Administrasi Bisnis (S1)

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 20 of 930
  • Item
    PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KECANTIKAN (Studi pada Viewers Video Racun Lagi PIXY Make It Glow dalam Akun Youtube Rachel Goddard)
    (2022-03-01) SILVA PRANCISKA; Arianis Chan; Cecep Safaatul Barkah
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh yang ditimbulkan oleh celebrity endorser terhadap purchase intention produk kecantikan PIXY Make It Glow pada viewers video Racun Lagi PIXY Make It Glow dalam akun Youtube Rachel Goddard. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang bersifat asosiatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan mengacu pada hasil observasi, studi kepustakaan, wawancara dan kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang viewers video Racun Lagi PIXY Make It Glow dalam akun Youtube Rachel Goddard dengan teknik penarikan non probability sampling yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan celebrity endorser dan purchase intention mempunyai tingkat hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,723. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t ditemukan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan celebrity endorser terhadap purchase intention produk kecantikan pada viewers video Racun Lagi PIXY Make it Glow dalam akunYoutube Rachel Goddard. Artinya jika variabel celebrity endorser semakin baik maka purchase intention pun akan semakin baik pula.
  • Item
    PENGARUH CASH RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi Sub Sektor Pariwisata, Hotel dan Restoran yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)
    (2022-08-03) MUHAMMAD IKHLAS DHARMA; Dian Fordian; Bambang Hermanto
    Wisatawan asing di Indonesia hampir tumbuh dua kali lipat dan wisatawan lokal bertambah sekitar 20 juta pengunjung pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2013. Meningkatnya jumlah kunjungan akan memberikan kontribusi pada perekonomian Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak rasio kas, rasio utang terhadap ekuitas, dan pengembalian aset terhadap rasio pembayaran dividen di industri pariwisata, hotel, dan restoran Indonesia antara 2013-2017. Sampel dalam penelitian ini adalah lima perusahaan yang memenuhi kriteria yang dipilih dengan metode purposive sampling dan analisis data yang digunakan adalah regresi data panel. Dari penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa rasio kas, rasio hutang terhadap ekuitas, dan pengembalian aset berpengaruh signifikan terhadap rasio pembayaran dividen secara simultan. Variabel rasio kas memiliki pengaruh positif pada rasio pembayaran dividen secara parsial. Sedangkan, rasio utang terhadap ekuitas dan pengembalian aset memiliki pengaruh negatif terhadap rasio pembayaran dividen.
  • Item
    PENDIRIAN BISNIS PAKAIAN MUSLIMAH BADIA OFFICIAL
    (2021-11-23) DYANA PRATIWI HANANINGTYAS; Tetty Herawaty; Healthy Nirmalasari
    Industri fashion memegang peran penting dalam perekonomian nasional Indonesia. Industri fashion sendiri memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan, salah satu jenis produk yang paling diminati adalah produk bersegmentasi utama Muslimah melihat mayoritas penduduk masyarakat di Indonesia adalah seorang Muslim. Busana Islami kini adalah bisnis mega-global yang baik dari segi kebutuhan dan pasarnya sangat luas. Indonesia sendiri menempati peringkat ketiga dari urutan negara yang paling banyak mengonsumsi muslim fesyen di dunia. Maka dari itu, Badia Official lahir untuk memenuhi kebutuhan wanita Muslimah Indonesia yang memiliki buying power yang tinggi. Proyek dilakukan pada bisnis Badia Official di Kota Bekasi, melalui lima belas tahapan terukur selama tenggang waktu lima belas minggu. Teori dasar yang digunakan sebagai landasan dari proyek ini adalah tahapan terpadu dari National Entrepreneurship Network (NEN) yang dirancang oleh Wadhwani Foundation. Tahapan tersebut digunakan sebagai landasan utama dalam pendirian bisnis Badia Official sehingga terciptanya kemampuan bersaing di industri fashion di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa setiap tahapan memberikan kemudahan untuk penulis dalam mengukur kesuksesan dan kelancaran di setiap proses bisnisnya. Pada kasus ini, penulis berhasil menjual delapan buah pakaian premium dalam empat minggu dan terciptanya brand awareness ke dalam bisnis Badia Official lewat penerapan kurikum National Entrepreneurship Network ke dalam setiap proses bisnisnya.
