Administrasi Bisnis (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Bisnis (S2) by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 73
Results Per Page
Sort Options
Item Hubungan Kualitas Sumber Daya Manusia dengan Kinerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung(2012-10-17) IRFAN IBRAHIM SOFAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Lembaga Pemasyarakatan Banceuy sebagai bagian dari sistem muara peradilan yang bertujuan untuk memasyarakatkan kembali seorang narapidana, memiliki kewajiban untuk melalukan pembinaan dan pengayoman terhadap para narapidana. Selama ini harapan masyarakat mengenai adanya peningkatan pembinaan dan bimbingan bagi warga binaan Lapas masih belum dapat tercapai, hal ini dikarenakan masih rendahnya kualitas SDM yang mempengaruhi kinerja petugas Lapas dalam melakukan pembinaan dan bimbingan terhadap para narapidana. Beberapa permasalahan klasik seperti adanya penemuan pihak kepolisian terhadap sindikat peredaran narkoba (sabu-sabu) dari dalam Lapas dan adanya narapidana yang melarikan diri masih ditemukan di Lapas Banceuy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan Menganalisis Sejauhmana Kualitas Sumber Daya Manusia di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung; Mengetahui dan Menganalisis Sejauhmana Kinerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung; Mengetahui dan Menganalisis Sejauhmana Hubungan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung. Adaun teori yang digunakan adalah teori kualitas sumber daya manusia yang terdiri dari aspek fisik dan non fisik, dan teori kinerja pegawai yang terdiri dari quality of work, prompnes, initiative, capability, dan communication. Sedangkan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung. Hubungan antara sumber daya manusia dan kinerja pegawai menunjukkan derajat keeratan yang sangat erat. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh sumber daya yang bersifat fisik dan non fisik.Item IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD NEGERI COBLONG 2 DAN SD NEGERI COBLONG 3 KOTA BANDUNG(2012-10-19) YESI KEMALASARI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Di beberapa negara maju pembangunan manusia menjadi salah satu skala prioritas sebab dengan adanya pembangunan manusia akan muncul orang-orang yang memiliki kemampuan dalam membangun daerah serta negara. Salah satu isu reformasi pendidikan yang penting dewasa ini adalah desentralisasi pengelolaan pendidikan, kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan bentuk alternatif yang dipilih dalam pelaksanaan kebijakan desentralisasi pendidikan. Dipilihnya kebijakan MBS karena model ini diyakini akan mempermudah pencapaian tujuan pendidikan. Program MBS bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan, keluwesan dan sumberdaya untuk meningkatkan mutu kinerja sekolah dan pendidikan terutama meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah yang berlangsung di SD Negeri Gugus 13 Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari Edward III, yang terdiri dari empat faktor yaitu faktor komunikasi, sumber daya, sikap, dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, informan dalam penelitian ini adalah: Pejabat Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kepala Sekolah Dasar Negeri Coblong 2 dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Coblong 3 Kota Bandung, Guru SD Negeri Coblong 2 dan Coblong 3 kota Bandung, Pengawas Sekolah Kecamatan Coblong, Komite Sekolah SDN Coblong 2 dan SDN Coblong 3, serta orang tua siswa. Implementasi kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dilihat dari empat faktor yaitu faktor komunikasi, sumber daya, sikap, dan struktur birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa komunikasi yang dibangun masih bersifat terbatas; dari sisi sumber daya bahwa sudah tersedia sumber daya manusia yang memadai secara kualitas, sarana dan prasarana yang tersedia juga sudah memadai; dari segi sikap seluruh jajaran di SDN Coblong 2 dan 3 sangat mendukung terhadap diterapkannya kebijakan MBS; terkait struktur birokrasi di tingkat satuan pendidikan seluruh aktor seperti Kepala Sekolah dan Dewan Guru dan sudah berjalan dengan baik dan tidak ada struktur birokrasi yang memberatkan. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Manajemen Berbasis Sekolah, Pendidikan. ABSTRACT In some developed countries human development becomes one of the priorities because the presence of human development would emerge the people who have the ability to build the region and state. One of the important issues of education reform today is the decentralization of education management, policy of the School Based Management (MBS) is an alternative form chosen in the implementation of educational decentralization policy. MBS policy chosen for this model is believed to facilitate the achievement of educational goals. MBS program aims to empower schools through the granting authority, flexibility and resources to improve the performance of schools and education, especially improving student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the factors that influence the successful of school based management policy implementation that took place at 13Cluster of Elementary School at Coblng District, the city of Bandung. Theory used in this study is the theory of implementation of the policy of Edward III, which consists of four factors: communication factors, resources, disposition, and bureaucratic structures. The method used is a qualitative method withdescriptive analysis approach, informants in this study were: Bandung City Education Department officials, the Head of Public Elementary School Coblong 2and Public Elementary School Coblong 3, Elementary School Teachers, School District Supervisor at Coblong District, the School Committee at Public Elementary School 2 and 3 Coblong District, as well as parents. Implementation of School-Based Management policy viewed of four factors: communication factors, resources, disposition, and bureaucratic structures. Based on the result showed that the communication is built is still limited, in terms of available resources that have adequate human