Administrasi Bisnis (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Bisnis (S2) by Title
Now showing 1 - 20 of 73
Results Per Page
Sort Options
Item ANALISIS BAURAN PEMASARAN LAYANAN SMART BUILDING PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK(2016-02-02) DINI ANGGRADIANI SUKARNA; Suryanto; SuryantoDua dekade ini industri telekomunikasi di Indonesia mengalami perkembangan yang ditandai dengan layanan komunikasi data dan internet yang tidak hanya dapat digunakan sebagai media komunikasi antara manusia, namun dapat digunakan untuk membuat gedung menjadi otomatis sehingga dapat meningkatkan nilai tambah gedung. Gedung yang dilengkapi teknologi yang memungkinkan fungsi pengatur suhu ruangan, listrik dan keamanan bekerja secara otomatis tersebut dinamakan Smart Building. Data dari BCI Asia menunjukkan bahwa pada tahun 2014 sampai dengan 2015 terdapat 2.158 gedung perkantoran, hotel dan apartemen baru yang akan dibangun di Indonesia dengan jumlah terbanyak tedapat di Jakarta yaitu 622 gedung. Dengan estimasi biaya pembangunan layanan Smart Building untuk satu gedung adalah dua puluh milyar, Jakarta merupakan pasar yang potensial bagi bisnis Smart Building. Namun pasar yang potensial ini, masih belum dapat dimaksimalkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Saat ini pengembang masih memiliki minat yang sedikit dalam menggunakan jasa layanan Smart Building. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai bauran pemasaran layanan Smart Building. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Bauran pemasaran layanan Smart Building di kaji dengan menggunakan teori bauran pemasaran jasadariBooms dan Bitner dan Al-Dmour. Dalam memasarkan produk di Industri Telekomunikasi, alat bauranpemasaranjasa yangdigunakan adalah produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, danbukti fisik. Ketujuh elemen tersebut merupakan unsur yang dibutuhkan untuk menciptakan bauran pemasaran dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan yaitu laba. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap informan penelitian yang telah dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan yaitu terdiri dari manajemen PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, pelanggan yang diwakili oleh PT. Jakarta Land, dan kompetitor yang diwakili oleh PT. Azbil. Untuk validitas data digunakan metodde triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran layanan Smart Buildingbelum diterapkan secara maksimal khususnya revenue sharing, optimalisasi kantor cabang, publisitas, tingkat respon tenaga pemasar dan petugas pengiriman layanan dan standar opersional layanan Smart Building. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan sebaiknya perusahaan memperbaiki proses bisnis internal terkait revenue sharing, optimalisasi kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga dapat menjadi representative office untuk layanan Smart Building, melakukan publisitas dalam bentuk advertorial di media cetak, meningkatkan respon tenaga pemasar dan petugas pengiriman layanan dan segera membuat standar opersional layanan Smart Building.Item ANALISIS BUSINESS PROCESS REENGINEERING DALAM MENDUKUNG EMPLOYEE PERFORMANCE PADA PT. GLOBAL KRIYA NUSANTARA BANDUNG(2023-04-10) ERIANA AFNAN; Iwan Sukoco; Herwan Abdul MuhyiDi era globalisasi saat ini, PT.GKN meyakini bahwa teknologi merupakan kunci utama dalam memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan sehingga berdampak pada peningkatan daya saing. Penggunaan internet dan teknologi berbasis komputer telah menjadi bagian integral dari operasi dan proses organisasi, terutama di industri kreatif. Konsep BPR adalah teknik yang dirancang untuk memperkenalkan perubahan radikal dalam rangka meningkatkan operasi bisnis kompetitif perusahaan, menghasilkan peningkatan dramatis dalam indikator kinerja seperti kecepatan, akurasi, dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan Untuk memastikan keabsahan data peneliti menggunakan teknik Triangalusi. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dan review poin-poin penting yang dapat menjadi acuan dalam mengimplementasikan strategi BPR. Hasil analisis penelitian terdapat 2 metode yang dapat di implementasikan oleh PT.GKN dalam mengatasi masalah yaitu Metode Scrumban dan metode six sigma. Metode Scrumban yang fokus membantu perusahaan memantau proses-proses yang terjadi di perusahaan terutama dalam pencatatan dan penjadwalan sedangkan untuk metode six sigma yang berfokus untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di tahap produksi yaitu menjaga kualitas produk.Item Analisis Entrepreneurial Orientation (Studi Pada PT Solusi Allindo Mandiri (SAM) di Jakarta)(2019-07-31) ILHAM RIZKI PURBA; Suryanto; Nenden KostiniSaat ini banyak sekali perusahaan konsultan pajak yang berdiri dengan membawa sikap orientasi kewiraushaan dalam meningkatkan keberlanjutan perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui lebih mendalam tentang apakah entrepreneurial orientation dapat membentuk perusahaan, serta apa sajakah yang lebih dominan dari entrepreneurial orientation pada perusahaan. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama. sikap proaktif ditunjukan dengan mengidentifikasi peluang pasar dan membina hubungan baik dengan klient. Lalu inovasi yang dilakukan tidak terlalu banyak dengan tujuan efektif dan efiseinsi pelayanan. Selanjutnya sikap keberanian mengambil resiko dengan jumlah SDM yang terbatas dan kurangnya diversifikasi produk. Selain itu agresifitas kompetisi ditunjukan dengan strategi pemotongan harga tetapi memberikan pelayanan yang optimal. Terakhir adalah otonomi dengan legalitas perusahaan dan belum adanya tertib administrasi. Kedua, aspek dominan entrepreneurial orientation sehingga membentuk kinerja usaha dan keunggulan bersaing didominasi oleh dimensi pertama yaitu proaktif, selanjutnya pada aspek kedua yang mendominasi yaitu dimensi agresifitas dalam berkompetisi. Pada aspek ketiga terdapat dimensi keberanian dalam mengambil resiko dan pada aspek keempat dan kelima yaitu dimensi otonomi dan inovatif.Item ANALISIS GAP UNTUK STRATEGI PENERAPAN TARIF LISTRIK REGIONAL (STUDI KASUS WILAYAH REGIONAL JAWA BARAT DAN BANTEN)(2013-07-27) NOVIA HAFNIDAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dalam studi ini penulis melakukan analisis terhadap kesenjangan (gap) antar kabupaten dan kota di wilayah Jabar dan Banten yang dapat dilihat dari kondisi ekonomi, ketersediaan sumber energi primer serta infrastruktur kelistrikan yang ada. Analisis terhadap kesenjangan (gap) antar daerah tersebut akan berguna untuk menentukan strategi penerapan Tarif Listrik Regional di wilayah Jabar dan Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif. Berdasarkan tujuan penelitian maka penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif yang bersifat developmental, yaitu jenis penelitian untuk menemukan suatu model atau prototype, dan bisa digunakan untuk segala jenis bidang. Jumlah narasumber adalah 7 (tujuh) orang para pakar kelistrikan dan ekonomi energi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hasil pengumpulan data sekunder dan wawancara dianalisis dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) atau Proses Hirarki Analitik untuk menentukan urutan prioritas daerah di wilayah Jabar dan Banten yang telah siap untuk menerapkan tarif listrik regional. Untuk memudahkan pengelompokan wilayah pelaksana tarif listrik regional, penulis menetapkan kota Batam sebagai wilayah yang telah berhasil menerapkan tarif listrik regional sejak 2001, yang dijadikan benchmark wilayah pelaksana kebijakan tarif listrik regional di Jabar dan Banten. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kota Cilegon, Kota Bandung dan Kabupaten Bekasi merupakan wilayah yang paling siap/sangat direkomendasikan untuk menerapkan tarif listrik regional. Skor ketiga wilayah tersebut berada di atas skor dari Kota Batam sebagai standar. Adapun Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Serang, Kabupaten Bandung dan Kota Bogor termasuk kedalam wilayah yang masih direkomendasikan karena skor daerah-daerah tersebut lebih kecil dibandingkan skor Kota Batam, namun masih lebih tinggi dari rata-rata skor keseluruhan daerah. Sedangkan kota dan kabupaten lainnya termasuk dalam kategori tidak direkomendasikan untuk melaksanakan tarif listrik regional dimana skor yang diperoleh lebih kecil dibandingkan skor dari Kota Batam dan juga dibawah rata-rata skor keseluruhan daerah. Pada daerah ini, listrik tetap pada fungsi dasarnya yaitu infrastruktur yang menjadi kewajiban pemerintah untuk menyediakannya. Kata kunci : gap, AHP, tarif, regional, segmentasiItem ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN BERBASIS KRITERIA MALOLM BALDRIGE (STUDI KASUS PADA HOTEL BINTANG EMPAT XYZ DI KOTA TANGERANG)(2017-05-10) MUHAMAD ARDI NUPI HASYIM; Ria Arifianti; Sam'un Jaja RaharjaPenelitian tentang Analisis Kinerja Perusahaan Berbasis Kriteria Malcolm Baldrige (Studi Kasus Pada Hotel Bintang Empat XYZ di Kota Tangerang,) menyoroti tentang bagaimana perusahaan menilai kinerja dan proses pengendalian kualitas dalam mencapai daya saing dan peningkatan kinerja perusahaan. Dalam menjalankan usahanya perusahaan Hotel XYZ menghadapi masalah, yaitu penurunan jumlah kunjungan tamu dan lemahnya daya saing perusahaan. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimanakah kondisi perusahaan saat ini sebelum penggunaan kriteria Malcolm Baldrige, analisis kinerja perusahaan, dan level kinerja yang ditinjau dari penerapan Malcolm Baldrige. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kinerja perusahaan Hotel XYZ, untuk mengetahui dan menganalisa pencapaian kinerja perusahaan Hotel XYZ dengan menggunakan metode Malcolm Baldrige. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data metode yang digunakan adalah dengan cara memberikan kuesioner kepada pelanggan hotel dan wawancara kepada informan yang kemudian menganalisis data tersebut berdasarkan kriteria Malcolm Baldrige. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perusahaan belum menggunakan penilaian kinerja secara keseluruhan sehingga diperlukan metode penilaian kinerja untuk mengetahui pengendalian kualitas perusahaan dalam rangka peningkatan daya saing, setelah dilakukan pengukuran dengan kriteria Malcolm Baldrige yang terdiri dari : kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus kepada pelanggan, pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan, fokus kepada tenaga kerja, fokus kepada operasi, serta hasil kinerja dapat diketahui lemahnya perusahaan dalam kriteria fokus kepada operasi sehingga pengendalian kualitas yang dapat dilakukan dengan cara pemeliharaan, pengembangan kualitas kerja, dan pedoman standar kerja. Untuk saat ini jenjang predikat kinerja hotel berada di posisi early improvement artinya bahwa perusahaan memiliki metode yang sistematis, efektif, responsif terhadap kondisi yang ada tetapi masih belum dapat diterapkan secara konsisten pada unit kerja yang berkaitan, sehingga perusahaan dapat meningkatkan daya saingnya dengan melakukan persaingan melalui differensiasi. Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Pengendalian Kualitas, Malcolm BaldrigeItem ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI TRAVEL BERBASIS RUTE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MALCOLM BALDRIGE (Studi pada Salah Satu Perusahaan Travel Bandung-Jakarta)(2023-04-05) MOCHAMMAD RIFKY PAMUNGKAS; R. Anang Muftiadi; Ria ArifiantiPersaingan pada jasa transportasi travel semakin meningkat, khususnya untuk rute Bandung-Jakarta ataupun sebaliknya. Salah satu penyebab persaingan tersebut terjadi karena tingkat mobilitas yang tinggi, kemudian menurut data sebagian besar penduduk Kota Bandung sebesar 8,8% berstatus de facto dan bekerja di Jakarta. Status tersebut mempengaruhi minat ataupun kebutuhan pada jasa transportasi umum, khususnya travel. Sehingga sangat penting bagi para penyedia layanan travel rute Bandung-Jakarta untuk mempertahankan ataupun meningkatkan standar kualitasnya untuk menghadapi persaingan dengan sesama perusahaan travel ataupun dengan penyedia layanan lainnya seperti kereta api ataupun bus. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan ataupun meningkatkan kualitas layanan adalah dengan mengukur kinerja, guna mengetahui rencana dan keputusan yang akan diberlakukan di masa mendatang. Salah satu metode yang dapat digunakan guna mengukur kinerja dan menentukan level kualitas pelayanan adalah Malcolm Baldrige. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja guna memetakan kualitas layanan perusahaan travel Bandung-Jakarta dengan menggunakan metode Malcolm Baldrige. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, penyebaran kuesioner, serta wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini yang berperan untuk mengisi kuesioner dan wawancara meliputi tiga perspektif yaitu pimpinan sebagai informan kunci, karyawan sebagai informan utama, dan pelanggan sebagai informan pendukung. Kemudian metode Malcolm Baldrige digunakan melalui tujuh kriteria guna melihat kinerja serta memetakan kualitas yang diperoleh. Terkecuali untuk informan pelanggan hanya menggunakan beberapa kriteria yang berkenaan dengan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja serta kualitas pelayanan dari perusahaan MR Trans yang dijadikan objek penelitian memperoleh predikat benchmark leader dengan predikat excellent. Hasil tersebut masih mengindikasikan beberapa perbaikan yang perlu dilakukan perusahaan khususnya bagi kriteria fokus operasi dan pada kriteria hasil pada sub kriteria fokus pada tenaga kerja. Temuan tersebut memiliki relevansi bahwa operasional suatu perusahaan tidak terlepas dari peran karyawannya dalam memberikan nilai tambah kepada pelanggan ataupun pasar. Keterbatasan penelitian ini ialah hanya dilakukan pada salah satu perusahaan travel rute Bandung-Jakarta. Diharapkan bagi penelitian mendatang dapat dilakukan pada beberapa perusahaan travel, guna melihat perbandingan kualitas pelayanan dari para penyedia layanan travel rute Bandung-Jakarta.Item ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus Program Kemitraan PT. Krakatau Steel Cilegon-Banten)(2018-03-27) AKHMAD ROISSUDIN; Sam'un Jaja Raharja; Erna MaulinaABSTRAK Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran dan menganalisis penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Krakatau Steel Cilegon-Banten pada program kemitraan dengan UKM mikro di Provinsi Banten. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik pemilihan sumber data/ participant yaitu purposive dan teknik bola salju. Tehnik pengumpulan data utama menggunakan wawancara yang didukung observasi dan dokumentasi. Sumber data Kepala Divisi, Staff.Divisi.Community Development Program di lingkungan PT. Krakatau Steel Cilegon-Banten, anggota tim koordinasi Ass Humas Ks bidang kemitraan, Tokoh masyarakat (TM), Karang taruna Cilegon, Kelompok Usaha Pendamping (KUP). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program kemitraan CSR dengan UKM mikro menghadapi kendala yaitu kurangnya dukungan struktur. Para personel yang difungsikan untuk mengelola CSR masih terbatas. Para pelaku usaha mikro sebagai mitra CSR dalam program kemitraan bersikap pasif dan hanya menunggu tindakan dari perusahaan baik dari perencanaan sampai dengan implementasi. Tingkat pengembalian dana pinjaman kepada para UKM mikro belum sesuai target. Strategi untuk meningkatkan keberhasilan CSR adalah partisipasi dari masyarakat, instansi terkait , pendampingan serta pendamping dari kelompok usaha pendamping. Realisasi anggaran CSR lebih rendah dari target. Perusahaan berusaha mengoptimalkan CSR meskipun harga baja dunia dan pendapatan perusahaan turun. Implikasi manajerial adalah perlunya memperluas jangkauan CSR melalui partisipasi, pelatihan kewirausahaan pendampingan .Item ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI BANK BRI SYARIAH CABANG SUKABUMI(2019-07-05) SOPYAN SAORI; Iwan Sukoco; Bambang HermantoABSTRAK Perkembangan industri perbankan syariah saat ini sedang meningkat pesat akan tetapi belum secara maksimal dalam menggunakan asas etika bisnis Islam itu sendiri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dari etika bisnis Islam dalam industri jasa keuangan berbasiskan syariah. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: kondisi eksisting pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Sukabumi sudah dapat menerapakan etika bisnis Islam meskipun pada aspek pengelolaan SDM PT. Bank BRI Syariah belum menerapkan adanya pelatihan bagi para karyawan berbasiskan pemahaman etika bisnis Islam. Selanjutnya, terdapat lima bentuk prinsip etika bisnis Islam yaitu aspek tauhid yang meliputi komitmen dalam shalat awal waktu secara berjamaah belum mampu dilakukan secara menyeluruh dan adanya pengelolaan sedekah serta zakat yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Lalu aspek keadilan yang meliputi adil dalam pelayanan baik terhadap konsumen dan pegawai, aspek kehendak bebas yang meliputi kebebasan konsumen dalam menentukan produk termasuk terhadap konsumen non-muslim, aspek tanggungjawab yang meliputi perusahaan bersertifikasi hukum secara legal, tertib administrasi, menepati janji hak konsumen serta segi kepatuhan waktu karyawan dalam bekerja, aspek kebenaran yang meliputi kejujuran dalam menawarkan produk yang ditawarkan. Kata Kunci: Bank Syariah, Etika Bisnis Islam, KonsumenItem Analisis Penilaian Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Balanced Scorecard Pada Kariman Toserba(2023-07-14) OGI MAULANA FIRLI; Tetty Herawaty; Pratami Wulan TresnaPermasalahan yang terjadi di Kariman Toserba Majalengkaadalah adanya penurunan penjualan yang berdampak pada penurunan omset dan pendapatan Toko. Penurunan tersebut menjadi evaluasi penggunaan metode pengukuran kinerja Balance Scorecard yang coba diterapkan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kinerja kariman Toserba menggunakan metode Balance Scorecard. Variabel yang digunakan adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif internal bisnis dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuisioner dan data sekunder dari laporan keuangan Kariman Toserba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh dengan total responden karyawan Kariman Toserba. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Balance Scorecard dengan 4 pendekatan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja kariman Toserba menggunakan metode Balance Scorecard didapat bahwa perspektif keuangan terkategori sehat, perspektif pelanggan terkategori kurang sehat, perspektif internal bisnis terkategori kurang sehat dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terkategori kurang sehat. Sehingga perlu adanya peningkatan dari 3 aspek yang kurang sehat tersebut dengan menggunakan pengukuran kinerja Kariman Toserba melalui metode balance scorecard.Item ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN METODE BUSSINES MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT (STUDY CASE: PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA T-REGIONAL 3 JAWA BARAT PADA PRODUK INDIHOME)(2023-04-12) TRADIGA NUR AZIZ; Bambang Hermanto; RivaniPerkembangan dunia bisnis yang pesat akan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar sesama pelaku bisnis terutama di bisnis telekomunikasi. di akhir tahun 2020, diharapkan jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai angka 150 juta orang atau sekitar 61% dari total penduduk. Pada pertengahan tahun 2021, jumlah pengguna Internet di Indonesia sudah mencapai 57% penduduk, atau mencapai hampir 137 juta pengguna. PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai salah satu operator Telekomunikasi terbesar di Indonesia ingin meningkatkan kualitas layanan sesuai visi dan misinya dengan membuat infrastruktur menggunakan serat optik sebagai media transmisinya, Data menunjukan jumlah pelanggan ditahun 2018 – 2020 dimana Telkom Regional 3 ini walaupun menguasai segmentasi pasar di setiap lini produk nya namun pendapatan pertahun yang dihasilkan masih belum stabil Telkom pada setiap STO menarget kan dengan 13.000 customer per wilayah telekomunikasi namun dari total 13 wilayah STO hanya terdapat 3-4 STO yang dapat melebihi target di tahun 2018 – 2021 ini menjadi permasalahan bagi PT. Telekomunikasi Indonesia Regional 3 Wilayah Telekomunikasi Bandung untuk mengetahui produktivitas dari para karyawan dan rancangan model bisnis dari perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memetakan Business Model Canvas (BMC) PT. Telekomunikasi Indonesia, Mengetahui SWOT dari PT. Telekomunikasi Indonesia berdasarkan pemetaan 9 blok bangunan Business Model Canvas dan untuk mengevaluasi Business Model Canvas (BMC) PT. Telekomunikasi Indonesia dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Business Model Canvas (BMC), Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, penyebaran kuesioner, serta wawancara mendalam. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari Hasil perhitungan analisis SWOT didapatkan strategi yang mengandalkan kekuatan dan peluang yang didukung dengan pertumbuhan cepat dan stabil sehingga PT. Telekomunikasi Indonesia mengoptimalkan kecepatan dari digitalisasi melalui platform dari perusahaan dan Digital Bussines Conectivity. Serta Usulan rancangan dengan menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) menghasilkan model bisnis baru yaitu memaksimalkan teknologi digital tepatnya pada Digital Bussines Conectivity dan Fokus terhadap digital development pada Meningkatnya jumlah new customer terhadap perkembangan Jasa Industri Telekomunikasi. Kata kunci: Pemasaran, Telekomunikasi, Business Model Canvas, SWOT.Item ANALISIS STRATEGI BERSAING KLINIK KECANTIKAN RAFA HEALTH AND BEAUTY LIFESTYLE KOTA BANDUNG(2019-11-12) AULIA PUTRI FAJARTRIYANI; R. Ratna Meisa Dai; Sam'un Jaja RaharjaBusiness activity is one of the important activities within the company. The tendency of an effort to be superior to the competitors is the main target of all business units. We need a strategy that is able to support the achievement of company goals. Good management of this business creates a high-profit business, therefore the business strategy development is needed. To determine and develop the strategy, SWOT analysis is needed. The unit of analysis of this research is Rafa Health and Beauty Lifestyle Aesthetic Clinic in Bandung. The method used is qualitative descriptive by analyzing the business environment from internal and external aspects. Internal analysis uses McKinsey`s 7S and external analysis using Porter`s five forces. After that the analysis technique uses the SWOT matrix with the EFAS and IFAS approaches. The results show that the Rafa Aesthetic Clinic is in Quadrant II, which is the right strategy implemented is a turn-around strategy (Retrenchment) that is designed to strengthen the basic competencies of a unique organization.Item BAURAN PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA WARGA MUHAMMADIYAH KOTA BANDUNG)(2013-07-01) DEDDY SUPRIYADI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRACT The development of Islamic financial system in Indonesia began with the birth of Indonesia`s first Islamic Bank named Bank Muamalat Indonesia on November 3, 1991. Seeing the potential and the enormous public interest against the Islamic banking has made Bank Indonesia optimistic about the development of Islamic banking. But in fact the growth of Islamic banks are not as expected according to the economic statistics of Bank Indonesia, the Islamic banking market share in the new city itself holds about less than 3%. This fact is inversely proportional to the potential Bandung Muslim majority. How did the largest Islamic organizations such as NU, Muhammadiyah, etc. Exactly., The use of Islamic banking? The aims of the research are to analyze the marketing mix of Islamic banking products in Muhammadiyah members of Bandung city. The research method used in this study is a qualitative method. Marketing mix product at Muhammadiyah Islamic banking in the review by using the theory of marketing management Philip Kotler. In selling, delivering and distributing products to the people of Islamic banking can not be submitted in partial but should incorporate some elements of the marketing or known by the marketing mix, marketing mix consists of product, price, promotion, place, people, physical evidence and process. The seventh element is able to provide information to management for decision-making process in selling the product to the customer. The data was collected by conducting in-depth interviews with informants who have been determined using purporsive sample and data collection from various sources to answer research questions. For the validity of data used triangulation of data sources. The results of the research showed that the marketing mix of Islamic banking product in Muhammadiyah members of Bandung city has not applied to its fullest and touched the city of Bandung for the use of Muhammadiyah Islamic banking products. Islamic banking in practice only sell products without promotion impact on the system of interest at convensional bank when compared to Islamic banking using the sharing system. Islamic banking has not succeeded in convincing and emotionally to change the mind set Muhammadiyah member to use the Islamic banking products. In the early stages of Islamic banking should be able to change the mind set of the Muslim community regarding the system of interest into revenue-sharing system. ABSTRAK Perkembangan system ekonomi syariah di Indonesia dimulai dengan lahirnya Bank Islam Indonesia yang pertama yang diberi nama Bank Muamalat Indonesia pada tanggal 3 November 1991. Melihat potensi dan animo masyarakat yang begitu besar terhadap perbankan syariah telah membuat Bank Indonesia optimis akan perkembangan perbankan syariah. Namun faktanya pertumbuhan bank syariah tidak sesuai harapan menurut data statistik ekonomi keuangan Bank Indonesia, pangsa pasar perbankan syariah di kota Bandung sendiri baru menguasai sekitar kurang dari 3%. Fakta ini berbanding terbalik dengan potensi kota Bandung yang mayoritas beragama Islam. Bagaimana pula dengan ormasormas Islam terbesar seperti NU, Muhammdiyah, Persis dll., dalam menggunakan perbankan syariah? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai bauran pemasaran produk perbankan syariah pada warga Muhammadiyah kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Bauran pemasaran produk perbankan syariah pada warga Muhammadiyah di kaji dengan menggunakan teori manajemen pemasaran dari Philip Kotler. Dalam menjual, menyampaikan dan mendistribusikan produk perbankan syariah kepada masyarakat tidak bisa disampaikan secara parsial tapi harus menggabungkan beberapa elemen pemasaran atau yang dikenal dengan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, physical evidence dan process. Ke tujuh elemen tersebut dapat memberikan informasi pada management untuk proses pengambilan keputusan dalam menjual produk pada konsumenya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan yang telah ditentukan dengan menggunakan purporsive sample serta pengumpulan data-data dari berbagai sumber guna menjawab pertanyaan penelitian. Untuk validitas data digunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran produk perbankan syariah pada warga Muhammadiyah di kota Bandung belum di terapkan secara maksimal dan menyentuh warga Muhammadiyah kota Bandung untuk menggunakan produk perbankan syariah. Perbankan syariah pada prakteknya hanya menjual produk tanpa mensosialiasikan dampak sistem bunga pada bank konvensional bila dibandingkan dengan sistem bagi hasil. Perbankan syariah belum berhasil secara emosional meyakinkan dan merubah mind set warga Muhammadiyah untuk menggunakan produk perbankan syariah. Pada tahap awal seharusnya perbankan syariah dapat merubah mind set masyarakat muslim perihal sistem bunga menjadi sistem bagi hasil.Item BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA PT. TIMAH AGRO MANUNGGAL PANGKALPINANG PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG(2019-07-02) HUSNUL HAQ; Margo Purnomo; Muhamad RizalBusiness Model Canvas merupakan sebuat tools untuk membuat model bisnis perusahaan dan mudah dipahami oleh semua pihak terlepas dari kompleksitas bagaimana fungsi perusahaan dapat berjalan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi kondisi eksisting pada perusahaan baru dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). BMC terdiri dari Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi secara mendalam. Analisis data menggunakan teknik reduksi, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Unit analisis juga menggunakan analisis SWOT dengan mengevaluasi model bisnis pada PT. Timah Agro Manunggal sebagai perusahaan yang bergerak dijasa reklamasi lahan pasca pertambangan timah dan agrobisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan blok Business Model Canvas dapat menjadi identifikasi awal untuk membentuk strategi pengembangan bisnis. Kesimpulan dari makalah ini adalah strategi pengembangan bisnis dari hasil matrix BMC PT. Timah Agro Manunggal mampu menciptakan keunggulan kompetitif melalui strategi pemasaran, strategi kolaborasi, mengoptimalkan hubungan kemitraan dengan para pemangku kepentingan. Business Model Canvas adalah alat yang efektif untuk memaksimalkan perencanaan pengembangan model bisnis perusahaan untuk jangka panjang.Item CUSTOMER BASED BRAND EQUITY DESTINASI PARIWISATA (STUDI PERBANDINGAN ANTARA WISATAWAN MANCANEGARA DENGAN WISATAWAN NUSANTARA PADA SAUNG ANGKLUNG UDJO KOTA BANDUNG)(2019-01-25) MUHAMMAD BAHTIAR ABDILLAH; Tetty Herawaty; Muhamad RizalPenelitian ini mempunyai tujuan menganalisis dimensi dari customer based brand equity yaitu Awareness, Image, Quality, dan Loyalty terhadap destinasi pariwisata saung Angklung Udjo Kota Bandung dan menunjukkan dimensi mana yang paling dominan terhadap kedatangan pengunjung ke lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengolahan data menggunakan Smart PLS (Partial Least Square). Penelitian ini mendapatkan hasil berupa wisatawan mancanegara terdapat pengaruh signifikan antara Awareness terhadap Tourism Destination, Image terhadap Tourism Destination, Loyalty terhadap Tourism Destination, dan Quality tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Tourism Destination. Hasil penelitian mendapatkan hasil untuk wisatawan nusantara tidak terdapat pengaruh signifikan antara Awareness dan Image terhadap Tourism Destination, sedangkan Quality dan Loyalty memiliki pengaruh signifikan terhadap Tourism Destination. Penelitian ini mengajukan saran berupa penyediaan layanan survey melalui quest comment atau mail box kritik dan saran, peningkatan dalam hal keselamatan pengunjung selama berada di lokasi wisata dengan penyediaan asuransi, memberikan paket tour wisata yang lebih atraktif, dan perlu adanya pihak lembaga kepariwisataan kota Bandung yang berada di lokasi wisata sebagai wakil pemerintah dalam mensukseskan kegiatan pariwisata yang ada di Saung Angklung Udjo.Item FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MEMBELI MINUMAN BERALKOHOL PADA KATEGORI BIR DALAM PERSPEKTIF KONSUMEN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NASIONAL LAOS(2023-04-06) OSOULINEDA KHOUANSAVANH; Arianis Chan; R. Anang MuftiadiLaos merupakan salah satu negara di wilayah Asia Tenggara yang memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, agama, suku, serta interpersonal penduduk yang unik. Salah satu keunikan tradisi yang sering digemari dan menjadi kebiasaan penduduk Laos adalah mengkonsumsi minuman beralkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat membeli konsumen pada minuman beralkohol dalam kategori bir. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa yang mengkonsumsi produk bir. Penelitian dilakukan di National University of Laos (NUOL), pada tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Sampel penelitian adalah mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 405 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada mahasiswa yang mengkonsumsi produk bir. Teknik analisis data dan pengujian model penelitian menggunakan SEM-PLS Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai R-Square pada niat membeli sebesar 0,731. Hal ini berarti bahwa model SEM dalam penelitian ini memiliki tingkat Goodness of Fit yang baik. Berdasarkan pengujian hipotesis hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan korelasi yang sangat kuat antara sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat membeli secara parsial maupun secara simultan. Perubahan yang terjadi pada niat membeli konsumen dapat dijelaskan oleh adanya perubahan yang terjadi pada sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan sebesar 73,1%.Item Hubungan Kualitas Sumber Daya Manusia dengan Kinerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung(2012-10-17) IRFAN IBRAHIM SOFAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Lembaga Pemasyarakatan Banceuy sebagai bagian dari sistem muara peradilan yang bertujuan untuk memasyarakatkan kembali seorang narapidana, memiliki kewajiban untuk melalukan pembinaan dan pengayoman terhadap para narapidana. Selama ini harapan masyarakat mengenai adanya peningkatan pembinaan dan bimbingan bagi warga binaan Lapas masih belum dapat tercapai, hal ini dikarenakan masih rendahnya kualitas SDM yang mempengaruhi kinerja petugas Lapas dalam melakukan pembinaan dan bimbingan terhadap para narapidana. Beberapa permasalahan klasik seperti adanya penemuan pihak kepolisian terhadap sindikat peredaran narkoba (sabu-sabu) dari dalam Lapas dan adanya narapidana yang melarikan diri masih ditemukan di Lapas Banceuy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan Menganalisis Sejauhmana Kualitas Sumber Daya Manusia di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung; Mengetahui dan Menganalisis Sejauhmana Kinerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung; Mengetahui dan Menganalisis Sejauhmana Hubungan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung. Adaun teori yang digunakan adalah teori kualitas sumber daya manusia yang terdiri dari aspek fisik dan non fisik, dan teori kinerja pegawai yang terdiri dari quality of work, prompnes, initiative, capability, dan communication. Sedangkan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung. Hubungan antara sumber daya manusia dan kinerja pegawai menunjukkan derajat keeratan yang sangat erat. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh sumber daya yang bersifat fisik dan non fisik.Item IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD NEGERI COBLONG 2 DAN SD NEGERI COBLONG 3 KOTA BANDUNG(2012-10-19) YESI KEMALASARI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Di beberapa negara maju pembangunan manusia menjadi salah satu skala prioritas sebab dengan adanya pembangunan manusia akan muncul orang-orang yang memiliki kemampuan dalam membangun daerah serta negara. Salah satu isu reformasi pendidikan yang penting dewasa ini adalah desentralisasi pengelolaan pendidikan, kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan bentuk alternatif yang dipilih dalam pelaksanaan kebijakan desentralisasi pendidikan. Dipilihnya kebijakan MBS karena model ini diyakini akan mempermudah pencapaian tujuan pendidikan. Program MBS bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan, keluwesan dan sumberdaya untuk meningkatkan mutu kinerja sekolah dan pendidikan terutama meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah yang berlangsung di SD Negeri Gugus 13 Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari Edward III, yang terdiri dari empat faktor yaitu faktor komunikasi, sumber daya, sikap, dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, informan dalam penelitian ini adalah: Pejabat Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kepala Sekolah Dasar Negeri Coblong 2 dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Coblong 3 Kota Bandung, Guru SD Negeri Coblong 2 dan Coblong 3 kota Bandung, Pengawas Sekolah Kecamatan Coblong, Komite Sekolah SDN Coblong 2 dan SDN Coblong 3, serta orang tua siswa. Implementasi kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dilihat dari empat faktor yaitu faktor komunikasi, sumber daya, sikap, dan struktur birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa komunikasi yang dibangun masih bersifat terbatas; dari sisi sumber daya bahwa sudah tersedia sumber daya manusia yang memadai secara kualitas, sarana dan prasarana yang tersedia juga sudah memadai; dari segi sikap seluruh jajaran di SDN Coblong 2 dan 3 sangat mendukung terhadap diterapkannya kebijakan MBS; terkait struktur birokrasi di tingkat satuan pendidikan seluruh aktor seperti Kepala Sekolah dan Dewan Guru dan sudah berjalan dengan baik dan tidak ada struktur birokrasi yang memberatkan. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Manajemen Berbasis Sekolah, Pendidikan. ABSTRACT In some developed countries human development becomes one of the priorities because the presence of human development would emerge the people who have the ability to build the region and state. One of the important issues of education reform today is the decentralization of education management, policy of the School Based Management (MBS) is an alternative form chosen in the implementation of educational decentralization policy. MBS policy chosen for this model is believed to facilitate the achievement of educational goals. MBS program aims to empower schools through the granting authority, flexibility and resources to improve the performance of schools and education, especially improving student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the factors that influence the successful