  • Item
    PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE MY PANGANDARAN TOUR AND TRAVEL ( Studi kasus pada followers akun instagram @mypangandarantours )
    (2022-02-25) SILVY DAMAYANTI; Arianis Chan; Cecep Safaatul Barkah
    Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai cara My Pangandaran dalam menumbuhkan brand image positif melalui social media marketing pada followers akun instagramnya yaitu @mypangandarantours. Selain itu, untuk mengetahui besaran pengaruh yang ditimbulkan oleh social media marketing terhadap brand image pada followers akun instagramnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang bersifat asosiatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan mengacu pada hasil observasi, studi kepustakaan, wawancara dan kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 96 followers akun instagram @mypangandarantours dengan teknik penarikan non-probability sampling yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing terhadap brand image mempunyai tingkat hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,792. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t ditemukan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan social media marketing terhadap brand image pada followers akun instagram @mypangandarantours, artinya jika variabel social media marketing semakin baik maka brand image pun akan ikut semakin baik pula.
  • Item
    Analisis Motivation and Hygiene Factors Karyawan Hotel di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran
    (2021-04-09) ILHAM KARUNIA RAMADHAN; Healthy Nirmalasari; Bambang Hermanto
    Industri perhotelan pada sektor pariwisata saat ini menjadi perhatian utama dalam upaya peningkatan kemajuan pariwisata suatu daerah. Khususnya pada daerah wisata Pangandaran yang terkenal dengan wisata pantainya, perhotelan dan pariwisata Pangandaran yang semakin maju mendorong juga pengembangan manusia menuju taraf yang lebih baik. Sumber daya manusia unggul sebanding dengan motivasi kerja yang baik terutama pada pihak perhotelan. Sumber daya manusia unggul dan termotivasi dengan baik diharapkan nantinya membuat perhotelan di Pangandaran semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat motivasi kerja karyawan dan mendeskripsikan persepsi karyawan hotel di objek wisata Pantai Pangandaran, menganalisis faktor motivation dan hygiene yang dikemukakan oleh Frederick Herzberg. Motivasi kerja tersebut ditinjau menggunakan teori Motivation and Hygiene Factors, dengan motivation memiliki 6 dimensi utama dan hygiene memiliki 10 dimensi utama. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis data sentral, pengkategori, dan perhotungan persentase dari kuesioner. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada seluruh karyawan hotel dari berbagai kelas yang berada objek wisata Pantai Pangandaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat motivasi kerja berada pada kategori tinggi. Motivasi baik ditandai juga dengan hasil motivation factors berada pada nilai tinggi dibandingkan hygiene factors, dimana jika motivation factors tinggi maka karyawan termotivasi dengan baik. Dimensi tertinggi pada motivation adalah tanggung jawab dan terendah adalah kesempatan untuk maju. Dimensi tertinggi pada hygiene adalah hubungan sesama rekan kerja dan terendah adalah gaji. Peneliti memberikan saran untuk dimensi yang rendah pada tiap faktor yaitu dengan memberikan gaji yang layak dan memberikan pelatihan kerja rutin.
  • Item
    PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Pelanggan Busana Muslim Gdas by Ghaida di Kota Bandung)
    (2021-11-25) NAIDA FARHANY; Cecep Safaatul Barkah; Arianis Chan
    Fenomena semakin banyaknya fashion industry di Indonesia yang menciptakan produk - produk fashion dengan berbagai macam desain dan harga yang bervariasi, sehingga membuat perusahaan harus bersaing dan memaksa para pengusaha dan desainer untuk lebih memiliki ide-ide kreatif dalam menciptakan model-model terbaru yang menarik dan inovatif, sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan loyalitas pelanggan di Gdas by Ghaida. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah brand image dan loyalitas pelanggan . Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif verifikatif dengan survei. Survei dilakukan pada pelanggan Gdas by Ghaida di Kota Bandung, melalui kuesioner online , sebanyak seratus responden. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Metode yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis korelasi, dan koefisien determinasi dalam mencari pengaruh brand image (x) dengan loyalitas pelanggan (y). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya pengaruh positif brand image terhadap loyalitas pelanggan. Uniqueness of Brand Assosiations menjadi dimensi dengan persentase terbesar untuk brand image dan membeli antar lini produk atau jasa menjadi dimensi dengan persentase terbesar untuk loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara brand image terhadap loyalitas pelanggan.
