Akuntansi (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Akuntansi (S2) by Title
Now showing 1 - 20 of 405
Results Per Page
Sort Options
Item Adopsi Internal Audit Capability Model (IACM) dengan Institutional Theory pada Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(2018-10-18) SISKA MARYANA; Hamzah Ritchi; Nyi Raden Handiani SuciatiPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang adopsi Internal Audit Capabilty Model (IACM) dengan pendekatan teori institusional pada Itjen Kementerian PUPR serta faktor –faktor yang menghambat dalam meningkatkan level kapabilitas APIP pada Internal Audit Capability Model (IACM) pada Itjen Kementerian PUPR. Dimana latar belakang faktor tekanan yang pendorong institusionalisasi IACM dianalisis dengan menggunakan Teori Institusional, juga IACM merupakan tools untuk menilai kapabilitas APIP yang dilakukan secara mandiri serta alat dalam meningkatkan kapabilitas APIP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan penelitian lapangan melalui wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan landasan teorirtis membantu dalam pembahasan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coercive isomorphism menjadi gejala terkuat yang mendorong perubahan dilakukannya institusionalisasi IACM yaitu tekanan dari BPKP yang merupakan Lead Agency APIP, dan arahan Presiden yang menargetkan capaian yang dikuatkan dengan peraturan, tekanan regulasi (formal) dan arahan Presiden RI. Serta normative isomorphism terjadi karena ada upaya Itjen Kementerian PUPR bekerjasama dengan konsultan IndII yang dilatarbelakangi kerjasama dengan Australia melakukan kajian independen terhadap Itjen pada tahun 2012 menggunakan kerangka kerja IA-CM dalam menindaklanjuti latihan BPKP pada tahun 2010. Sedangkan kondisi level (IACM) APIP Kementerian PUPR pada akhir tahun 2017 berada pada level 2 penuh (BPKP) dan pada tahun 2018 berdasarkan self assesment sudah level 3 dengan catatan (self assessment). Kendala terbesar di dihadapi adalah jumlah Auditor (SDM) lebih kecil dari diisyaratkan jumlah Auditor ideal pada Perka BPKP Kep-971/K/SU/2005. Langkah-langkah yang harus dilakukan Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR adalah harus lebih fokus dan komitmen menjalankan Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP.Item ANALISA KESENJANGAN NILAI AKUNTANSI DAN NILAI INVESTASI PADA PERUSAHAAN STARTUP DI INDONESIA(2019-07-11) FANNY ROSA FANDINI; Ersa Tri Wahyuni; Nyi Raden Handiani SuciatiPenelitian ini meneliti mengenai kesenjangan nilai akuntansi dan nilai investasi pada perusahaan startup di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses valuasi bisnis perusahaan startup dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penilaian perusahaan, untuk menganalisis kesenjangan penilaian antara pemilik dan investor, untuk mengetahui tantangan praktik akuntansi pada perusahaan startup di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan penelitian lapangan melalui observasi, survei dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan landasan teoritis dalam membantu pembahasan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses valuasi bisnis pada perusahaan startup di Indonesia dilakukan dengan perhitungan non keuangan seperti jumlah potensial market, ide bisnis, jumlah pengguna, kualitas tim, traksi, paten dan teknologi. Kesenjangan terjadi antara penilaian perusahaan pemilik dan penilaian berdasarkan investor dimana investor mencari informasi yang memungkinkan investor membayar sedikit untuk kepemilikan saham yang besar sementara pemilik perusahaan bertujuan untuk meyakinkan investor atas prospek pertumbuhan perusahaan yang tinggi dalam rangka kepemilikan yang kecil. Dalam praktik akuntansi perusahaan startup merasa kurang paham mengenai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia dan perusahaan startup merasa kesulitan dalam menentukan aset takberwujud. Kata kunci : nilai akuntansi, nilai investasi, valuasi perusahaan startupItem ANALISA TINGKAT EFISIENSI RELATIF BANK SYARIAH DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (PENELITIAN PADA PT BANK SYARIAH X PERIODE 2018)(2019-10-14) AKHMAD FAJAR; Citra Sukmadilaga; Tettet FitrijantiPT. BSX merupakan perbankan syariah terbesar di Indonesia dengan total aset sebesar 92 triliun pada Agustus 2018. Target PT. BSX pada tahun 2020 adalah aset 200 triliun, pembiayaan 156 triliun, pendanaan 140 triliun dan laba 3,1 triliun. Untuk mencapai target 2020 PT. BSX harus meningkatkan seluruh kinerjanya. Kinerja sebuah bank dapat dinilai dari produktivitas dengan menghitung rasio input dan output sehingga didapatkan ukuran efisiensi relatif. Pengukuran ini menggunakan Data Envelopment Analisys (DEA) dengan satuan analisis unit yang memiliki kewenangan penuh atau DMU (Decision Making Unit) yang representasikan oleh kantor cabang dan kantor cabang pembantu. Penelitian ini menganalisa 91 kantor cabang dari total 518 kantor cabang dan kantor cabang pembantu. Dengan teknik pengambilan sampel purposive, penelitian ini juga menggali dan membandingkan strategi yang digunakan kantor cabang atau kantor cabang pembantu dengan nilai kinerja tertinggi, nilai tengah dan nilai bawah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efisiensi relatif rata – rata dari mulai