resources in quality, facilities and infrastructure that are also sufficient; in terms of the disposition,the whole range of SDN Coblong 2 and 3 are very support for MBS policy implementation; related structures at the level of the education bureaucracy around the actors as the Principal and Teachers Council and has been running well and no burdensome bureaucratic structures. Keyword: Policy Implementation, School-Based Management,Education.Item PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP EFEKTIVITAS TARGET PENJUALAN TAS PADA CV IDOLA INDONESIA BANDUNG(2012-10-22) DEDE HIDAYAT; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenKota Bandung sebagai suatu kota yang menawarkan berbagai produk rumahan (home industry) dan produk kreatif lainnya. Salah satu produk andalan dari Kota Bandung adalah tas. CV Idola Indonesia sebagai salah satu industri memfokuskan usahanya pada tas yang beraneka ragam jenisnya. Namun, permasalahan yang muncul adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan ini belum memenuhi optimalisasi target. Hal ini mengakibatkan penjualan tas yang diproduksi oleh CV Idola Indonesia tidak mencapai target yang ditentukan. Kondisi ini perlu segera diatasi karena penjualan bagi CV Idola Indonesia merupakan andalan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Peneliti berasumsi bahwa kondisi ini memberikan dampak terhadap inefektivitas kerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengukur besarnya pengaruh strategi promosi terhadap efektivitas target penjualan tas pada CV Idola Indonesia Bandung.Untuk melihat korelasi antara variabel-variabel yang diobervasi, Peneliti menggunakan perhitungan statistik, yaitu analisis korelasi dan regresi. Peneliti menggunakan desain deskriptif analitik korelasional untuk memperlihatkan sejauhmana hubungan dan pengaruh antara strategi promosi yang dipraktekkan oleh CV Idola Indonesia Bandung dengan efektivitas target penjualan tas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap efektivitas target penjualan tas pada CV Idola Indonesia Bandung. Hubunganantarastrategi promosi dengan efektivitas target penjualan tas pada CV Idola Indonesia Bandung menunjukkan derajat keeratan yang sangat kuat.Item BAURAN PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA WARGA MUHAMMADIYAH KOTA BANDUNG)(2013-07-01) DEDDY SUPRIYADI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRACT The development of Islamic financial system in Indonesia began with the birth of Indonesia`s first Islamic Bank named Bank Muamalat Indonesia on November 3, 1991. Seeing the potential and the enormous public interest against the Islamic banking has made Bank Indonesia optimistic about the development of Islamic banking. But in fact the growth of Islamic banks are not as expected according to the economic statistics of Bank Indonesia, the Islamic banking market share in the new city itself holds about less than 3%. This fact is inversely proportional to the potential Bandung Muslim majority. How did the largest Islamic organizations such as NU, Muhammadiyah, etc. Exactly., The use of Islamic banking? The aims of the research are to analyze the marketing mix of Islamic banking products in Muhammadiyah members of Bandung city. The research method used in this study is a qualitative method. Marketing mix product at Muhammadiyah Islamic banking in the review by using the theory of marketing management Philip Kotler. In selling, delivering and distributing products to the people of Islamic banking can not be submitted in partial but should incorporate some elements of the marketing or known by the marketing mix, marketing mix consists of product, price, promotion, place, people, physical evidence and process. The seventh element is able to provide information to management for decision-making process in selling the product to the customer. The data was collected by conducting in-depth interviews with informants who have been determined using purporsive sample and data collection from various sources to answer research questions. For the validity of data used triangulation of data sources. The results of the research showed that the marketing mix of Islamic banking product in Muhammadiyah members of Bandung city has not applied to its fullest and touched the city of Bandung for the use of Muhammadiyah Islamic banking products. Islamic banking in practice only sell products without promotion impact on the system of interest at convensional bank when compared to Islamic banking using the sharing system. Islamic banking has not succeeded in convincing and emotionally to change the mind set Muhammadiyah member to use the Islamic banking products. In the early stages of Islamic banking should be able to change the mind set of the Muslim community regarding the system of interest into revenue-sharing system. ABSTRAK Perkembangan system ekonomi syariah di Indonesia dimulai dengan lahirnya Bank Islam Indonesia yang pertama yang diberi nama Bank Muamalat Indonesia pada tanggal 3 November 1991. Melihat potensi dan animo masyarakat yang begitu besar terhadap perbankan syariah telah membuat Bank Indonesia optimis akan perkembangan perbankan syariah. Namun faktanya pertumbuhan bank syariah tidak sesuai harapan menurut data statistik ekonomi keuangan Bank Indonesia, pangsa pasar perbankan syariah di kota Bandung sendiri baru menguasai sekitar kurang dari 3%. Fakta ini berbanding terbalik dengan potensi kota Bandung yang mayoritas beragama Islam. Bagaimana pula dengan ormasormas Islam terbesar seperti NU, Muhammdiyah, Persis dll., dalam menggunakan perbankan syariah? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai bauran pemasaran produk perbankan syariah pada warga Muhammadiyah kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Bauran pemasaran produk perbankan syariah pada warga Muhammadiyah di kaji dengan menggunakan teori manajemen pemasaran dari Philip Kotler. Dalam menjual, menyampaikan dan mendistribusikan produk perbankan syariah kepada masyarakat tidak bisa disampaikan secara parsial tapi harus menggabungkan beberapa elemen pemasaran atau yang dikenal dengan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, physical evidence dan process. Ke tujuh elemen tersebut dapat memberikan informasi pada management untuk proses pengambilan keputusan dalam menjual produk pada konsumenya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan yang telah ditentukan dengan menggunakan purporsive sample serta pengumpulan data-data dari berbagai sumber guna menjawab pertanyaan penelitian. Untuk validitas data digunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran produk perbankan syariah pada warga Muhammadiyah di kota Bandung belum di terapkan secara maksimal dan menyentuh warga Muhammadiyah kota Bandung untuk menggunakan produk perbankan syariah. Perbankan syariah pada prakteknya hanya menjual produk tanpa mensosialiasikan dampak sistem bunga pada bank konvensional bila dibandingkan dengan sistem bagi hasil. Perbankan syariah belum berhasil secara emosional meyakinkan dan merubah mind set warga Muhammadiyah untuk menggunakan produk perbankan syariah. Pada tahap awal seharusnya perbankan syariah dapat merubah mind set masyarakat muslim perihal sistem bunga menjadi sistem bagi hasil.Item ANALISIS GAP UNTUK STRATEGI PENERAPAN TARIF LISTRIK REGIONAL (STUDI KASUS WILAYAH REGIONAL JAWA BARAT DAN BANTEN)(2013-07-27) NOVIA HAFNIDAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dalam studi ini penulis melakukan analisis terhadap kesenjangan (gap) antar kabupaten dan kota di wilayah Jabar dan Banten yang dapat dilihat dari kondisi ekonomi, ketersediaan sumber energi primer serta infrastruktur kelistrikan yang ada. Analisis terhadap kesenjangan (gap) antar daerah tersebut akan berguna untuk menentukan strategi penerapan Tarif Listrik Regional di wilayah Jabar dan Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif. Berdasarkan tujuan penelitian maka penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif yang bersifat developmental, yaitu jenis penelitian untuk menemukan suatu model atau prototype, dan bisa digunakan untuk segala jenis bidang. Jumlah narasumber adalah 7 (tujuh) orang para pakar kelistrikan dan ekonomi energi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hasil pengumpulan data sekunder dan wawancara dianalisis dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) atau Proses Hirarki Analitik untuk menentukan urutan prioritas daerah di wilayah Jabar dan Banten yang telah siap untuk menerapkan tarif listrik regional. Untuk memudahkan pengelompokan wilayah pelaksana tarif listrik regional, penulis menetapkan kota Batam sebagai wilayah yang telah berhasil menerapkan tarif listrik regional sejak 2001, yang dijadikan benchmark wilayah pelaksana kebijakan tarif listrik regional di Jabar dan Banten. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kota Cilegon, Kota Bandung dan Kabupaten Bekasi merupakan wilayah yang paling siap/sangat direkomendasikan untuk menerapkan tarif listrik regional. Skor ketiga wilayah tersebut berada di atas skor dari Kota Batam sebagai standar. Adapun Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Serang, Kabupaten Bandung dan Kota Bogor termasuk kedalam wilayah yang masih direkomendasikan karena skor daerah-daerah tersebut lebih kecil dibandingkan skor Kota Batam, namun masih lebih tinggi dari rata-rata skor keseluruhan daerah. Sedangkan kota dan kabupaten lainnya termasuk dalam kategori tidak direkomendasikan untuk melaksanakan tarif listrik regional dimana skor yang diperoleh lebih kecil dibandingkan skor dari Kota Batam dan juga dibawah rata-rata skor keseluruhan daerah. Pada daerah ini, listrik tetap pada fungsi dasarnya yaitu infrastruktur yang menjadi kewajiban pemerintah untuk menyediakannya. Kata kunci : gap, AHP, tarif, regional, segmentasiItem Pengaruh Faktor Komunikasi Terhadap Efektivitas Sosialisasi Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II(2013-08-27) SETO TJAHYONO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Kebutuhan perumahan khususnya para pekerja setiap tahun terus bertambah sejalan dengan meningkatnya penghasilan dan daya beli pekerja. Disatu sisi, target penyaluran Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) setiap tahun tidak tercapai baik di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II maupun dikantor Wilayah IV . Jamsostek (Persero) Jabar- Banten. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat teori tentang pengaruh faktor komunikasi karyawan terhadap efektivitas sosialisasi PUMP PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II. Hal ini dilatari oleh rendahnya realisasi pencapaian target Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) dari tahun 2009 sampai dengan 2011 di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II. Kemampuan berkomunikasi seorang Account Officer (AO) PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II yang bertugas sebagai ujung tombak pemasaran khususnya pemasaran PUMP menjadi sangat penting agar pemasaran PUMP dapat efektif. Sehingga target pemasaran PUMP PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II setiap tahunnya dapat tercapai. Pada dasarnya program PUMP adalah untuk membantu tenaga kerja peserta program Jamsostek dalam rangka pemilikan rumah melalui KPR perbankan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif explanatory research untuk menguji hipotesis yang disusun menggunakan path analisys atau analis jalur dalam kerangka permodelan persamaan struktur sebagai unit analisisnya. Metode ini untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan melalui pengelolaan dan pengujian data secara statistik. Berdasarkan analisis secara simultan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi pegawai PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II terhadap efektivitas pemasaran PUMP dengan total pengaruh sebesar 0,966 atau 96,6%, sedangkan pengaruh dari variabel lain yang tidak di amati sebesar 0,34 atau 3,4 %. Namun analisis secara parsial menyimpulkan bahwa subvariabel penerima (Reciver ) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pemasaran PUMP di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bandung II. Kata Kunci : Komunikasi, Efektivitas, PUMP ABSTRACT The need of housing, particularly for workers, is steadily increasing year by year along with the