  • Item
    Pengaruh Social Capital terhadap Competitive Advantage UMKM melalui Entrepreneurial Competencies (Studi pada Sentra Usaha Senapan Angin di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor)
    (2022-12-15) HAFIYAN PRAGIWAKSONO; Margo Purnomo; Erna Maulina
    UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki keunikan UMKMnya, seperti di desa Cipacing, kecamatan Jatinangor, Jawa Barat yang memiliki sentra usaha senapan angin yang sudah ada sejak lama yang mayoritas dilanjutkan secara turun-temurun. Penelitian ini mencari tahu hubungan social capital dan entrepreneurial competencies terhadap competitive advantage di sentra usaha ini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan melakukan wawancara terbuka serta didukung dengan analisis Partial Least Square (PLS). Hasilnya ialah terdapat hubungan antara social capital terhadap competitive advantage melalui entrepreneurial competencies sebagai variabel intervening. Kedepannya saya harapkan ada riset lanjutan yang dapat memperdalam topik penelitian serupa dan semoga dengan adanya riset-riset dapat membantu sentra usaha senapan angin desa Cipacing untuk dapat lebih baik lagi.
  • Item
    PENGARUH BUZZ MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION SOCIOLLA (SURVEY PADA PENGIKUT INSTAGRAM BUZZER SOCIOLLA)
    (2021-12-09) NURRAHMI WIBAWANI; Ratih Purbasari; Arianis Chan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buzz marketing terhadap purchase intention Sociolla. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah buzz marketing dan purchase intention. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif verifikatif dengan desain survei. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh buzz marketing terhadap purchase intention Sociolla. Data bersumber dari studi literatur, observasi, dan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah followers Instagram Tasya Farasya yang pernah melihat buzz Sociolla yang disampaikan oleh Tasya Farasya. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling yaitu dengan menggunakan simple random sampling yang terdiri dari 116 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa buzz marketing berpengaruh terhadap purchase intention Sociolla sebesar 40%, dan sisanya sebesar 60% dipengaruhi oleh faktor lain. Tools menjadi dimensi dengan persentase terbesar untuk buzz marketing dan minat eksploratif menjadi indikator dengan persentase terbesar untuk purchase intention. Berdasarkan uji hipotesis, penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh buzz marketing terhadap purchase intention.
  • Item
    Pengaruh Demografi Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Padjadjaran (Studi Pada Tahun Angkatan 2017-2019)
    (2021-07-21) SYAUQY ABDUL MULUK; R. Ratna Meisa Dai; Suryanto
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demografi terhadap literasi keuangan mahasiswa program studi Administrasi Bisnis Universitas Padjadjaran.Penelitian menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yang diteliti yaitu faktor demografi seperti jenis kelamin, IPK, angkatan, dan tempat tinggal. Sedangkan variabel terikat yang diteliti adalah literasi keuangan. Sampel yang mewakili keseluruhan populasi pada penelitian ini sebanyak 83 mahasiswa tahun angkatan 2017-2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data berasal dari studi literatur, kuisioner, dan observasi di lapangan. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 20 item. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan mahasiswa program studi Administrasi Bisnis Universitas Padjadjaran termasuk dalam kategori sedang. Secara bersamaan, hasil penelitian menunjukkan jenis kelamin, IPK, angkatan, dan tempat tinggal berpengaruh terhadap literasi keuangan. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,196 yang berarti bahwa jenis kelamin, indeks prestasi kumulatif (IPK), angkatan, dan tempat tinggal berpengaruh terhadap literasi keuangan sebesar 19,6%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 80,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa IPK dan tempat tinggal berpengaruh secara signifikan terhadap literasi keuangan. Sebaliknya, jenis kelamin dan angkatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap literasi keuangan.