bulan Januari 2018 sampai dengan Agustus 2018 sebesar 23.6 kantor cabang dan kantor cabang pembantu, dengan jumlah paling banyak sebesar 28 kantor cabang dan kantor cabang pembantu pada bulan Februari 2018 dan Juli 2018.Item Analisis atas Penerapan Metode Penghitungan Kerugian Keuangan Negara (Studi kasus pada Badan Pemeriksa Keuangan)(2021-06-04) I NYOMAN WARA; Dini Rosdini; Ilya AviantiDi Indonesia, kasus korupsi yang terkait dengan kerugian negara merupakan kasus tindak pidana yang paling dominan ditindak oleh aparat penengak hukum indonesia. Akan tetapi, penerapan unsur kerugian negara dalam tindak pidana korupsi tidaklah mudah. Lebih lanjut, laporan penghitungan kerugian negara belum sepenuhnya digunakan oleh pengadilan, dan bahkan dapat berujung pada gugatan hukum terhadap hasil penghitungan kerugian negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mekanisme penghitungan kerugian negara dan metode penghitungannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus pada Badan Pemeriksa Keuangan. Analisis dilaksanakan atas 80 laporan penghitungan kerugian negara yang diterbitkan BPK pada periode 2009–2016 dengan lingkup pemeriksaan APBN dan APBD, wawancara dengan narasumber yang berasal dari akademisi, praktisi, aparat penegak hukum, dan FGD dengan auditor BPK. Hasil dari penelitian adalah identifikasi atas lima metode penghitungan, pertimbangan auditor ketika memutuskan metode yang akan digunakan, serta pola hubungan antara metode, kasus, dan penyimpangan. Selain itu, peneliti juga mengidentifikasi pentingnya bagi auditor untuk mengkomunikasikan metode penghitungan, beserta asumsi yang mendasarinya, kepada pihak penyidik, dan kebutuhan auditor atas panduan penghitungan kerugian yang disusun berdasarkan pengalaman di masa lalu. Peneliti menyampaikan beberapa saran terkait penelitian lebih lanjut terkait penghitungan kerugian negara dan penerapannya di BPK.Item Analisis Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Bisnis Online Berdasarkan Theory of Planned Behavior(2020-04-21) WINDI ARIESTI ANGGRAENI; Ivan Yudianto; Muhammad DahlanBusiness development in Indonesia is increasing along with technological advances and the era of digitalization. Access through internet networks makes it easy for business people to do long-distance transactions through various online platforms such as social media, web sites, and marketplaces. Given the massive potential for income earned by these online businesses, it is crucial for them not to forget their tax obligations. In terms of regulation, the taxation aspects between electronic trading transactions and conventional trading are the same. However, there are still many online businesses that have not yet carried out their tax obligations. This study aims to determine and analyze the determinants of online business taxpayer compliance based on the concept of theory of planned behavior, which is proxied as attitudes, subjective norms, and behavior control with compliance intentions as a mediating variable. This study uses a sample of online businesses that have been registered as taxpayers. The data analysis techniques to test hypotheses using path analysis. The analysis shows that attitudes, subjective norms, and behavioral control have a significant and positive effect on compliance intentions. Attitudes, subjective norms, and behavioral control also directly have a significant and positive effect on taxpayer compliance. The intention of compliance has a significant and positive effect on taxpayer compliance.Item Analisis Faktor Expected Service Performance di Institusi Pendidikan Tinggi (Studi Persepsi pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum di Kota Bandung)(2020-01-17) ENDAH SUNDANING KINANTI; Hamzah Ritchi; Sofik HandoyoPenelitian ini bertujuan untuk menguji apa saja faktor penentu service performance pada institusi pendidikan tinggi menurut persepsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis faktor eksploratori (EFA) dan analisis faktor konfirmatori (CFA) dalam menentukan faktor. Konstruk dibangun berdasarkan literatur mengenai service performance dan higher education. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada mahasiswa PTN-BH di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor sebagai penentu service performance yaitu pelayanan yang andal, fokus pelanggan. Jumlah elemen dari tujuh faktor setelah uji konfirmatori adalah 19. Total varians dari tujuh faktor sebesar 65,7%, ini mengartikan bahwa 65,7% service performance pada pendidikan tinggi di Indonesia ditentukan oleh ketujuh faktor tersebut. Hasil dari penelitian berkontribusi untuk menambah literatur pada service performance di pendidikan tinggi. Faktor dapat digunakan sebagai referensi oleh institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas layanan dalam segala aspek.Item ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERENTANAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM PERGURUAN TINGGI(2023-08-22) VERONIKA PERWITA KUSUMADEWI; Arie Pratama; Ivan YudiantoDunia yang dilanda pandemi Covid-19 menyebabkan hampir semua sektor ekonomi melambat bahkan terkadang terhenti sama sekali. Kondisi ekonomi Indonesia pada tahun 2020 menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia terkontraksi. Penanganan