increases in the workers’ income and purchasing power. On the other hand, the target of distributing Housing Down Payment Loans (PUMP) has not been reached annually at PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office and at Jabar-Banten Jamsostek (Persero) Region IV Office. The purpose of this research was to confirm the theory on the influence of employee communicational factor on the effectiveness of PUMP socialization of PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office. Its background was the low realization of targeted PUMP achievement from 2009 to 2011 at PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office. The communicational competence of an Account Officer (AO) at PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office who served as a marketing spearhead, especially PUMP socialization, became crucial for a PUMP marketing to be effective. Therefore, the targeted PUMP marketing of PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office could be achieved annually. Basically, a PUMP program is intended to help the Jamsostek program participants in relation to house proprietorship through a banking KPR (Public Housing Loan). This research used a quantitative method to test the proposed hypotheses by using a path analysis in a framework of structure equation modeling as its analytical unit. Based on the analysis simultaneously, it could be concluded that there was a significant influence of the communication of employees at PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office on the effectiveness of PUMP marketing by a total of 0.966 or 96.6%, the remaining 0.34 or 3.4% being influenced by other variables unobserved. However, an analysis partially concluded that the Sub-variable of Receiver has an insignificant influence on the effectiveness of PUMP marketing at PT. Jamsostek (Persero) Bandung II Branch Office. Keywords: Communication, Effectiveness, PUMPItem PENGARUH STRATEGI PEMASARAN AHA MODEM DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS PENJUALAN PADA GERAI ESIA TASIKMALAYA(2014-02-06) ACEP HILMAN; Dedi Rosadi; Judistira K. GarnaPenelitian ini berlatar belakang belum tercapainya target penjualan modem di Gerai Esia Tasikmalaya, mungkin belum efektifnya penjualan Aha Modem di Gerai Esia Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ekplanatory research. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan studi pustaka. Populasi penelitian ini adalah responden penelitian ini sebanyak 40 orang pada divisi Small Medium Enterprises (SME) Gerai Esia Tasikmalaya tidak termasuk Manajer Area. Analisis data menggunakan analisis regresi linier, regresi multipel dan path analisis, dimana teknis analisis ini digunakan untuk mengetahui besar pengaruh strategi pemasaran Aha Modem dalam rangka mencapai efektivitas penjualan pada Gerai Esia Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa besar pengaruh environment terhadap efektivitas penjualan diperoleh nilai sebesar 24.73%, pengaruh values terhadap efektivitas penjualan diperoleh nilai sebesar 23.09% dan pengaruh resources terhadap efektivitas penjualan diperoleh nilai sebesar 18.06%. Secara simultan efektivitas penjualan Aha Modem pada Gerai Esia Tasikmalaya ditentukan oleh strategi pemasaran sebesar 65.87% sedangkan sisanya yaitu sebesar 34.13% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Item STRATEGI PEMASARAN PRODUK COKLAT ISI DODOL GARUT(2014-04-15) CECEP SAFAATUL B; Sinta Ningrum; Sam'un Jaja RaharjaPenelitian ini bertujuan untuk membuat suatu formulasi strategi pemasaran produk merek Chocodot yang dikeluarkan oleh PT. Tama Coklat Indonesia dan produk merek Choco.Dol yang dikeluarkan oleh PT. Herlinah Cipta Pratama Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui: wawancara, observasi partisipan dan non-partisipan, serta dengan triangulasi metode yaitu dengan melakukan survey kepada beberapa responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang diolah ke dalam IE matrix sehingga menghasilkan turunan strategi bersaing dan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang relevan untuk dilakukan bagi produk Chocodot terdiri dari: membidik kelompok pasar remaja yang belum dikelola secara simultan, melakukan penyeragaman harga jual standar, konsistensi dalam menambah situasi penggunaan produk, memperbaiki kualitas rasa, mengurangi frekuensi tingkat penggantian produk, memperluas distribusi, perluasan lini produk, penguatan positioning sebagai Indonesian Chocolate, diferensiasi, mempertahankan kepuasan pelanggan, relationship marketing dan pengelolaan produk komplementer. Sementara strategi pemasaran untuk produk merek Choco.Dol diarahkan untuk mengkomunikasikan keunggulan produk secara terintegrasi, perluasan distribusi mengikuti pola distribusi dodol PICNIC, memperluas distribusi dengan membayang-bayangi distribusi Chocodot, tidak melakukan perluasan lini produk baru untuk kategori coklat dodol, melakukan branding di toko oleh-oleh, menutup akses masuk produk Chocodot di toko oleh-oleh yang dimiliki sebagai SBU PT. Herlinah Cipta Pratama, mempertahankan kepuasan pelanggan, serta membuka diri untuk melakukan publisitas di berbagai media massa.Item PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN CARE SYSTEM DI PT. ASURANSI TRI PAKARTA BANDUNG(2014-04-21) ZAINUL ARIFIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis temuan dilapangan berkaitan dengan Penelitian ini untuk mengkaji bagaimana upaya untuk meningkatkan jumlah produksi premi melalui penerapan program sistem informasi manajemen �Care System� di PT. Asuransi Tripakarta Bandung. Dipilihnya sistem informasi manajemen sebagai tema dalam penelitian ini, karena peneliti menyadari betapa pentingnya sistem informasi manajemen dalam menjalankan aktivitas organisasi perusahaan PT. Asuransi Tripakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam mengenai persepsi pihak terkait mengenai kebijakan tersebut. Data sekunder yang dikumpulkan berupa kronologi kebijakan, peraturan perundangan dan berita mengenai tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Belum optimalnya sistem informasi manajemen di PT. Asuransi Tripakarta khususnya berkaitan dengan