  • Item
    STRATEGI DIVERSIFIKASI BISNIS CIP I CHIPS
    (2023-06-14) MUHAMMAD RAFLI SATRIA; Margo Purnomo; R. Ratna Meisa Dai
    Perkembangan industri makanan olahan yang berasal dari singkong semakin menunjukkan perkembangan yang positif. Hal tersebut membuat para pelaku usaha bersaing secara ketat, sehingga mereka harus memiliki strategi untuk dapat bertahan. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan CIP I CHIPS dengan melakukan strategi diversifikasi bisnis. Proyek diversifikasi bisnis dimulai pada Bulan juni 2022. Proses pelaksanaan proyek dilakukan selama 3 bulan dengan tahapan meliputi: Perencanaan Produk, Pengembangan Konsep, Perancangan Tingkat Sistem, Perancangan Detail, Pengujian dan Perbaikan, Produksi Awal, dan Penjualan. Hasil Proyek menunjukkan bahwa strategi diversifikasi produk berhasil meningkatkan volume penjualan perusahaan lebih dari 30%. Namun, perusahaan masih menghadapi kendala yaitu masih kurangnya dalam produksi karena terlalu fokus pada penjualan produk. Saran Pelaksana Proyek untuk proyek ini yaitu lebih diperhatikan manajemen produksi agar tidak ada ketimpangan antara target dan realisasi, sehingga akan mengurangi kemungkinan ketidakefisienan pada proses bisnis perusahaan.
  • Item
    REFORMULASI STRATEGI PEMASARAN PADA WOVEN COFFEE DALAM UPAYA MELAKUKAN EKSPANSI BISNIS
    (2023-01-13) RAIHAN SETIAWAN; Tetty Herawaty; Pratami Wulan Tresna
    Perkembangan di dunia pemasaran saat ini mengalami perubahaan yang sangat signifikan. Hal ini membuat persaingan diberbagai bidang semakin bersaing menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Perkembangan tersebut membuat konsumen dengan mudah dapat beralih dari satu merek ke merek lainnya. Hal tersebut membuat Woven Coffee melakukan strategi pemasaran ekspansi bisnis agar dapat menarik minat pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah reformulasi strategi pemasaran pada Woven Coffee dalam upaya melakukan ekspansi bisnis. Metode kualitatif deskriptif dipilih sebagai metode penelitian dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 1 orang pemilik, 2 orang karyawan, 5 orang konsumen, 1 pesaing bisnis, serta 1 orang ahli dalam bidang pemasaran. Alternatif strategi pemasaran sesuai dengan analisis strategi yang digunakan yaitu STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) dan Bauran pemasaran yang tersusun dalam 7P. Hasil penelitian ini menunjukkan Woven Coffee memiliki lokasi yang strategis, harga yang terjangkau, dan memperhatikan kualitas produk dengan bahan premium. Woven Coffe juga memiliki peluang yang luas untuk menjangkau pasar milenial. Strategi ekspansi pemasaran yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan penjualan yaitu melalui perluasan cakupan pasar, seperti menambah target pasar atau target konsumen, menambah variasi menu, menambah jangkauan konsumen atau saluran distribusi.
  • Item
    Pengaruh Green Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Stuja Coffee, Jakarta
    (2021-04-13) MARYAM NUR LEILA; Ratih Purbasari; Arianis Chan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan green marketing di Stuja Coffee, untuk mengetahui kondisi purchase intention di Stuja Coffee, dan untuk mengetahui besar pengaruh green marketing terhadap purchase intention produk Stuja Coffee pada pengikut akun Instagram Stuja Coffee. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif verifikatif dengan desain survei. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling menggunakan insidental sampling sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. Data bersumber dari studi literatur, observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah pengikut akun instagram Stuja Coffee dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif green marketing terhadap purchase intention pada followers akun instagram Stuja Coffee. Kesimpulannya, pelaksanaan Green marketing pada Stuja Coffee sudah berada pada kategori sangat baik dan faktor paling tinggi adalah green promotion, sedangkan faktor yang paling rendah adalah green price. Kondisi purchase intention di Stuja Coffee juga sudah berada pada kategori baik dan faktor paling tinggi adalah minat eksploratif, sedangkan faktor yang paling rendah adalah minat preferensial. Saran yang diberikan untuk meningkatkan green price dan minat preferensial adalah dengan memberikan diskon yang lebih sering atau pemberian promo yang menarik, pemasangan iklan pada sosial media lain, mengadakan event kompetisi dan kuis, serta event CSR (Corporate Social Responsibility).