of school based management policy implementation that took place at 13Cluster of Elementary School at Coblng District, the city of Bandung. Theory used in this study is the theory of implementation of the policy of Edward III, which consists of four factors: communication factors, resources, disposition, and bureaucratic structures. The method used is a qualitative method withdescriptive analysis approach, informants in this study were: Bandung City Education Department officials, the Head of Public Elementary School Coblong 2and Public Elementary School Coblong 3, Elementary School Teachers, School District Supervisor at Coblong District, the School Committee at Public Elementary School 2 and 3 Coblong District, as well as parents. Implementation of School-Based Management policy viewed of four factors: communication factors, resources, disposition, and bureaucratic structures. Based on the result showed that the communication is built is still limited, in terms of available resources that have adequate human resources in quality, facilities and infrastructure that are also sufficient; in terms of the disposition,the whole range of SDN Coblong 2 and 3 are very support for MBS policy implementation; related structures at the level of the education bureaucracy around the actors as the Principal and Teachers Council and has been running well and no burdensome bureaucratic structures. Keyword: Policy Implementation, School-Based Management,Education.Item MODEL BISNIS KANVAS WISATA MENYELAM DI KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA NASIONAL (STUDI PADA TULAMBEN AMED, KABUPATEN KARANGASEM, PROVINSI BALI)(2018-01-25) RATNA WINGIT; Muhamad Rizal; Erna MaulinaFenomena bisnis pariwisata Indonesia yang saat ini dikembangkan dari landbased ke seabased karena Indonesia memiliki keunggulan kompetitif dan berpeluang dalam mengembangkan wisata bahari dibandingkan dengan negara lain dengan menggunakan model bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang suatu model bisnis yang dapat diterapkan dalam pengelolaan bisnis wisata menyelam di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tulamben – Amed. Model bisnis wisata menyelam ini dikembangkan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dari Osterwalder dan Pigneur (2014). Proses perancangan model bisnis ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan desain kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi data sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, dan conclusion yang dipetakan pada sembilan blok, yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, dan Cost Structure.Item PELAYANAN PEGAWAI UNIT KREDIT PRODUKTIF BNI SENTRA KREDIT KECIL PRIANGAN(2014-05-08) YUSTINA SUSY SEPTIANTI; R. Anang Muftiadi; A. Djadja SaefullahPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mempelajari pelayanan yang dilakukan oleh pegawai Bank BNI Sentra Kredit Kecil Priangan pasca retrukturisasi organisasi unit kredit di BNI. Pelayanan yang dilakukan oleh pegawai unit kredit produktif BNI Sentra Kredit Kecil Priangan meliputi tangible (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Istilah restrukturisasi organisasi atau penataan ulang struktur organisasi sering disebut sebagai bagian dari transformasi organisasi atau perubahan organisasi maupun perkembangan organisasi. Restrukturisasi organisasi dilakukan menyeluruh di BNI dengan tujuan mengatasi persaingan yang semakin tajam di dunia jasa perbankan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui angket dan wawancara mendalam mengenai persepsi pihak terkait mengenai kebijakan tersebut. Data sekunder yang dikumpulkan berupa kronologi kebijakan, peraturan dan berita mengenai tema penelitian. Pasca restrukturisasi organisasi unit kredit, pelayanan pegawai mengalami perubahan sistem dan pola pelayanan. Ditemukan kesulitan dalam pelayanan karena pegawai unit kredit harus melakukan sinergi dan koordinasi dengan unit/kantor cabang pelayanan non kredit sehingga pegawai unit kredit berupaya lebih keras melayani debitur.Item PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN CARE SYSTEM DI PT. ASURANSI TRI PAKARTA BANDUNG(2014-04-21) ZAINUL ARIFIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis temuan dilapangan berkaitan dengan Penelitian ini untuk mengkaji bagaimana upaya untuk meningkatkan jumlah produksi premi melalui penerapan program sistem informasi manajemen �Care System� di PT. Asuransi Tripakarta Bandung. Dipilihnya sistem informasi manajemen sebagai tema dalam penelitian ini, karena peneliti menyadari betapa pentingnya sistem informasi manajemen dalam menjalankan aktivitas organisasi perusahaan PT. Asuransi Tripakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam mengenai persepsi pihak terkait mengenai kebijakan tersebut. Data sekunder yang dikumpulkan berupa kronologi kebijakan, peraturan perundangan dan berita mengenai tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Belum optimalnya sistem informasi manajemen di PT. Asuransi Tripakarta khususnya berkaitan dengan pengaplikasian program care sistem lebih dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia yang ada dari sisi jumlahnya, penguasaan terhadap teknologi informasi yang ada dalam program care sistem dan konsistensi pelaksanaan pekerjaan terhadap standard oprational procedur (SOP) yang ada. Kata Kunci : PT. Asuransi Tripakarta, Sistem Informasi Manajemen