pengaplikasian program care sistem lebih dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia yang ada dari sisi jumlahnya, penguasaan terhadap teknologi informasi yang ada dalam program care sistem dan konsistensi pelaksanaan pekerjaan terhadap standard oprational procedur (SOP) yang ada. Kata Kunci : PT. Asuransi Tripakarta, Sistem Informasi ManajemenItem PELAYANAN PEGAWAI UNIT KREDIT PRODUKTIF BNI SENTRA KREDIT KECIL PRIANGAN(2014-05-08) YUSTINA SUSY SEPTIANTI; R. Anang Muftiadi; A. Djadja SaefullahPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mempelajari pelayanan yang dilakukan oleh pegawai Bank BNI Sentra Kredit Kecil Priangan pasca retrukturisasi organisasi unit kredit di BNI. Pelayanan yang dilakukan oleh pegawai unit kredit produktif BNI Sentra Kredit Kecil Priangan meliputi tangible (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Istilah restrukturisasi organisasi atau penataan ulang struktur organisasi sering disebut sebagai bagian dari transformasi organisasi atau perubahan organisasi maupun perkembangan organisasi. Restrukturisasi organisasi dilakukan menyeluruh di BNI dengan tujuan mengatasi persaingan yang semakin tajam di dunia jasa perbankan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui angket dan wawancara mendalam mengenai persepsi pihak terkait mengenai kebijakan tersebut. Data sekunder yang dikumpulkan berupa kronologi kebijakan, peraturan dan berita mengenai tema penelitian. Pasca restrukturisasi organisasi unit kredit, pelayanan pegawai mengalami perubahan sistem dan pola pelayanan. Ditemukan kesulitan dalam pelayanan karena pegawai unit kredit harus melakukan sinergi dan koordinasi dengan unit/kantor cabang pelayanan non kredit sehingga pegawai unit kredit berupaya lebih keras melayani debitur.Item PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA KULIAH DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GALUH CIAMIS(2014-09-06) PURNAMA SARI; R. Anang Muftiadi; Sinta NingrumTesis ini menguji pengaruh kelima komponen bauran promosi yang terdiri dari periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan dan direct marketing yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di lembaga tersebut. Hal tersebut di awali dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis dalam kurun waktu lima tahun terakhir setelah lembaga tersebut menerapkan kelima komponen bauran promosi sebagai strategi jitu dalam melakukan proses perekrutan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, yang merupakan metode pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli melalui pertanyaan lisan dan tertulis. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian dengan pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis yang yang masih aktif dan berjumlah sebanyak 1.203 orang mahasiswa. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik cluster samplingdihasilkan sebanyak 100 orang mahasiswa yang dijadikan responden dalam pengumpulan data terkait penelitian ini. Pengujian yang dilakukan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji t menunjukan bahwa dari kelima komponen bauran promosi hanya tiga variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan (Y), variabel tersebut adalah periklanan (X1), publisitas (X3) dan direct marketing (X5). Sedangkan dari kelima komponen bauran promosi, periklanan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa kuliah di Ekonomi Universitas Galuh Ciamis dibandingkan dengan komponen-komponen bauran promosi yang lain.Item Pengaruh Diferensiasi Produk Kuliner terhadap Brand Awareness Pada Konsumen di Kota Bandung(2015-01-21) ATIKA SARI; R. Anang Muftiadi; R. Anang MuftiadiABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh diferensiasi produk terhadap brand awareness pada konsumen. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas diferensiasi produk (bentuk, keistimewaan, mutu kesesuaian dan gaya) dan variabel terikat adalah brand awareness. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman secara accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Skala Likert untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap diferensiasi produk Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang, Mie Reman dan kemudian skala tersebut ditransformasikan ke skala interval menggunakan metode succesive interval. Untuk menguji apakah ada pengaruh antara diferensiasi produk (bentuk, keistimewaan, mutu kesesuaian dan gaya) terhadap brand awareness digunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa diferensiasi produk secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness konsumen Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman sebesar 24,80% dan 75,20% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial variabel bentuk mempunyai kontribusi sebesar 1,26%, keistimewaan mempunyai kontribusi sebesar 3,20% dan gaya mempunyai kontribusi sebesar 3,13% sehingga ketiga variabel ini tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand awareness sedangkan variabel mutu kesesuaian mempunyai kontribusi sebesar 17,33% sehingga mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand awareness. Kata Kunci : Difrensiasi Produk dan Brand Awareness ABSTRACT The research was conducted aming to find out how much influence of culinary product diferentiation to brand awareness for consumer in the city of Bandung. Research method being used is descriptive and verifivative method with independent vaariable is product differentiation (shape, features, quality of conformity and style) and dependent variable is brand awareness. The collection of primary data was conducted by distributing questionnaire to the customers Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman by accidental sampling method with the number of respondents are 100 samples. Examination conducted using likert scale to know the response of consumers on the product Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman and then the scale will be transform to interval scale using succesive interval method. Regression analysis linear are used to examine that Product Differentiation (Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman) has an influence to