pandemi ini menyebabkan sejumlah signifikan sumber daya keuangan pemerintah yaitu APBN di kementerian terkait dialihkan melalui kebijakan realokasi dan refocusing anggaran. BLU perguruan tinggi merupakan organisasi nirlaba yang terpukul di masa pandemi karena selain pendapatan dari APBN yang kemungkinan menurun akibat pengalihan anggaran, penurunan pendapatan dari jasa layanan pendidikan BLU sendiri juga harus diwaspadai akibat menurunnya kapabilitas ekonomi peserta didik. Berkurangnya pendapatan tersebut membuat BLU perguruan tinggi rawan mengalami kerentanan keuangan, yaitu kondisi di mana organisasi mengurangi atau menghentikan kegiatan layanan saat dihadapkan pada guncangan keuangan. Oleh karena kerentanan keuangan merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui keberlangsungan suatu organisasi nirlaba, maka perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari masa jabatan dewan, latar belakang pendidikan dewan, ukuran organisasi dan umur organisasi terhadap kerentanan keuangan pada BLU perguruan tinggi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel adalah sebanyak 30 perguruan tinggi dengan pola pengelolaan keuangan BLU di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dilakukan dengan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa masa jabatan dewan dan latar belakang pendidikan dewan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kerentanan keuangan, sementara ukuran organisasi dan umur organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kerentanan keuangan.Item ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT (SIPKD) DI KOTA BANDUNG(2021-07-01) SYAIFUL IKHSAN; Nunuy Nur Afiah; Ivan YudiantoDalam meningkatkan akuntabilitas publik, transparansi, dan agar pemerintah lebih efektif serta efisien dalam menjalankan pemerintahan, Pemerintah Daerah mengimplementasikan sistem salah satunya adalah e-Government. Tidak hanya memiliki tujuan transparansi dan akuntabilitas, penggunaan sistem e-Government juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah menjadi lebih ekonomis, efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan e-Government di Pemerintah Kota Bandung dan hubungan atau korelasi masing-masing faktor tersebut terhadap penerapan e-Government. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran dan masukan bagi pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan e-Government. Penelitian ini menggunakan model Delone & McLean (2003) yang mengemukakan model yang baik untuk menguji kesuksesan suatu sistem informasi yaitu kualitas sistem, kualitas informasi dari output yang dihasilkan, penggunaan output, kepuasan pengguna terhadap sistem, pengaruh sistem informasi terhadap pengguna serta pengaruh terhadap kinerja organisasi. Analisis data menggunakan Partial Least Square Method dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Hasil penelitian berdasarkan analisis menggunakan Software Smart-PLS menunjukkan bahwa faktor kualitas sistem mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pengguna, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan sistem, dan penggunaan sistem mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil bersih yang diperoleh pada Pemerintah Kota Bandung.Item ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN ITQAN MOBILE (Studi Kasus pada BMT Itqan)(2020-06-29) CHAIRIA; Citra Sukmadilaga; Indri YuliafitriKita telah memasuki zaman revolusi industri 4.0 dimana perkembangan teknologi sudah merajai hampir seluruh aspek kehidupan. Inovasi berbasis teknologi baru telah lahir yang semakin baik, terutama di bidang keuangan yang biasa disebut financial technology (fintech). Zaman sekarang tidak hanya perbankan yang mempunyai fintech yang didesain untuk mempermudah mereka dalam melayani konsumen. Salah satu BMT yang sudah memiliki fintech berupa mobile banking adalah BMT Itqan bernama Itqan Mobile. Aplikasi ini didesain untuk meningkatkan pelayanan yang memudahkan anggota dalam kegiatan transaksi keuangan elektronik dan sangat mudah diunduh melalui smartphone. Jumlah anggota BMT Itqan tahun 2018 sudah mencapai 9.966 orang yang menjadi anggota. Berdasarkan wawancara pra proposal yang penulis lakukan dengan Kepala Bidang Keuangan yaitu Ibu Risma Sadiqah menyatakan meskipun anggota BMT Itqan sudah melebihi 9.000 anggota, anggota yang memakai Itqan Mobile pada tahun 2018 hanya 276 anggota saja. Tetapi pada bulan September 2019 terjadi peningkatan anggota yang memakai Itqan Mobile mencapai 394 anggota. Jumlah ini masih relatif sedikit dibanding dengan total anggota BMT Itqan. Fenomena ini membuat penulis tertarik ingin meneliti penyebab anggota-anggota BMT Itqan banyak yang tidak memakai Itqan Mobile. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan model regresi yang menggunakan software SPSS. Jumlah sampel yang akan digunakan adalah 370 anggota BMT Itqan yang sudah memakai maupun belum memakai Itqan Mobile. Analisis dilakukan untuk menentukan pengaruh setiap variabel menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Variabel independen dalam penelitian ini adalah ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, umur, pengalaman dan latar belakang pendidikan. Kemudian Niat perilaku menggunakan Itqan Mobile (Y) sebagai variabel intervening dan Perilaku pengguna Itqan Mobile (Z) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini untuk model regresi I yaitu ekspektasi usaha menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku menggunakan Itqan Mobile. Sedangkan ekspektasi kinerja, pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi tidak memiliki pengaruh terhadap niat perilaku menggunakan Itqan Mobile. Kemudian untuk model regresi II yaitu pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengguna Itqan Mobile. Sedangkan ekspektasi kinerja dan ekspektasi usaha tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku pengguna Itqan Mobile. Secara simultan seluruh variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap niat perilaku menggunakan Itqan Mobile. Hasil penelitian ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi melalui niat perilaku sebagai variabel intervening menunjukkan pengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku pengguna Itqan Mobile.Item ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI WAKIF DALAM BERWAKAF UANG MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING WAKAF HASANAH(2021-10-15) SITI FAZRIAH; Indri Yuliafitri; Citra SukmadilagaABSTRAK Platform Crowdfunding Wakaf Hasanah dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam berwakaf. Namun, potensi wakaf yang besar di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah penghimpunan wakaf pada Wakaf Hasanah yang masih jauh dari target. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi berwakaf melalui platform Wakaf Hasanah menggunakan teori kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) serta literasi dan kepercayaan sebagai faktor eksternalnya. Populasinya seluruh masyarakat muslim di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling sebanyak 369 orang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif serta diuji dengan menggunakan alat statistik tertentu yaitu Smart PLS 3.0. Pendekatan penelitian dengan model analisis SEM (Structural Equation Modeling) serta menggunakan data primer yakni kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat luas yang beragama Islam dan berusia 17-65 tahun. Hasil penelitian berdasarkan 369 sampel menunjukkan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan. Persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap sikap masyarakat. Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap sikap. Namun, sikap terhadap platform Wakaf Hasanah berpengaruh negatif terhadap intensi berwakaf melalui platform Wakaf Hasanah. Norma subjektif berpengaruh positif terhadap intensiberwakaf uang melalui platform Wakaf Hasanah. Persepsi kontrol perilaku berpengaruh negatif terhadap intensi berwakaf melalui platform Wakaf Hasanah. Literasi dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap intensi berwakaf melalui platform Wakaf Hasanah . Dan intensi berpengaruh positif terhadap perilaku berwakaf uang melalui platform Wakaf Hasanah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi sebagai upaya meningkatkan penghimpunan wakaf uang di Indonesia. Kata Kunci : Platform Crowdfunding, Wakaf Uang, TAM-TPB, Literasi, Kepercayaan ABSTRACT The Hasanah Waqf Crowdfunding Platform was created to make it easier for people to have waqf. However, the large potential of waqf in Indonesia is not comparable to the amount of waqf collection in Hasanah Waqf which is still far from the target. The research objective was to analyze the factors that influence the perception of waqf through the Hasanah Waqf platform using a combination theory of Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB) as well as literacy and trust as external factors. The population is all Muslim communities in Indonesia. The sampling technique used non-probability sampling as many as 369 people. The research used quantitative methods and was tested using certain statistical tools, namely Smart PLS 3.0. The research approach is using SEM (Structural Equation Modeling) analysis model and uses primary data by distributing questionnaire to wider Muslims community aged 17-65 years. The results of the study based on 369 samples showed that perceived ease of use had a positive effect on perceived usefulness. Perceived usefulness has a positive effect on people`s attitudes. Perceived ease of use has a positive effect on attitudes. However, the attitude towards the Wakaf Hasanah platform has a negative effect on the intention to do waqf through the Wakaf Hasanah platform. Subjective norms have a positive effect on the intention to donate money through the Wakaf Hasanah platform. Perceptions of behavioral control have a negative effect on the intention of waqf through the Wakaf Hasanah platform. Literacy and trust have a positive effect on intention for waqf through the Wakaf Hasanah platform. And the intention has a positive effect on the behavior of waqf money through the Wakaf Hasanah platform. This research is expected to provide information as an effort to increase the collection of cash waqf in Indonesia. Keywords: Crowdfunding Platform, Money Waqf, TAM-TPB, Literacy, TrustItem ANALISIS IMPLEMENTASI FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN OBJECTIVES AND KEY RESULT (OKR)): STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN STARTUP DI INDONESIA(2021-03-25) PUTRA YUDIANTO YUDISON; Harry Suharman; Sofik HandoyoPenelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) bagaimana implementasi faktor-faktor keberhasilan Objectives and Key Result dan (2) dampak yang diperoleh dari implementasi faktor-faktor keberhasilan Objectives and Key Result dapat memberikan dampak pada perusahaan startup di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah case study pada perusahaan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GoJek), PT. Multidaya Teknologi Nusantara (eFishery), dan PT. Darsahana Desain Studio (Studio Darshana). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada responden yang memilki peran dalam implementasi faktor-faktor keberhasilan OKR pada 3 perusahaan tersebut dan peneliti melakukan studi kepustakaan terkait dengan implementasi faktor-faktor keberhasilan OKR. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi faktor-faktor keberhasilan OKR telah dilakukan oleh GoJek, Studio Darshana, dan eFishery. Dalam implementasi faktor focus and commit to priorities ketiga perusahaan memilki aktivitas yang mendukung perusahaan untuk fokus terhadap objective yang paling berpengaruh, dan memastikan setiap lini mendapatkan informasi yang jelas mengenai objective yang ingin difokuskan. Lalu terkait dengan implementasi faktor align and connect for teamwork ketiga perusahaan menggunakan pendekatan campuran antara top-down dan bottom up dalam proses penyusunan OKR, dan juga dalam penyusunannya dipastikan setiap individu memilki kegunaan yang sama dan terkait satu sama lain dalam mencapai objective. Setelah itu dalam implementasi faktor track for accountability, perusahaan memastikan proses penelusuarn kemajuan pencapaian ini terjadi, untuk mempermudah proses self-assessment dan refleksi, dan terakhir terkait dengan implementasi faktor stretch for amazing, setiap target yang ditetapkan akan dilakukan stretch, dan dasar penetapan stretch tersebut menggunakan data historis ataupun forecast, sehingga dapat dimengerti dan terukur kemungkinan untuk mencapai target tersebut. Dari penelitian ini juga diketahui terdapat beberapa dampak umum dari implementasi faktor-faktor keberhasilan OKR yang dirasakan oleh perusahaan-perusahaan ini yaitu (1) target yang ditetapkan menjadi lebih sederhana, terukur dan juga spesifik, sehingga membuat perusahaan lebih fokus dan setiap lini perusahaan berkomitment untuk mencapainya, (2) menimbulkan kolaborasi yang lebih baik sehingga menghindari terjadinya silo effect mindset, (3) membantu perusahaan untuk dapat mengukur pencapaian secara realtime, dan mendapatkan insight atas setiap pencapaian untuk dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan, dan (4) meingkatnya motivasi kerja pekerja, dan para pekerja selalu berusaha untuk dapat berusaha semaksimal mungkin. Kata Kunci: Objectives and Key results, Management by Objectives, Focus and Commit to Priorities, Align and Connect for Teamwork, Track for Accountability, Stretch for AmazingItem ANALISIS IMPLEMENTASI KKEBIJAKAN KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN USAHA INFRASTRUKTUR DI KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT(2018-10-16) DELLARISA ASTARI; Dini Rosdini; Sri MulyaniDalam usaha Pemerintah mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur di Indonesia, partisipasi badan usaha sangat dibutuhkan. Penelitian ini membahas mengenai implementasi skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya pada infrastruktur Jalan Lintas Timur Sumatera, Bendungan Muara Juloi, pengelolaan sampah di Batam, dan SPAM Umbulan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi Pemerintah dalam pelaksanaan keempat proyek infrastruktur KPBU tersebut dan bagaimana penyelesaian atas permasalahan yang ada sehingga pelaksanaan proyek infrastruktur KPBU tersebut dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan terdiri dari wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Penelitian ini juga membahas mengenai penggunaan dukungan Pemerintah seperti, viability gap funding (dukungan kelayakan) dan hibah sebagian konstruksi. Adapun skema pembiayaan yang didiskusikan meliputi availability payment (pembayaran ketersediaan layanan), user charge (pengenaan tarif), dan skema hybrid (penggabungan pembiayaan). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari alat perekam dan panduan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dengan para narasumber yang terlibat dan memahami jalannya kerjasama pemerintah dan badan usaha di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, ditemukan beberapa isu utama yang perlu menjadi perhatian agar pelaksanaan pembangunan infrastruktur bisa lebih baik lagi, antara lain integrasi infrastruktur, kompetensi aparatur sektor publik, koordinasi, komitmen pimpinan, dan kesadaran akan aspek hukum, teknis, dan keuangan.Item Analisis Implementasi Optimalisasi Aset Tetap Pada Sektor Pemerintahan (Studi Kasus: Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat)(2018-10-04) LAMSIHAR WIRA OCTORIS SARAGIH; Sri Mulyani; Ersa Tri WahyuniPenelitian ini menganalisis tentang implementasi optimalisasi aset tetap pada sektor pemerintahan dengan unit analisis pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi optimalisasi aset tetap pada sektor pemerintahan yang dititikberatkan