  • Item
    Analisis Employer Attractiveness Perusahaan Startup (Survei pada Mahasiswa dan/atau Alumni Strata 1 Administrasi Bisnis Angkatan 2016 di Kota Bandung)
    (2021-07-12) RAKA RYAN ANTONIA; Herwan Abdul Muhyi; Zaenal Muttaqin
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor employer attractiveness dan mengetahui faktor dominan employer attractiveness perusahaan startup. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah employer attractiveness. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis penelitian deskriptif melalui survei. Survei dilakukan pada mahasiswa dan/atau alumni S1 Administrasi Bisnis angkatan 2016 di Kota Bandung melalui kuesioner secara online kepada 127 responden. Sampel didapat berdasarkan perhitungan rumus Slovin dan dilakukan secara purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan dengan alat ukur Employer Attractiveness Scale (EmpAt Scale) dan uji exploratory factor analysis dengan metode Kaiser-Meiyer-Olkin (KMO) dan Barlett’s Test. Langkah-langkahnya antara lain mencari KMO and Barlett’s test, hasil uji MSA, nilai communalities, Total Varience Explained, Component Matrix, dan melakukan analisis faktor dominan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa perusahaan startup memiliki employer attractiveness. Selain itu, didapatkan faktor-faktor dominan dari setiap dimensi employer attractiveness. Dimensi interest value yaitu indikator the organisation produces high-quality products and services, dimensi social value yaitu indikator supportive and encouraging colleagues, dimensi economic value yaitu indikator an above average basic salary, dimensi development value yaitu indikator gaining career-enhancing experience, dan dimensi terakhir application value yaitu indikator acceptance and belonging. Berdasarkan uji hipotesis, penelitian ini menyatakan bahwa perusahaan startup memiliki employer attractiveness.
  • Item
    ANALISIS HARGA SAHAM INDIVIDU LQ 45 PADA PERUSAHAAN DI SEKTOR PERBANKAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (Studi pada LQ 45 Index Tahun 2018)
    (2023-01-04) ROBERTUS WILLY SUYAPTO; Mas Rasmini; Nenden Kostini
    Dunia investasi dan pasar modal selalu menjadi topik pembahasan menarik di era globalisasi seperti saat ini. Investasi dan pasar modal sudah menjadi bagian dari fundamental ekonomi tidak hanya di negara maju, bahkan juga negara berkembang. Indonesia pun saat ini sudah mulai muncul dengan kekuatan barunya di sektor investasi dan pasar modal. Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hingga tahun 2013 menunjukan track record yang positif. Penilaian tersebut berdasarkan pengamatan terhadap fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, karena IHSG merefleksikan kinerja BEI secara keseluruhan. Fakta tersebut menunjukan bahwa aktivitas investasi di Indonesia sudah mulai tumbuh pesat. Maka hal tersebut tidak terlepas dari keputusan investasi yang dilakukan oleh para investor.