build Brand Awareness. From result of this research known that differentiation products simultaneously have significant influence on the brand Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman by mark of 24.80 % and 75,20 % influenced by other factors. In partial shape variable have contribution 1.26 % , the features have the contribution of 3,20 % and style have the contribution of 3,13 % so that third of the variable not have significant influence on the brand awareness while the variable quality of conformity have the contribution of 17,33 % that have significant influence on the brand awareness. Keywords : Differentiation Product and Brand AwarenessItem Peranan Modal Sosial dalam Menciptakan Peluang Bisnis (Studi pada Unit Bisnis Yayasan Percikan Iman)(2015-04-16) ADE IRVI NURUL HUSNA; Ria Arifianti; R. Anang MuftiadiSejumlah yayasan mendirikan unit bisnis melalui peluang-peluang bisnis yang tercipta dari lingkungan internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan modal sosial dalam menciptakan peluang bisnis. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggali informasi dari narasumber dan informan melalui wawancara semi terstruktur diantaranya kepada pengelola kegiatan kajian, pengelola bisnis, dan peserta kajian Yayasan Percikan Iman untuk mengetahui lebih dalam situasi dan kondisi terkait modal sosial dan peluang bisnis. Hasil menunjukkan bahwa modal sosial pada peserta kajian berperan dalam menciptakan peluang bisnis pada unit bisnis yayasan. Modal sosial terbentuk dari dimensi yang dominan muncul yaitu relasional dan kognitif. Peluang bisnis tercipta dari unsur yang dominan muncul yaitu potensi. Diperoleh kesimpulan bahwa modal sosial berupa kepercayaan, harapan dan pemahaman pada peserta kajian berperan dalam menciptakan peluang bisnis pada unit bisnis yayasan, yang ditunjukkan dengan potensi pasar, keuntungan finansial, dan ide bisnis. Peluang bisnis yang sudah terwujud menjadi unit bisnis dapat membentuk modal sosial baru atau memperkuat modal sosial sebelumnya.Item Pengaruh Bauran Promosi Program off Air English Service Program di RRI PRO 2 FM Bandung terhadap Loyalitas Pendengarnya(2015-08-27) INDRA DERMAWAN; Sam'un Jaja Raharja; Sam'un Jaja RaharjaPenelitian ini bertujuan untuk mengeahui bagaimana pengaruh bauran promosi program off air English Service Program (ESP) di RRI Pro 2 FM Bandung terhadap loyalitas pengengarnya, untuk dapat mengkomunikasikan jasanya kepada pendengar Program Off Air English Service Program (ESP) di RRI Pro 2 FM Bandung melakukan kegiatan bauran promosi. Menurut Kotler & Armstrong (2008:166) bauran promosi disebut juga bauran komunikasi pemasaran (Marketing Communication Mix) dimana dengan bauran promosi perusahaan dapat mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan dengan pelanggan. Penulis menggunakan teori dari Kotler (2009:175) mengenai bauran promosi (Marketing Communication Mix) yang terdiri dari delapan alat bauran pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulit ke mulut, penjualan personal. Untuk variabel loyalitas sebagai variabel Y penulis menggunakan teori dari Grifin (2002:31), bahwa loyalitas pendengar itu terdiri dari empat karakter yakni: 1. Melakukan pembelian secara teratur (makes reguler repeat purchases) 2. Melakukan pembelian di semua lini produk atau jasa (purchases across product and service line) 3. Merekomendasikan produk lain (refers other) 4. Menunjukan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing (demonstrates on immunity to the full of the competition). Grifin (2002:31). Hasil dari analisis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis SEM (Structure Equation Models) dan didapatkan hasil bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pendenganya dengan besar pengaruh sebesar 61,9%, sedangkan sisanya sebesar 38,1% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti.Item PENGARUH EXPERIENTIAL VALUE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTHPADA KOMUNITAS VIRTUAL KASKUS TERHADAPE-LOYALTYPELANGGAN (Survei pada pengguna Kaskus)(2015-10-15) RANI SUKMADEWI; Ria Arifianti; Ria ArifiantiPengalaman berbelanja online menjadi salah satu gaya hidup saat ini mendorong munculnya komunikasi antar anggota yang berbagi informasi pengalaman mereka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas anggota Kaskus.Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai 1)Bagaimana pelaksanaan experiential value pada komunitas virtual Kaskus?2) Bagaimana pelaksanaan electronic word of mouth pada komunitas virtual Kaskus?3) Bagaimana e-loyalty pada komunitas virtual Kaskus? 4) Apakah terdapat hubungan antara experiential value dan electronic word of mouth dengan e-loyalty pada komunitas virtual Kaskus dan seberapa besar pengaruhnya? Penulis menggunakan metode penelitin deskriptive survey dan eksplanatory survey untuk menyelesaikan keempat masalah di atas.Metode tersebut digunakan untuk memberikan deskripsi mengenai pelaksanaanexperiential value, electronic word of mouth, dan e-loyalty serta untuk mengukur terdapat atau tidaknya pengaruh experiential value dan electronic word of mouth terhadap e-loyalty Kaskus.Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada anggota Kaskus yang berjumlah 235 orang. Jawaban responden kemudian dianalisis dengan proses permodelan persamaan struktural dengan lima tahapan yaitu spesifikasi model, identifikasi model, model estimasi,evaluasi model, dan respesifikasi model.Uji validitas dan reabilitas terhadap setiap indikator masing-masing variabel menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan experiential value berjalan cukup baik dengan akumulasi jawaban responden 45,55% pengguna Kaskussetuju dengan pelaksanaan expereiential value pada Kaskus.Untuk dimensi electronic word of mouth juga cukup baik, jawaban responden yang menunjukkan 42,91% pengguna Kaskussetuju dengan pelaksanaan electronic word of mouth. Selanjutnya, e-loyalty pada Kaskus dinilai cukup baik, dengan akumulasi jawaban responden yang menunjukkan 46,12% responden setuju memiliki loyalitas terhadap Kaskus. Construct eksogen experiential value adalah signifikan berpengaruh terhadap electronic word of mouth, hal ini