pada BBPJN VI Jakarta. Implementasi optimalisasi aset ditinjau berdasarkan framework yang diperkenalkan oleh Pierce et al (2015) yang terdiri dari ketersediaan aset (ready availability), penggunaan tertinggi (high occupancy) dan penerimaan (revenue). Ketersediaan meliputi indentifikasi, inventarisasi, legal, dan penilaian. Aspek penggunaan tertinggi (high occupancy) meliputi penggunaan dan pemanfaatan aset sedangkan aspek penerimaan (revenue) meliputi penerimaan PNBP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan terdiri dari wawancara dan dokumentasi, teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan studi dokumentasi dengan menggunakan instrumen penelitian alat perekam dan interview guide. Wawancara dilakukan terhadap 6 orang informan yang terlibat dan mengetahui tentang pengelolaan aset BBPJN VI Jakarta Kementerian PUPR. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman dengan triangulasi sumber dan member checking sebagai uji validitas dan reliabilitas data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan implementasi pengelolaan aset BBPJN VI Jakarta masih menitikberatkan pada penatausahaan aset dalam mencapai otimalisasi aset. Implementasi optimalisasi aset BBPJN VI Jakarta belum dilakukan secara optimal berdasarkan tiga aspek yang diukur. Ketersedian aset (identifikasi kondisi fisik aset, inventarisasi, penilaian, dan legal aset) belum sepenuhnya dijalankan. Penggunaan Tanah dan peralatan dan mesin masih belum optimal (tingkat idle aset masih tinggi). Penggunaan aset yang rendah berdampak pada penerimaan PNBP yang rendah. Penerimaan PNBP tidak dapat mencerminkan tingkat pemanfaatan aset karena target PNBP ditetapkan untuk seluruh penerimaan PNBP termasuk pengembalian belanja dan pendapatan lain-lain. Berdasarkan hasil analisis, target PNBP sesungguhnya tidak memenuhi target yang ditetapkan. Implementasi optimalisasi aset yang belum optimal juga disebabkan oleh unit organisasi tidak menjalankan prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku dan belum adanya penerapan manajemen resiko. Ketersediaan aset dan manajemen resiko merupakan kunci dalam mencapai optimalisasi aset pada sektor pemerintahan.Item Analisis Kelayakan Penerapan Sustainability Reporting pada Sektor Pemerintahan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia (Studi Kasus: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR)(2018-10-17) MAYLANI M. DOLOKSARIBU; Dede Abdul Hasyir; Harry SuharmanPemerintah Indonesia menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan menerapkan keterpaduan 3 (tiga) pilar yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air bertugas untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan nasional. Sebagai urat nadi dalam mendukung ketahanan pangan nasional dengan alokasi anggaran yang besar, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air wajib memiliki kinerja yang baik dan menerapkan keterbukaan informasi publik. Hal ini dapat dilakukan dengan Sustainability Reporting. Dalam menerapkan Sustainability Reporting, pemerintah bertanggungjawab atas pengembangan kerangka kerja, kerangka pelaporan keberlanjutan dan standar pengukuran untuk mengembangkan pendekatan laporan yang sesuai untuk sektor pemerintah. Maka diperlukan sebuah analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Sustainability Reporting di sektor pemerintahan sudah memiliki kriteria layak atau belum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan teknik pengumpulan data yaitu penelahaan dokumen dan wawancara. Dimensi yang diuji adalah kelayakan organisasional, kelayakan operasional, kelayakan teknis dan kelayakan ekonomi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Sustainability Reporting layak untuk diterapkan di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air meskipun terdapat beberapa kendala di dalam penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya melakukan kajian dari beberapa ruang lingkup antara lain peran instansi pemerintah secara lintas sektoral dan regulasi evaluasi pelaksanaan anggaran dalam pembangunan berkelanjutan. Selain itu, peran negara khususnya pengawasan penggunaan anggaran, orientasi hasil tidak hanya menekankan “output”, namun juga “outcome” dan “impact”.Item Analisis Kemampuan Laba Bersih dan Other Comprehensive Income dalam Memprediksi Laba Masa Depan(2019-03-13) SITI FATIMAH; M.M. Nanny Dewi Tanzil; Evita PuspitasariSektor manufaktur merupakan perusahaan dengan kapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia. Penilaian kinerja laba bersih menjadi penting dilakukan untuk peningkatan keuntungan perusahaan di masa depan dengan cara memprediksi laba masa depan. Adanya konvergensi IFRS, memunculkan penilaian kinerja baru atas adanya other comprehensive income dalam kegunaannya untuk memprediksi laba masa depan. Laba masa depan diukur dengan menggunakan proxy laba bersih masa depan, arus kas operasi masa depan, pendapatan komprehensif masa depan, dan future fully comprehensive income. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis laba bersih dan other comprehensive income dalam memprediksi laba masa depan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data laporan keuangan perusahaan yang telah di audit. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga memperoleh sebanyak 106 perusahaan yang diuji menggunakan analisis statistik regresi data panel dengan software eviews pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba bersih berpengaruh positif signifikan dalam memprediksi laba bersih masa depan, dan pendapatan komprehensif masa depan selama dua tahun kedepan. Kemudian, laba bersih berpengaruh positif signifikan dalam memprediksi arus kas operasi masa depan selama satu tahun kedepan. Sedangkan, laba bersih berpengaruh negatif signifikan dalam memprediksi future fully comprehensive income selama satu tahun kedepan. Selain itu, other comprehensive income berpengaruh positif signifikan dalam memprediksi laba bersih masa depan selama satu tahun kedepan, tetapi berpengaruh positif tidak signifikan dalam memprediksi laba bersih masa depan selama dua tahun selanjutnya. Kemudian, other comprehensive income berpengaruh positif tidak signifikan dalam memprediksi arus kas operasi masa depan dan pendapatan komprehensif masa depan selama satu tahun kedepan. Kemudian, laba bersih berpengaruh negatif tidak signifikan dalam memprediksi future fully comprehensive income selama dua tahun kedepan.Item Analisis Komparasi Kinerja Reksa dana Syariah dengan Kinerja Reksaddana Konvensional(2015-03-25) SURYANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenAbstrak Analisis Komparasi Kinerja Reksadana Syariah dengan Kinerja Reksadana Konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbandingan kinerja reksadana syariah atau konvensional dengan indek pasarnya (dilihat dari return dan risikonya), 2) Perbandingan kinerja reksa dana syariah dengan kinerja reksadana konvensional, model pengukuran kinerja menggunakan Sharpe Index, Treynor Index dan Jensen Index, 3) Pengaruh kinerja reksa dana saham syariah atau konvensional terhadap index pasarnya. Metode Penelitian adalah metode deskriptif dengan studi komparatif terhadap sampel yang ditentukan peneliti selama 5 tahun, mulai tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Sampel penelitian adalah jenis reksadana saham syariah maupun konvensional. metode statistik adalah uji beda one sample t-test, uji beda Independent Sample t-test, analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan Secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja reksa dana saham syariah dengan index Syariah (JII) kecuali pada tingkat return tahun 2009 dan tingkat resiko pada tahun 2009 dan 2013. Juga Secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja reksa dana saham konvensional dengan indek konvensional. Secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja reksa dana saham syariah dengan reksa dana saham konvensional baik menggunakan model sharpe indeks, treynor indeks dan jensen indeks. Kata kunci: reksa dana syariah, reksa dana konvensional, indeks syariah (JII), indeks konvensional (LQ45).Item Analisis Manajemen Risiko Lembaga Amil Zakat Berdasarkan Zakat Core Principle (Studi Kasus Pada Rumah Zakat)(2017-09-18) M. IKHSAN SUGANDA; Edi Jaenudin; Dini RosdiniABSTRAK Lembaga amil zakat (LAZ) adalah lembaga pengelola zakat yang dibentuk oleh swasta atau diluar pemerintah. Banyaknya kemunculan LAZ di Indonesia menimbulkan berbagai kemungkinan risiko yang akan terjadi. Karena LAZ merupakan sebuah organisasi yang memiliki tanggungjawab untuk mengelola dana masyarakat. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen risiko reputasi dan kehilangan muzakki, risiko penyaluran dana zakat, risiko operasional dan risiko transfer antar - negara di Rumah Zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode ERM (Enterprise Risk Management). Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan serta wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengetahui dan menyimpulkan mengenai manajemen risiko lembaga amil zakat pada Rumah Zakat (RZ). Hasil penelitian analisis manajemen risiko menunjukan bahwa terdapat 35 risiko yang berhasil teridentifikasi pada Rumah Zakat. Dimana 7 risiko termasuk dalam kategori high risk atau unacceptable dan 28 risiko masuk kedalam kategori undesirable. Kata Kunci : Analisis Manajemen Risiko, Lembaga Amil Zakat, Zakat Core Principle.Item ANALISIS MODEL BISNIS KONTRAK KERJASAMA PEMERINTAH DENGAN BADAN USAHA PROYEK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM UMBULAN PROVINSI JAWA TIMUR(2021-06-03) ANDRIYANI; Harry Suharman; Dini RosdiniMekanisme Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) adalah salah satu skema pembiayaan untuk proyek-proyek infrastruktur pemerintah termasuk proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Skema KPBU menjadi alternatif baru terutama dalam hal keterlibatan swasta dalam pengelolaan SPAM. SPAM Umbulan merupakan SPAM yang pertama di Indonesia yang menggunakan skema KPBU. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui model bisnis SPAM Umbulan sesuai peraturan perundangan terutama peraturan dalam pengelolaan sumber daya air, mengetahui model bisnis SPAM Umbulan berdasar manfaatnya untuk publik, dan mengetahui kendala, peluang serta proyeksi keberhasilan Proyek SPAM Umbulan. Teori yang digunakan sebagai dasar untuk menganalisis adalah Teori Kontrak Bisnis, Teori KPBU, serta Teori Model Bisnis Pengelolaan SPAM di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara narasumber terkait Proyek SPAM Umbulan yang meliputi Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Pemprov Jawa Timur, PDAM Kota Surabaya, PDAM Kota Pasuruan, PDAM Kabupaten Pasuruan, PDAM Kabupaten Sidoarjo, dan PDAM Kabupaten Gresik. Data sekunder diperoleh melalui data-data pustaka yang berupa studi literatur dan studi dokumen terkait Proyek SPAM Umbulan. . Berdasarkan hasil wawancara dengan para narasumber dan analisis data sekunder ditemukan bahwa model bisnis SPAM Umbulan dengan skema KPBU sesuai dengan peraturan pengelolaan sumber daya air dan kontrak KPBU SPAM Umbulan termasuk kontrak bisnis yang berdimensi publik. Model bisnis KPBU SPAM Umbulan terdiri atas proses yang rumit, panjang serta melibatkan banyak stakeholder. PDAM menjadi pihak yang berperan penting dalam proses bisnis SPAM Umbulan sehingga penguatan pada PDAM juga layak mendapatkan prioritas perhatian pemerintah selanjutnya. Kendala yang muncul dalam penyusunan kontrak KPBU Proyek SPAM Umbulan cukup menghambat namun bisa teratasi terutama karena sikap solid dari pemerintah terhadap perwujudan dan keberhasilan Proyek SPAM Umbulan. Peluang-peluang yang ada dapat mendorong pada keberhasilan Proyek SPAM Umbulan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi lesson learned dan benchmarking bagi proyek-proyek SPAM selanjutnya sehingga proyek dapat berjalan dengan baik.Item Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Penilaian Kinerja Organisasi (Studi Kasus Pada Direktorat Jenderal Cipta Karya Di Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat)(2019-01-31) MELISA SHISILIA; Harry Suharman; Gia Kardina Prima AmraniaKebutuhan akan adanya alat pengukuran kinerja organisasi dari perspektif finansial maupun perspektif non finansial diwujudkan oleh Kaplan dan Norton (1992) melalui metode Balanced Scorecard. Balanced Scorecard menyajikan pengukuran kinerja dengan empat Perspektif yaitu Financial Perspective, Customers Perspective, Internal Process Perspective, dan Learning and Growth Perspective. Balanced Scorecard yang awalnya hanya diterapkan pada perusahaan swasta, kini merambah hingga ke organisasi sektor publik. Penelitian ini membahas mengenai penerapan Balanced Scorecard sebagai Penilaian Kinerja Organisasi pada Direktorat Jenderal Cipta Karya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penelitian difokuskan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Balanced Scorecard pada Direktorat Jenderal Cipta Karya, serta mengapa perspektif keuangan tidak hadirkan dalam Peta Strategi Direktorat Jenderal Cipta Karya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder melalui telaah dokumentasi, literatur dan observasi. Penelitian akan membahas tentang metode Balanced Scorecard yang telah di modifikasi berdasarkan karakteristik Organisasi Pemerintah yang non profit organization. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Direktorat Jenderal Cipta Karya telah berkomitmen untuk menggunakan metode Balanced Scorecard. Meski demikian terdapat beberapa kendala dalam penerapan metode Balanced Scorecard, diantaranya metode Balanced Scorecard yang di adopsi, belum sepenuhnya sesuai dengan teori balanced scorecard sektor publik dari para ahli, sehingga terdapat perbedaan persepsi antara lain perlu tidaknya Perspektif Financial dihadirkan dalam Peta Strategis. Terdapat sejumlah Sasaran Kegiatan dalam Peta Strategis, namun demikian Direktorat Jenderal Cipta Karya hanya memfokuskan 3 Sasaran Kegiatan yang dituangkan dalam Perjanjian Kinerja, sehingga capaian kinerja dari Sasaran Kegiatan yang lain menjadi tidak tampak. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan Direktorat Jenderal Cipta Karya dapat mengkaji ulang masing-masing Perspektif Balanced Scorecard dalam Peta Strategi Direktorat Jenderal Cipta Karya, serta melakukan studi banding dengan Organisasi Sektor Publik yang telah berhasil menerapkan metode Balanced Scorecard pada Organisasinya.Item ANALISIS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (STUDI KASUS PADA RUMAH ZAKAT)(2019-05-07) R.RITA AVIANTY; Citra Sukmadilaga; Gia Kardina Prima AmraniaArtikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan efektifitas impelementasi Good Corporate Governance di lembaga pengelola zakat. Penelitian dilakukan pada Lembaga Amil Zakat, Rumah Zakat. Lembaga ini berskala nasional dan berkantor pusat di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods. Penelitian quantitative dilakukan pada fase pertama dan diikuti pendekatan qualitative pada fase berikutnya. Hasil kajian menemukan bahwa Lembaga Amil Zakat Rumah Zakat (LAZ RZ) telah berdiri lama dan berkembang menjadi lembaga filantropi internasional. Lembaga ini khususnya menghimpun dana ZISWAF dari masyarakat dan mengelola dana tersebut melalui program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Lembaga ini menunjukkan komitmen dalam hal transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness. Studi ini juga menyimpulkan bahwa Good Corporate Governance di RZ telah berjalan efektif. Namun, ada beberapa catatan perbaikan yang perlu dilakukan, yaitu perhatian terhadap indikator akuntabilitas yang memperoleh nilai terendah dibandingkan empat indikator GCG lain. Audit internal masih perlu dioptimalkan. Kata kunci: Good Corporate Governance, manajemen zakat, lembaga zakat