar dinding menjadi kayu dan tidak lagi berupa rumah panggung. Perkembangan gaya bangunan modern mulai dialami Hotel Savoy Homann pada tahun 1880 dengan menerapkan gaya arsitektur Romantic dan Baroq dan tahun 1883 menjadi Gothic Revival. Hotel Savoy Homann mengalami perubahan arsitektur kembali pada tahun 1938-1939 menjadi gaya Art Deco dan bertahan hingga saat ini. Dalam perkembangan fungsinya, hotel Savoy Homann sempat dijadikan sebagai Wisma Opsir Jepang pada tahun 1941 dan pada tahun 1945 diubah kembali menjadi Wisma PMI. Masa keemasan Hotel Savoy Homann dapat dilihat saat Homann dijadikan sebagai salah satu tempat menginap para petinggi-petinggi negeri peserta Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Perubahan hotel juga tak lepas dari pengelolaan beberapa pengelola hotel yang telah memberikan jasanya terhadap perkembangan Hotel Savoy Homann Bandung dari A. Homann tahun 1871 sampai pada Bidakara Group tahun 2000.Item POP SUNDA: KRITIK SOSIAL PADA LAGU KARYA DOEL SUMBANG 1981-2012(2017-05-15) RAGA TEGAR JIWA; Raden Muhammad Mulyadi; Agusmanon YuniadiSkripsi ini berjudul “Pop Sunda: Kritik Sosial Pada Lagu Karya Doel Sumbang (1981-2012)”. Cakupan pembahasan mengenai perkembangan musik jenis Pop Sunda yang terkenal sejak tahun 1980-an di Indonesia hingga muncul musisi bernama Doel Sumbang ditahun 1990-an yang menggeluti musik Pop Sunda juga dengan gaya bermusik yang terbilang unik. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yaitu metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Teori dan konsep yang digunakan dalam skripsi ini yaitu konsep Budaya Populer dan konsep Kritik Sosial. Dalam pembahasan skripsi juga dijelaskan bagaimana eksistensi Doel Sumbang sebagai musisi Pop Sunda yang menarik perhatian pendengarnya dengan menciptakan lagu-lagu yang bertema kritik dan sesuai dengan keadaan yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pop Sunda yang seperti pada umumnya saat ini merupakan perkembangan dari musik tradisional masyarakat lokal Sunda/Priangan. Setiap musisi yang memainkan lagu Pop Sunda pasti memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing, seperti halnya Doel Sumbang yang memulai karirnya dalam Pop Sunda dengan menciptakan lagu-lagu dengan bahasa kelas bawah, lirik yang vulgar dan seringkali menyinggung atau mengkritisi kondisi sosial yang dikemas dengan cara yang humoris. Hal tersebut membuktikan bahwa Pop Sunda juga dapat digunakan sebagai media kritik.Item Revolusi Hijau: Pengaruhnya Terhadap Produksi Padi di Jawa Barat 1969-2000(2015-09-15) M WILDAN WALIYUDDIN; Reiza D. Dienaputra; Agusmanon YuniadiJudul skripsi ini adalah Revolusi Hijau: Pengaruhnya Terhadap Produksi Padi di Jawa Barat 1969-2000. Skripsi ini menjelaskan tentang dinamika produksi padi yang salah satunya disebabkan oleh program Revolusi Hijau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristic, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini juga digunakan konsep kebijakan. Menurut Miriam Budiardjo, kebijakan adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau kelompok politik, dalam usaha memilih tujuan dan cara untuk mencapai tujuan itu. Pada prinsipnya, pihak yang membuat kebijakan-kebijakan itu mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya. Hasil dari penelitan ini menyimpulkan bahwa produksi padi di Jawa Barat selama kurun waktu 1969-2000 secara umum mengalami kenaikan, meskipun ada beberapa tahun yang mengalami penurunan produksi. Dalam pandangan umum, pertanian khususnya padi, hanya dapat bertambah hasil produksinya dengan perluasan lahan. Tetapi sejak ditemukannya suatu cara untuk meningkatkan produksi pertanian yang dikenal dengan Revolusi Hijau, bencana alam dan lahan yang tidak terlalu luas dapat diatasi sehingga terwujud harapan