  • Item
    ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PROYEK CHILI INDONESIA PADA PT. AGRITAMA TAHUN 2019-2023
    (2022-07-05) YULIA HAYATUL; Mas Rasmini; Nenden Kostini
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari rencana investasi yang akan dilakukan oleh PT. Agritama. Rencana investasi ini berupa proyek Chili Indonesia untuk merancang sistem bisnis pertanian cabai terintegrasi dari hulu hingga hilir. Analisis kelayakan investasi menggunakan metode Capital Budgeting dengan alat analisis Payback period, Net Present Value, Internal Rate of Return dan Profitability Index. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kelayakan investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan investasi diperoleh payback period selama 2 tahun 8 bulan dari target pengembalian investasi yang ditetapkan PT. Agritama yaitu 5 tahun. Net present value sebesar Rp 12,230,852,699 dengan kriteria NPV>0. Internal rate of return mendapatkan hasil analisis sebesar 48% dari nilai cost of capital sebesar 12,46% dengan kriteria kelayakan IRR > cost of capital. Profitability Index mendapatkan nilai sebesar 4.5 dari kriteria kelayakan investasi dimana PI>1. dari hasil analisis dengan menggunakan metode capital budgeting, dinyatakan bahwa investasi pada proyek Chili Indonesia secara finansial layak dilaksanakan
  • Item
    Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Keuangan Sub Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)
    (2016) SALMA NADIRA; Erna Maulina; Mas Rasmini
    Kinerja keuangan perusahaan merupakan suatu gambaran tentang kondisi keuangan perusahaan dapat dianalisis dengan alat-alat analisis keuangan. Dalam mencapai tujuannya, perusahaan memiliki Good Coorporate Governance (GCG) sangat berperan penting dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan dan dasar pengambilan kebijakan sehingga memberikan keuntungan kepada berbagai pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder dan shareholder) secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Good Coorporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Keuangan Sub Sektor Perbankan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif degan pendekatan kuantitatif. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda yang digunakan dengan uji F dan uji t. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Good Corporate Governance secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Secara parsial, komite audit memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan, sedangakan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan.
  • Item
    ANALISIS LEAN MANUFACTURING MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) PADA CV. KARYA BARU DI KABUPATEN KLATEN
    (2021-06-18) NARESWARI FATHINAH SALMA; R. Anang Muftiadi; Muhamad Rizal
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis value stream dan mengidentifikasi berbagai pemborosan pada proses produksi di CV. Karya Baru dengan menggunakan metode value stream mapping (VSM) serta menghitung biaya produksi berdasrkan aktivitas menggunakan metode activity based costing (ABC) untuk mencapai lean manufacturing. Objek yang diteliti dalan penelitian ini adalah proses produksi pada CV. Karya Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data bersumber dari wawancara, observasi langsung dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan metode value stream mapping untuk memahami dan mengidentifikasi value stream, mengidentifikasi pemborosan dan membuat rancangan improvement. Metode activity based costing digunakan untuk menghitung biaya berdasarkan aktivitas berdasarkan value stream dan mengintegrasikannya dengan current state map dan furute state map. Hasil dari penelitian ini adalah telah diidentifikasi value stream yang divisualisasikan ke dalam current state map dan telah diidentifikasi waste yang terdapat pada value stream. Solusi yang diberikan dituangkan ke dalam rancangan improvement dan divisualisasikan menjadi future state map. Berdasarkan rancangan improvement, ditargetkan terjadi peningkatan cycle time sebesar 8% yang menghemat waktu sebanyak 6,3 menit, peningkatan lead time sebesar 8% yang menghemat waktu sebanyak 10 menit, penghematan tenaga kerja sebanyak 1 orang, memperpendek jalur transportasi sejauh 29 meter dan dari segi biaya, total cost mengalami kenaikan sebesar Rp. 1.914,14 per 8 m2.
  • Item
    ALISIS PELAKSANAAN STRATEGI DROPSHIP DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (Studi Pada PT. Bandros Juara Internasional di Bandung)
    (2022-10-17) NURHABILAH; Ria Arifianti; Dian Fordian
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan strategi dropship dalam konteks supply chain management pada PT. Bandros Juara Internasional di Bandung untuk memenuhi keinginan konsumen dalam memperoleh produk yang cepat dan bernilai guna. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah strategi dropship. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data bersumber dari studi literatur, wawancara, observasi langsung dan studi dokumentasi dengan pihak PT. Bandros Juara Internasional. Penelitian ini dilakukan kepada owner, finance & operation director, customer service dan penanggungjawab pergudangan sebagai informan. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT untuk memahami dan mengidentifikasi strategi dropship dalam supply chain management. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bandros Juara Internasional di Bandung dengan melihat pelaksanaan strategi dropship yang telah dikaji kebeberapa bagian yaitu: pembeli, penjual, dan juga dropshipper. Strategi dropship dalam supply chain management menggunakan analisis SWOT saat ini berada pada kuadran satu yaitu strategi SO (Strength-Opportunity) menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk meraih peluang-peluang eksternal perusahaan. Namun yang dapat diambil pada penelitian ini bahwa kondisi strategi dropship secara keseluruhan pada PT. Bandros Juara Internasional di Bandung masih ada kekurangan dari sistem dropship dalam supply chain ini yaitu dari pengembangan sumber daya manusia, memaksimalkan kinerja dalam tim penjualan dan kegiatan marketing yang tidak berjalan dengan baik.