disebabkan nilai faktor loading gamma untuk X secara sebesar dari 0,321. Kemudian untuk construct eksogen electronic word of mouth adalah signifikan berpengaruh terhadap e-loyalty, hal ini disebabkan nilai faktor loading beta untuk Y secara sebesar dari 2, sedangkan hubungan experiential value dengan e-loyalty adalah bernilai negatif sebesar -0.448.Dari model struktural pertama diketahui pengaruh experiential value terhadap electronic word of mouth dimana dari nilai besar koefisien R kuadrat sebesar 0,673, ini menunjukan bahwa perubahan-perubahan yang terjadi pada electronic word of mouth dapat diterangkan atau dijelaskan oleh experiential value sebesar 67,3 persen. Selanjutnya pada model struktural kedua dapat diketahui pengaruh experiential value dan electronic word of mouth terhadap e-loyalty dimana dari nilai besar koefisien R kuadrat sebesar 0,761, ini menunjukan bahwa perubahan-perubahan yang terjadi pada e-loyalty dapat diterangkan atau dijelaskan oleh experiential value dan electronic word of mouth secara bersama (simultan) sebesar 76,1 persen Dalam prakteknya, Kaskus sebaiknya lebih memperhatikan keterlibatan anggota dalam melakukan perubahan terhadap websitenya. Saran dan pendapat anggota dalam situs jual beli yang berbasis komunitas virtual membuat anggota memiliki ikatan yang lebih erat dengan perusahaan. Sehingga pengalaman positif yang mereka dapatkan bisa memacu beredarnya aliran informasi dari percakapan antar anggota yang juga positif sehingga menghasilkan loyalitas.Item Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (IMC) dan Citra Merk (Brand Image) terhadap pengambilan keputusan pembelian Telkomsel Flash oleh Konsumen Regional Bandung(2015-11-02) MOCHAMAD ERDI YANUARDI; Suryanto; Asep KartiwaPerkembangan teknologi khususnya di dalam dunia internet berkembang dengan pesat. Pada saat ini konten-konten di dalam website semakin user-generated, dimana setiap orang dapat lebih mudah untuk berinteraksi antara satu dan lainnya. Hal tersebut menjadikan internet sebagai salah satu media untuk berkomunikasi dan sebagai media untuk pencarian informasi teraktual. Perkembangan yang terjadi di dalam internet membuat para penyedia jasa internet menjadi semakin berkembang dan menawarkan konten-konten yang menarik untuk dijadikan pilihan oleh para konsumen. Evolusi dari internet telah melahirkan pengguna tidak hanya mendapatkan informasi, namun juga menciptakan informasi. Hal ini dikarenakan melalui internet, komunikasi yang terjadi bersifat dua arah dibandingkan dengan cara komunikasi yang biasa terjadi selama ini digunakan di dalam komunikasi pemasaran secara tradisional. Munculnya keberadaan beberapa brand dan kemiripan jenis produk antara industri yang sejenis menjadikan pertanyaan bagi Telkomsel Flash terhadap pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen yang dilakukan konsumen. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis studi mengenai pengaruh bauran komunikasi pemasaran terintegrasi dan citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen produk Telkomsel Flash. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari bauran komunikasi pemasaran terintegrasi dan citra merek dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen konsumen. Variabel penelitian terdiri atas bauran komunikasi pemasaran terintegrasi, citra merek dan pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan objek penelitian utama adalah konsumen Telkomsel Flash di Kota Bandung. Data diperoleh melalui kuisioner, wawancara, dan observasi lapangan. Pengujian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 110 responden, setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dan uji t parsial dengan menggunakan SPSS 20. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Dari hasil peneilitian ini terdapat adanya pengaruh bauran komunikasi pemasaran terintegrasi dan citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen yang signifikan dan berpengaruh positif secara simultan maupun parsial pada Telkomsel Flash. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terintegrasi, Citra merek, Pengambilan Keputusan Pembelian KonsumenItem PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI UPT TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS PADJADJARAN (Studi Tentang Insentif Tunjangan Kinerja)(2015-11-18) MOHAMMAD ISHAK QADARSYAH; Dedi Rosadi; R. Ira IrawatiPenelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai di UPT Teknologi Informasi Universitas Padjadjaran. Adapun yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah Motivasi yang dapat diukur oleh Prestasi Kerja (Achievement), Pengembangan Diri (Advancement), Pekerjaan itu sendiri (Work it self), Pengakuan (recognition), Kebijakan Organisasi (Policy), Hubungan dengan Rekan Kerja (Peer), Keamanan (Security), Hubungan dengan Atasan (Supervisor), Gaji (Salary/Incentive), dan variabel terikat Kinerja Pegawai. Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai digunakan metode kuantitatif. Adapun ukuran sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 responden dari total 51 pegawai di UPT Teknologi Informasi Universitas Padjadjaran, dan tehnik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara menyebarkan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan uji Validitas dan Reliabilitas, analisis faktor dan analisis regresi berganda serta Uji Hipotesis secara parsial dan simultan dengan menggunakan Uji t dan Uji - F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi Kerja (Achievement), Pengembangan Diri (Advancement), Pekerjaan itu sendiri (Work it self), Pengakuan (Recognition), Kebijakan Organisasi (Policy), Hubungan dengan Rekan Kerja (Peer), Keamanan (Security), Hubungan dengan Atasan (Supervisor), Gaji (Salary/Incentive) secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai di UPT Teknologi Universitas Padjadjaran, dan besarnya pengaruh sebesar 44,9 %. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa yang mempengaruhi Kinerja Pegawai di UPT Teknologi Informasi Universitas Padjadjaran adalah Gaji (Salary/Incentive) sebesar 43,09 %, dan Hubungan dengan Atasan (Supervisor) sebesar 33,99 %, sedangkan Prestasi Kerja (Achievement), Pengembangan Diri (Advancement), Pekerjaan itu sendiri (Work it self), Hubungan dengan Rekan Kerja (Peer), Keamanan (Security) secara parsial tidak berpengaruh.Item PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TWIN PLAZA HOTEL JAKARTA(2016-01-08) TB IWAN RIDWAN; Erna Maulina; Erna MaulinaABSTRAK Usaha perhotelan merupakan salah satu kelompok bisnis dalam bidang jasa (service) telah memberikan kontribusi yang besar dalam memperkuat struktur perekonomian nasional. Seiring dengan pertumbuhan bisnis perhotelan yang pesat dan bertambah banyaknya jumlah hotel yang ada di DKI Jakarta berimplikasi pada persaingan bisnis perhotelan yang semakin kompetitif, baik dari segi fasilitas, layanan dan harga atau tarif hotel itu sendiri. Adanya penurunan pendapatan atau penurunan jumlah pengunjung hotel dan tidak tercapainya target pendapatan, banyaknya keluhan, complain dan komentar pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel serta masih rendahnya tingkat hunian Twin Plaza Hotel Jakarta dibandingkan dengan hotel pesaing yang ada disekitarnya, menjadi alasan mengapa penelitian ini layak untuk dilakukan. Kemudian fenomena tersebut dijadikan rumusan masalah penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dankualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Twin Plaza Hotel Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya yaitu penelitian survey yang bersifat deskriptif eksplanatoris. Teknik analisis data yang digunakan adalah Struktural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial promosi dankualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan paling besar ditentukan oleh dimensi periklanan (adevertising), sedangkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan paling besar ditentukan oleh dimensi buktifisik (tangibles).Item ANALISIS BAURAN PEMASARAN LAYANAN SMART BUILDING PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK(2016-02-02) DINI ANGGRADIANI SUKARNA; Suryanto; SuryantoDua dekade ini industri telekomunikasi di Indonesia mengalami perkembangan yang ditandai dengan layanan komunikasi data dan internet yang tidak hanya dapat digunakan sebagai media komunikasi antara manusia, namun dapat digunakan untuk membuat gedung menjadi otomatis sehingga dapat meningkatkan nilai tambah gedung. Gedung yang dilengkapi teknologi yang memungkinkan fungsi pengatur suhu ruangan, listrik dan keamanan bekerja secara otomatis tersebut dinamakan Smart Building. Data dari BCI Asia menunjukkan bahwa pada tahun 2014 sampai dengan 2015 terdapat 2.158 gedung perkantoran, hotel dan apartemen baru yang akan dibangun di Indonesia dengan jumlah terbanyak tedapat di Jakarta yaitu 622 gedung. Dengan estimasi biaya pembangunan layanan Smart Building untuk satu gedung adalah dua puluh milyar, Jakarta merupakan pasar yang potensial bagi bisnis Smart Building. Namun pasar yang potensial ini, masih belum dapat dimaksimalkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Saat ini pengembang masih memiliki minat yang sedikit dalam menggunakan jasa layanan Smart Building. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai bauran pemasaran layanan Smart Building. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Bauran pemasaran layanan Smart Building di kaji dengan menggunakan teori bauran pemasaran jasadariBooms dan Bitner dan Al-Dmour. Dalam memasarkan produk di Industri Telekomunikasi, alat bauranpemasaranjasa yangdigunakan adalah produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, danbukti fisik. Ketujuh elemen tersebut merupakan unsur yang dibutuhkan untuk menciptakan bauran pemasaran dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan yaitu laba. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap informan penelitian yang telah dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan yaitu terdiri dari manajemen PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, pelanggan yang diwakili oleh PT. Jakarta Land, dan kompetitor yang diwakili oleh PT. Azbil. Untuk validitas data digunakan metodde triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran layanan Smart Buildingbelum diterapkan secara maksimal khususnya revenue sharing, optimalisasi kantor cabang, publisitas, tingkat respon tenaga pemasar dan petugas pengiriman layanan dan standar opersional layanan Smart Building. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan sebaiknya perusahaan memperbaiki proses bisnis internal terkait revenue sharing, optimalisasi kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga dapat menjadi representative office untuk layanan Smart Building, melakukan publisitas dalam bentuk advertorial di media cetak, meningkatkan respon tenaga pemasar dan petugas pengiriman layanan dan segera membuat standar opersional layanan Smart Building.Item PENGARUH KOMPENSASI NONFINANSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT KRAKATAU DAYA LISTRIK (KDL) CILEGON BANTEN(2016-08-04) MUHAMMAD DADI PRIADI; Muhamad Rizal; Sam'un Jaja RaharjaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompensasi nonfinansial terhadap produktivitas kerja karyawan PT Krakatau Daya Listrik (KDL) Cilegon Banten. Kompensasi nonfinansial merupakan kepuasan yang diterima seorang karyawan atas pekerjaannya sendiri, atau dari lingkungan fisik dan psikologis dimana seorang karyawan tersebut bekerja. Dengan melakukan pemberian kompensasi nonfinansial yang optimal maka perusahaan akan memperoleh produktivitas kerja karyawan yang tinggi. Penulis menggunakan teori kompensasi nonfinansial dari Mondy et all (1993:442-443) sebagai dasar penelitian dan teori produktivitas yang penulis jadikan referensi adalah teori Siagian (2002:149-151). Teknik analisis data yang digunakan Structure Equation Modelling (SEM) dengan jumlah sample yang diambil sebanyak 71 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi nonfinansial dengan variabel karier atau pekerjaan dan lingkungan kerja yang dilaksanakan di PT Krakatau Daya Listrik (KDL) Cilegon Banten memberikan pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan besarnya pengaruh mencapai 83,8% dan sisanya sebesar 16,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain karier atau pekerjaan dan lingkungan kerja.