peningkatkan produksi padi.Item Ruang Anak Muda Alternatif di Kota Bandung (2002-2006)(2016-12-06) AUDRY RIZKI PRAYOGA; Agusmanon Yuniadi; Reiza D. DienaputraPenelitian ini berjudul Ruang Anak Muda Alternatif di Kota Bandung (2002-2006). Fokus dari peneitian ini adalah perkembangan ruang anak muda alternatif di Kota Bandung yang memproduksi aktivitas dan identitas berdasarkan pengaruh latar belakang sosial, perkembangan politik dan perkembangan media baru, dengan iF sebagai studi kasus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak muda alternatif dan ruang publik. Ruang yang dimaksud yaitu ruang fisik (room) yang digunakan oleh anak muda alternatif untuk dikonstruksi dan diaktivasi menjadi ruang (space) yang dapat menjadi sarana (platform) bagi anak muda alternatif dalam memproduksi aktivitas dan identitasya, terutama dalam ranah musik, seni visual, dan literasi. Penelitiann ini menggunakan metode sejarah dengan empat tahapan, yaitu: (1) heuristik; (2) kritik; (3) interpretasi; dan (4) historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah, anak muda alternatif memproduksi ruangnya sendiri, karena tidak tersedianya ruang yang dapat mewadahi aktivitas dan identitasnya. Salah satunya iF yang menjadi studi kasus dalam penelitian ini. iF pada awalnya merupakan sebuah basis ekonomi asrama Ikatan Remaja Muhammadiyah yang dikelola bersama anak muda alternatif Kota Bandung (dalam ranah: musik, seni visual, dan literasi) yang berformat distro/clothing. Pada perkembangnnya iF dikonsruksi menjadi ruang anak muda alternatif dengan pengutamaan musik, seni visual, dan literasi. Berakhirnya eksistensi iF sebagai ruang anak muda alternatif disebabkan oleh bertambahnya usia dari para aktor iF (anak muda alternatif), yang kemudian berimplikasi dengan terjadinya perubahan skema aktivitas dari anak muda alternatif, di antaranya: tuntutan untuk menyelesaikan studi dan bekerja.Item RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SARTIKA ASIH BANDUNG: Studi Tentang Lahir, Berdiri dan Perkembangannya (1957-2012)(2015-10-20) YUNITA PUJI LESTARI; Agusmanon Yuniadi; Nina Herlina SukmanaSkripsi ini berjudul “Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung: Studi tentang lahir, berdiri dan perkembangan dari 1957-2012”. masalah utama dalam pembahasan skripsi ini adalah bagaimana latar belakang didirikannya Rumah Sakit Bhayangkara Bandung, proses pendiriannya dan perkembangannya, bagaimana proses perubahan dari klinik bersalin (Kraamkliniek) menjadi Rumah Sakit Bhayangkara Bandung yang berarti telah terjadi perubahan dalam struktur organisasi, manajemen, sarana dan pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah konsep rumah sakit. Menurut dr. Benyamin Lumenta, secara fungsional mengenal dua jenis rumah sakit, yaitu yang berperan intramural dan ekstramural. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa RSBSA didirikan dengan tujuan untuk menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan kepolisian untuk mendukung tugas operasional Polri dan pelayanan kesehatan kepolisian bagi pegawai negeri pada Polri dan keluarganya serta masyarakat umum secara prima. Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung terus mengalami peningkatan mutu kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung mengalami dinamika perkembangan di mulai dari di bangunnya Klinik Bersalin pada 15 Maret 1957, hingga menjadi sebuah rumah sakit pada 21 Mei 1969. Kemudian berkembang menjadi Rumah Sakit Polisi (Rumkitpol) ABRI Tingkat IV pada 1970, setelah itu berkembang lagi menjadi Rumah Sakit Sartika Asih Tingkat III pada 22 Juli 1989. Kemudian terakhir mengalami peningkatan status pada Agustus 2001 menjadi Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung Tingkat II hingga sekarang.