  • Item
    PENGARUH WORK FROM HOME (WFH) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PLABS.ID KOTA BANDUNG
    (2023-12-18) MUHAMMAD KHARISMA ISNA IRAWAN; Ratih Purbasari; Muhamad Rizal
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Work From Home (WFH) terhadap kinerja karyawan di PLABS.ID Kota Bandung. Pada akhir tahun 2019, Pandemi COVID-19 menginfeksi seluruh negara di dunia tak terkecuali Indonesia. Pandemi COVID-19 hingga saat ini turut berdampak terhadap kondisi ketenagakerjaan Indonesia, untuk menekan penyebaran dan menurunkan kasus positif COVID-19, pemerintah memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah Work From Home (WFH) kepada mayoritas pekerja di Indonesia. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan variabel pertama dengan teori Work From Home (WFH) dari Simarmata, dan variabel kedua dengan teori kinerja karyawan dari Kasmir. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan analisis koefisien korelasi yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara Work From Home (WFH) dengan kinerja karyawan PLABS.ID sebesar 0,435 dengan tingkat keeratan hubungan yang sedang antara kedua variabel. Pengaruh Work From Home (WFH) terhadap kinerja karyawan di PLABS.ID sebesar 18,9%. Sedangkan sisanya sebesar 81,1% kinerja karyawan PLABS.ID dipengaruhi oleh variabel selain Work From Home (WFH) yang tidak diteliti, seperti minat dan motivasi dalam bekerja, imbalan, sarana dan prasarana pendukung.
  • Item
    Evaluasi Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan pada PT. Exspan Petrogas Intranusa
    (2021-04-06) RADEN BAGAS PRIYOTOMO; Rivani; Healthy Nirmalasari
    Proyek Evaluasi Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan pada PT. Exspan Petrogas Intranusa bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan karyawan yang bekerja pada PT. Exspan Petrogas Intranusa. Deskripsi pekerjaan dan spesfikasi pekerjaan terdahulu akan disesuaikan dengan tugas kerja dan tanggung jawab aktual dari masing-masing jabatan dengan analisis pekerjaan. Proyek dilakukan pada PT. Exspan Petrogas Intranusa, berlokasi di Gedung MEDCO I lantai 3, Jalan Ampera Raya, No 18-20, Cilandak, Jakarta Selatan. Proyek dilaksanakan dimulai pada Desember 2019 dan berakhir pada Juni 2020. Pelaksanaan proyek berdasarkan desain dengan tujuh tahapan, yaitu Desain Format Deskripsi dan Spesifikasi Pekerjaan, Sosialisasi Karyawan, Menyiapkan Deskripsi dan Spesifikasi Pekerjaan, Wawancara dengan Karyawan, Analisis Pekerjaan, Konfirmasi kepada Manager, dan Review hasil Evaluasi. Hasil Proyek menunjukan bahwa deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan jabatan pada PT. Exspan Petrogas Intranusa telah dievaluasi sesuai dengan kinerja aktualnya masing-masing. Rinciannya yaitu terdapat jabatan yang memiliki deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan terdahulu yang tidak sesuai dengan kinerja aktual dari karyawannya, terdapat beberapa jabatan yang memiliki deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan terdahulu yang masih sesuai dengan kinerja aktual dari karyawannya, dan terdapat jabatan yang memiliki deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan yang baru.